1

KONTRAK PERKULIAHAN

Nama Mata kuliah Kode Mata kuliah Semester / Tahun /Ajaran Hari Pertemuan / Jam

: : : :

Tempat Pertemuan Nama Dosen Alamat Telp / Hp. No.

: : : :

FILSAFAT OLAHRAGA PKR 4001 dan PJS 4001 Ganjil 2012-2013 JUMAT : Jam 08.00 - 09.40 : PJKR I-AB Jam 10.00 - 11.40 : PJKR I-C Ruang 16 – 03 Drs. Rusly Ahmad, MA. Psr. VIII Gang Bunga Kopi Tembung 081.361.180.428

1. TUJUAN / MANFAAT MATAKULIAH Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa memperoleh pemahaman yang objektif ilmiah tentang hakekat dan makna olahraga bagi kehidupan individu masyarakat dan budaya, dari sudut pandang filsafat. Manfaat dari perkuliahan ini ialah : pertama mahasiswa akan mencintai profesinya dibidang keolahragaan/pendidikan jasmani yang mendorong timbulnya dedikasi yang tinggi dalam berkarya karena yakin bahwa olahraga berguna secara signifikan bagi kemanusiaan. Kedua, mahasiswa mampu menjelaskan hakekat dan makna olahraga kepada masyarakat yang mungkin selama ini telah mempunyai persepsi yang keliru mengenai profesi ini. 2. DESKRIPSI PERKULIAHAN Ada asumsi bahwa pandangan yang meremehkan status olahraga dan pendidikan jasmani oleh sebagian masyarakat itu muncul karena mereka memandang olahraga secara superfisial dan one sided yang hanya konsen dengan aspek-aspek fisik seperti kesehatan badan, kekuatan, kelentukan, ketangkasan, stamina, dan fitness. Sebaliknya dalam perkuliahan ini seorang individu dipandang sebagai suatu entitas jasmaniah-rohaniah yang utuh-menyeluruh. Berangkat dari dasar pandangan ini, perkuliahan ini mencoba menganalisis olahraga secara holistik dan radikal dari sudut pandang ontologis, epistemologi, dan axiologi. 3. KOMPETENSI DASAR

2 1. 2. 3. 4. 5. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik filsafat. Mahasiswa dapat menjelaskan bahan kajian filasafat olahraga. Mahasiswa mampu membandingkan konsep olahraga, sport, pendidikan jasmani, latihan jasmani, bermain (play), dan permainan (games). Mahasiswa dapat menjelaskan persoalan nilai-nilai (values) dalam olahraga. Mahasiswa mampu membandingkan olahraga dengan seni. 4. ATRIBUT SOFTSKILLS 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Berpikir kritis Kerjasama tim Komunikasi Bermoral baik Disiplin Percaya diri Konsekuen Visioner Argumentatif Suka membaca 5. CURRICULUM CONTENTS Subtema-subtema atau pokok bahasan dalam perkuliahan ini meliputi : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. Perkenalan dengan filsafat Cabang-cabang dan aliran filsafat Manusia : jasmani dan rohani vs jasmaniah- rohaniah Olahraga versi Indonesia Filsafat Olahraga Bermain, Permainan, dan Sport Hubungan sport dengan pendidikan jasmani Sport science Nilai-nilai (values) dalam olahraga Masalah etika dalam olahraga Penipuan dalam olahraga Sistem kepercayaan dalam olahraga Olahraga dan seni.

Bahan yang disajikan didasarkan atas isi yang terdapat dalam Buku Bahan Ajar. c. Sport science Nilai-nilai dalam olahraga Sistem kepercayaan dalam olahraga Masalah etika dalam olahraga Penipuan dalam olahraga Olahraga dan Seni EPISTEMOLOGI AXIOLOGI ETIKA ESTETIKA 7. Dalam prakteknya. Ketentuan : a. Tiap kelompok mengemban 2 (duas) tugas yang harus diselesaikan melalui diskusi kelompok sebagai tagihan tugas F₁. tiap program studi (misalnya prodi PJS A-B) dibagi dalam 10 (sepuluh) kelompok dimana tiap kelompok terdiri atas 10-11 mahasiswa. Pembagian ini disusun secara acak oleh dosen. b. STRATEGI PERKULIAHAN Perkuliahan Filsafat Olahraga ini menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan mengandalkan diskusi mandiri perkelompok (diluar kelas) dan diskusi paripurna kelas. Kelompok dapat memperkaya bahan sajiannya dengan mengutip dari sumbersumber lain seperti buku. Judul makalah untuk setiap kelompok dipilihkan oleh dosen dari pokok bahasanpokok bahasan yang merupakan sub topik dari Buku Bahan Ajar Filsafat Olahraga. permainan. Setiap kelompok wajib membuat sebuah makalah yang dipresentasikan / disajikan didepan diskusi kelas paripurna. Tugas presentasi. jurnal. . PEMBAGIAN POKOK BAHASAN BERDASARKAN ASPEK ASPEK FILSAFAT ONTOLOGI : : : : : : : : : : POKOK BAHASAN Olahraga versi Indonesia Bermain. dan sebagainya. dan F₂. Diskusi kelas paripurna diadakan mulai pertemuan ke IV dan seterusnya dimana setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan makalahnya. dan sport Hubungan sport dan pendidikan jasmani. internet. Kedua tugas itu adalah : 1. asal menyebutkan sumbernya.3 6.

Kelompok-kelompok yang sedang tidak bertugas sebagai penyaji bertindak selaku pembanding. Naskah makalah harus digandakan secukupnya sehingga setiap kelompok lain harus memperoleh 1 (satu) copy naskah. i. pengadaan mikrofon. Terjemahkanlah kedalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sebuah artikel dari Rene Maheu yang berjudul “ Sport and Culture “ yang termuat dalam Aileene S. 2 Tugas terjemahan. Iowa : Wm. pendapat dan saran kepada kelompok penyaji. Makalah yang akan disajikan harus dihasilkan dari serentetan diskusi kelompok yang bersangkutan (minimal 2 kali diskusi). Nilai kelomok sama dengan nilai pribadi-pribadi anggota kelompok.C. k. l. Slusher (1975) Contemporary Readings in physical education. Lockhart dan Howard S. OHP. g. bantahan. m. Laptop dan sebagainya. Ketentuan : . kecuali yang tidak hadir dalam diskusi-diskusi kelompok maupun dalam diskusi kelas paripurna pada acara penyajian. (Naskah terlampir). Mereka berhak mengajukan pertanyaan. j. Nilai isi makalah dan proses penyajian merupakan nilai F ₁ untuk seluruh anggota kelompok . Setiap mahasiswa wajib memiliki Buku Bahan Ajar FILSAFAT OLAHRAGA yang telah disusun oleh dosen agar keterarahan diskusi kelas dapat terjamin dan isi perkuliahan secara utuh dapat terserap oleh mahasiswa. Tugas setiap kelompok dan waktu penyajian dapat dilihat dalam lampiran. Kelompok yang bersangkutan bertanggungjawab untuk mempersiapkan ruangan diskusi kelas seperti penyusunan meja kursi didepan kelas. Brown Company Publishers. Berita acara diskusi harus dibuat sesuai dengan format terlampir. Naskah makalah berikut Berita Acara Diskusi (format terlampir)disrehakan kepada dosen untuk dinilai. h.4 d. e.Dubuque. Semua mahasiswa wajib hadir pada diskusi kelas paripurna untuk mengikuti acara presentasi. f. Third edition. bila diperlukan. Semua mahasiswa yang akan mengikuti dsikusi harus mempersiapkan diri dengan membaca / mempelajari topik yang akan disajikan oleh sesuatu kelompok yang terdapat pada Buku Bahan Ajar Filsafat Olahraga.

Pertemuan 1 : • • • • • Perkenalan dosen kepada mahasiswa dan (sedapat-dapatnya) perkenalan mahasiswa kepada dosen. Dalam setiap kali diskusi harus dibuat Berita Acaranya menurut format lampiran. 5 Terjemahan bersifat bebas. artinya tidak harus kata demi kata tetapi tidak boleh terlalu bebas sehingga kehilangan maknanya. Untuk ini orang harus berangkat dari konsep manusia sebagai satu entitas jasmaniah-rohaniah yang utuh menyeluruh. Naskah terjemahan dibuat menurut format lampiran dan diserahkan kepada dosen selambat-lambatnya pada pertemuan ke-12. bukan dikhotomi jasmani dan rohani. dan mengapa hal itu diwajibkan. Copy naskah didistribusikan kepada setiap anggota kelompok yang bersangkutan. Pembuatan naskah terjemahan harus dilakukan melalui diskusi kelompok dibawah koordinasi ketua kelompok. Mewajibkan kepada seluruh mahasiswa untuk memiliki Buku Bahan Ajar Perkuliahan Filsafat Olahraga. • Dosen menyajikan cakupan isi perkuliahan Filsafat Olahraga. LANGKAH-LANGKAH DALAM PERTEMUAN Langkah-langkah dalam setiap pertemuan adalah sebagai berikut : Pertemuan ke 3 : • Menyerahkan dan mendiskusikan naskah Kontrak Perkuliahanm kepada mahasiswa. walaupun dalam garis besarnya saja. Naskah dinilai oleh dosen sebagai nilai F₂ 8. Menjelaskan konsep pendekatan pembelajaran kooperatif yang dipakai dalam perkuliahan ini. Hal ini penting sebab mahasiswa perlu menggunakan pisau analis filsafat untuk membedah hakekakt dan makna olahraga bagi manusia dan budaya. minimal 2 (dua) kali diskusi. c. . Menginformasikan bahwa pekuliahan ini diselenggarakan berdasarkan Kontrak Perkiliahan yang disetujui bersama oleh dosen dan mahasiswa. b.a. Pertemuan ke 2 : • Memeperkenalkan mahasiswa dengan dunia filsafat. Bersama naskah dilampirkan berita acara diskusi-diskusi yang diadakan untuk ini. Dosen menginformasikan secara umum apa dan mengapa Filsafat Olahraga. d.

10 menit berikutnya : sidang diskors sementara penyaji mempersiapkan jawabannya. 20 menit berikutnya penyampaian sajian oleh kelompok penyaji. Pertemuan ke 4 dan seterusnya : • • • Pertemuan ke 4 dan seterusnya diisi dengan diskusi kelas paripurna yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. komentar peserta 9. Dosen merangkum hasil diskusi dan meluruskan yang keliru (kalau ada). Seluruh biaya yang dibutuhkan kelompok (misalnya biaya penggandaan naskah / fotocopy) ditanggung bersama oleh semua anggota kelompok. Tiap kelompok harus memilih unsur pimpinan yang terdiri atas : seorang Ketua. seorang Sekretaris. 20 menit berikutnya : Tanggapan dan saran-saran dari floor. • Demikianlah kelompok demi kelompok menyajikan makalahnya secara bergiliran mulai pertemuan ke 4 sampai terakhir. seorang presenter (yang menyampaikan makalah kelompok). Penyaji dalam sesuatu diskusi adalah kelompok yang dihunjuk untuk itu. dan seorang Bendahara. dan seorang notulis (yang mencatat jalannya sidang dan menginventarisir semua pembanding). Dosen menjelaskan garis-garis besar judul yang akan disajikan oleh kelompok yang bersangkutan.6 • • • Dosen menyampaikan daftar kelompok mahasiswa dengan susunan anggota masingmasing(terlampir). Langkah-langkah pertemuan diskusi kelas paripurna : • 15 menit pertama : • • • • • • • Kelompok penyaji sudah mempersiapkan ruangan. 15 menit berikutnya : Penyaji menjawab tanggapan / saran dari floor. 15 menit terakhir. Kelompok penyaji harus memilih seorang pimpinan diskusi kelas paripurna. TUGAS-TUGAS PERKULIAHAN .

PENILAIAN . Rusly Ahmad. 2. TAGIHAN TUGAS. Naskah terjemahan ini hanya dibuat. Makalah dengan judul salah satu pokok bahasan dalam buku Bahan Ajar Filsafat Olahraga yang disajikan daslam diskusi kelas paripurna berikut Berita Acaranya dan proses diskusi kelompoknya. Judul-judul makalah kelompok tersebut adalah pokok bahasan – pokok bahasan dalam Buku Bahan Ajar Filsafat Olahraga yang disusun oleh Drs. Selain itu secara individual setiap mahasiswa harus membaca/mempelajari pokok bahasan demi pokok bahasan yang menjadi topik-topik dalam diskusi paripurna sehingga dengan demikian seluruh kandungan isi perkuliahan pada akhirnya telah dipelajari semua. Mengadakan serangkaian diskusi kelompok diluar kelas untuk menghasilkan sebuah makalah terjemahan dari artikel Rene Maheu berjudul “Sport and Culture”. 10. Tercapainya keterampilan proses. 2. mahasiswa akan menyerap keseluruhan isi perkuliahan Filsafat Olahraga dan menyadari makna olahraga dalam kehidupan dan budaya. TUJUAN PEMBERIAN TUGAS 1. Jangan pernah memasuki ruangan diskusi kelas paripurna tanpa sebelumnya telah membaca topik yang akan disajikan kelompok lain dalam diskusi itu. 1. mahasiswa ditugasi dua macam tugas (F₁ dan F₂) yang masingnya dikerjakan dalam kelompok melalui diskusi. Mengadakan serangkaian diskusi kelompok diluar kelas untuk menghasilkan sebuah makalah (yang judulnya sudah ditetapkan) untuk disajikan dalam diskusi kelas paripurna. 12. 2. Berkembangnya atribut soft skill mahasiswa sebagaimana dimaksud dengan butir 4 dari pengalaman diskusi bersama teman-teman baik dalam kelompok maupun paripurna kelas.7 Selain kewajiban mengikuti Ujian Tertulis F ₃ dan F₄. tidak disajikan dalam diskusi kelas paripurna. MA. 11. berikut Berita Acara diskusi kelompok untuk menghasilkannya. Naskah terjemahan SPORT AND CULTURE. Tercapainya keterampilan isi Dengan mengikuti diskusi-diskusi kelompok dan diskusi – diskusi kelas paripurna. Kedua macam tugas itu adalah : 1.

Makalah Tematis No. 1. Aspek yang dinilai dan Kriteria Kesesuaian dengan makna asli Bahasa Format (sesuai/tidak dengan pedoman) Skor 10-30 10-25 10-15 . 3. 7. 4. 5. 6. 1. 2.8 Penilaian yang diberlakukan pada perkuliahan ini mengacu pada sistem penilaian yang berlaku pada UNIMED yaitu : NILAI AKHIR = F₁ + F₂ + F₃ + F₄ 4 Dimana : Nilai F₁ = Nilai makalah + Nilai Proses diskusi 2 Nilai F₂ = Nilai Terjemahan + Nilai Proses diskusi 2 Nilai F₃ = Nilai Ujian Tulis ke – 1 Nilai F₄ = Nilai Ujian Tulis Final Adapun rentangan nilainya adalah sebagai berikut : Rentang 90-100 : Nilai A (sangat kompeten) Rentang 80-89 : Nilai B (kompeten) Rentang 70-79 : Nilai C (cukup kompeten) Rentang 55-69 : Nilai D (tidak kompeten) Rentang dibawah 55 : Nilai E (tidak kompeten) Kriteria Penilaian A. 2. Naskah Terjemahan No. Aspek yang dinilai dan Kriteria Relevansi makalah dengan topik yang ditetapkan Kualitas presentasi Penguasaan materi Kemampuan berdiskusi Tingkat keterlibatan anggota dalam presentasi Bahasa Kepemimpinan Skor maksimum Skor 0-15 0-15 0-30 0-10 0-10 0-10 0-10 100 B. 3.

9. dan Sport • Merangku m hasil diskusi Mengkaji hubungan sport dengan • Mengantar diskusi Pendidikan Jasmani • Merangku m hasil diskusi Mengkaji Sport Science • Mengantar diskusi • Merangku m hasil diskusi Ujian Formatif 3 Mengawas ujian 3. JADUAL PERKULIAHAN Pert. Tanggal • • • 2. Keterlibatan anggota kelompok dalam diskusi-diskusi Ketetapan waktu penyerahan naskah Skor maksimum 13. Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 1 Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 2 Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 3 Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 4 Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 5 Menempuh ujian . 5.Presentasi jelaskan Kontrak Perkuliahan • Menyampaikan daftar pemba-gian kelompok dan tugas masing-masing kelompok Mengkaji konsep Manusia • Mengantar diskusi Seutuhnya • Merangku m hasil diskusi Mengkaji Olahraga versi Indonesia • Mengantar diskusi • Merangku m hasil diskusi Mengkaji konsep Bermain.9 4. 8. 6. • Mengantar diskusi Permainan. Kegiatan Personal introduction Deskripsi mata kuliah Konsep pembelajaran Menyimak Dosen Presentasi Mahasiswa Menyimak 10-15 10-15 100 kooperatif • Perkenalan singkat dengan Presentasi filsafat • Penjelasan tentang ruang lingkup perkuliahan Filsafat Olahraga • Mendistribusikan dan men. ke 1. Menyimak 4. 5. 7.

PETUJUK PELAKSANAAN TUGAS F MAKALAH UNTUK DISAJIKAN DALAM DSIKUSI KELAS PARIPURNA . Mengkaji olahraga Mengantar diskusi • Merangku m hasil diskusi Mengkaji Masalah etika dalam • Mengantar diskusi olahraga • Merangku m hasil diskusi Mengkaji Masalah penipuan dalam • Mengantar diskusi olahraga • Merangku m hasil diskusi Mengkaji Sistem Kepercayaan • Mengantar diskusi dalam Olahraga • Merangku m hasil diskusi Mengkaji Olahraga sebagai Seni • Mengantar diskusi • Merangku m hasil diskusi Ujian Formatif 4 Mengawas ujian Nilai-nilai dalam • Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 6 Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 7 Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 8 Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 9 Diskusi kelas Paripurna Penya ji : Kelompok 10 Menempuh ujian 11. 13.10 10. 15. 12. 14.

Seorang notulis yang menjadi rapporter yang mencatat jalannya sidang (lihat contoh format Berita Acara Sidang). 3. yang menyajikan makalah kelompok. Sembilan copies untuk didistribusikan kepada kesembilan kelompok lain yang berfungsi sebagai pembanding dalam diskusi kelas paripurna. 2. kepada dosen. 1. 5. 1 copy diserahkan kepada dosen. c. setiap kelompok penyaji harus memilih/menetapkan : Seorang moderator yang memimpin sidang kelas paripurna. b. Untuk penyajian makalah pada sidang Diskusi Kelas Paripurna. Penyerahan makalah yang telah disempurnakan dilakukan pada pertemuan berikutnya (satu minggu setelah penyajian). Setiap kelompok harus menggandakan makalahnya sebanyak : a. 2. dengan melampirkan : berita acara diskusi-diskusi kelompok untuk pembuatan makalah (contoh format terlampir) berita acara diskusi kelas paripurna (contoh format terlampir). 1 copy atau sebanyak yang diperlukan oleh kelompok penyaji. Setiap kelompok diwajibkan untuk membuat dan menyajikan sebuah makalah pada diskusi kelas paripurna yang diadakan pada setiap jam pertemuan (mulai pertemuan ke4). c. Judul makalah untuk sesuatu kelompok ditetapkan oleh dosen dari salah satu pokok bahasan dalam buku wajib Bahan Ajar Filsafat Olahraga (lihat lampiran Pembagian Kelompok). dan tiap diskusi kelompok yang diadakan diluar kelas harus dilengkapi Berita Acara sesuai dengan format lampiran. Seorang presenter. a. b.11 1. Makalah harus dihasilkan dari diskusi kelompok (minimal 2 kali diskusi). Setelah disempurnakan berdasarkan pendapat dan saran dari floor pada sidang diskusi paripurna. 4. PETUJUK PELAKSANAAN TUGAS F2 NASKAH TERJEMAHAN .

.. Dubuque... Anggota Seorang Sekretaris dan 5... Isi naskah terjemahan terdiri atas : a...................... 6101... 6101.............. PENDIDIKAN KESEHATAN DAN REKREASI KELAS ........... Conteporary readings in Physical education............... Indonesianya baik dan benar......................... 4............. Penjilidan dan penggandaan naskah 1............... kehilangan makna aslinya. dalam Aileene S....... Lockhart dan Howard S........ ......... 3.. Kata Pengantar b.. setiap kelompok wajib membuat sebuah naskah terjemahan dari artikel Rene Maheu “Sport and Culture”.... Oleh Pastikan terjemahannya reprentatif (benar-benar mewakili isi) dan Bahasa Kelompok .... Ringkasan isi (dalam Bahasa Indonesia) c.......... ......12 1.... Notulis • • • Seorang Ketua 4. Lampiran Berita Acara Diskusi-diskusi kelompok untuk menyusun naskah terjemahan (pada bagian akhir naskah) Proses pembuatan naskah harus dilakukan melalui diskusi kelompok yang diadakan diluar kelas pertemuan. Sebagai tugas F₂........ Borwn Company Publishers.............. Anggota Seorang Bendahara • 2........ C. • 8.. ... 6.............. Tempat dan waktu diskusi disepakati bersama... . Slusher (1975)... 6101. 6101. Format kulit untuk naskah terjemahan terlampir. Diskusi 2 : Membahas bersama hasil terjemahan dari masing-masing petugas.... Iowa : Wm... 6101... Isi d........ Format Penulisan Naskah FIK UNIMED 2012 ......... Third edition.............. Presenter 7.. ..... Langkah pembuatan naskah terjemahan : • • Diskusi 1 : OLAHRAGA DAN SENI Penjelasan tugas oleh Ketua Kelompok Pembagian tugas penerjemahan Makalah Pengerjaan Tugas : Disajikan pada Setiap anggota secara sendiri-sendiri mengerjaskan bagian terjemahan yang Diskusi kelas Paripurna pada ditugaskan kepadanya (beri waktu 1 minggu atau lebih) Hari Jumat Tanggal . Naskah terjemahan diserahkan kepada dosen selambat-lambatnya pada Pertemuan ke – Prodi 12..... Terjemahan memang tidak harus kata demiModerator kata tetapi tidak boleh terlalu bebas sehingga 2......... Untuk menyelesaikan tugas ini... setiap kelompok harus memilih : 3. 5....

Format : BERITA ACARA . Pertinggal kelompok. untuk dosen. dan 1 exp. untuk kelompok-kelompok pembanding.13 Catatan : Makalah digandakan sebanyak 11 exp : 9 exp. 1 exp.

.... saran..... 2. dan sebagainya)....... Lampiran (Lampirkan Daftar Hadir Peserta Diskusi menurut format Daftar Hadir pada halaman berikut) Pimpinan Diskusi (Nama dan Tandatangan) Catatan : 1. Format : ... semangat partisipasi peserta terjadinya debat yang hangat (kalau ada). Tempat : ........ A..14 DISKUSI MANDIRI KELOMPOK UNTUK MEMBUAT MAKALAH Diskusi ke – 1 : Hari / Tanggal : ........ Hal-hal yang berkembang dalam Diskusi (Tuliskan perkembangan dalam diskusi (pertanyaan................... atau terdapatnya kesepakatan mengenai isi makalah).................. dan seterusnya..... baik yang bersifat akademik maupun yang non akademik) E............ Tujuan Diskusi (Tuliskan tujuan diskusi : misalnya tersusunnya pembagian tugas apa.............. tanggapan.. B. D... Mekanisme dan Rancangan Diskusi (Tuliskan mekanisme dan tatatertib diskusi yang disepakati anggota) C...... Format ini juga berlaku untuk Diskusi ke-2....... Topik Diskusi : ........ dan kesepakatan) serta suasana non akademik (seperti .... Kesimpulan (Tuliskan kesimpulan yang diperoleh. Berita Acara ini dan Lampiran-lampirannya hanya diserahkan kepada dosen melengkapi naskah makalah yang sudah disempurnakan.

...............................) (..... 3........ Dst.......................... 2............................ Topik diskusi : .15 DAFTAR HADIR DISKUSI MANDIRI KELOMPOK KELOMPOK ......... No........... 1.......) Format : BERITA ACARA PRESENTASI ... Diskusi ke ............. Tempat : .. NIM Nama Mahasiswa Tanda tangan Pimpinan Diskusi Ketua Sekretaris (.. Hari / Tanggal : ..................

....... dst.. 3. .. ...16 Pada hari ini ..........) DAFTAR HADIR KELOMPOK PENYAJI PADA DISKUSI KELAS PARIPURNA PRODI : ........................................ 4............................................................... (............. Notulis : ......................... 1...................... tanggal .............. dengan Moderator : .................................................... telah dilakukan presentasi makalah berjudul : ........... Pada sidang Diskusi Kelas Paripurna.................................) (.................... Notulis .......... Pertanyaan / saran / pendapat selama presentasi adalah sebagai berikut : No.. Pertanyaan/saran/pendapat Jawaban Kampus FIK Moderator ......... Presenter : .................. 2..... oleh kelompok ........................

. ....................... .... ............................ 1............................... dst...... Slusher (eds.....) Kampus FIK Ketua Kelompok format kulit : Naskah Terjemahan FIK UNIMED 2012 ..............................Brown Company Publishers.... Bendahara 4.. ...... 6101................ 2.............. Contemporary Readings in Physical Education ........................ Third edition......... Diterjemahkan dari Rene Maheu “Sport and Culture”..... .... dalam Aileene Lockhart dan Howard S.. Anggota 6.)...... NAMA NIM TANDATANGAN 1........ (............ Iowa : Wm. .... ........... Anggota 5........ No..................... 6101............. 6101............. 2..... . OLAHRAGA DAN BUDAYA 4.. 3.. Sekretaris 3............ 3.. Ketua 2.....................17 Hari/Tanggal Judul Makalah Kelompok Moderator Presenter Notulis : : : : : : .................................... Dubuque..C........... dst................... NAMA NIM Oleh Kelompok ................ .... 6101............... 1975.. TIDAK HADIR : (kalau ada) No.... 1............ dst.. 6101......... Prodi : Pendidikan Jasmani Kelas : ..

18 Format : BERITA ACARA DISKUSI MANDIRI KELOMPOK UNTUK PROYEK TERJEMAHAN Diskusi ke –1 : .

...... tingkat partisipasinya.. B.... dan tata tertib diskusi yang telah disepakati bersama serta rencana diskusi selanjutnya)..) Catatan : 1...................... tersusunnya pembagian tugas apa atau membahas dan mengedit hasil terjemahan dari masing-masing anggota yang ditugasi)... Tempat : ....................... 2..... Masalah yang didiskusikan : ........................ D.......... ...................... Mekanisme dan Rancangan Diskusi (Tuliskan mekanisme termasuk batas waktu perorangan untuk menyelesaikan bagian terjemahannya......... E................ Format : DAFTAR HADIR DISKUSI MANDIRI KELOMPOK UNTUK PROYEK TERJEMAHAN ..... Lampiran (Lampirkan Daftar Hadir Diskusi sesuai format terlampir pada halaman berikut) Pimpinan Diskusi (........ Kesimpulan (Tuliskan kesimpulan yang diperoleh. dan sebagainya)...... Naskah Hasil Terjemahan diserahkan kepada dosen melampirkan Berita Acara Diskusi dan Dafta Hadir.. Format ini juga berlaku untuk Diskusi ke-2 dan seterusnya......... C......... baik dalam proses maupun hasil diskusi).19 Hari / Tanggal : ........... A...... Hal-hal yang Berkembang dalam Diskusi (Tuliskan hal-hal yang berkembang dalam diskusi serta suasana non akademik dalam diskusi (misalnya semangat anggota dalam diskusi. Tujuan Diskusi (Tuliskan tujuan diskusi : misalnya.......

............... 2......20 Diskusi Ke ............ No.............................. 1.. Hari/Tanggal : ..................) (...... dst. NAMA NIM TANDATANGAN Pimpinan Diskusi Ketua Sekretaris (......... Topik diskusi : ......... 3.) ............................ Tempat : ....................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful