MAKALAH PENGELOLAAN PERANGKAT KERAS TROUBLESHOOTING PADA PERSONAL COMPUTER (PC

)

Disusun oleh : Nama : Olga Aprilia Saudah NIM : M3111115

Kelas : TI C

PROGRAM STUDI DIII TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012

Mengerti dan memahami cara menangani troubleshooting pada komputer. 2. Latar Belakang Komputer sudah merupakan alat bantu yang tergolong penting saat ini. Hardware (perangkat keras) atau Brainware (pengguna komputer). Sebagai pengguna atau pemakai komputer tentunya kita juga pernah mengalami masalah dengan komputer.PENDAHULUAN A. Pada kesempatan ini kita akan sedikit belajar untuk mendeteksi masalah pada komputer Anda terutama yang berhubungan dengan Hardware. . segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Hal tersebut dapat diakibatkan adanya kesesuaian dari komponen dasar komputer itu sendiri yang biasanya berkaitan dengan Software (perangkat lunak atau aplikasinya). Dapat memahami bagian – bagian yang penting pada komputer. tentunya dengan adanya komputer maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. B. 3. Dalam dunia komputer. Tujuan 1. Dapat memahami peripheral yang sering bermasalah pada komputer. kita ambil salah satu contoh pada kegiatan perkantoran.

kabel-kabel penghubung dan lain-lain. biasanya kesalahan dalam komponennya yang tidak mendukung dengan komponen lainnya. CD/DVD-ROM Drive. Troubleshooting. 1. Port tambahan. B. FDD. segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Troubleshooting ketika merakit dan mengupgrade komputer Dalam memahami masalah Troubleshooting pada PC ini.PEMBAHASAN A. Macam Trobleshooting pada Komputer Ada beberapa masalah dan penyelesaian Troubleshooting pada PC. Power Supply. yang merujuk kepada sebuah bentuk penyelesaian sebuah masalah. dan juga proses penghilangan penyebab potensial dari sebuah masalah. RAM. pengelompokkan dibedakan menjadi beberapa bagian diantaranya : 1. Harddisk. Dalam dunia komputer. Hal-hal yang harus dilakukan untuk menangani penyebab . Sound Card. Troubleshooting merupakan pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan. Troubleshooting dalam mengoperasikan komputer Secara umum yang termasuk dalam komponen-komponen pada PC antara lain : Mainboard. Card Monitor (VGA Card). Pengertian Troubleshooting Secara umum troubleshooting adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris. Troubleshooting ketika merakit dan mengupgrade komputer 2. Pada kesempatan ini kita akan sedikit belajar untuk mendeteksi masalah pada komputer kita terutama yang berhubungan dengan Hardware. kadangkadang merupakan proses penghilangan masalah. Prosesor.

jika mengupgrade jenis pada RAM dan prosesor. contohnya : mainboard P3 ke mainboard P4. Atau perubahan jenis mainboard yang penting jenis socketnya sama. Pengupgrade mainboard bisa dilakukan. Contohnya selain kita membuka program windows. Apa lagi jenis prosesor ada intel pentium. intel celeron dan AMD. Mengenali tipe PC pada RAM. Jadi yang harus diperhatikan dalam melakukan pengupgrade prosesor harus support pada mainboard dan memori. PC 3200 dan lain-lain. contohnya: PC 100. kemudian membuka program aplikasi seperti adobe photoshop CS. Apabila melakukan pengupgrade RAM cocok akan meningkatkan semua kinerja komputer baik membuka aplikasi. Mengenali jenis RAM. karena menambahkan kecepatan akses dan kerja komputer. apa jenis slot yang digunakan berbentuk DDRAM dan SDRAM pada umumnya. b. Pengupgrade prosesor akan bisa dilakukan. tetapi yang harus diperhatikan adalah mainboard yang baru mendukung kecepatan bus . PC 133. membuat desain maupun permainan. sehingga menghasilkan yang cocok dan memuaskan. itu yang harus diperhatikan ketika melakukan perakitan dan mengupgrade dalam sebuah komputer. jika support terhadap mainboard dari jenis slot dan kecepatan busnya serta ke memorinya. Dari jenis tipe PC tersebut apakah support dengan mainboard atau tidak. corel draw dan microsoft office dan ada untungnya dengan mengalami kenyamanan dan kecepatan dalam pengoperasiannya dan juga menambah kecepatan program aplikasi lainnya.terjadinya Troubleshooting PC ketika kita merakit atau mengupgrade komponen komputer adalah : Melakukan mengupgrade pada RAM sangat baik. Intel celeron dipasang ke mainboard yang chipsetnya intel. agar tampil ke layar monitor. terkadang harus mengubah jumper power. Langkah yang harus diambil untuk mendapatkan hasil yang memaksimal adalah : a. PC 2700.

1GB dan lainlain. Di dalam mainboard ada fasilitas yang digunakan untuk VGA dimana VGA yang sizenya tidak melebihi VGA pada mainboard yang dinamakan slot VGA I-Express. socket dan port pada mainboard dengan menggunakan air cleaner. Pengupgrade Power Supply bisa dilakukan. sehingga tidak terjadi trouble pada komponen lain. Kalau kita ingin menambahkan VGA card kemudian sizenya 512MB maka terjadi trouble atau tidak tampil ke layar monitor. Karena faktor tersebut terkadang mempengaruhi terjadinya Troubleshooting pada komputer. Mengecek pada socket. apabila size VGA card yang akan ditambahkan harus tidak melebihi size VGA pada mainboard. biasanya VGA mainboard maximal 128MB. Yang harus dilakukan setelah tahu komponen mana yang bermasalah adalah mengganti komponen dengan komponen yang baru bagi komponen . Memang di mainboard ada fasilitas slot untuk VGA. apabila tegangan arus mendukung dengan komponen lain. karena akan mempengaruhi terjadinya Troubleshooting. karena komputer dalam keadaan mati. Menurut Ramdani Nazaruddin (2005:369) mengatakan bahwa fungsi Power Supply adalah kristis sebab daya listrik untuk semua komponen di dalam sistem. slot dan port pada mainboard. Biasanya apabila power supply tidak support dengan komponen lain. karena sizenya melebihi kapasitas size VGA pada mainboard. Pengupgrade VGA card bisa dilakukan.dari prosesor yang kita ingini atau tidak. sehingga terjadinya kegagalan pada sistem komputer. apakah dalam keadaannya kotor. Slot ini bisa digunakan untuk VGA card yang sizenya melebihi dari size VGA pada mainboard misalkan VGA card yang sizenya 512MB. agar komponen yang terpasang bisa terdeteksi dengan komponen lain. akan nampak aneh hampir sama secara rinci mengacu pada memori yang gagal. tapi hanya bisa digunakan oleh VGA card yang sizenya tidak melebihi. Maka lakukan pembersihan slot. sehingga komponen yang terpasang tidak terdeteksi.

Processor merupakan prosentase terbesar yang menentukan baik buruknya sebuah computer. sudah terwakili dengan menyebutka jenis prosesornya saja. bagaimana kita bisa untuk menangani Troubleshooting pada PC kita. Troubleshooting dalam mengoperasikan computer Troubleshooting sering terjadi. AMD dll. kali ini kita akan membahas per bagian komputer dan cara penanganannya. tanpa harus mengeluarkan biaya. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan melakukan pemaksaan komponen. . reboot. 2. dan sebagainya. Itu menggambarkan seakan‐akan untuk menyebutkan fitur atau jenis sebuah computer. MASALAH : PROCESSOR CEPAT PANAS  Masalah : Processor PC cepat sekali panas sehingga berdampak pada computer yang menjadi seringkali hang. Oleh karena itu.yang tidak support dengan komponen lainnnya.1. pasti pertanyaan pertama yang akan diajukan oleh pemilik took adalah “ computer dengan prosesor jenis apa yang anda inginkan?”. 2. kalau tidak support karena akan terjadinya kerusakan pada komponennya. Jika kita akan membeli sebuah computer. agar mendapat hasil yang memuaskan. ketika kita mengoperasikan komputer karena faktor yang mempengaruhi terjadinya Troubleshooting mungkin masalah hardware dan software. Contoh merk processor terkemuka di dunia yakni intel. Lakukanlah dengan cermat dan teliti dalam penanganan Troubleshooting pada komputer. Banyak sekali penyebab dari troublenya sebuah computer.Processor Processor atau dikenal juga dengan Central Processing Unit merupakan pusat peng”eksekusi” setiap tugas atau perintah baik yang berupa data maupun informasi di dalam system computer.

2. Apakah jumper‐jumper yang ada sudah terpasang dengan benar. Tetapi pada saat booting pertama kali. kita juga telah membeli heatsink tan (pendingin) yang berkualitas. ternyata speed CPU yang tampil di BIOS tidak sama dengan angka default processor baru tersebut. kita harus memahami terlebih dahulu beberapa istilah seperti berikut: . MASALAH : PASANG PROCESSOR BARU TIDAK TERDETEKSI  Masalah : Kita baru saja memasang processor baru pada motherboard untuk menggantikan processor lama. Terutama processor jenis AMD. Jika CPU sudah terpasang dengan tepat. coba chek setting motherboard. ternyata speed CPU yang tampil di BIOS tidak sama dengan angka default processor baru maka melakukan langkah pengecekan sebagai berikut: 1. tetapi tetap tidak terdeteksi dengan baik. Solusi : Inilah masalah utama processor. pastikan bahwa pada saat pembelian processor. Chek kembali CPU apakah sudah terinstal dengan tepat. Pasta penghantar panas tersebut akan memperbaiki kontak CPU dengan kipas sehingga suhu processor akan lebih terjaga. Itu akan menjadi sirkulasi udara pada casing lebih baik.  Solusi : Jika pada saat booting pertama kali setelah mengganti processor. Untuk mengantisipasinya. TIPS: OPTIMALISASI DENGAN OVERCLOCK Sebelum kita melangkah lebih lanjut pada kegiatan overclocking. Jika perlu menggunakan thermal paste untuk membantu kontak antara permukaan chip processor dengan heatsink dibawah kipas.

Siapkan power supply yang berkapasitas tinggi Menggunakan power supply yang berkualitas dengan kemampuan minimal 250 watt . Semakin tinggi clock speed. Menggunakan juga thermal paste yang berkualitas untuk membantu koneksi processor dengan pendingin. 4. yaitu bus utama yang menghubungkan processor dengan chipset Motherboard. lakukan empat langkah persiapan sbb: 1. 2.1. FSB. Hati‐hati dengan penyiapan ini karena sudah banyak berita bahwaprocessor terbakar pada saat proses overclocking karena pending yang kurang berfungsi. memori atau kartu grafis dengan cara meningkatan FSB atau clock speed komponen tersebut. Overclocking merupakan suatu teknik yang digunakan untuk meningkatkan kinerja processor. maka akan semakin tinggi pula kinerja yang dihasilkan komponen tersebut. Satuan yang dipakai biasanya MHz atau GHz. Oleh karena itu yang perlu dipersiapkan dengan baik adalah system pendingin di dalam casing. merupakan singkatan dari Front Side Bus. Clock Speed. Angka clock speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. BUS. merupakan istilah yang digunakan untuk menyatan kecepatan dari sebuah processor atau komponen yang lainnya. istilah yang digunakan untuk menyatakan system aliran data yang digunakan komponenkomponen dalam motherboard untuk berkomunikasi dengan prosesor 2. 3. Agar proses overclock dapat berjalan dengan lancar. Siapkan komponen pendingin yang tepat Salah satu masalah pokok overclocking adalah panas berlebih dari proses yang dihasilkan. Mencari fan atau kipas serta heatsink yang terbaik. Mencari produk yang sedikit mahal tapi memberikan hasil yang maksimal.

termasuk kelompok memoriutama dalam computer. dimana RAM merupakan tempat penyimpanan semua data yang dimasukkan oleh komponen input. maka akan semakin cepat proses yang dilakukan oleh computer. Jadi semakin besar kapasitas RAM. Update BIOS jika diperlukan untuk menjaga kestabilan Motherboard pada saat overclock.3. Beberapa yang lain dapat dilakukan melalui jumper – jumper yang ada. Pilih motherboard yang tepat Tidak semua jenis motherboard dapat meningkatkan factor pengali (multiplier) processor. Teliti betul‐betul jenis motherboard dan kemampuannya.2. Tetapi bagaimana jika terlanjur membeli motherboard yang tidak support untuk overclock?. Update BIOS Motherboard Sebaiknya menggunakan BIOS motherboard terbaru. memiliki system BIOS yang dapat digunakan untuk melakukan pensettingan FSB dan level tegangan untuk keperluan overclock. Memory/RAM Jika processor merupakan komponen yang memiliki prosentase terbesar untukmenentukan baik buruknya kinerja computer. Beberapa motherboard. 2. Jika perlu chek kembali spesifikasi yang ada pada buku manual. maka RAM adalah pendukung utama processor dalam menentukan kinerja tersebut. 4. Kemungkinan terakhir adalah melakukan overclocking dengan menggunakan software utility seperti SoftFSB. Utility tersebut bermanfaat karena dapat langsung mengubah speed FSB melalui interface yang ada pada Windows. Fitur motherboard yang support untuk keperluan overclocking. . minimal harus dapat mengubah speed FSB dan level tegangan inti processor. RAM merupakan singkataan dari Random Acess Memory.

yang disebut juga dengan nama Rambus sesuai dengan nama perusahaan pembuatnya. • RD‐RAM. Tetapi sering RAM jenis initidak compatible dengan system‐sistem yang lebih lama. tipe ini sudah tidak dikembangkan lagi • Extented Data Out RAM (EDO RAM). . Penyegaran berkala tersebut membuat DRAM lebih lambat daripada SRAM. tipe yang lebih fleksibel dibanding pendahulunya EDO‐RAM karena tidak perlu dipasang berdampingan. • DDR‐RAM. maka slot‐slot yang kosong dapat diisi dengan modul modul dummy untuk melengkapi. Sedangkan Dynamic RAM perlu disegarkan secara berkala untuk mempertahankan isinya. Sedangkan dari sisi teknologinya. mempunyai kecepatan dua kali lebih cepat dari SD‐RAM. tetapi RAM jenis ini tidak bisa ditempatkan pada slot SD‐RAM. Untuk menggunakan DDR‐RAM. Berbeda denga SD‐ RAM. terdapat beberapa tipe RAM sebagai berikut: • Fast Page Memory (FPM). Sama denga FPM tipe ini sudah tidak dikembangkan lagi • SD‐RAM.Secara umum. Static RAM mmerupakan RAM yang dapat dipertahankan data didalamnya tanpa perlu disegarkan secara berkala. computer harus memiliki processor yang cukup cepat sehingga mampu menangani bandwidth ekstra yang dihasilkan DDR‐RAM tersebut. Jika kita memiliki hanya satu keeping RD‐RAM. singkatan dari Double Data Rate‐RAM. kita harus mengisi penuh semua slot uang ada pada motherboard. Slot hampir sama dengan SD‐RAM. RAM dibagi menjadi dua yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Kita boleh memasang hanya satu modul saja dari motherboard yang memiliki 3 slot.

Ganti RAM dan cari modul yang berasal dari produsen yang sama. ternyata yang terdeteksi pada tampilan awal booting tetap 64MB. Apakah sudah terpasang dengan baik pada slotnya. Jika computer menjadi lancar bekerja. Pada motherboard tertentu. check kedudukan RAM baru dan RAM‐RAM yang lain. TIDAK TERDETEKSI  Masalah: RAM kita semula 64 MB. kita dapat melanjutkan pencarian kesalahan. MASALAH : MENAMBAH RAM. Test ulang computer. Kita juga bisa mencoba dengan menurunkan sedikit timing RAM dalam BIOS. Apakah bisa berjalan dengan lancar? Jika ternyata belum lancar. cek kembai apakah RAM baru yang sudah kita tambahkan . chek kedudukan RAM baru dan RAM‐RAM yang lain. Jika tetap belum terdeteksi.  Solusi : Langkah pertama. modul memory buatan produsen yang berbeda dapat saling tidak berkompromi atau tidak kompatibel.mkemudian kita menambah lagi dengan RAM yang berkapasitas sama sehingga diharapakan RAM menjadi 128MB.MASALAH : CRASH SETELAH PASANG RAM BARU  >> Masalah: Saat baru saja menambah RAM baru yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja computer lebih baik dari system yang lama. masalahnya sudah jelas bahwa RAM baru tidak kompatibel dengan motherboard kita. Apakah sudah terpasang dengan baik pada slotnya. Tetapi pada saat booting. Test ulang computer. Langkah pertama. Tetapi hal itu menyebabkan computer menjadi sering crash. Cabut RAM baru tersebut dan pasang RAM yang lama kemudian coba mengaktifkan kembali computer.  Solusi : Langkah pengecekan kasus ini hampir sama dengan masalah yang CRASH setelah pasang RAM baru.

 Solusi : Tidak ada yang salah dengan pemasangan RAM. kita menggunakan harddisk . Perhatikan betul‐betul kesesuaian jenis RAM dengan tipe slot pada motherboar MASALAH : SETELAH MENAMBAH RAM. PROSES KOMPUTER LEBIH LAMBAT. Jika memang itu yang kita lakukan. Konsepnya. Tetapi konsep ini akan lebih baik jika kita menggunakan dua buah harddisk untuk menghindari crash dengan beberapa program saat beroperasi. konsultasikan hal tersebut dengan teknisi yang bisa kita percaya. PC akan menjadi lebih lambat sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal jadi kesimpulannya .tersebut sesuai denga jenis slot yang ada pada computer. Tetapi setelah ditambah.  Masalah: RAM bertipe EDO. Tetapi memang batas upgrade RAM EDO adalah 64MB. kapasitas memory sudah maksimal dan tidak ada gunanya untuk ditambah lagi. Belum tentu RAM yang bisa masuk pada suatu slot berarti bahwa RAM tersebut kompatibel untuk ditambahkan. kita ingin menambah lagi karena kebetulan masih ada slot kosong. computer malah menjadi lebih lambat.sebagai contoh. tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pad aslot jenis SD RAM. terdiri dari beberapa keeping yang berkapasitas total 64 MB. Tetapi mempry jenis RD RAM. Kecuali kita akan melakukan upgrade untuk meningkatkan kinerja computer. TIPS : OPTIMALISASI DENGAN VIRTUAL RAM Microsoft Windows menyediakan sebuah fasilitas untuk meningkatkan kecepatan computer dengan virtual RAM. Penambahan RAM lebih dari 64MB akan menimbulkan masalah dengan Chaceable Area (memory sementara)computer. SD RAM memiliki slot yang serupa dengan RD RAM.

Akan muncul kotak dialog System Properties. 2. Data yang disimpan dalam hardisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah hardisk. Klik tombol OK.4 MB.200 rpm(rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4. 4.3. biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. 3. Untuk menerapkan fasilitas virtual RAM ini lakukan langkah‐langkah sebagai berikut: 1. Klik kanan icon My Computer. Klik tab Performance pada kotak dialog tersebut dan klik tombol Virtual Memory. HARDDISK Harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.sebagai virtual memory yang akan mempercepat akses computer. terlihat mata hardisk pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar. Harddisk jaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0. Pilih item Let me specify my own Virtual Memory setting dan pilih harddisk yang akan digunakan sebagai Virtual memory. hardisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat .6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0.6 cm dengan kapasitas 750 GB. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM. Reynold Johnson di tahun 1956. Jika dibuka. pilih Properties. Dalam perkembangannya kini hardisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. 2.

Chek pada setup BIOS apakah masih dapat mendeteksi harddisk. Lakukan beberapa langkah berikut untuk mengatasinya: 1. kita boleh merasa lega karena fisik harddisk masih dikenali computer. Setelah BIOS muncul. Tetapi jika ternyata harddisk tidak dikenali. . nampaknya kemungkinan harddisk rusak. pesan itu dapat berarti bahwa harddisk kita rusak atau mungkin hanya koneksi kabel yang salah. Mungkin ada yang longgar atau tidak menancap dengan benar pada konektornya. Jika sambungan sudah benar tetapi ternyata harddisk masih tidak terdeteksi. Berarti kemungkinan yang rusak adalah partisi atau format harddisk. Setelah itu proses booting computer berhenti dan gagal menghidupkan system. pilih opsi Auto Detect Disk Drive jika ada. Pada beberapa motherboard.dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire. Pasti ada prosedur untuk mengenali harddisk. chek terlebih dahulu sambungan‐ sambungan kabel harddisk yang ada didalam casing. MASALAH : HARDISK FAILURE  Masalah : Setelah melakukan Power On Self Test. BIOS melaporkan pesan kesalahan “Harddisk failure”. 3. Jika harddisk masih terdeteksi. 2.  Solusi : Jangan panik ketika menjumpai pesan tersebut. setup BIOS dapat ditampilkan dengan menekan tombol DEL pada saat booting. Jika tidak ada. chek di konfigurasi utama.

Display Partition 5.com dan Fdisk.MASALAH : INVALID PARTITION TABLE  Masalah: Pesan yang muncul pada booting adalah “ Invalid partition table”. : 1. 2. Lakukan booting dengan menggunakan cd start up. Akan muncul tampilan sebagai berikut: FDISK Option Current Fix disk drive Choose one of the following 1. jalankan program fdisk. tekan tombol power dan tunggu sampai muncul prompt A atau “A:\>”.exe dengan cara mengetikkan: Fdisk (enter) 4. Setelah itu booting gagal dan system tidak bisa diaktifkan. Pastikan bahwa di dalam cd tersebut berisi file system yang dilengkapi dengan file‐file perintah seperti Format. berarti bahwa harddisk telah kehilangan partisinya. jangan lupa pula memasukkan driver CD ROM pada cd tersebut agar pada saat booting computer langsung mendeteksi CD Drive yang ada. Change Current fixed disk partition . Set Active Partition 3. 3. Yang harus segera dilakukan adalah segera mempartisi ulang harddisk tersebut. Setelah cd start up dimasukkan.  Solusi: Invalid partition table. Delete Partition 4. Create DOS Partition or Logical DOS drive 2.exe. Setelah prompt A muncul.

Untuk mengaktifkannya. Kemudian dari sub menu yang muncul. Buatlah partisi tersebut aktif agar bisa digunakan untuk booting computer. pilih angka 2 pada menu utama yang berbunyi Set active partition. Masukkan ukuran yang diinginkan dan tekan enter hingga muncul pesan “extended DOS partition was created” 9. 8. maka pilih pilih Create DOS Partition or Logical DOS drive.5. maka jawab pertanyaan tersebut dengan N. berarti harddisk kehilangan system untuk boot. Nantinya partisi yang ini akan menjadi drive C dan sisanya menjadi drive D 7. tetapi pesan yang muncul pada booting adalah sebagai berikut : Error loading operation System Missing operation system  Solusi : Missing operation system. Akan muncul pertanyaan yang berarti bahwa apakah kita akan menggunakan seluruh dari kapasitas harddisk untuk primary DOS atau ingin membaginya. Jika harddisk belum terpartisin sebelumnya. Jika kita ingin membagi harddisk menjadi dua drive (drive C dan drive D). Proses harddisk partisi selesai dan restart kembali komputernya. pilih Create Primary DOS partition. Langkah selanjutnya membuat pertisi kedua. 6. . Masukkan ukuran primary DOS partition dalam ukuran MB atau prosentase. Maka akan muncul pertanyaan yang menanyakan ukuran pertisi. Pilih angka 1 pada menunya. MASALAH : MISSING OPERATING SYSTEM  Masalah : Sama seperti masalah‐masalah sebelumnya. Lakukan langkah memformat dan mengisinya dengan system sebagai berikut.

. maka akan muncul pesan : Format Complete System Transferred Volume label (11 character. Ketikkan nama label yang diinginkan. tunggu sampai A prompt ‐ nya muncul.1. Setelah proses format selesai. Tekan Y jika ingin melakukan pemformatan. ENTER for none) ? 4. Akan muncul proses format dan tunggu sampai 100% complete. Kemudian tekan enter. Setelah diketikkan perintah tersebut akan muncul pesan sebagai berikut: Warning : All Data on Non removable Disk Drive C will be lost Procced with format ? (Y/N) 3. Format C : /S (enter) 2. Selanjutnya ketikkan perintah pemformatan drive sebagai berikut. Lakukan booting menggunakan cd system. Setelah itu proses selesai.

dan setelah menambah. Troubleshooting dalam mengoperasikan komputer 3. Macam troubleshooting ada dua. termasuk kelompok memori utama dalam computer. yaitu: a. Masalah pada processor biasanya adalah cepat panas. Optimalisasi RAM dengan virtualisasi RAM. dimana RAM merupakan tempat penyimpanan semua data yang dimasukkan oleh komponen input. Masalah yang sering dihadapi pada RAM adalah crash setelah memasang yang baru. Processor bisa dioptimalisasi dengan overclock. Tips dalam memilih RAM yang baik adalah dengan menyesuaikan chipset dan slot pada motherboard. Jadi semakin besar kapasitas RAM. . merk dan kualitas. Troubleshooting ketika merakit dan mengupgrade komputer b.PENUTUP A. RAM adalah pendukung utama processor dalam menentukan kinerja. 2. dan memilih yang asli. 5. proses kerja komputer lebih lambat. 4. Kesimpulan Troubleshooting pada computer adalah segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan computer. Processor merupakan prosentase terbesar yang menentukan baik buruknya sebuah computer. maka akan semakin cepat proses yang dilakukan oleh komputer. RAM merupakan singkataan dari Random Acess Memory. 1. menambah RAM tapi tidak terdeteksi. dan ketika membeli processor baru tidak terdeteksi. invalid partition table dan missing operating system. Harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Masalah yang sering muncul pada harddisk adalah harddisk failure. kebutuhan.

Yogyakarta: Andi Publisher http://desiaryaningsih-06231005. 2011.d3ti.blogspot.blogspot.blogspot. PC Troubleshooting Plus . Wahana.com/2008/06/pengertiantroubleshooting. Yogyakarta : Gava Media Komputer.id/sakroni/files/2010/12/optimalisasi-kinerjaprocessor-ram-dan-hardisk.html http://anwarmadara.html http://cacakkomputer.uns.com/2009/05/troubleshooting-pada-komputer.pdf (diakses 2 Oktober 2012) .com/2011/07/penanganan-troubleshooting-pada. Langkah Mudah Troubleshooting Komputer.DAFTAR PUSTAKA Wahyono Teguh.html http://lecturer.ac.html http://ilmu-reparasi-komputer. 2003.mipa.com/2012/08/pengertian-troubleshootingkomputer.blogspot.