DEMAM BERDARAH DENGUE

OLEH NISWAN ISKANDAR ALAM 0901049

yang mana menyebabakan gangguan pada pembuluh darah. .A.sehingga menyebabkan perdarahan – perdarahan. Apakah demam berdarah dengue itu?? Penyakit demam berdarah dengue ( DBD ) dalam bahasa medis di sebut Dengue Hemorrhagic Fever ( DHF ) adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus dengue yang di tularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

.  Adanya bentuk perdarahan di kelopak mata again dalam( konjungtiva ).B. buang air besar dengan kotoran ( peaces ) berupa lendir bercampur darah ( melena ).mimisan ( epitaksis ). Selanjutnya penderita akan menunjukkan tanda dan gejala sebagai berikut :  Demam tinggi yang mendadak 2 -7 hari ( 38 – 40 derajat Celsius )  Pada pemeriksaan uji tourniquet. Inkubasi dan Gejala Masa inkubasi berlangsung selama 3 – 15 hari sejak seseorang terserang virus dengue.tampak adanya jentik ( puspura ) perdarahan.

sakit perut. diare. penurunan nafsu makan ( anoreksia). muntah.  Munculnya bintik – bintik merah pada kulit akibat pecahnnya pembuluh darah  .Timbul beberapa gajala klinik seperti mual.menggigil.kejang dan sakit kepala.

C.Aegypti ini adalah spesis nyamuk yang menggigit pada siang hari dengan peningkatan aktivitas menggigit sekitar 2 jam sesudah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari tenggelam. terutama Ae. Penularan Di tularkan melalui gigitan nyamuk yang infektif. .

mencegah atau mengatasi keadaan syok/presyok. Pengobatan Fokus pengobatan pada penderita penyakit DBD adalah mengatasi perdarahan.D.  Penambahan cairan tubuh melalui infuse ( intravena ) mungkin di perlukan untuk mencegah dehidrasi dan hemokonsentrasi yang berlebihan  .5 sampai 2 liter air dalam 24 jam (air teh dan gula sirup atau susu). yaitu dengan mengusahakan agar penderita banyak minum sekitar 1.

misalnya : Paracetamol membantu menurunkan demam Garam elektrolit ( oralit )jika di sertai diare Antibiotic berguna untuk mencegah infeksi sekunder Lakukan kompres dingin tdk perlu menggunakan es krn dapar meyebabkan syok.      Selanjutnya adalah pemberian obat – obatan terhadap keluhan yang timbul.kompres dapat di lakukan dengan alkohol Pengobatan alternatif yang umum di kenal adalah dengan meminum jus jambu biji bangkok .

Adanya gerakan 3M plus( menguras. Jika ada kasus DBD. biasanya segera dilakukan pengasapan di lingkungan sekitar tempat tinggal pasien tersebut. Aegypti )    mengendalikan penyebaran DBD dilakukan dengan mengendalikan vektor nyamuk ini. mengubur. Pencegahan ( Pengendalian Nyamuk Ae. Menggunakan ikan pemakan jentik ( ikan adu / ikan cupang ) . menutup dan penggunaan kelambu anti nyamuk dan lotion anti nyamuk. Pengasapan sebenarnya adalah penyemprotan obat anti nyamuk (insektisida) kimia.E.

Ciri – ciri DBD Berwarna hitam dan belang .belang putih pada seluruh tubuh  Berkembangbia di tempat penampungan air dan barang – barang yang memungkinkan air tergenang seperti bak mandi. vas bunga. dan ban bekas  . drum.

 Manggigit dalam posisi sesuai dengan posisi mendarat di permukaan kulit korbannya. .

TERIMA KASIH Good Luck .