P. 1
Contoh Praktek Pengalaman Lapangan

Contoh Praktek Pengalaman Lapangan

|Views: 95|Likes:
Published by puputpujawati
Contoh Praktek Pengalaman Lapangan
Contoh Praktek Pengalaman Lapangan

More info:

Published by: puputpujawati on Apr 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2013

pdf

text

original

CONTOH PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LENGKAP

PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP SALAFIYAH DARUL FALAH PAGUTAN MATARAM

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Dengan pendidikan dapat dikatakan sebagai tugas kemanusiaan, didalamnya berlangsung suatu proses, yaitu pembangunan manusia kearah kemanusiaan. Dengan pendidikan diharapkan pula terwujudnya dasar manusia dengan alam, manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. Karena itulah pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 harus mampu membina dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, kesadaran bermasyarakat, dan kesadaran lingkungan. Untuk meningkatkan tujuan-tujuan pendidikan nasioanal yang membentuk manusia Indonesia yang berkualitas diperlukan tenaga-enaga pengajar atau penyelenggara dengan kriteria-kriteria dan persyaratan tertentu. Diantara sekian banyak komponen yang terikat dalam pengelolaan pendidikan, guru pendidik, guru harus mampu mengembangkan tugasnya, yaitu tugas profesional, tugas kemasyarakatan dan tugas kemanusiaan.

Program Prakrik Lapangan (PPL) adalah suatu program pendidikan prajabatan guru yang dirancang untuk melatih mahasiswa sebagai calon guru unttrk menguasai kemanapun keguruan yang utuh dan terintegerasi. PENGERTIAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Program Praktek Lapangan (PPL) adalah program yang memberikan kesempatan kepada calon guru untuk mengenal lapangan yang akan menjadi profesinya Dalam arti khusus. Program Prakik Pengalaman Lapangan (PPL) juga merupakan suatu program mata kuliah proses belajar mengajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan prajabatan guru yang dirancang secara khusus unhrk menyiapkan calon guru agar memilki atau menguasai profesi keguruan yang terpadu secara utuh sehingga calon guru tersebut dapat diangkat menjadi guru. dan melatih. seorang guru diharapkan dengan kegiatan mendidik. Berdasarkan uraian tersebut di atas kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan penting bagi seorang calon guru dengan harapan setelah selesai nanti mereka memiliki bekal untuk memasuki dan bergelut dalam dunia kependidikan sesuai dengan profesi masing-masing. calon guru dapat menerapkan segala teori pengetahuan keterampilan dan wawasan yang telah diperoleh melalui berbagai mata kuliah kedalam kelas yang sesungguhnya. Ketiga kegiatan itu merupakan suatu kebulatan tekad dan keharusan untuk dilaksanakan oleh guru dengan penuh tanggung jawab sebagai seorang guru yang kelak bergelut dalam dunia pendidikan. B. yang akhirnya mereka dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional. Bekal yang tak kalah pentingnya untuk melengkapi hak tersebut adalah pengalaman baru sebagai aplikasi teori yang pernah diperoleh dengan kenyataan di lapangan. Secara teoritis mahasiswa sebagai calon guru yang dibekali berbagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan maupun dengan pelajaran yang akan diajarkan. mengajar. mahasiswa sebagai calon guru tidak cukup hanya dengan pengetahuan teoritis. sehingga setelah selesai pendidikannya siap secara mandiri mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang guru.Dalam melaksanakan tugas profesional. namun semua itu belum cukup sebagai bekal bagi seorang pendidik yang profesional dan berkualitas tinggi. C. TUJUAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN .

administrasi serta akademik sosial sekolah sebagai tempat kerjanya kelak  Menguasai berbagai keterampilan mengaj ar terbatas. Tujuan umum Setelah melaksanakan kerja lapangan mahasiswa sebagai calon guru mendapat keterampilan. pengalaman dan pengetahuan dalam merencanakann. mempersiapkan dan melaksanakann kegiatan sebagai calon guru mampu menyampaikan ilmu yang didapat selama kuliah kepada siswa sehingga mengerti dan mampu memahami pelajaran yang disampaikan. Secara operasional. Sasaran yang ingin dicapai dan pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan adalah terbentuknya pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan keteranpilan nilai sikap serta pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya cakap. tujuan pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah agar mahasiswa (calon guru)  Mengenal secara cermat lingkungan fisik sekolah.Pada umumnya setiap usaha yang dilaksanakan sudah tentu mempunyai suatu tujuan tertentu. 2.  Mampu menerapkan berbagai kemampuan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasinya dibawah bimbingan para pembimbing. Tujuan PPL dapat dibagi dalam dua bagian yaitu: l. .  Mampu menarik pelajaran dari penghayatan selama latihan melalui refleksi yang merupakan salah satu ciri-ciri penting pekerjaan yang profesional. mampu. SASARAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Program Pengalaman Lapangan ini ditujukan kepada semua mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan FKIP Muhammadyah Mataram yang telah memenuhi syarat mengambil mata kuliah PPL. Adapaun tujuan PPL ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pembimbing agar memiliki suatu pengetahuan dan pengalaman serta keterampilan sehubungan dengan tugasnya. D. serta tepat dalam penggunaan bagi penyelenggara pendidikan dan pengajaran disekolah maupun diluar sekolah.

3. Waktu pelaksanaan kegiatan PPL selama 3 (tiga) bulan yang terhitung mulai dari tanggal 12 september – 27 desember 2011. Mahasiswa PPL memperoleh kesempatan untuk mempraktikkan teori yang didapatkan pada saat perkuliahan. . Nama sekolah SMP Salafyah Darul Falah.Selain itu calon pendidik juga harus memiliki kemampuan profesional dalam mengajar yang meliputi kemampuan merencanakan pengajaran kegiatan belajar mengajar dan menyusun alat penilaian serta kemampuan memberikan bimbingan dan arahan dalam belajar serta dapat melaksanakan tugas administrasi sekolah. Mahasiswa PPL mendapatkan pengalaman tentang bagaimana cara melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalamm suatu lembaga pendidikan. E. System pendidikan yang berlaku yaitu sistem pendidikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PPL Lokasi yang diiadikan tempat pelaksanaan Peraktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah negeri maupunn swasta yang ditentukan oleh fakultas yang bekerja sama dengan kepala sekolah yang menjadi tujuan tempat praktik pelaksanaan PPL yang disetujui oleh Depdiknas kota Mataram (Dikpora Propinsi Nusa Tenggara Barat) dalam hal ini praktik pelaksanaan PPL melalui: 1. MANFAAT PPL Adapun manfaat y'ang diperoleh dari kegiatan PPL antara lain : 1. 2. F. 2.

rekaman dalam observasi tidak seperti rekaman dengan kamera. Dalam melaksanakan pratek pengalaman lapangan observasi memberikan kesempatan bagi praktikan untuk mengenal seluk beluk lapangan kerja (situasi sekolah. atau alat elektronik. kelas. RUANG LINGKUP OBSERVASI . b. Keterampilan observasi sangat penting artinya bagi guru atau calon guru. kegiatan observasi bertujuan agar: a. PENGERTIAN OBSERVASI Observasi merupakan aktifitas merekam kejadian atau peristiwa dan fenomena dengan menggunakan alat indra.Praktikan mengenal karakteristik guru dan siswa SMP-SMA dan c. Secara khusus. B. rekaman dalam observasi telah diwarnai oleh latar belakang ilmu pengetahuandan pengalaman orang yang melakukan observasi apa yang direkam oleh dua orang mengenai objek yang sama belum tentu sama hasilnya. dan karakteristik guru dan siswa SMP atau SMA dan belajar memberikan balikan kepada teman-teman).BAB II RENCANA KEGIATAN A. C. Praktikan dapat memberikan kritik dan saran kepada sesame teman praktikan dalam upaya bermitra menguasai keterampilan-keterampilan mengajar. TUJUAN OBSERVASI Secara umum kegiatan observasi dalam PPL bertujuan agar praktikan memperoleh keterampilan observasi secara objektif dan dapat menggunakan keterampilan untuk mengenal medan tempat praktik belajar mengajar berlangsung.Praktikan dapat mengenal keadaan fisik sekolah serta pengaruh terhadap interaksi belajar mengajar.

1. Nilai-Nilai Nilai-Nilai yang dianut Smp Salafyah Darul Falah adalah sebagai berikut: a. Memiliki sopan santun yang tinggi sesama warga dan orang lain.  Fungsi : . berdasarkan SK dari dinas pendidikan kota mataram. Batasan-batasan Smp Salafyah Darul Falah. 47 pondok indah kota mataram provinsi Nusa Tenggara Barat. bantuan masyarakat. Sejarah Berdirinnya Smp Salafyah Darul Falah Smp Salafyah Darul Falah Pagutan Mataram didirikan pada tahun 2001. Transparan. 3. Pelayanan prima.Ag) kepala sekolah Smp Salafyah Darul Falah Paguatan Mataram. Tanggal 10 september 2008). mengembangkan diri dan mandiri. No : 420/916/C/DIK/2005. Zaenal Arifin. : Perkampungan penduduk presak lauk : persawahan mampu berkompetensi. selalu memberikan pelayanan kepada semua stake holder sebaik-baiknya.  Sebelah utara : Jalan Raya dan pemukiman penduduk  Sebelah selatan : Persawahan  Sebelah timur  Sebelah barat 2. wali murid serta jam’ah pengajian. adanya keterbukaan dalam.  Letak Geografis Smp Salafyah Darul Falah Pagutan Mataram terletak dijalan bandas sraya No. S. dan legal formalnya tahun 2005. b.mengambil keputusan dan hubungan antar sekolah. TUGAS DAN FUNGSI  Tugas : Mendidik:   Sebagai Penyelenggara Pendidikan Sebagian membentuk dan membina sikap siswa untuk memasuki lapangan kerja profesional. Pendirian lembaga ini dihayatkan untuk menampung siswasiswi MI/SD yang sudah menamatkan (H. c.

3. Adanya fasilitas. VISI DAN MISI SEKOLAH  VISI Terwujudnya Manusia Muslim yang Bertaqwa. Sebagai tempat pembelajaran.  MISI 1. percaya diri. Sebagai tempat pengembangan. memadai 10. Menjadikan SMP Salafiya darul falah sebagai wahana pengkaderan 4. Berprestasi dalam bidang seni Rebana Qasidah . 4.    Sebagai tempat pelaksana. Berperestasi dalam pelaksanaan kegiatan terhadap Allah SWT 5. Meningkatkan kesejahteraan keluarga besar guru dan karyawan SMP Salafiyah Darul Falah 7. Sebagai tempat pusdiklat. cakap. Meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan siswa/siswi SMP salafiyah Darul Falah yang islami. Berprestasi dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar 2. berakhlaq mulia. Adanya kelengkapan buku-buku dan alat – alat pendukung Proses Belajar Mengajar yang 9. Berprestasi dalam meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan tugas melalui pelatihan / MGMP sekolah 8. sarana dan prasarana fisik sekolah yang memadai 6. berguna bagi masyarakat dan negara.

tata usaha harus mempunyai ruang khusus sehingga segala tugastugasnya dalam membantu kelancaran belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan optimal.D.47 Pagutan Presak Barat Mataram. aktifitas kerja kepala sekolah agak sedikit tergangu. di Smp Salafyah Darul Falah ruang Tata usahanya di gabung dengan ruang kepala sekolah. 3. SARANA DAN PRASARANA Sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung dalam kegiatan belajar mengajar. dengan menyatunya ruang kepala sekolah dengan tata usaha. KEADAAN FISIK SEKOLAH Secara umum Smp Salafyah Darul Falah terletak di pinggiran kota. E. Ruang kepala sekolah Untuk menunjang kegiatan kepala sekolah di Smp Salafyah Darul Falah terdapat ruang bagi kepala sekolah yang menyatu dengan ruang tata usahanya. 4. Tanpa adanya sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar tidak akan dapat berjalan dengan baik. Sekolah ini cukup nyaman dan sejuk. Di Smap Salafyah Darul Falah tidak memilki ruang guru tersendiri. Ruang guru Ruang ini berfungsi sebagai tempat mempersiapkan kegiatan pembelajaran dan kegiatan lain yang menunjang pelajaran. Ruang kelas  Keadaan fisik kelas . Ruang TU Sebagai bagian dari sekolah. Tetapi. karena guru-gurunya juga berkumpul di ruang itu juga. Smp Salafyah Darul Falah juga terletak dijalan Bandas Raya No. 2. karena disekitarnya dekat dengan persawahan dan perumahan (BTN). tepatnya didaerah pagutan. lumayan jauh dengan sarana dan prasarana yang pada umumnya di butuhkan oleh masyarakat banyak. Ruang kepala sekolah terletak di sebelah ruang kelas tempat melakukan aktifitas kegiatan pembelajaran. Sarana dan prasarana sarana dan prasarana yang ada di Smp Salafyah Darul Falah meliputi : 1.

sedangkan pengaturan ruang kelas ditata biasa saja. Disamping itu ruang kelas dilengkapi dengan meja dan kursi guru yang ditempatkan di depan kelas. sirkulasi udara sangat baik. Sarana dan prasarana olah raga Untuk keperluan olah raga. mereka biasanya berolah raga di lapangan tersebut. papan tulis. dan kelas X menggunakan ruang belajar dilantai dasar. sedangkan kelas XII masuk sekolah pada pagi hari. Tetapi dikelas dua semua siswanya belajar di lantai memilki 1 kursi guru dan papan tulis yang berdekatan dengan ruang perpustakaan dan koperasi. SMK Muhammadiyah mempunyai Lab komputer. para murid-murid menggunakan lapangan basket di satukan dengan lapang voly yang ada di sekolah tersebut. 8. karena untuk kelas XI. mereka menggunakan ruang belajar di lantai 2. Koperasi 9. kebersihannya terjaga. 7. serta Al-Qur'an Al-Qur'an yang bisa mereka baca sewaktu-waktu. Ruang perpustakaan Untuk menunjang proses belajar mengajar di Smp Salafyah Darul Falah menyediakan sebuah perpustakaan yang berisi bahan belajar atau buku paket. absen siswa. Ke 14 ruangan tersebut terdiri dari 8 ruang untuk kelas XI dan 6 ruangan untuk kelas X. ketika tiba waktu ashar tiba anak-anak tersebut sholat di Musollah yang berada tepat di asrama dimana mereka tinggal. koran-koran. Musholla Smp Salafyah Darul Falah memilliki Musholla bersama dengan Sma .Kelas yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara fisik dalam keadaan cukup baik dan ukuran masing-masing kelas.  Pengaturan kelas Ruang belajar Smp Salafyah Darul Falah terdiri dari 5 kelas tetap. dan mereka menggunakan ruangan lantai 2. Struktur Organisasi Sekolah . serta tempat praktik untuk jurusan Otomotif yang terletak dilantai dasar. Toilet/WC F. daftar komisaris. 6. 5.

Kepala sekolah Kepala sekolah mempunyai hak penuh untuk menyelenggarakan pendidikan sekolah dan benanugung jawab atas terlaksananya kegiatan pendidikan atau adaministrasi sekolah. untuk mengadakan interaksi dengan orang tua murid. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Wakil kepala sekolah bidang kurikulum mempunyai beberapa tugas yaitu :  Merancang pembagian tugas.  Membina osis dan mengatur tata tertib. Kepala Tata Usaha . Wakil Kepal Sekolah Bidang Kesiswaan Tugas pokok Wakasek bagian kesiswaan adalah menyusun dan melaksanakan program-program siswa yaitu :  Melaksanalian penerimaan siswa baru.  Merancang dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler.  Memberikan penilaian terhadap kegiatan belajar mengajar.  Menangani masalah pengelolaan dan pengembangan program.  Mengadakan peringatan hari-hari besar nasional. Wakil kepala sekolah bagiann hubungan masyarakat (HUMAS) bertanggung jawab dalam hal :  Mengadakan kerja sama dengan BK.  Mencatat isi dan tduatt kurikulum serta penerapan proses belajar. e.Organisasi sekolah merupakan kumpulan orang atau lebih untuk melakukan kerja sama dalam mencapai suatu tujuan.  Mengadakan penilaian dan kegiatan yang berhubungan dengan kulikuler. d. b. c. Organisasi sekolah yang dimaksud disini adalah: a.  Mengelola sistem kredit program pengajaran umum dan pengajaran khusus.

f. Bimbingan dan konseling Menangani dan bertanggung jawab dalam bidang :  Penyusunan progftrm dan bimbingan konseling  Mengelola dan mengeembangkan program bimbingan dan konseling. Penerimaan siswa baru.  Mengajarkan materi pelajarann kepada siswa.  Sebagai teladan bagi siswa. Evaluasi program pelajaran. 2. g.usun program tahunan dan semester termasuk fugas guru. . Administrasi siswa l. Administrasi Sekolah Adapun yang berkaitan dengan administrasi sekolah adalah : a.Bertanggung jawab dalam melaksanakan urusan administrasi keuangan dan dministrasi kepegawaian sekolah yang di bantu oleh stafnya. A. Guru Adapun yang menjad kewajiban guru sekolah adalah :  Mendidik siswa berkaitan dengan sopan-santun dan tata tertib sekolah.  Membimbing dan mengarahkan siswa agar menjadi siswa yang baik dan bertanggung jawab.  Memonitor dan mengkoordinasikan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Menyusun jadwal pelajaran. Administrasi kurikulum 1. Meny. b. 3.

Pembinaan dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.2. 2. . 3. c. Penegelolaan data tentan siswa. Pengadaan pegawai. Kesejahteratm pegawai dan guru. 4. Mengatur kegiatan osis. Bimbinngan kepada siswa baru. Administrasi Kepegawaian 1. 3.

Mengisi Agenda Penyajian dan Agenda Kelas pada setiap pelaksanaan KBM h. Administrasi ketatausahaan d. Mempedomani Lonceng Kantor pada setiap penggantian jam pelajaran dan pulang i.d. Berpakaian rapi dan sopan serta memakai sepatu e. Setiap Guru harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2. Menyusun Kisi-Kisi Soal dan Soal pada setiap Penyelenggaraan Ujian Sumatif/Ujian Akhir Sekolah (US) . f.Kegiatan administrasi sekolah terdiri dari: Administrasi keuangan yang meliputi buku-buku penerimaan SPP. Mengikuti Apel Pagi bagi Guru yang masuk pada jam pelajaran pertama c. g. Mengisi Daftar Hadir Siswa pada setiap KBM dan memasukkan nilai siswa pada Daftar Nilai dari KHS yang telah dibagikan kepada setiap guru. Peraturan a.e Adaministrasi sarana pendidikan 1. Administrasi material yang meliputi alat-alat perlengkapan dan alat-alat pelajaran. uang kantor. Administrasi hubungan masyarakat  Mengatur dan mengembangkan dengan komite sekolah dan peran komite sekolah Tata Tertib Sekolah (dilampirkan)  Menyelengarakan bakti social. Program Tahunan/Program Semester Mata Pelajaran yang diampu pada setiap KBM f. Administrasi laboratorium. Mengikuti Upaca Bendera yang dilaksanakan disekolah dengan membuat barisan guru/pegawai d. karya swasta  Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah gebyar pendidikan)  Menyusun laporan H. daftar penerimaan. PERATURAN DAN TATA TERTIB GURU 1.gaji guru dan lain ssebagainya . Mengisi Daftar Hadir Guru yang telah disediakan di kantor b.

pendidikan. Larangan : 1) 2) 3) Mempercepat pulang siswa tanpa seizin Kasek/Wakasek dan lonceng kantor Melakukan Kutipan Uang kepada siswa tanpa sepengetahuan Kasek/Wakasek Menindak siswa diluar batas pembinaan. l. l. Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat sesuai bidang tugasnya masingmasing. Apabila tidak hadir harus memberikan pemberitahuan/surat izin dan melampirkan tugas/bahan ajar kepada Kepala Sekolah/Wakasek. Tidak merokok di lingkungan sekolah kecuali di tempat yang telah ditentukan. e. b. c. Menjaga nama baik profesi dan organisasi sekolah. Dilarang meninggalkan tempat tugas tanpa izin atasan. Dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif.j. Membuat terobosan baru/inovasi dalam program pembelajaran agar siswa belajar menyenangkan m. f. g. . d. Dapat menyimpan rahasia Negara/Sekolah. k. Metantaati ketentuan jam kerja. 1. Saling menghormati sesama pegawai dan guru. h. LARANGAN : a. kesadaran dan tanggung jawab. n. Berpakaian yang rapih dan sopan. Melakukan tindakan kelas pada Ramedial Selalu memberikan contoh dan panutan dalam bertindak. k. Mentaati perintah kedinasan dari atasannya. j. Menanda tangani daftar hadir. i. Melaksanakan tugas kedinasan dengan sebaik-baiknya dengan penuh pengabdian. baik disekolah maupun dilingkungan masyarakat. TATA TERTIB PEGAWAI KEWAJIBAN : a. Jika tidak masuk kerja harus seizin atasan.

Penataan taman sekolah 3. Kebersihan lingkungan sekolah 2. c.b. Dilarang melakukan hal-hal yang dapat menurunkan martabat sekolah. PERUMUSAN PROGRAM DAN RANCANGAN KEGIATAN PPL Adapun program kegiatan PPL yang sudah dilaksanakan sebagai berikut a. Fasilitas olah raga b. Daya serap ketuntasan belajar 2. Gotong royong 1. Penataan Administrasi Sekolah 1. Dilarang menggunakan barang-barang milik sekolah untuk kepentingan pribadi tanpa izin Kepala Sekolah. Profil visi dan misi Smp Salafyah Darul Falah 3. Penertiban sholat ashar berjamaah . I.

PENYUSUNAN PROGRAM Program kerja SMP Salafiyah Darul Falah tahun 2009/2010 disusun berdasarkan 1. b. Sebagai dasar pelaksanaan evaluasi terhadap penyelenggaraan program yang telah diwujudkan selama tahun pelajaran 2009/2010 2. TujUN Khusus . MAKSUD DAN TUJUAN 1. Program umum penyelenggaraan administrasi sekolah umum yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud diterbitkan tahun1996 2. Petunjuk teknis penyusunan kalender pendidikan tahun pelajaran 2011/2012 bagi sekolah dalam lingkungan Dikpora NTB B. Sebagai dasar dalam pertanggung jawaban atas penyelenggaraan sekolah selama tahun pelajaran 2009/2010. c. b.BAB III PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM A. TujUN Umum 1) Memeberikan gambaran secara menyeluruh tentang bidang kegiatan yang diselenggarakan selama tahun pelajaran 2009/2010 2) Memeberikan gambaran tentang rincian kegiatan yang akan dilaksanakan selama tahun 2009/2010 3) Untuk memperoleh gambaran pemerataan pekerjaan dan kegiatan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan skala prioritas. Maksud a. TujUN a. Sebagai pedoman kerja bagi semua personil sekolah ( Guru dan Pegawai ) terutama bagi kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan pelaksanan sekolah selama tahun pelajaran 2009/2010. 4) Agar diperolah pelaksanaan kerja yang berjenjang terprogram berdaya guna dan derhasil guna.

Kesimpulan Dari hasil PPL yang telah dilaksanakan di Smp Salafyah Darul Falah. C. Kesiswaan 6. 3) Terselenggaranya kegiatan-kegiatan khusus yang secara langsung atau tidak langsung ikut menunjang proses belajar mengajar di SMP Salafiyah Darul Falah selama tahun pelajaran 2009/2010. Ketatalaksanaan sekolah BAB V PENUTUP A. Kurikulum 4. Ketenagaan 5. Hubungan Sekolah dengan Masyarakat 8.1) Terselenggaranya kegiatan yang dapat menunjang proses belajar mengajar secara optimal baik yang bersifat rutin ataupun insidentil di SMP Salafiyah Darul Falah tahun pelajaran 2009/2010 maupun kegiatan ekstra kurikuler. RUANG LINGKUP Program kerja SMP Salafiyah Darul Falah tahun 2009/2010 ini meliputi seluruh kegiatan penyelenggaraan sekolah dengan bidang-bidang sebagai berikut : 3. 2) Dapat dimulainya secara baik penyelenggaraan semua kegiatan pada awal tahun pelajaran 2009/2010. Sarana dan Prasaranan dan Keuangan 7. dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: .

Evaluasi pelaksanaan program PPL. Diharapkan dapat memberikan sambungan baru bagi pengembangan keperibadian dan keterampilan bagiseorang guru. d. 3. Pelaksanaan PPL dapat memotivasi seorang guru untuk memberikan dedikasi pada pendiduikan yang leihbaik. Program PPL berlangsung dalam beberapa tahap. Penyerahan mahasiswa. Penyusun program PPL. . b. Konsultasi program yang telah disusun e. Pengenalan lapangan (observasi) c. Mahasiswa juga memperoleh gambaran bagaimana harusnya bersikap sebagai seorang guru yang baik terhadap sesama guru dan kepada atasan terhadap siswa. menyusuaikan dan menerapkan teori yang di peroleh dari bangku kuliah dengan pakta yang di temukan dilapangan. Melalui program PPL mahasiswa dapat membandingkan.1. juga bagai mana menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam mengajar. a. 5. Program PPL ini melatih mahasiswa dalam mengenai factor-faktor yang menjadi sumber pendukung proses belajar keperibadian dan mengajar 4. 2.

Lebih memotivasisiswa tentang pentingnya pendidikan terutama siswa yang akan lulus agar meneruskan kejenjang yang lebih tinggi 2. menyatakan agar pihak sekolah: 1. entingnya kesadaran akan lingkungan sekitar yang diperuntukkn bagi siswa dan guru Program PPL diharapkan supay dapat terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang dengan konsep dan persiapan yang lebih matang lagi.karena sekolah membutuhkan siswa yang berdedikasi serta kreatifitas yang tinggi dan supaya dapat menyadarkan pihak sekolah. . Masih perlu muningatkan sarana dan prasarana untuk mengaktifkan sarana yang dimiliki 3. Perlunya peningkatankedisiplinan dilingkungan sekolah serta peningkatan efisiensi waktu serta pengawasan pada siswa dan guru. Adanya pelaksanaan PPL disekolah sebagai salah satu kegiatan PPL ditahun mendatang adalah yang perlu.P 4.B.bahwa peran serta PPL disekolah sangatlah penting bagi kemajun sekolah itu sendiri. Saran Setelah melasanakan PPL di Smp Salafyah Darul Falah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->