PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KECAMATAN CIMANGGU

Jl. Raya Cimanggu No. 490 Telp (0280) 6261073 Cimanggu Kode Pos 53256 KISI-KISI SOAL UTS II TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 Jenis Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran Tahun Pelajaran Kurikulum Jumlah Soal : : : : : : Sekolah Dasar IV / II Bahasa Indonesia 2011 / 2012 KTSP a. Pilihan Ganda ( 25 Soal ) b. Menjodohkan ( 5 Soal ) c. Isian ( 10 Soal ) d. Uraian ( 10 Soal ) Materi Pengumuman Indikator Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok pengumuman Siswa dapat menentukan bahasa yang digunakan dalam pengumuman Disajikan pantun, siswa dapat menjelaskan makna sebuah pantun Siswa dapat menentukan sajak pantun Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah membuat PG 14 15 Bentuk Soal JD Isian Uraian

No 1

Standar Kompetensi Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun

Kompetensi Dasar 5.1. Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan

2

Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun

5.2. Siswa dapat menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat

Pantun

-

12 7 8

Siswa dapat melengkapi pantun dengan tepat Siswa dapat menyusun pantun acak dengan benar Disajikan pantun. Siswa dapat menyebutkan sampiran pantun. Disajikan isi pantun.1. siswa dapat menjawab pertanyaaan pantun tersebut. siswa dapat menentukan tema pantun tersebut Disajikan pantun. Siswa dapat menyebutkan alat komunikasi secara langsung Disajikan percakapan melalui telepon.2. siswa dapat menentukan jenis pantun tersebut. siswa dapat menentukan jenis pantun tersebut. siswa dapat menentukan penerima telepon Siswa dapat menentukan isi pesan penelepon 11 13 40 5 6 26 27 37 38 4 Mengungkapkan pikiran . Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai isi pesan. Disajikan isi pantun. siswa dapat menentukan jumlah suku kata baris pertama sebuah pantun Disajikan isi pantun. Pesan - 16 19 20 . siswa dapat menentukan jenis pantun tersebut. perasaan dan informasidengan berbalas pantun dan bertelepon 6.3 Mengungkapkan pikiran . Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat Pantun - pantun dengan tepat. perasaan dan informasidengan berbalas pantun dan bertelepon 6. Disajikan isi pantun.

- Siswa dapat menunjukkan kalimat yang berisi pesan dengan tepat Siswa dapat menentukan sinonim kata dengan tepat Siswa dapat menuliskan pesan dengan tepat Siswa dapat melengkapi percakapan telepon dengan benar 28 32 46 48 .

1. Menentukan kalimat Teks yang terdiri utama pada tiap paragraf dari beberapa melalui membaca intensif. paragraf (4-5) PG 1 2 3 4 9 10 18 22 25 Bentuk Soal JD Isian Urai 30 33 43 47 36 . siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut Siswa dapat meringkas bacaan dengan kalimat yang runtut Siswa dapat menjelaskan 7. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai bacaan Siswa dapat menunjukkan penggunaan huruf kapital yang tepat Siswa dapat menentukan penulisan kata depan yang tepat Siswa dapat mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu Siswa dapat menetukan sinonim kata dengan tepat Siswa dapat menentukan antonim suatu kata Siswa dapat melengkapi kalimat yang rumpang Siswa dapat menentukan antonim kata dengan tepat Disajikan paragraf. dan membaca pantun Kompetensi Dasar Materi - Indikator Disajikan teks. membaca nyaring. siswa dapat menentukan pokok pikiran paragraf dalam teks Siswa dapat membuat pertanyaan sesuai dengan paragraf yang ada dalam teks Siswa dapat menentukan kalimat utama suatu paragraf dalam teks.No 5 Standar Kompetensi Memahami teks melalui membaca intensif.

tanda titik. 8. pengumuman dan pantun anak. Membaca nyaring teks pengumuman Disajikan pengumuman. siswa dapat menentukan isi pengumuman Disajikan pengumuman.2. 23 24 29 31 34 39 50 7 Mengungkapkan pikiran. siswa dapat membuat pertanyaan yang tepat sesuai dengan kalimat jawaban Siswa dapat mengetahui pengertian pengumuman Siswa dapat melengkapi kalimat menggunakan kata tanya yang tepat. membaca nyaring. perasaan dari informasi secara tertulis dalam bentuk karangan. membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.1. tanda koma dll.) - Siswa dapat menyebutkan pengertian kerangka karangan Siswa dapat menentukan ejaan dan tanda baca dalam kalimat Siswa dapat mengembangkan kalimat utama menjadi paragraf 17 21 44 .pengertian intonasi 6 Memahami teks melalui membaca intensif. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan pengumuman dengan tepat. siswa dapat menentukan bagian pengumuman dengan tepat Siswa dapat menunjukkan kalimat pengumuman dengan tepat Disajikan kalimat. dan membaca pantun 7. Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan ejaan (huruf besar.

pengumuman dan pantun anak. Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai ciri-ciri pantun - Siswa dapat membuat kalimat dari kata yang tersedia dengan tepat Siswa dapat menulis kalimat dengan tanda baca dan huruf kapital yang tepat Siswa dapat menulis kalimat dengan tanda baca yang tepat Siswa dapat menyebutkan ciriciri pantun Siswa dapat membuat pantun dengan tema persahabatan 45 49 35 41 42 .8 Mengungkapkan pikiran. perasaan dari informasi secara tertulis dalam bentuk karangan. 8.3.

dan Bekasi. persediaan ayam di peternakan saat ini menumpuk c. Bersamaan dengan itu. Akibatnya. Bogor. Berdoalah terlebih dahulu sebelum kamu mulai mengerjakan soal ! 2. Mengapa wabah flu burung disebut sebagai bencana? b.PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KECAMATAN ………………………. pemerintah mengumumkan flu burung sebagai bencana. Sejak pengumuman itu. Kerjakan soal-soal yang kamu anggap paling mudah ! 5. a. ATAU D YANG MERUPAKAN JAWABAN YANG PALING BENAR PADA LEMBAR JAWAB YANG TERSEDIA ! AKIBAT FLU BURUNG PETERNAK AYAM MERUGI Kondisi usaha peternakan buruk setelah pemerintah mengumumkan mewabahnya virus flu burung. Penumpukan ayam disebabkan oleh turunnya permintaan daging ayam d. C. ULANGAN TENGAH SEMESTER II SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 Mata Pelajaran Kelas Hari / Tanggal Waktu : Bahasa Indonesia : IV (empat) : : (120 menit) PETUNJUK UMUM 1. I. Pokok pikiran paragraf kedua pada bacaan di atas adalah …. persediaan ayam di peternakan saat ini menumpuk. Untuk mencegah meluasnya virus flu burung. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A. Tulislah namamu disudut kanan atas pada lembar jawab ! 3. Bacalah dengan teliti soal yang akan kamu kerjakan ! 4. Permintaan akan daging ayam terus menurun di beberapa daerah. Akibatnya. Sejak pengumuman itu. Penumpukan itu disebabkan oleh turunnya permintaan daging ayam. peternak mengalami kerugian yang sangat besar 2. Berbagai jenis unggas perlu mendapatkan suntikan vaksin. Bagaimana cara mencegah meluasnya virus flu burung? . Sumber: Bahasaku Bahasa Indonesia 4 halaman 84 1. Keberadaan suntikan vaksin amat diperlukan untuk mencegah agar peternakan ayam yang sudah aman dari flu burung tidak terinfeksi flu burung. peternak menderita keruagian yang sangat besar. a. Penurunan permintaan juga terjadi di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. dilakukan penyuntikan vaksin. Pemerintah mengumumkan flu burung sebagai bencana b. misalnya Jakarta. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat pada paragraf ketiga bacaan tersebut adalah…. Mengapa permintaan daging ayam menurun? c. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum kamu serahkan kepada Bapak / Ibu Guru. Di daerah mana permintaan daging ayam menurun? d. B. Tangerang.

a. Berbagai jenis unggas perlu mendapatkan suntikan vaksin c. 6. a. dan 7 perhatikan pantun berikut ini ! Sayur asam buah kenari/ masukkan garam dalam belanga// Sejak kecil rajin mengaji/ Kelak mati masuklah surga// 5. Pantun di atas bersajak …. menulis kalimat sampiran dan menulis isi pantun c. Tema pantun di atas adalah …. 1 dan 2 c. a. Sampiran pada pantun tersebut terdapat pada baris …. Kegiatan senam pagi dilaksanakan setiap hari Jumat 10. Untuk mencegah meluasnya virus flu burung. a. Tangkap belut memang licin. menulis kalimat sampiran dan menentukan topik pantun d. Yudi bermain sepakbola dilapangan d. a. Penggunaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat di bawah ini adalah …. a. a. Menentukan topik pantun. memberi vitamin Untuk menjawab no. a-b-a-b 8. Menulis kalimat sampiran. 1 dan . 11 7. Kalimat utama paragraf keempat ditunjukkan dalam kalimat …. i-a-i-a d. Menulis isi pantun. 10 b. Presiden kita akan melawat ke Saudi arabia b. keagamaan 6. Untuk mencegah meluasnya flu burung. Keberadaan suntikan vaksin amat diperlukan d. peternak melakukan upaya berupa …. dapat satu jangan dilepas. tentu saja naik kelas. penyuntikan vaksin c. a. Penulisan kata depan yang tepat pada kalimat di bawah ini adalah …. 9 d. Menentukan topik pantun. 3 dan 4 b. 2 dan 3 d. membersihkan kandang d. mengubur ayam yang mati b. Guru Kesenian melatih Dewi menyanyi d.3. Jumlah suku kata pada baris pertama pantun tersebut adalah … suku kata. dilakukan penyuntikan vaksin b. menulis isi pantun dan menulis kalimat sampiran b. lingkungan c. Peternakan ayam sudah aman dari flu burung 4. menulis isi pantun dan menetukan topik pantun 9. a. Murid kelas V karyawisata ke bandung c. 8 c. a-a-a-a c. Meja itu sudah di bersihkan kakak b. Jika kalian memang rajin. a-a-b-b b. Ibu dan paman bekerja di kantor Telkom c. pendidikan d. 5. persahabatan b. Pak Banu berjualan di pagi hari 11. Cara membuat pantun yang tepat adalah ….

kerangka karangan d. faksimile 17. selamat sore. a. . kakaknya Rida. Dari siapa ya?” : “Saya Lina. 5-3-4-2-1 c. pembuat pengumuman. Jika kamu pergi ke pasar. Makna pantun diatas adalah …. anjuran bersabar menghadapi persoalan d. kesimpulan karangan 18. isi pengumuman. Apa ini rumah Rida?" : “Selamat sore. kelak dewasa jadi sengsara c. ………………………… Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah …. pencatat pengumuman. Kak?” : “Boleh. pesan pengumuman. bacalah buku setiap hari 14. judul karangan c. bukalah mata dan telinga b. orang yang dituju. Pulau Ombilin jauh terpencil Meskipun jiwa penuh semangat. tidak baku b. a. alamiah 16. orang yang dituju 15. harus minta izin .12. Ia sedang pergi ke toko buku. saya dan teman-teman akan menengok Ranti yang sedang sakit. Bila Rida mau ikut. 2-4-5-1-3 b. Ciap mengajak berteduh di bawah pohon beringin 4) Bibi Angsa hari itu merasa sangat senang sekali 5) Bibi Angsa dapat menceritakan hal-hal yang semula belum diketahui oleh Ciap Urutan kalimat tersebut supaya menjadi cerita yang runtut adalah …. surat c. catatan dan tempat tanggal pengumuman c. pembuat pengumuman. Tanpa disiplin takkan berhasil. tujuan pengumuman. a. hanya semangat yang membuat berhasil c. tempat dan tanggal pengumuman. pembaca pengumuman. Betul. a. 4-5-1-3-2 Untuk menjawab no. telegram d. 19 dan 20 perhatikan percakapan berikut ini ! Penelepon Penerima telepon Penelepon Penerima telepon Penelepon Penerima telepon Penelepon : “Halo. indah c. jangan lupa beli semangka. Jika kamu mau belajar. bisakah saya bicara dengan Rida?” : “Saya Rudi. Bahasa yang digunakan dalam membuat pengumuman adalah …. jiwa semangat membuat disiplin b. Rancangan karangan yang merupakan pengembangan tema disebut ….” : “Besok sepulang sekolah.” : “Boleh titip pesan . Kebetulan Rida tidak ada di rumah. tempat dan tanggal pengumuman. Kita bisa berkomunikasi secara langsung dengan orang lain yang berjauhan melalui …. Di bawah ini yang merupakan pokok-pokok pengumuman adalah …. telepon b. kesimpulan pengumuman b. a. Karimunjawa pulau keramat. isi pengumuman d. 1) Hari mulai panas 2) Si Ciap dan Bibi Angsa berjalan bergandengan 3) Maka. isi pengumuman. a. belajar tidak ada gunanya d. a. disiplin adalah dasar keberhasilan 13. 4-3-1-5 d. isi karangan b. santun d.

22. diolah c.Penerima telepon Penelepon dulu kepada ayah dan ibu. Atas perhatian seluruh siswa. Atas perhatian seluruh siswa. lomba baca puisi di SD Nusa Dua b.. Lawan kata luas pada kalimat tersebut adalah …. Doni tidak akan jajan sembarangan lagi. Rudi c. Selamat sore.00.. “Baiklah.. Doni tidak akan jajan sembarangan lagi. pendek . “Baiklah. d. Kalimat yang merupakan penutup pengumuman adalah …. Kepala Sekolah mengadakan lomba 24.Pd Isi pengumuman tersebut adalah . c. Dimanfaatkan sama artinya dengan …. Doni tidak akan jajan sembarangan lagi. Isi pesan dalam percakapan tersebut adalah …. Pengumuman SD Nusa Dua akan mengadakan lomba membaca puisi. Lina d. b.” Jawab Doni. Bandara Soekarno-Hatta luas sekali. Bu. Lomba akan diadakan pada hari Sabtu. a. Doni tidak akan jajan sembarangan lagi. Bu. Bila Ranti mau ikut menengok Rida maka ia harus minta izin pada ayah ibunya 21. sedikit d.” jawab Doni. Dari percakapan di atas yang menerima telepon adalah …. a. digunakan b. nanti saya sampaikan. dibentuk d. S. bu.00. c.” : “Baik. jawab Doni” d. Rida b. a. Penulisan ejaan dan tanda baca yang paling benar terdapat pada kalimat …. a. Bu. kecil b. lomba di aula SD Nusa Dua c. Diharapkan setiap kelas mengirim 2 peserta untuk mengikuti lomba. Bila Rudi mau ikut menengok Ranti maka ia harus minta izin pada ayah ibunya c. lomba puisi diikuti 2 peserta d. Cilacap. kami ucapkan terima kasih. Kak. a. kami ucapkan terima kasih. Lomba akan diadakan pada hari Sabtu. Barang bekas dapat dimanfaatkan untuk membuat alat bantu pembelajaran. b.” : “Terima kasih.” 19. didaur ulang Untuk menjawab no. sempit c. 19 Maret 2012 Kepala Sekolah Widanarku. Diharapkan setiap kelas mengirim 2 peserta untuk mengikuti lomba.” jawab Doni. ”Baiklah. Ranti 20. 22 Maret 2012 di Aula SD Nusa Dua pukul 09. a. SD Nusa Dua akan mengadakan lomba membaca pantun. ”Baiklah. Bila Rida mau ikut menengok Ranti maka ia harus minta izin pada ayah ibunya d. 25. 22 Maret 2012 di Aula SD Nusa Dua pukul 09. a. Bila Lina mau ikut menengok Rida maka ia harus minta izin pada ayah ibunya b. 23 dan 24 perhatikan pengumuman berikut ini ! 23.

Kata yang tepat untuk mengisi kalimat yang rumpang adalah …. kemarin ada tugas dari Ibu Farida.I. Ketepatan dalam membaca tinggi rendahnya pantun disebut …. antonim b. Jawaban dari pantun tersebut adalah …. Gelak tersenyum rupa kakekku. Kegemaran Yusi melukis pemandangan alam . 37 dan 38 perhatikan pantun berikut ini! Burung nuri burung dara. 34. siswa wajib membawa alat kebersihan. 32. Untuk menjawab no. 36. sinonim g. isi pantun nasihat d. Rawamangun jalan berliku. jangan menjadi anak yang malas a. 1) Bukan main puas rasanya 2) Ayo kawan kita bersama 3) Bila pelajaran dapat dicerna 4) Duduk di kursi sambil membaca Pantun di atas akan menjadi pantun yang sempurna jika tersusun dengan urutan …. isi pantun jenaka e. JODOHKAN PERNYATAAN PADA LAJUR KIRI DENGAN JAWABAN YANG TERSEDIA PADA LAJUR KANAN DENGAN MENULIS HURUF YANG TEPAT PADA LEMBAR JAWAB YANG TERSEDIA ! 26. kawan lama dibuang jangan. Nanti beritahu Ipan. Kecelakaan itu terjadi karena pengemudi mengantuk. … cara membuat layang-layang? Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …. Aduh (…) aku lupa membawa uang! Tanda baca yang tepat untuk kalimat di atas adalah …. Semua siswa kelas IV harap mengadakan kerja bakti di sekolah pada hari Sabtu tanggal 7 Februari 2012. penuh onak makanan badak. bunga kenanga dilepas jangan. Kalau ada kawan baru. Pantun di atas termasuk pantun …. 38. isi pantun teka-teki 27. pengumuman f. 30. 28. 37. pesan c. Untuk membasmi … tanaman kita gunakan insektisida. Pertanyaan yang tepat untuk pernyataan tersebut adalah …. 29. ISILAH TITIK-TITIK BERIKUT INI DENGAN JAWABAN YANG TEPAT PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA ! 31. Coba terka wahai Saudara. 33. Sinonim kegemaran adalah …. . II. makin diisi makin ringan. Kalau ada si kumbang baru. terbang tinggi ke taman kahyangan. Jadilah anak yang rajin. melihat nenek duduk berbedak. Pemberitahuan kepada masyarakat atau sekelompok orang mengenai sesuatu hal disebut …. 40. 35. 39.

Ani ingin mengembalikan buku cerita ke perpustakaan. JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN JELAS PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA ! 41. Sebutkan 3 ciri-ciri pantun! 42.Pd . Kembangkan kalimat utama tersebut menjadi paragraf yang padu! Minimal 3 kalimat. Selamat Pagi!” Putri : …………………………. tumbuhan sudah lebih dahulu ada sebelum binatang.000 juta tahun sebelum ada lumut dan paku-pakuan. Kalimat utama paragraf di atas adalah …. Ketua Panitia Bacalah pengumuman diatas! Siregar. Pak Oka bangga sekali dengan bakat anaknya. buku itu dipinjam oleh Risma. Alternatif 46. dan hadiah hiburan. Lomba ini akan diselenggarakan: Tanggal : 1-15 Agustus 2012 Peserta : Semua siswa SD Manunggal Penilaian : 1. Hobi b. Buatlah sebait pantun dengan tema persahabatan! 43. Kelengkapan seragam siswa 3. plakat. 45. Lengkapilah percakapan melalui telepon berikut ini! Sinta : “ Halo. Buatlah kalimat dengan kata-kata berikut ini! a. Akan tetapi. Beberapa jenis tumbuhan yang dimakan dinosaurus purba masih bertahan hidup hingga sekarang. Tumbuhan itu muncul 3. Lomba Kedisiplinan Antarkelas Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-67. yang mengangkat telepon adalah kakaknya.Tuliskan kalimat pesan yang dibuat oleh Ani! 47. Tumbuhan tertua di bumi adalah ganggang renik yang mengambang di lautan. Ternyata. SD Manunggal akan mengadakan Loma Kedisiplinan. kepala. 49. Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih. Kedisiplinan terhadap tata tertib sekolah Hadiah : Piagam. 48. Kreatif c. 44. Kata kakaknya.III.” Putri : …………………………. Tangan. Putri : “ Maaf. Gerakan tubuhnya meliuk-liuk. Salinlah kembali paragraf berikut dengan tanda baca dan huruf kapital yang tepat ! habibie teknolog indonesia terkemuka belajar teknologi tentang pesawat di jerman beliau menjadi presiden ke 3 di indonesia setelah presiden Suharto 50. Lumut dan paku-pakuan raksasa baru ada 350 juta tahun yang lalu. Kebersihan dan kerapihan kelas 2. Risma sedang ke rumah bibinya. Ketika Ani menelepon Risma. Oleh karena itu Pak Oka tidak keberatan jika Tantri mengembangkan bakat menari di Sanggar Ayu. Buatlah ringkasan dari paragraf diatas! Ringkasan tersebut terdiri dari 3 kalimat. Demikian pengumuman ini kami buat. Ani hanya bisa berpesan kepada kakak Risma. Akhirnya. Sinta : …………………………. S. dan kakinya pun bergerak gemulai. salah sambung” Sinta : “ Terima kasih. Ida anak yang rajin menabung.

Dalam rangka apa dilaksanakan lomba kedisiplinan antarkelas di SD Manunggal? b. Kapan diadakan lomba kedisiplinan antarkelas dalam pengumuman tersebut? c.a. Siapa ketua panitia lomba pada pengumuman tersebut? .

29. 28. hama 34. B 16. A 12. Boleh lupa kain dan baju. C 3. teka-teki 38. 30. . balon 39. Pak Oka tidak keberatan jika Tantri mengembangkan bakat menari di Sanggar Ayu. C 19. B 18. B II. A 20. B 26. Bagaimana 40. A 9. D 15. (kebijaksanaan guru) 43. Setiap bait pantun terdiri dari 4 baris Baris 1 dan 2 disebut sampiran pantun Baris 3 dan 4 disebut isi pantun Pantun memiliki sajak a-b-a-b 42. . Ketika tabungan Ida sudah banyak. C 23. D 10. 44. A 24. C 14. pengumuman 35. 2-4-1-3 URAIAN 41. MENJODOHKAN C D B E A 11. Ida anak yang rajin menabung. Ida dapat IV. tapi janganlah lupakan saya. III. PILIHAN GANDA 1. C 17. ISIAN 31. D 13.PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KECAMATAN ………………… ULANGAN TENGAH SEMESTER II SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 KUNCI JAWABAN Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : IV (empat) Hari / Tanggal : I. A 5. Mengapa terjadi kecelakaan itu? 32. Setiap hari uang saku yang diberi ibunya selalu disisihkan sebagian untuk ditabung di celengan. D 6. 27. Jalan-jalan ke pasar baru. (koma) 36. C 21. B 2. D 25. jangan lupa beli semangka. A 22. A 4. intonasi 37. hobi 33. B 7. D 8.

membeli alat-alat sekolah sendiri. b) Budi anak yang kreatif. ia dapat membuat barang bekas menjadi barang yang bermanfaat.Pd. a) Dalam rangka Hari Kemerdekaan RI yang ke-67 b)1-15 Agustus 2012 c) Suwardi. : “Halo. salah sambung” :”Terima kasih” : “Terima kasih kembali. a) Hobi Sinta menyanyi lagu anak-anak. . (kebijaksanaan guru) 46. (kebijaksanaan guru) 45. 50. ia selalu menjadi juara 1 lomba menyanyi. Sinta Putri Sinta Putri Sinta Putri 49. Tumbuhan tertua di bumi adalah ganggang renik. Ibu Ida sangat bangga dengan sifat Ida yang rajin menabung. Tumbuhan sudah lebih dahulu ada sebelum binatang. Tolong sampaikan ke Risma agar mengembalikan buku cerita ke rumah Ani karena buku tersebut akan dikembalikan ke perpustakaan. 47. S. Ganggang renik muncul 3.000 juta tahun sebelum ada lumut dan paku-pakuan. c) Angin adalah energi alternatif tanpa menyebabkan polusi terhadap lingkungan.” 48. Selamat Pagi” : “Selamat Pagi” : “Bisa berbicara dengan Rina?” : “Maaf. Habibie teknolog Indonesia terkemuka belajar teknologitentang pesawat di Jerman. Beliau menjadi presiden ke-3 di Indonesia setelah Presiden Suharto.

A B C 10.) 29. 33. A B C 9. ………………………………………. URAIAN 41. 13. ………………………………………. 20. A B C 8. 23. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 47.25 1. ………………………………………. ………………………………………. 16. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 42. (……. 28. A A A A A B B B B B C C C C C D D D D D II.) 30. ………………………………………. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 45. ………………………………………. …………………………………………………………………………………………… PEDOMAN PENILAIAN I PILIHAN GANDA Nomor 1 . A B C 6. ………………………………………. 40. 18. 34. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 49. ………………………………………. 19. ………………………………………. A B C 7.PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KECAMATAN ……………………. 36. A B C D D D D D D D D D D 11. ULANGAN TENGAH SEMESTER II SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 LEMBAR JAWABAN Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : IV (empat) Hari / Tanggal : I. PILIHAN GANDA 1. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 46. (……. 38. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 44. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 43. 24. A B C 3. 37. IV.) III. (……. ………………………………………. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 50.) 27. 15. 22. Jawaban benar SKOR 1 .) A A A A A A A A A A B B B B B B B B B B C C C C C C C C C C D D D D D D D D D D 21. (……. 35. A B C 4. 17. …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… 48. 12. 14. A B C 2. ISIAN 31. 25. A B C 5. (……. 39. 32. MENJODOHKAN 26.

40 1.43 5.50 PILIHAN GANDA.25 0. Jawaban mendekati benar 3. Jawaban Salah JUMLAH SKOR ISIAN Nomor 31 . ISIAN x 70% SKOR NILAI x 70% SKOR 0.98 32 NILAI 7. Jawaban benar 2. Jawaban Salah JUMLAH SKOR URAIAN Nomor 41 .50 1.00 2.80 31 0.60 . Jawaban benar 2.35 17 4.30 1.2. Jawaban benar 2. Jawaban Salah JUMLAH SKOR MENJODOHKAN Nomor 26 . Jawaban Salah JUMLAH SKOR 0 25 SKOR 1 0 5 SKOR 1 0 10 SKOR 3 2 1 30 II III IV NILAI AKHIR = ( Jumlah Nilai I + II + III ) x 70% + ( Jumlah Nilai IV x 30 % ) TABEK KONVERSI SKOR 1 2 NILAI 0.25 2. MENJODOHKAN.00 x 70% 5.18 16 4.75 8.

50 5.20 2.23 1.90 6.3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 SKOR 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 0.38 4.00 1.40 1.50 6.25 9.65 6.33 9.55 4.75 10.33 0.40 5.20 4.83 7.70 6.20 4.00 1.25 33 34 35 36 37 38 39 40 8.00 6.00 .00 URAIAN NILAI x 70% 3.50 5.25 8.75 NILAI 0.00 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 SKOR 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 4.25 7.50 0.88 1.25 5.10 2.00 x 70% 2.30 4.70 0.75 6.00 9.67 1.33 1.25 3.58 1.75 1.50 3.33 1.00 1.33 8.80 6.00 3.00 2.00 2.00 9.68 3.00 7.25 2.75 2.00 5.33 2.10 4.25 1.67 1.08 5.40 0.80 0.33 7.50 4.90 3.13 6.10 0.60 5.73 4.00 5.75 5.67 8.00 SKOR 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 NILAI 7.70 2.67 9.05 1.75 7.00 3.00 1.00 8.33 0.75 9.50 3.30 6.63 x 70% 0.00 1.28 2.20 0.75 1.45 2.50 2.33 1.90 1.67 3.03 4.33 1.95 6.33 3.50 2.25 6.70 0.80 2.93 2.78 5.60 2.90 5.67 1.67 2.67 2.50 3.85 4.00 7.60 0.75 3.67 1.53 0.50 9.50 8.30 0.48 6.67 10.50 1.10 2.40 2.15 3.30 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful