P. 1
Pengertian Mekanika Rekayasa

Pengertian Mekanika Rekayasa

|Views: 947|Likes:
Published by Novan Anugrah
kjawdfn;lheragero;erwvbjgkljergkljdf,.gndf vb.fgnblkrhstmh;lsrtm;hlmrt;hlmtyl;mh;lrm'g;l'vemrgbm;vegbmv'egbm'tmblktnybtyjnoi7unajkfvnrk;hrtgnberlgklerthkjerhjkl;ertkhj;6o5jo7jioejrtylje6ly;jtyjlletyklejrl;k6jijyi5e6j;yvb.fgnblkrhstmh;lsrtm;hlmrt;hlmtyl;mh;lrm'g;l'vemrgbm;vegbmv'egbm'tmblktnybtyjnoi7unajkfvnrk;hrtgnberlgklerthkjerhjkl;ertkhj;6o5jo7jioejrtylje6ly;jtyjlletyklejrl;k6jijyi5e6j;y
kjawdfn;lheragero;erwvbjgkljergkljdf,.gndf vb.fgnblkrhstmh;lsrtm;hlmrt;hlmtyl;mh;lrm'g;l'vemrgbm;vegbmv'egbm'tmblktnybtyjnoi7unajkfvnrk;hrtgnberlgklerthkjerhjkl;ertkhj;6o5jo7jioejrtylje6ly;jtyjlletyklejrl;k6jijyi5e6j;yvb.fgnblkrhstmh;lsrtm;hlmrt;hlmtyl;mh;lrm'g;l'vemrgbm;vegbmv'egbm'tmblktnybtyjnoi7unajkfvnrk;hrtgnberlgklerthkjerhjkl;ertkhj;6o5jo7jioejrtylje6ly;jtyjlletyklejrl;k6jijyi5e6j;y

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Novan Anugrah on Apr 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2014

pdf

text

original

Pengertian Mekanika Rekayasa

1. Mekanika rekayasa
Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa atau analisa struktur merupakan bidang ilmu utama yang dipelajari di ilmu teknik sipil. Pokok utama dari ilmu tersebut adalah mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya. Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal). Dalam mempelajari perilaku struktur maka hal-hal yang banyak dibicarakan adalah: - Stabilitas - keseimbangan gaya - kompatibilitas antara deformasi dan jenis tumpuannnya elastisitas Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman (lendutannya tidak berlebihan) dalam menerima beban tersebut.

2. Gaya luar
Adalah muatan dan reaksi yang menciptakan kestabilan atau keseimbangan konstruksi. Muatan yang membebani suatu kontruksi akan dirambatkan oleh kontruksi ke dalam tanah melalui pondasi. Gaya-gaya dari tanah yang memberikan perlawanan terhadap gaya rambat tersebut dinamakan reaksi. 

Muatan adalah beban yang membebani suatu konstruksi baik berupa berat kendaraan, kekuatan angin, dan berat angin.

Muatan-muatan tersebut mempunyai besaran, arah, dan garis kerja, misalnya: - Angin bekerja tegak lurus bidang yang menentangnya, dan diperhitungkan misalnya 40 kN/m2, arahnya umum mendatar. - Berat kendaraan, merupakan muatan titik yang mempunyai arh gaya tegak lurus bidang singgung roda, dengan besaran misalnya 5 tN.

Muatan momen. Muatan titik atau muatan terpusat.1. Muatan mati. Muatan puntir. Misalnya:  Berat sendiri konstruksi beton misalnya 2200 kN/m3 . misalnya:  Berat seseorang melalui kaki misalnya 60 kN dan  Berat kolom pada pondasi misalnya 5000 kN. yaitu muatan terbagi yang dianggap sama pada setiap satuan luas. makin dalam makin besar dayanya. Ada muatan yang garis kerjanya dianggap suatu titik. Muatan terbagi ini dapat dijabarkan sebagai berikut:  Muatan terbagi rata. 1. 3. bekerja tegak lurus dinding di mana ada air. dan  Berat tegel pada pelat lantai misalnya 72 kN/m2. Mutan yang dimaksud adalah: 1. 2.Daya air. yaitu muatan momen akibat dari muatan titik pada konstruksi sandaran. namun masih pada batas struktur statik tertentu. Ada muatan yang bekerjanya sementara dan ada pula yang terus-menerus (permanen). yaitu muatan yang terbagi tidak sama berat untuk setiap satuan luas. ..1. 4. Yaitu muatan yang garis kerjanya dianggap bekerja melalui satu titik. suatu gaya nonkoplanar mungkin bekerja pada suatu balok sehingga menimbulkan suatu muatan puntir. Muatan yang dimaksud adalah: 2. yaitu muatan tetap pada konstruksi yang tidak dapat dipindahkan atau tidak habis.  Muatan terbagi tidak rata teratur. Gaya horizontal pada sandaran menyebabkan momen pada balok. ada yang tersebar. besarnya daya air dihitung secara hidrostatis. Berdasarkan pengertian tersebut muatan-muatan dapat dibedakan atas beberapa kelompok menurut cara kerjanya.

Tugas utama suatu konstruksi adalah mengumpulkan gaya akibat muatan yang bekerja padanya dan meneruskannya ke bumi. gaya vertikal dan gaya horizontal. Apabila poros ini licin sempurna maka poros ini hanya dapat meneruskan gaya yang tegak lurus bidang singgung di mana poros ini diletakkan. Rosenthal menyatakan bahwa semua beban diteruskan ke bumi melalui sesingkat-singkatnya. Yaitu perletakan yang dapat menahan momen.5. dan arah gaya ini akan melalui pusat poros. Dalam kehiduypan sehari-hari sering dijumpai muatan yang bekerjanya tidak langsung pada konstruksi. Berikut ini diuraikan tiga jenis perletakan yang merupakan jenis perletakan yang umum digunakan. perletakan ini seolah-olah dibuat dari balok yang ditanamkan pada perletakannya. yaitu perletakan yang selalu memiliki lubang sendi.  Perletakan Perletakan adalah suatu konstruksi direncanakan untuk suatau keperluan tertentu. Dalam kasus ini pondasi digambarkan sebagai perletakan. Kondisi yang harus dipertimbangkan? Pertama yang harus dipertimbangkan adalah stabilitas konstruksi.  Perletakan jepit. yaitu suatu perletakan yang titik tangkap dan garis kerjanya diketahui. Pada perletakan demikian dianggap sendinya licin sempurna. Untuk melaksanakan tugasnya dengan baik maka konstruksi harus berdiri dengan kokoh. Pondasi akan melawan gaya aksi yang diakibatkan oleh muatan yang diteruskan oleh konstruksi kepada pondasi. yaitu perletakan terdiri dari poros dan lubang sendi. 3.  Perletakan pendel. seperti penutup atap ditumpu oleh gording dan tidak langsung pada kuda-kuda.dan ada maca-macam perletakan yang perlu dipahami yaitu:  Perletakan sendi. Gaya Dalam . Gaya lawan yang ditimbulkan pada pondasi disebut: Reaksi. Suatu konstruksi akan stabil bila konstruksi diletakkan di atas pondasi yang baik.  Perletakan geser. demikian sehingga mampu menahan gaya-gaya maupun momen dan bahkan dapat menahan torsi. sehingga gaya singgung antara poros dan sendi tetap normal terhadap bidang singgung.

dan urutan hitungan ini dapat diuraikan secara singkat gambar 3. Apabila konstruksi dalam keadaan seimbang. 2. Memeriksa kembali semua hitungan. . Menghitung keseimbangan luar. Menetapkan muatan yang bekerja pada konstruksi ini. 3.Gaya dalam adalah gaya rambat yang diimbangi oleh gaya yang berasal dari bahan konstruksi. Gaya dalam ini disebut Gaya normal (N). yang selanjutnya disebut: Struktur Misalkan pada sebuah balok dijepit salah satu ujungnya dan dibebani oleh gaya P seperti pada gambar 3. dari konstruksi.2 maka dapat diketahui dalam konstruksi tersebut timbul gaya dalam. 5. Menetapkan dan menyederhanakan konstruksi menjadi suatu sistem yang memenuhi syarat yang diminta. Gaya dalam yang mengimbangi gaya aksi ini tentunya bekerja sepanjang sumbu batang sama besar dan mengarah berlawanan dengan gaya aksi ini. Dengan syarat demikian konstruksi yang dibahas akan digambarkan sebagai suatu garis sesuai dengan sumbu konstruksi.2. maka pada suatu titik X sejauh x dari B akan timbul gaya dalam yang mengimbangi P. Menghitung keseimbangan dalam. berupa gaya lawan. 4. Analisis hitungan gaya dalam sebagai berikut: 1.

disingkat LX dan momen yang menahan lentur pada bagian ini disebut Momen Lentur disingkat MX.3. yaitu gaya dalam yang menahan lemtur sumbu balok Gaya dalam bekerja pada titik berat sepanjang garis struktur. Gaya Normal diberi tanda positif (+) apabila gaya itu cenderung menimbulkan gaya tarik pada batang dan diberi tanda negatif (-) apabila gaya itu cenderung menimbulkan sifat desak. Apabila struktur dalam keadaan seimbang maka tiap-tiap bagian harus pula dalam keadaan seimbang. Gambar 3. 3. yaitu gaya dalam yang bekerja searah sumbu balok. yaitu gaya dalam Lx dan Mx. Untuk menghitung gaya dalam ini diperlukan pengertian tanda. Gaya lintang diberi tanda positif (+) apabila gaya itu cenderung menimbulkan patah dan putaran jarum jam. Nilai gaya normal di titik X ini dinyatakan sebagai Nx. Gaya lintang (L). Menurut perjanjian tanda yang lazim digunakan di dalam Mekanika Rekayasa seperti terlukis pada gambar 4. . Dari uraian di atas. Momen lentur (F).Bila gaya aksi berbalik arah maka berbalik pula arah gaya normalnya. Gaya dalam yang tegak lurus sumbu disebut Gaya lintang. 2.3 Gambar 3.3 menggambarkan gaya P yang merambat sampai titik X dan menimbulkan gaya sebesar P’ dan M’. Gaya normal (N). Selanjutnya gaya P’dan M’ harus pula diimbangi oeh suatu gaya dalam yang sama besar dan berlawanan arah. yaitu gaya dalam yang bekerja tegak lurus sumbu balok. gaya-gaya dalam dibedakan menjadi tiga : 1. Gaya tersebut merupakan sumbangan dari bagian XA yang mengimbangi P’M’. dan diberikan tanda negatif (-) apabila gaya itu cenderung menimbulkan kebalikannya.

......................(1......... Hubungan antara Muatan.......2) Gaya dalam di n dapat dihitung sebesar: Mn = Va (x + dx) – 1/2q (x + dx)2..1/2 dx..6) Ln = Lm + dL = Lm – q.....8) dL/dx = ...........(1.................(1............Momen lentur diberi tanda positif (+) apabila gaya itu menyebabkan sumbu batang cekung ke atas dan diberi tanda negatif (-) apabila gaya itu menyebabkan sumbu batang cekung ke bawah..7) Persamaan tersebut setelah diselesaikan didapat: dM/dx = Lx....q.. yang berarti dq/dx = 0 .......... Gaya Lintang.....1) Lm = ½ ql – qx.........(1. 4.........dx.(1.......9) Kiranya perlu ditambahkan bahwa perubahan nilai beban ditiap titik adalah tetap.......5) Persamaan (1...5) tersebut dapat ditulis Pula sebagai: Mn = Mm + dM = Mm + Lm...... dan Momen Untuk membahas pertanyaan tersebut.............dx......(1...... Gaya dalam di m dapat dihitung sebesar: Mm = Va.....x – ½ qx2 = ½ qlx – ½ qx2.dx – q............4) Ln = ½ qL – q (x + dx)........4) dan (1.......(1.......(1...... harus mempelajari suatu struktur sederhana yang dibebani muatan penuh terbagi rata..................

atau sebaliknya gaya lintang merupakan jumlah integrasi dari beban. dan beban merupakan fungsi turunan dari gaya lintang.000kg/m2 1 kpa = 100kg/m2 1 mpa = 1000 kpa 1 kpa =1kn /m2 1kn =100kg/m2 fc beton ( mutu beton) missal k 225 kg/cm2 dibagi 10 = 22.001 kN = 1 kN = 1000 kN = 0044482 kN klb (kilopon) = 4.000t/m2 fy sec ( mutu baja sengakang = 240 mpa = 24000t/m) Satuan Konversi untuk Gaya N [KN] MN lb (pon) = 0. yaitu: gaya lintang merupakan fungsi turunan dari momen .5 mpa fy main ( mutu baja pokok ) = 400 mpa = 40. dan momen merupakan jumlah integrasi dari gaya lintang.Dengan demikian memang terbukti adanya hubungan antara muatan.4482 kN . gaya lintang dan momen. Hubungan itu tampak pula pada persamaan-persamaan di atas. Satuan Konversi untuk Pembebanan 1 mpa = 1000 kpa = 1 ksi 1 mpa = 1 n/mm2 = 10 kg/cm2 = 100t/m2 1 mpa =100t/m2 = 100.

Reaksi merupakan gaya akibat dari aksi. tiang pancang pada jembatan.Mekanika Rekayasa Jumat. Adapun macam-macam perletakan yaitu: -Rol -Sendi -Jepit -Jepit rol Rol hanya mampu menahan gaya vertikal atau memiliki reaksi vertikal Sendi mampu menahan gaya vertical dan horizontal atau memiliki reaksi vertical dan horizontal Jepit mampu menahan gaya vertical. horizontal dan momen Jepit rol mampu menahan gaya vertical dan momen saja. engsel pada pintu dan jendela dan shock pada motor. Sedangkan reaksi perletakan merupakan gaya-gaya yang keluar akibat adanya beban diatasnya. artinya bila Aldiansyah Taher mengangkat karung seberat 50 kg dia harus mempunyai kekuatan sebesar 50 kg untuk mampu mengangkatnya bila tidak dia akan jatuh atau rubuh seperti bangunan yang tak mampu menahan bebannya. Besar reaksi harus sama dengan besar aksi. kalau statis tertentu jumlahnya 3 dan statis tak tentu jumlahnya lebih dari 3. vertical. tamparan Saipul Jamil itu disebut aksi dan tamparan Dewi Persik itu disebut reaksi. artinya bila Saipul Jamil menampar Dewi Persik dan Dewi Persik pun balik menamparnya. Bila reaksi perletakannya jumlahnya 3 maka penyelesaian reaksi perletakannya lebih mudah seperti statis tertentu. atau momen yang memiliki berat atau . Untuk menyelesaikan soal statis tak tentu biasanya statis tak tentu diubah menjadi statis tertentu sehingga jumlah reaksi perletakannya adalah 3. Gaya atau beban yaitu benda atau gaya horizontal. Gaya-gaya tersebut yaitu: -Reaksi vertikal biasanya disimbolkan R atau V -Reaksi horizontal biasanya disimbolkan H -Reaksi momen biasanya disimbolkan M Masing-masing perletakan memiliki gaya reaksi yang berbeda-beda Perletakan yaitu tempat yang dijadikan tumpuan bagi penampang seperti pondasi pada rumah. 01 Mei 2009 Mekanika rekayasa basic Mekanika rekayasa dibagi atas 2 yaitu: -Statis tertentu -Statis tak tentu Statis tertentu dan statis tak tentu berbeda pada jumlah reaksi perletakannya.

orang di atas motor. Pokok utama dari ilmu tersebut adalah mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya.45 Tidak ada komentar: Label: mekanika rakayasa. angin yang menekan layang-layang dan lautan yang menekan dinding kapal selam. dan terbuat dari kayu. atap di atas rumah.tekanan yang membebani suatu penampang seperti mobil di atas jembatan. beton dan baja. Dalam mempelajari perilaku struktur maka hal-hal yang banyak dibicarakan adalah * stabilitas * keseimbangan gaya .Tujuan dari mata kuliah ini yaitu agar mahasiswa mengetahui dari perilaku dari suatu struktur bila menerima suatu beban sehingga diketahui kekuatan dari penampang dan perletakan yang diperlukan untuk merancang besar dimensi penampang dan perletakan suatu struktur. Biasanya untuk merencanakan suatu penampang diperlukan perhitungan mengenai elastisitas dari bahan yang digunakan dan momen inersia Macam-macam model struktur yaitu: -Simple Beam -Kantilever -Overstek -Rangka Alur penyelesaiannya sebagai berikut: -Hitung reaksi perletakan dengan 3 persamaan -∑M = 0 -∑V = 0 -∑H = 0 -Hitung gaya dalam -Gambar gaya dalam Diposkan oleh Mekanika Rekayasa di 03. statis tertentu Mengapa mekanika rekayasa perlu dipelajari Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa atau analisa struktur merupakan bidang ilmu utama yang dipelajari di ilmu teknik sipil. Adapun macam-macam beban yaitu: -Beban terpusat baik vertical maupun horizontal contoh orang yang berdiri di tengah bentang jembatan -Beban terbagi rata baik vertical maupun horizontal contoh berat sendiri balok -Beban segitiga atau trapesium contoh berat sendiri plat lantai 2 dan yang arah horizontal yaitu angin dan air di laut -Beban momen Penampang yaitu benda atau tempat yang mengalami tekanan dari beban. Biasanya penampang berbentuk plat atau balok. dan bila penampang disatukan dengan perletakan maka disebut stuktur. Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal). mekanika teknik.

MT. slope deflection. Dalam blog ini disediakan tutorial atau soal-soal dan penyelesaian yang anda bisa download. dikarenakan pada sebelum ujian saya tidak perlu belajar sama sekali karena mata kuliah ini simpel dan pada umumnya soal yang diberikan hanya seputar reaksi perletakan dan gaya dalam saja. statis tertentu Beranda Langganan: Entri (Atom) Custom Search Label    mekanika rakayasa (2) mekanika teknik (2) statis tertentu (2) . terlihat menarik bagi orang yang suka tantangan dan teka-teki. Maaf kalau materinya cuma terbatas sampai mekanika rekayasa 3 karena program studi saya cuma sampai DIII. matriks kekakuan. conjugate beam. Bila anda ingin konsultasi mengenai tugas besar maka kirimkan email ke mekanika.com .* kompatibilitas antara deformasi dan jenis tumpuannnya * elastisitas Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman (lendutannya tidak berlebihan) dalam menerima beban tersebut. untuk itu dalam blog ini saya akan menjabarkan prinsip-prinsipnya dari basicnya sampai ke tingkat yang lebih sulit. ada statis tertentu atau mekanika teknik dasar. semakin sulit tantangannya semakin menarik untuk diselesaikan tantangannya bahkan bisa sampai nggak tidur semalaman. Eiits bukannya sombong. metode cross dan metode takabeya. Mekanika rekayasa ini merupakan mata kuliah favorit saya saat masih kuliah.43 1 komentar: Label: mekanika rakayasa. Mekanika rekayasa. Diposkan oleh Mekanika Rekayasa di 03. rangka atau frame. “mekanika rekayasa ini bisa dikuasai dengan mudah asal kita memahami prinsip-prinsip mekanika rekayasa itu sendiri”. Selanjutnya kita menuju ke pembahasan mengenai statis tertentu (BASIC). tapi mekanika rekayasa memang benar-benar sesimpel dan sesederhana itu. sendi gerber. mekanika teknik.rekayasa@gmail. Arqam Laya. Menurut Ir. matrix flexibilitas. portal 3 sendi. double integral. konsisten deformasi.

Tumpuan Sendi Tumpuan sendi dapat menerima gaya dari segala arah tetapi tidak mampu menahan momen.Jenis Tumpuan dan Beban Pada Struktur Bangunan admin Jan 10th. Jenis tumpuan yang sering digunakan dalam bangunan adalah tumpuan sendi. Tumpuan Sendi Tumpuan Rol . dan jepit. rol. Tumpuan adalah tempat bersandarnya konstruksi dan tempat bekerjanya reaksi. 2013 Comments Off advertisement Dalam sebuah perhitungan struktur kita mengenal istilah tumpuan. Dengan demikian tumpuan sendi hanya mempunyai dua gaya reaksi yaitu reaksi vertikal RV dan reaksi horisontal RH. Jenis tumpuan yang digunakan berpengaruh terhadap jenis konstruksi.

.Tumpuan rol hanya dapat menerima gaya tegak lurus. dan tidak mampu menahan momen. Tumpuan Rol Tumpuan Jepit Tumpuan jepit dapat menahan gaya ke segala arah dan dapat menahan momen. Dengan demikian tumpuan rol hanya dapat menahan satu gaya reaksi yang tegak lurus dengan RV. Dengan demikian jepit mempunyai tiga reaksi yaitu reaksi vertikal RV. reaksi horisontal RH dan reaksi momen RM.

dinding dan lain sebagainya. Gaya dinamis adalah gaya yang bekerja secara tiba-tiba pada struktur. lantai. Berikut ini adalah macam-macam beban yang bekerja pada suatu struktur bangunan : advertisement 1. 2. Beban Mati Beban mati adalah bagian struktur yang bersifat tetap. atap. Sebagai contoh adalah berat kolom. . Beban pada struktur tersebut digunakan untuk menyederhanakan di dalam perhitungan analisis dan desain struktur. balok. analisis dan desain struktur. 2. Dalam melakukan permodelan. termasuk dalam hal ini berat sendiri struktur. perlu ada gambaran mengenai perilaku besar beban yang bekerja pada struktur tersebut. Gaya statis adalah gaya yang bekerja secara terus menerus pada struktur dan mempunyai karakter steady states. Beban Hidup Beban hidup adalah semua beban yang bersifat berpindah pindah (beban berjalan) atau beban yang bersifat sementara yang ditempatkan pada suatu tempat tertentu. 1.Tumpuan Jepit Selanjutnya gaya dan beban apa saja yang mempengaruhi jenis tumpuan diatas? Dalam perhitungan struktur kita mengenal beberapa jenis beban.

Beban Gempa Beban gempa adalah beban yang bekerja pada suatu struktur akibat pergerakan tanah yang disebabkan karena adanya gempa bumi. permukaan bidang dan bentuk dari bangunan.Contoh beban hidup adalah beban kendaraan pada area parkir. Gempa Angin Beban angin adalah beban yang bekerja pada suatu struktur. sehingga untuk setiap waktu tertentu akan mempunyai percepatan tanah tertentu. Faktor-faktor penting yang mempengaruhi beban angin adalah kecepatan angin. kepadatan udara. . Gempa mengakibatkan beban pada struktur karena interaksi tanah dengan struktur dan karakteristik respons struktur. akibat pengaruh struktur yang memblok arah aliran angin. yang menyebabkan terjadinya beban angin. beban air pada kolam renang dan tangki. dan lain sebagainya 3. Beban angin yang menekan atau mengisap bangunan adalah tidak menentu dan sukar dipastikan. sehingga energi kinetik angin akan dikonversi menjadi tekanan potensial. 4. Selain itu definisi lain beban gempa adalah beban percepatan tanah yang berupa satuan rekaman percepatan tanah untuk suatu gempa tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->