GAMBARAN UMUM SISTEM PERPUSTAKAAN SMAN 5 CIMAHI Disusun untuk memenuhi tugas1 RPL II

Nama Dosen : Adam Mukharil Bachtiar

Disusun oleh:
Nugraha Lastua S Dewi Kartini Sinaga Riny Afrilia Safitri Kusmian A. IF 11 Tgl pengumpulan : 2/4/2013 (10108183) (10110455) (10110456) (10110457)

TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2013

Proses peminjaman buku 1. 5. 3. Beserta menyerahkan kartu perpustakaan. 3. Siswa memberikan buku yang ingin dipinjam pada staff perpustakaan. 4. Staff perpustakaan mencatat pengembalian buku pada kartu anggota dan buku induk perpustakaan. sebelum peminjaman. 6. Asumsi : . Proses pengembalian buku 1. siswa diwajibkan mencari dan mengambil kartu perpustakaan dari locker tempat penyimpanan kartu anggota kemudian menyerahkan kartu perpustakaan tersebut ketika meminjam buku. Siswa mengembalikan buku yang sudah selesai dipinjam kepada staff perpustakaan. Jika tidak memenuhin syarat maka tidak diperbolehkan meminjam buku. 2. sesudah peminjaman. Staf perpustakaan memberikan kartu anggota kepada siswa. Staff perpustakaan akan mengecek buku dan disamakan dengan data yang disimpan dalam buku induk perpustakaan dan kartu anggota. Staf perpustakaan memberikan kartu anggota beserta buku yang akan dipinjam kepada siswa. Staf perpustakaan memeriksa kartu anggota apakah siswa masih memiliki tunggakan buku yang belum dikembaliakan atau tidak(memeriksa buku yang belum dikembalikan) 3. Asumsi : 1. Jika pengembalian buku melewati batas waktu yang ditentukan maka siswa wajib membayar biaya denda. Semua siswa sudah memiliki kartu anggota yang tersimpan di dalam loker kartu anggota yang terletak di dekat pintu masuk perpustakaan 2. kartu anggota harus dikembalikan ke tempatnya semula oleh siswa b. Apabila memenuhi syarat maka diperbolehkan meminjam buku. 4. maksimum buku yang dipinjam 2 buah buku 4. 2.Analisis Prosedur Manual a. staf perpustakaan mencatat data peminjaman pada kartu anggota dan buku induk perpustakaan. beserta menyerahkan kartu perpustakaan.

2. 3. Staf perpustakaan memeriksa tanggal kembali yang ada di kartu anggota dan buku induk. sesudah melakukan perpanjangan masa pengembalian. Semua siswa sudah memiliki kartu anggota yang tersimpan di dalam loker kartu anggota yang terletak di dekat pintu masuk perpustakaan 3. 3. Proses perpanjangan masa pinjam buku 1. sesudah pengembalian. 2. beserta menyerahkan kartu perpustakaan. sebelum perpanjangan masa pinjam. sebelum pengembalian. staf perpustakaan mengubah data tanggal pengembalian pada kartu anggota dan buku induk perpustakaan. 4. c. Staf perpustakaan mengembalikan kartu anggota beserta memberikan buku yang masa kembalinya sudah diperpanjang kepada siswa. Biaya denda dari keterlambatan pengembalian buku dicatatkan pada buku catatan induk perpustakaan. kartu anggota harus dikembalikan ke tempatnya semula oleh siswa. Jika tanggal yang seharusnya melakukan pengembalian buku melewati batas waktu yang ditentukan maka siswa wajib membayar biaya denda terlebih dahulu. Semua siswa sudah memiliki kartu anggota yang tersimpan di dalam loker kartu anggota yang terletak di dekat pintu masuk perpustakaan. siswa diwajibkan mencari dan mengambil kartu perpustakaan dari locker tempat penyimpanan kartu anggota kemudian menyerahkan kartu perpustakaan tersebut ketika pengembalian buku.1. siswa diwajibkan mencari dan mengambil kartu perpustakaan dari locker tempat penyimpanan kartu anggota kemudian menyerahkan kartu perpustakaan tersebut ketika meminjam buku. 2. Siswa memberikan buku yang ingin diperpanjang masa pinjam pada staff perpustakaan. Asumsi : 1. kartu anggota harus dikembalikan ke tempatnya semula oleh siswa . 4.

d. Donator menyerahkan buku kepada pengurus perpustakaan 2. . Pengurus perpustakaan menerima buku dari donator dan mencatat data label buku pada katalog perpustakaan. Asumsi : 1. Proses pengadaan buku 1. Donator adalah semua orang yang menyumbangkan buku di perpustakaan.

1. Alur Proses Peminjaman .

Alur Proses Pengembalian .2.

3. Perpanjangan peminjaman buku .

Proses pengadaan buku Keterangan : Gambar yang ada di dalam = Objek .4.