P. 1
definisi managemen proyek

definisi managemen proyek

|Views: 56|Likes:
Published by okunel
definisi managemen proyek
definisi managemen proyek

More info:

Published by: okunel on Apr 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2013

pdf

text

original

DEFINISI MANAJEMEN MENURUT BEBERAPA AHLI

DEFINISI PROYEK MENURUT BEBERAPA AHLI .

.

mengorganisasikan. . dapat disimpulkan bahwa manajemen proyek dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan. Dari definisi di atas. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi. Manajemen proyek mempergunakan personel perusahaan untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek. pengorganiasian. Lebih jauh lagi manajemen proyek menggunakan pendekatan hiraki vertikal dan horizontal . peralatan. dan teknik untuk merancang aktivitas proyek dan kebutuhan proyek. pengarahan dan pengendalian atas sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya tertentu pula. Proyek adalah suatu usaha yang kompleks. mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dengan sumber daya tertentu. alat. menyusun organisasi. Pengertian manajemen proyek menurut Olson (2003.DEFINISI MANAJEMEN PROYEK MENURUT BEBERAPA AHLI Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement. resource dan spesifikasi yang telah dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. dan teknik dari suatu aktivitas proyek untuk memenuhi kebutuhan dan harapan dari proyek tersebut. manajemen proyek merupakan kegiatan merencanakan. mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu pula. Jadi. Menurut buku manajemen proyek. inovasi.16) manajemen proyek adalah aplikasi sumber daya yang mencakup pengetahuan. dan perbaikan yang berkelanjutan. Manajemen proyek adalah suatu cara memberikan pimpinan yang sedemikian baru dan rumitnya. manajemen proyek merupakan aplikasi dari ilmu pengetahuan. Menurut Schwalbe. sehingga mutlak diperlukan bentuk-bentuk kerjasama yang berbeda dari biasanya dan seringkali bersifat hierarki. fleksibilitas. tidak rutin. mengorganisasikan. dibatasi oleh waktu. Pengertian manajemen proyek menurut H. Manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan. bisa dikatakan manajemen proyek adalah cara mengorganisir dan mengelola sumber penghasilan yang penting untuk menyelesaikan proyek. yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. kecepatan. anggaran. memimpin dan mengendalikan sumber daya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan. Kerzner : Manajemen proyek adalah merencanakan.

penyusunan anggaran dan jadwal pembangunan secara keseluruhan sampai dengan selesainya proses pelaksanaan konstruksi termasuk masa pemeliharaan serta proccurement ’pengadaan’ peralatan dan perlengkapan bangunan. pengarahan.8) manajemen proyek merupakan aplikasi dari ilmu pengetahuan. Pengertian manajemen proyek menurut Soeharto (1997. Pengertian manajemen proyek menurut Schawalbe (2004.28) manajemen proyek adalah merencanakan. dan pengaturan sumber daya (manusia. ktrampilan (skills).8-9) manajemen proyek adalah suatu cara untuk menyelesaikan masalah yang harus dipaparkan oleh user. peralatan. biaya dan waktu suatu proyek.58) Manajemen proyek dapat didefinisikan sebagai perencanaan. Pengertian manajemen proyek menurut Hughes dan Cotteral (2002. pengendalian. Pengertian manajemen proyek dalam buku Information Technology Project Management4th edition karangan katy. dan tepat mutu. kebutuhan user harus terlihat jelas dan harus terjadi komunikasi yang baik agar kebutuhan user bisa diketahui. dan koordinasi suatu proyek dari awal (gagasan) samapi selesainya proyek untuk menjamin biaya proyek dilaksanakan tepat waktu. Ervianto (2003:19) Manajemen proyek adalah semua perencanaan. tools. Pengertian manajemen proyek menurut PMBOK (Project Management Body of Knowledge) dalam buku Budi Santoso (2009:3) manajemen proyek adalah aplikasi pengetahuan (knowledges). skill. Pengertian manajemen proyek menurut Chase.Pengertian manajemen proyek menurut IAI adalah pengelolaan jalannya proses konstruksi secara menyeluruh yang dimulai sejak proses tahap persiapan inisiatif proyek. alat-alat dan teknik untuk aktifitas proyek untuk memenuhi kebutuhan proyek. memimpin. bahan baku) untuk mempertemukan bagian teknik. pelaksanaan. mengendalikan sumber daya perusahaan untuk . Pengertian manajemen proyek menurut Wulfram I. tepat biaya. yaitu tahap perumusan kebutuhan atau gagasan proyek. mengorganisir. Aquilano. alat (tools) dan teknik (techniques) dalam aktifitas-aktifitas proyek untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan proyek. Jacobs (2001. keterampilan. dan teknik untuk aktifitas suatu proyek dengan maksud memenuhi atau melampaui kebutuhan stakeholder dan harapan dari sebuah proyek. manajemen proyek ialah aplikasi dari ilmu pengetahuan.

manajemen proyek menggunakan pendekatan sistem dan hierarki (arus kegiatan) vertikal dan horizontal. Pengertian manajemen proyek menurut Nicholas (2001. yang operasi-operasinya berulang damana pasar dan teknologinya dapat diprediksi.mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan. lebih sedikit organisasi yang dilibatkan. Manajemen proyek mempergunakan personel perusahaan untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek. mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu.9) manajemen proyak adalah manajemne yang lebih sederhana. Pengertian manajemen proyek menurut Budi santoso (2003.3) manajemen proyek adalah kegiatan merencanakan. ada kepastian tentang antisipasi hasil. Lebih jauh. . mengorganisasikan.

perlu mencari tahu siapa yang seharusnya memperoleh manfaat dan apa kebutuhan mereka. Evaluasi dapat dilakukan beberapa bulan atau tahun setelah proyek selesai untuk menilai dampak jangka panjang dan keberlanjutannya. Rencana-rencana proyek hendaknya disesuaikan bila perlu. b. Perangkat-perangkat itu hendaknya diulang-ulang selama masa hidup proyek untuk memastikan bahwa perubahan-perubahan yang mungkin mempengaruhi keberhasilan proyek sudah diperhitungkan. c. changes that affect it. EVALUASI Evaluasi hendaknya dilakukan pada atau setelah proyek diselesaikan.SIKLUS PROYEK a. Kita juga perlu mempertimbangkan resiko pada proyek dan bagaimana kita akan mengukur kinerja proyek. RANCANG BANGUN Pada waktu telah diputuskan untuk melanjutkan suatu proyek. tetapi mempunyai suatu kekurangan: yaitu membuat kelihatannya seperti satu perangkat mengikuti yang berikutnya. kita dapat mulai memikirkannya secara terperinci. IDENTIFIKASI Untuk mengidentifikasi apa yang akan menjadi pusat perhatian proyek. . Hal ini mencakup riset lebih lanjut tnetang masyarakat yang terpengaruh oleh suatu masalah dan bagaimana pengaruh itu bagi mereka. Suatu ‘penilaian kapasitas’ akan mengidentifikasi masalah mana yang akan ditangani oleh proyek yang direncanakan. e. beberapa perangkat dapat digunakan sekaligus pada satu tahapan proyek. IMPLEMENTASI Sewaktu proyek dilaksanakan adalah penting untuk memonitor dan meninjau kembali kemajuan proyek dan perubahan-perubahan dari luar yang mempengaruhinya. d. Kenyataannya. PEMBELAJARAN Sementara siklus proyek adalah suatu cara yang bermanfaat untuk menentukan tahap-tahap suatu proyek. Suatu ‘penilaian kebutuhan’ akan memberi gambaran umum tentang masalah-masalah masyarakat. Temuan-temuan juga harus digunakan untuk pembelajaran bagi organisasi untuk meningkatkan proyek-proyek yang lain.

Proyek Engineering Manufaktur Proyek Engineering Manufaktur. komputer. pengadaan dan konstruksi.Diversifikasi. Tahap pra kontrak (Precontract stage) 2. Tahap Perawatan (Maintenance period) 2. penelitian pengaruh tingkat pendidikan terhadap kesadaran berpolitik. 3. dan lain-lain.Merancang sistem informasi managemen meliputi perangkat lunak maupun perangkat keras . memberikan bantuan emergency untuk daerah yang terkena musibah. dan lain lain. aktivitas utamanya adalah melakukan penelitian dan pengembangan suatu produk tertentu. Jadi proyek manufaktur merupakan proses untuk menghasilkan produk baru. Contoh : pembangunan real estate. merancang program efisiensi dan penghematan. aktivitas proyek ini adalah untuk menghasilkan produk baru. bangunan pabrik. Proyek Engineering-Konstruksi Proyek Engineering-konstruksi. Proyek Penelitian dan Pengembangan Proyek Penelitian dan Pengembangan. penggabungan dan pengambilalihan. penggabungan dan pengaambil alihan 4. kendaraan. Misalnya. dan lain sebagainya. . merancang strategi untuk mengurangi kriminalitas dan penggunaan obatobatan terlarang. .JENIS PROYEK 1. Proyek Pelayanan Manajemen Proyek Pelayanan Manajemen. Dalam sistem traditional yang memisahkan antara fungsi perencanaan dan pelaksanaan. aktivitas utamanya antara lain adalah : merancang sistem informasi manajemen. penelitian pengaruh penggunaan metode tertentu dalam pembuatan sebuah produk. jalan layang.Merancang program efisiensi dan penghematan . diversifikasi. aktivitas utama jenis proyek ini terdiri dari pengkajian kelayakan. Secara umum proses pembangunan proyek berhubungan eratdengan sistem pengadaan (procurement system) yang digunakan. Berdasarkan tahap konstruksi dapat dibagi pada tiga tingkat sebagai berikut:1. Contoh : pembuatan boiler. dan lain-lain. proses pembangunan proyek dapat dibagi baik menurut tahap konstruksi ataupun pola kerja konstruksi. desain Engneering. Tahap konstruksi (Construction stage) 3.

Proyek Kapital Proyek Kapital. pembelian material dan peralatan. penyiapan lahan. .Penelitian dan Pengembangan • Strategi memperbaiki praktik • Proses mengembangkan produk baru • Penghubung kesenjangan penelitian dasar – penelitian terapan 5. Proyek kapital umumnya meliputi : pembebasan tanah. biasanya digunakan oleh sebuah badan usaha atau pemerintah. manufaktur dan konstruksi pembangunan fasilitas produksi.

CONTOH PROYEK .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->