1. Teori D.

E OREM (1971) Model Keperawatan Mandiri (Self Care) yaitu suatu pelaksanaan kegiatan yang diprakarsai dan dilakukan oleh individu itu sendiri untuk memenuhi kebutuhan guna mempertahankan kehidupan, kesehatan kesejahteraan rakyat sesuai keadaan baik sehat maupun sakit (Orem, 1980) Komponen kebutuhan dasar self care: a. Pengambilan udara b. Pengambilan air c. Pengambilan makanan d. Proses eliminasi e. Keseimbangan antara aktifitas dan istirahat f. Keseimbangan antara kemandirian dengan interaksi social g. Pencegahan resiko pada kehidupan manusia dan keadaan sehat h. Perkembangan kelompok social sesuai potensi, pengetahuan dan keinginan. 2. Teori CALLISTA ROY (1976) Model Adaptasi adalah bagaimana individu mampu meningkatkan kesehatan dengan cara mempertahankan perilaku adaptif dan mengubah perilaku mal adaptif. Upaya pelayanan keperawatan yang dapat dilakukan: a. Meningkatkan kesehatan dengan cara mempertahankan perilaku adaptif. b. Intervensi ditujukan menekan stressor dan meningkatkan mekanisme adaptasi. Kunci utama dari model adaptasi C. Roy: a. Setiap orang terintegrasi dalam biologis, psikologi dan social yang berorientasi dengan lingkungan. b. Agar terjadi homeostasis atau terintegrasi seorang harus beradaptasi. c. Tingkat adaptasi yaitu: focal, contextual, residual stimulasi. d. System efektor adaptasi roy yaitu: fungsi biologis, konsep diri, fungsi peran dan interdependen. e. Individu harus mampu meningkatkan energy guna adaptasi. 3. Teori VIRGINIA HENDERSON Need Based Model/Activity Day Living Model adalah mengkaji individu baik sehat maupun sakit, penyembuhan atau meninggal dengan damai yang dilakukan dengan mendiri saat individu memiliki kemampuan, kemauan dan pengetahuan. Keyakinan dan tata nilai menurut Henderson: a. Manusia mengalami perkembangan selama rentang kehidupan melalui proses tumbang. b. Dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari individu mengalami rentang ketergantungan sejak lahir dan menjadi mandiri pada saat dewasa. c. Aktivitas sehari-hari individu digolongkan: belum dapat melaksanakan aktivitas, terlambat melaksanakan aktivitas, dan tidak dapat melaksanakan aktivitas. Komponen activity day living model: a. Bernafas normal b. Makan dan minum sesuai kebutuhan c. Eliminasi normal d. Bergerak dan memelihara postur e. Tidur dan istirahat f. Membuka dan memakai pakaian

mengatur kebersihan. psikologis. dan spiritual yang lengkap dan berpotensi. yang pelaksanaannya diupayakan secara mandiri tanpa tergantung pada profesi lain. 4. serta e. Proses perbaikan untuk kesehatan. penerangan (lampu) yang tepat. Masyarakat/Lingkungan. emosional. lebih terfokus pada aspek fisik tetapi tetap saja ide yang dikemukakan Nightingale tentang seseorang yang sedang sakit mempunyai semangat hidup yang lebih besar daripada mereka yang sehat. dan resisten. j. kondisi dan cara hidup seseorang daripada mengkaji fisik/tubuhnya. Udara bersih. keamanan dan keselamatan. Enviroment (lingkungan) : Bagian eksternal yang mempengaruhi kesehatan dan sakitnya seseorang: a. sosial. intelektual. c. perkembangan dan spiritual. h. Hubungan teori Nightingale dalam konsep keperawatan: a. Kebersihan. Health (sehat) : Keadaan bebas dari penyakit dan dapat menggunakan kekuatannya secara penuh. sosiokultural. Perbaikannya dalam menghadapi penyakit. l. Konsep utama menurut Betty Neuman: a. i. Keperawatan : kondisi terbaik individu dalam mempengaruhi lingkungan. b. model ini menempatkan lingkungan sebagai fokus asuhan keperawatan dan keperawatan komunitas berupaya meberikan bantuan asuhan keperawatan berupa pemberian udara yang bersih dan segar. . Person (individu) : Merupakan kesatuan fisik. Penerangan/pencahayaan Nightingale lebih menekankan pada lingkungan fisik daripada lingkungan sosial dan psikologis yang dieksplor secara lebih terperinci dalam tulisannya. Manusia. Mempertahankan suhu tubuh Memelihara personal hygiene Menvegah kecelakaan dan bahaya Komunikasi beribadah Bermain dan rekreasi Bekerja Belajar dan keingintahuan Teori FLORENCE NIGHTINGALE (1859) Environmental model ini menekankan pada pengaruh lingkungan terhadap klien. Penekanannya terhadap lingkungan sangat jelas melalui pernyataannnya bahwa jika ingin meramalkan masalah kesehatan. maka yang harus dilakukan adalah mengkaji keadaan rumah. mempengaruhi perkembangan kehidupan individu. c. merupakan suatu sistem terbuka yang selalu mencari keseimbangan dari harmoni dan merupakan satu kesatuan dari fisiologis. k. normal. kenyamanan lingkungan.g. b. Pemeliharaan yang efisien d. 5. Teori BETTY NEUMAN (1972) Model Health Care System yaitu member penekanan pada penurunan stress dengan cara memperkuat garis pertahanan diri yang bersifat: fleksibel. m. d. Air yang bersih. sebenarnya terkait dengan dimensi psikologik dari manusia. serta pemeberian nutrisi yang adekuat.

Pelaksanaan e. Dilakukan apabila gangguan yang terjadi pada garis pertahanan yang bersifat fleksibel yang berupa: a. Pengkajian b. Kuratif d. Rehabilitative Menurut saya teori yang sesuai untuk diaplikasikan dalam Keperawatan Kesehatan Komunitas adalah teori dari BETTY NEWMAN. Sehat. Diagnosis keperawatan komunitas atau kelompok c. Prevensi c. Intervensi yang bersifat rehabilitatif Dilakukan pada upaya kuratif yaitu apabila garis pertahanan resisten yang terganggu. Intervensi yang bersifat prevensi Dilakukan apabila garis pertahanan normal terganggu : a. Pengkajian b. b. Intervensi yang bersifat kuratif Dilakukan apabila garis pertahanan terganggu. karena upaya promotif dan preventive pada teori Betty Newman merupakan upaya pokok tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitative sesuai dengan konsep keperawatan komunitas (konsep dasar keperawatan. Komonitas dilihat sebagai klien yang dipengaruhi oleh dua aktor utama : komonitas yang merupakan klien dan penggunaan proses keperawatan sebagai pendekatan yang terdiri dari 5 tahapan : a. Perencanaan d. Lingkungan yaitu meliputi semua faktor internal dan eksternal atau pengaruh-pengaruh dari sekitar klien atau sistem klien. Mendemonstrasikan keterampilan keperawatan dasar yang dapat dilakukan klien dirumah atau komonitas yang bertujuan meningkatkan kesehatan. 2. yaitu dengan penjelasan sebagai berikut: Model konseptual dari Neuman memberikan penekanan pada penurunan stress dengan cara memperkuat garis pertahanan diri keperawatan ditujukan untuk mempertahankan keseimbangan tersebut dengan terfokus pada empat intervensi yaitu: 1. c. Memberikan zat kekebalan pada klien yang bersifat individu misalnya : konseling pra nikah 3.b. Perencanaan . Evaluasi Askep ditujukan untuk mempertahankan keseimbangan tersebut dengan focus pada empat intervensi yang bersifat: a. suatu kondisi terbebasnya dari gangguan pemenuhan kebutuhan sehat merupakan keseimbangan yang dinamis sebagai dampak dari keberhasilan menghindari atau mengatasi stressor. 4. keluarga dll b. Intervensi yang bersifat promosi. Pendidikan kesehatan. Promosi b. Diagnosis keperawatan komonitas c. Tahap proses pendekatan menurut Betty Neuman: a. Deteksi dini gangguan kesehatan Misalnya deteksi tumbuh kembang balita.

Evaluasi Kekuatan a. Diagram ini mempertinggi kejelasan dan menyediakan perawat dengan tantangan – tantangan untuk pertimbangan f. b. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan.com/nursing_theory/application_Betty_Neuman's_model. Dimana lingkungan diciptakan untuk menjaga homeostasis. diagram ini digunakan dalam semua penjelasan tentang teori sehingga membuat teori terlihat menarik. 2013. g. Kelemahan a. gawat darurat. Model Neuman ini fleksibel sehingga dapat bekerja sama dengan tim kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan. e. Application of Betty Neuman's System Model.html . 2009. perawatan dewasa dan keperawatan komunitas. Model ini banyak digunakan di bidang penelitian dan pendidikan keperawatan d. http://currentnursing. Model system Neuman tidak membahas secara detail tentang perawat –klien. Jakarta: Salemba Medika No name. Model keperawatan ini selama perkembangannya telah banyak diterima dan diaplikasikan oleh beberapa pakar-pakar keperawatan dan diaplikasikan pada berbagai tempat perawatan meliputi intensive care. ILMU KEPERAWATAN KOMUNITAS: Pengantar dan Teori. Tujuan mudah dicapai pada sistem yang sudah mantap dan solid dan mekanisme sistem lebih jelas dan terarah. Wahid Iqbal dan Nurul Chayatin.d. 2012. Tingkat adaptasi klien tinggi. Penjelasan tentang perbedaan stressor interpersonal dan ekstrapersonal masih dirasakan belum ada perbedaan yang jelas c. Jakarta: Salemba Medika Mubarak. Pelaksanaan e. Lingkungan sebagai sistem terbuka yang dipengaruhi oleh stressor h. Kekuatan model ini terletak pada adanya pencegahan. perawatan anak. dan adanya kontuinitas serta peningkatan kualitas j. Ferry dan Makhfudli. pendidikan kesehatan dan kesejahteraan sebagaimana mengelola sehat sakit dan pendekatan interdisiplin. perawatan mental. Neuman mengemukakan bahwa lingkungan sebagai kekuatan eksternal dan internal yang berada disekitar klien. Model Sistem Neuman dapat digunakan oleh semua profesi kesehatan. c. padahal hubungan perawat klien merupakan domain penting dalam Asuhan Keperawatan Effendi. Neuman menggunakan diagram yang jelas . Adanya pengakuan bahwa individu mempunyai kemampuan belajar dan berkembang i. Kemudian peran keperawatan anastesi. sehingga untuk profesi keperawatan menjadi tidak spesifik b. Model Neuman terus menerus dikembangkan oleh lembaga Neuman dan mendapatkan umpan balik dari seluruh dunia sehingga Model Neuman terusmenerus mengalami perbaikan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful