1.

MANFAAT TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Arti telekomunikasi secara umum merupakan suatu teknologi yang tercipta agar komunikasi lebih mudah di gunakan dan di dapat bagi masyarakat. Telekomunikasi merupakan suatu alat dimana kita bisa menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di zaman sekarang ini banyak alat telekomunikasi yang berkembang di tengah masyarakat. Banyak perusahaan dari luar ataupun dalam negeri yang mengembangkan inovasi dalam bertelekomunikasi. Telekomunikasi sangat penting manfaatnya bagi kehidupan

masyarakat. Indonesia masih di sebut sebagai negara berkembang, karena tingkat ilmu dan teknologinya masih tertinggal di banding negara-negara Eropa. Di masa sekarang ini kita dihadapkan oleh kemajuan zaman yang bergerak sangat pesat dan beragam dengan segala alat-alat telekomunikasi yang super canggih. Masyarakat Indonesia sekarang lebih pintar dan ingin tahu apa yang sedang berkembang di negara-negara maju, karena tuntutan zaman dan kemajuan teknologi, mereka mulai menggunakan bermacammacam alat telekomunikasi. Teknologi telekomunikasi dirancang sedemikian rupa agar

memudahkan masyarakat untuk kegiatan sehari-hari, telekomunikasi hadir karena masyarakat membutuhkannya. Para ilmuwan tidak henti-hentinya mencoba dan terus menelusuri, mengembangkan teknologi agar lebih canggih dan modern, dengan inovasi dan kegunaan yang bermacam-macam manfaatnya bagi masyarakat dan sangat berguna untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi dengan tingkat kemajuan zaman yang terus berkembang.

Perkembangan telekomunikasi telah membuktikan bahwa semua mampu memberikan semakin kemudahan mudah kepada manusia dalam memperoleh dalam informasi. Telekomunikasi merupakan suatu penemuan baru di dunia komunikasi sekarang ini. telepon yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Besar manfaat telekomunikasi yang ada sekarang ini untuk menunjang kehidupan masyarakat. Teknologi informasi merupakan sarana berkomunikasi yang modern. Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan dengan telepon. Telekomunikasi yang hampir tanpa batas ruang dan waktu. Masyarakat memecahkan kesulitan-kesulitan memenuhi kebutuhannya. hanphone. dengan telekomunikasi tercipta banyak alat-alat elektronik yang dapat dimanfaatkan tidak hanya dalam skala kecil tetapi dalam skala besar. antara lain : . dengan internet. Manfaat dan dampak telekomunikasi bagi masyarakat dan negara.Hadirnya sistim telekomunikasi di tengah-tengah masyarakat mendorong masyarakat itu sendiri untuk lebih menggali dan menggali lagi ilmu teknologi yang baru. atau bahkan dengan internet. sehingga tercipta masyarakat yang berintelektual dan berkualitas. Seperti contoh telekomunikasi skala kecil bisa kita temukan pada alat telekomunikasi seperti. bekomunikasi. pengiriman data atau radar bagi transportasi laut dan udara. Dengan telekomunikasi segalanya akan menjadi mudah dan lebih terarah. manusia mampu menjelajah dunia dan berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. seperti pengiriman surat melalu email. masyarakat menjadi lebih berkembang dengan kualitas sumber daya manusia yang meningkat zaman demi zamannya. ataupun menunjang kelancaran aktivitas manusia. Sedangkan telekomunikasi secara besar dengan alat yang lebih canggih. Internet misalnya. yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengan siapapun.

bekerja.  Meningkatkan aliran komunikasi Dengan teknologi informaasi mengalirkan lebih cepat dari sumber yang lebih banyak. dan terbiasa bekerjasama. • Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. menarik. • Mengembangkan kompetensi dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar. untuk berinisiatif. inovatif. bekerja.• Menyadarkan masyarakat akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasidan komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat • Memotivasi kemampuan untuk bisa beradaptasi Informasi dan dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Komunikasi. dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari. dan bertanggungjawab dalam penggunaan Informasi Komunikasi pembelajaran. kreatif. terampil mengorganisasi informasi. dan mendorong masyarakat terampil dalam berkomunikasi. sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal. sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri. dan pemecahan masalah seharihari.  Mempermudah komunikasi . • Mengembangkan Teknologi kemampuan dan belajar mandiri.

.  Mengubah struktur komunikasi Struktur organisasi banyak mengalami perubahan akibat teknologi komunikasi. Komunikasi bisa terjadi antara orang yang sedang berada di kantor dengan orang lain yang sedang berada di lapangan. Teknologi mampu mempersempit bahkan menghilangkan perbedaan jarak dan waktu.  Menurunkan biaya komunikasi Teknologi Mudahnya mempermudah pembuatan pembuatan dan dan pendistribusian akan informasi. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak penyakit dalam tubuh pasien. pendistribusian mengakibatkan menurunnya biaya komunikasi.  Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Perbankan . di perjalanan atau di rumah. berkomunikasi dengan atasan dan rekan sekerja tidak perlu dilakukan di satu lokasi dalam suatu pertemuan formal.  Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Kesehatan Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.individu dan organisasi akan semakin mudah melakukan komunikasi akibat adanya teknologi.

Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). pengecekan saldo. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang. dan informasi rekening bisa dilakukan secara online dan mempercepat transaksi keuangan anda.  Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Perusahaan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. pemindahbukuan.Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. . ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan. pembayaran tagihan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful