P. 1
Sublingual

Sublingual

|Views: 33|Likes:
Published by Jeijen Purba

More info:

Published by: Jeijen Purba on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

pdf

text

original

CARA PEMBERIAN OBAT “SUBLINGUAL”

DISUSUN OLEH: ANIKA MUKTI SARI J E N N I F E R S E F T YA N I P U R B A ELIS AMALIA Y U LV I A N O U R R O H M A N

S T I K E S A L - I R S YA D A L - I S L A M I Y YA H CILACAP

PENDAHULUAN
 Obat dapat diberikan melalui sejumlah rute yang

berbeda. Faktor yang menentukan pemberian rute terbaik ditentukan oleh keadaan umum pasien, kecepatan respon yang diinginkan, sifat kimiawi dan fisik obat serta tempat kerja yang diinginkan.  Pemberian obat ikut juga dalam menentukan cepat lambatnya dan lengkap tidaknya resorpsi suatu obat. Tergantung dari efek yang diinginkan, yaitu efek sistemik (di seluruh tubuh) atau efek lokal (setempat).

 Pemberian obat secara

sublingual:  Adalah obat yang cara pemberiannya ditaruh di bawah lidah. Tujuannya adalah agar efek yang ditimbulkan bisa lebih cepat karena pembuluh darah di bawah lidah merupakan pusat dari sakit. Kelebihan dari cara pemberian obat dengan sublingual adalah efek obat akan terasa lebih cepat dan kerusakan obat pada saluran cerna dan metabolisme di dinding usus dan hati dapat dihindari.

Sublingual
 Obat sublingual dirancang

supaya setelah diletakkan di bawah lidah dan kemudian larut, mudah diabsorbsi, Tidak melalui hati sehingga tidak diinaktif, Dari selaput di bawah lidah langsung ke dalam aliran darah, sehingga efek yang dicapai lebih cepat. Hanya untuk obat yang bersifat lipofil. Obat yang diberikan dibawah lidah tidak boleh ditelan.

Kelebihan :
- obat cepat, tidak diperlukan kemampuan menelan, -kerusakan obat di saluran cerna dan metabolisme di dinding usus dan hati dapat dihindari (tidak lewat vena porta).

Kekurangan :
-absorbsi tidak adekuat, - kepatuhan pasien kurang (compliance), -mencegah pasien menelan.

PERSIAPAN PEMBERIAN OBAT SUBLINGUAL
 a. Persiapan Klien

-Cek perencanaan Keperawatan klien -Klien diberi penjelasan tentang prosedur yang akan dilakukan  b. Persiapan Alat - Obat yang sudah ditentukan - Tongspatel (bila perlu ) - Kasa untuk membungkus tongspatel

Pelaksanaan
 - Perawat cuci tangan

 - Memasang tongspatel ( jika klien tidak

sadar ) kalau sadar anjurkan klien untuk mengangkat lidahnya  - Meletakan obat dibawah lidah  - Memberitahu klien supaya tidak menelan obatt  - Perawat cuci tangan

Evaluasi

- Perhatikan dan catat reaksi klien setelah pemberian obat - Perhatikan respon klien dan hasil tindakan

Dokumentasi
 Mencatat tindakan yang telah

dilakukan (waktu pelaksanaan, respon klien, hasil tindakan,nama obat, dosis, dan perawat yang melakukan ) pada catatan keperawatan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->