BAB II PEMBAHASAN 2.1.

Pengertian Kanker Penyakit Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian selsel yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ yang ditempatinya. Kanker dapat terjadi diberbagai jaringan dalam berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh, akan mudah diketahui dan diobati. Namun bila terjadi didalam tubuh, kanker itu akan sulit diketahui dan kadang - kadang tidak memiliki gejala. Kalaupun timbul gejala, biasanya sudah stadium lanjut sehingga sulit diobati. Kanker memungkinkan untuk menyerang seluruh organ termasuk organ reproduksi, kanker organ reproduksi adalah munculnya sel yang berkembang secara abnormal pada salah satu organ reproduksi. 2.2. Sistem reproduksi 2.2.1. Organ Reproduksi Pria 1. Penis berfungsi sebagai alat sanggama dan sebagai saluran untuk pembuangan sperma dan air seni. Pada keadaan biasa, penis tergantung di muka scrotum, sedangkan pada waktu terangsang seksual banyak darah yang dipompakan ke dalam jaringan erektil tersebut sedangkan pengeluaran darahnya tertahan. Dengan demikian penis terpompa penuh dengan darah dan berubah menjadi tegang keras dan besar. Keadaan seperti ini disebut ereksi. Ereksi dapat terjadi karena rangsangan seksual dan pada dini hari karena meningkatnya hormon testosteron dan penuhnya kandung kencing. 2. Glans adalah bagian depan atau kepala penis. Glans banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf. Kulit yang menutupi bagian glans disebut

3

3. Scrotum mengandung otot polos yang mengatur jarak jauh testis ke dinding perut dengan maksud mengatur suhu testis agar relatif tetap. Vesika Seminalis. Kandung Kencing adalah tempat penampungan sementara air yang berasal dari ginjal ( air seni ) . berwarna gelap dan berlipat-lipat.4 Foreskin (Preputium). Uretra ( saluran kencing ) yaitu saluran untuk mengeluarkan air seni dan air mani. 7. 9. Sperma yang dihasilkan oleh testis kecil akan berkumpul di Epididymis. Testis berada di dalam scrotum. Mulut uretra adalah awal dari saluran kencing / uretra. di luar rongga panggul karena pertumbuhan sperma membutuhkan suhu yang lebih rendah dari pada suhu tubuh. 10. 6. 5. Sperma yaitu sel yang berbentuk seperti berudu berekor hasil dari testis yang dikeluarkan saat ejakulasi bersama cairan mani dan bila bertemu dengan sel telur yang matang akan terjadi pembuahan. Sunat dianjurkan karena memudahkan pembersihan penis sehingga mengurangi kemungkinan terkena infeksi.5 cm dengan diameter ± 2. Vas deferens (saluran sperma) yaitu saluran yang menyalurkan sperma dari testis menuju ke prostat. Scrotum adalah tempat bergantungnya testis. Kelenjar Prostat yaitu kelenjar yang menghasilkan cairan mani yang ikut mempengaruhi kesuburan sperma. 8.5 mm. Skrotum adalah kantung kulit yang melindungi testis. Epididimis yaitu saluran-saluran yang lebih besar dan berkelokkelok yang membentuk bangunan seperti topi. Di beberapa negara memiliki kebiasaan membersihkan daerah sekitar preputium ini atau yang dikenal dengan sunat. 4. radang dan beberapa macam kanker. Kelenjar prostat dan kelenjar seminalis ini termasuk alat reproduksi laki-laki bagian dalam. fungsinya hampir sama dengan kelenjar prostat. Vas deferens panjangnya ± 4. Testis (pelir) berjumlah dua buah untuk mereproduksi sperma setiap hari dengan bantuan testosteron.

Klitoris 4. Labium minora 3. Perinium Genitalia Interal 1. Genitalia Eksterna Terdiri dari bagian 1. Serviks 3.2. Labium mayora 2. Vestibulum 5. Vagina 2.2. Hymen 7. Organ Reproduksi Wanita . Tuba Falopii . Introitus 6.5 2. Uterus 4.

 Faktor Lingkungan .Radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom yang bisa menjangkau jarak yang sangat jauh. terutama kanker pada saluran pencernaan. Sebagai contoh. orang yang selamat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II. . kanker kulit dan kanker usus besar. kanker indung telur. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara.6 2. ikan.  Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia. . Faktor Penyebab Timbulnya Kanker Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor.paru. seperti Leukemia. Contoh. . sebagai berikut :  Faktor keturunan Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. berisiko tinggi menderita kanker sel darah.tepung) yang diproses secara berlebihan. laring (pita suara).5 s/d 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.Merokok sigaret meningkatkan resiko terjadinya kanker paru .Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.Zat pewarna makanan .3. dan kandung kemih. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker.Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung . risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah : . genetik dan lingkungan. dsb.Sinar Ultraviolet dari matahar . .Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang. Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker.Berbagai makanan (manis. mulut.

 Faktor kejiwaan. emosional Stres yang berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. . Keadaan tegang yang terus menerus dapat mempengaruhi sel.Perilaku yang dimaksud adalah merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan juga peminum minuman beralkohol.  Radikal bebas Radikal bebas adalah suatu atom.  Gangguan keseimbangan hormonal Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker. Namun penyebab iritasi menahun lainnya tidak menyebabkan kanker. kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria.Perilaku seksual yaitu melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti ganti pasangan.Infeksi oleh Clonorchis yang menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu. . Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara. atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber .Virus Papilloma menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) agaknya merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita.Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya. kanker leher rahim.sumber radikal bebas yaitu : .  Faktor perilaku . .Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih.  Infeksi . gugus atom. dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.7  Virus Virus yang dapat dan dicurigai menyebabkan kanker antara lain : .

4. udara yang terpolusi. ukuran penampungan pada buah zakar yang membesar dan menebal secara mendadak. dimana intensitas maksimum terjadi pada panjang . pengeluaran darah saat mens yang tidak seperti biasanya dan rasa sakit yang luar biasa. Kanker Testis Adanya benjolan pada buah zakar. Kanker Ovarium Pada fase lanjut barulah muncul gejala. kemerahan. minuman. Kanker Servik Pendarahan diperiode . perubahan bentuk.periode datang bulan.5.8 1. Deteksi Dini Kanker  Upaya pendeteksian kanker yang terkini adalah dengan Digital Infrared Imaging atau Pencitraan Inframerah Digital (PID). c. dan sinar ultraviolet dari matahari 3. d. Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme. sakit pada perut bagian bawah. psikologis. rasa sakit yang tidak berhubungan dengan menyusui atau menstruasi. b. Gejala Kanker Pada Sistem Reproduksi a. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan . 2.maupun biologis 2. penebalan kulit (tickening). Prinsip kerja PID adalah bahwa benda pada temperatur tertentu akan memancarkan radiasi gelombang electromagnet dari permukaan yang tidak kasat mata. penis dan paha atas e. Kanker Prostat Kencing tidak lancar. Teknik ini untuk memonitor kesehatan payudara dan leher rahim pada wanita terhadap adanya proses prakanker. rasa sakit yang terus menerus pada pinggang belakang. Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan. gatal gatal. dada membesar atau melembek. 2. Kanker Payudara Adanya benjolan. baik stress secara fisik.

anemia. Kemoterapi biasa dilakukan di rumah sakit. rasa panas saat kencing. bengkak. kadang-kadang sebagai pengobatan utama.  Papsmear 2. Efek samping kemoterapi adalah terjadi penurunan jumlah sel-sel darah (akan kembali normal sekitar seminggu kemudian). Pengobatan Kanker 1.6. pendarahan seperti mimisan. . sakit tenggorokan. Pengobatan Konvensional . tempat praktek dokter. rambut rontok. penderita sendiri.9 gelombang daerah sinar inframerah. dan rasa hangat). karenanya kemoterapi dapat menjangkau sel-sel kanker yang mungkin sudah menjalar dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.sel kanker. pada kasus lain dilakukan sebelum atau setelah operasi dan radiasi. menggigil dan luka yang memerah.Pengobatan dengan Kemoterapi Prinsip kerja pengobatan ini adalah dengan meracuni atau membunuh sel .  Beberapa tes penyaringan yang dapat dilakukan dirumah.  Memeriksa buah zakar dapat membantu pria mendeteksi kanker secara dini sehingga dapat disembuhkan bila ditemukan pada stadium dini. klinik swasta. dan menghentikan pertumbuhannya agar tidak menyebar atau untuk mengurangi gejala-gejala yang disebabkan oleh kanker. mengontrol pertumbuhan sel kanker. Tingkat keberhasilan kemoterapi juga berbeda-beda tergantung jenis kankernya. ruang operasi (walaupun jarang dilakukan) dan juga di rumah (oleh perawat. misalnya melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan sangat dapat membantu wanita mendeteksi kaknker payudara. berbeda dengan radiasi atau pembedahan yang bersifat setempat. infeksi (ditandai dengan panas . Kemoterapi terkadang merupakan pilihan pertama untuk menangani kanker. Aktivitas kimia dan aktivitas pembuluh darah didalam jaringan sekitar prakanker yang sedang tumbuh selalu lebih tinggi daripada jaringan normal. atau anggota keluarga lainnya). Kemoterapi bersifat sistematik. Penggunaan kemoterapi berbeda-beda pada setiap pasien.

Beberapa kanker sering dapat disembuhkan hanya dengan pembedahan jika dilakukan pada stadium dini. Radiasi dilakukan dalam usaha menghancurkan jaringan-jaringan yang sudah terkena kanker. infeksi/peradangan. pengobatan terbaik merupakan kombinasi dari pembedahan.Pengobatan dengan Terapi Penyinaran (Radiasi) Terapi radiasi biasanya dilakukan sebelum atau sesudah operasi untuk mengecilkan tumor.Pengobatan dengan pembedahan Pembedahan merupakan bentuk pengobatan kanker yang paling tua. rasa lelah. Efek samping penyinaran adalah mual dan muntah. diare dan dapat menyebabkan kebotakan. Pengobatan herbal adalah salah satu alternatif pengobatan yang telah banyak terbukti keampuhannya selain pengobatan yang dilakukan secara modern/konvensional. sakit pada mulut dan tenggorokan. Pengobatan Herbal Pengobatan herbal adalah suatu pengobatan menggunakan berbagai macam ekstrak dari tumbuh-tumbuhan (tanaman obat). ekstrak dari keladi tikus (Extract Typhonium Flagelliforme) yang dikombinasikan dengan bahan alami lainnya yang diolah secara modern. dan kemoterapi. . . yang dapat membantu detoxifikasi jaringan darah dan menstimulasi system kekebalan tubuh untuk bersama-sama memberantas sel kanker. . . dehidrasi dan tekanan darah rendah. contohnya.10 kadang ada keluhan seperti kulit yang gatal dan kering. Terkadang penyinaran atau kemoterapi dilakukan sebelum pembedahan untuk memperkecil ukuran tumor atau setelah pembedahan untuk menghancurkan sisa-sisa sel kanker yang mungkin tersisa. sembelit/konstipasi. 2.Pengobatan dengan terapi kombinasi Untuk beberapa kanker. sedangkan kemoterapi bertujuan membunuh sel-sel kanker yang berada diluar jangkauan pembedahan maupun penyinaran. gangguan sistem syaraf. reaksi pada kulit seperti terbakar sinar matahari. penurunan jumlah sel darah putih. diare. mual dan muntah. Pembedahan atau penyinaran mengobati kanker yang daerahnya terbatas. penyinaran.

Iritasi berlebihan dan terlalu sering akan merangsang terjadinya perubahan sel. mengupayakan berat badan yang ideal. beta karoten dan asal folat dapat memperbaiki atau memperkuat mukosa serviks. paru-paru. menghindari rokok Selain mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan jantung. Tes penapisan kanker ini dimaksudkan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kanker sehingga dapat menurunkan jumlah kematian akibat kanker karena jika kanker ditemukan pada stadium sangat dini. baik pada mukosa tenggorokan. Hindari kebiasaan terlalu sering mencuci organ kewanitaan Kebiasaan mencuci organ kewanitaan dapat menimbulkan kanker serviks. dimana kanker belum menyebar lebih jauh. baik berupa obat cuci organ kewanitaan antiseptik maupun deodoran. Konsumsi vitamin C Konsumsi vitamin C. beta karoten dan asam folat. vitamin C terdapat dalam buah-buahan berwarna oranye. sedangkan asam folat terdapat dalam makanan hasil laut. beta karoten dan asal folat bisa menyebabkan timbulnya kanker serviks. Beta karoten banyak terdapat dalam wortel. Pencegahan Cara pencegahan umum kanker adalah mengurangi paparan terhadap bahan karsinogen. Vitamin C. hidup akif fisik.ternyata kandungan nikotin dalam rokok juga bisa mengakibatkan kanker serviks atau lebih dikenal kanker leher rahim. biasanya kanker tersebut dapat diobati dan memberikan hasil yang optimal. Kekurangan vitamin C. misalnya tidak merokok. Douching atau cuci organ kewanitaan menyebabkan iritasi di serviks. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan penapisan atau screening terhadap kemungkinan terkena kanker. menambah makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah. menghindari makanan tinggi lemak.7. dan hidup dengan pola sehat. Nikotin mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau menjadi terangsang. yang akhirnya berubah menjadi kanker c. juga serviks b.11 2. . Cara pencegahan kanker reproduksi lainya : a.

12 d. Seorang wanita yang menjalin hubungan badan pada usia remaja paling rawan bila dilakukan di bawah usia 16 tahun akan beresiko menderita kanker leher rahim karena sel-sel mukosa pada serviks belum matang . Hubungan badan terlalu dini Hubungan badan idealnya dilakukan setelah seorang wanita benar-benar matang. Ukuran kematangan bukan hanya dilihat dari ia sudah menstruasi atau belum akan tetapi juga bergantung pada kematangan selsel mukosa yang terdapat diselaput kulit bagian dalam rongga tubuh.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful