DAFTAR TILIK TIGA KEWAJIBAN MINIMUM NEGARA I. MELINDUNGI NO. KRITERIA 1.

Memastikan pengawasan dan pengaturan terhadap perusahaan farmasi, penyedia layanan asuransi kesehatan, penyedia pelayanan kesehatan, institusi penelitian kesehatan, dll. 2. Memperkenalkan undang – undang, standar, regulasi, dam guidelines untuk melindungi tenaga kerja, konsumen, dan lingkungan. 3. Kontrol dan regulasi pemasaran dan distribusi bahan berbahaya tembakau, alkohol dan kelompok makanan tertentu. 4. Kontrol dan regulasi praktik – praktik dan pengobatan tradisional yang diketahui berbahaya bagi kesehatan. 5. Memastikan perempuan dan anak terlindungi dari kekerasan ADA TIDAK

II.

MENGHORMATI NO. KRITERIA 1. Refrain fro introducing policies or practices that might impede the poor from seeking medical attention such as user fees. 2. Sikap tanpa diskriminasi terhadap kelompok minoritas atau kelompok rentan. 3. Tidak menahan atau mispresent informasi mengenai kesehatan yang penting. 4. Tidak mengikuti komitmen internasional tanpa mengukur kemampuan masyarakatnya dalam menyadari hak untuk sehatnya. 5. Memastikan pembuangan limbah industri dan rumah tangga ditangani dan dilakukan dengan cara yang tidak membahayakan kesehatan pekerja ataupun masyarakat lokal. 6. Tidak melarang penggunaan pengobatan dan perawatan internasional yang aman. 7. Tidak memasarkan atau mendistribusikan obat-obatan yang tidak aman. 8. Do not impose coersive medical treatment. 9. Mengadopsi hukum dan kebijakan yang tidak menghalangi hak bereproduksi. 10. Melarang distribusi dan pemasaran bahan berbahaya (misalnya tembakau). 11. Mengalokasikan dana kesehatan secara proposional. ADA TIDAK

Penyediaan makanan bergizi dalam jumlah yang cukup dan peringatan awal atas keamanan bahan makanan. exploitasi dan kekerasan. MEMENUHI NO. termasuk perdagangan tenaga kerja dan lingkungan domestik. 17. ADA TIDAK . anak. bagi masyarakat yang membutuhkan. Menyediakan informasi mengenai pilihan pelayanan yang tersedia dan kemungkinan mendapatkan pengurangan biaya. 3. pelayanan darurat untuk luka – luka. Penyediaan perumahan aman yang adekuat. 9. 4. 8. barang dan pelayanan terhadap kecelakaan. 19. Menyediakan fasilitas. perawatan pre dan post natal serta pelayanan obstetri darurat.III. 16. 13. Penyediaan obat-obatan dasar yang cukup dengan fasilitas penyimpanan yang sesuai. Menyediakan rumah sakit dan klinik – klinik dengan staf dan peralatan yang lengkap. Menyediakan air bersih yang aman untuk rumah tangga dan sanitasi dasar yang baik. 5. Menyediakan tenaga kesehatan tertatih serta petugas yang siap dipanggil untuk mencapai daerah terpencil. Bebas dari penelantaran. 2. Menyediakan program vaksinasi dan imunisasi. memberikan informasi secara profesional dan meningkatkan kesadaran terhadap HAM seperti melarang diskriminasi terhadap petugas kesehatan. bagi anak dan wanita. barang dan pelayanan kesehatan untuk ibu. Penyediaan jaminan sosial atau asuransi kesehatan. peralatan dan obat-obatan untuk penanganan penyakit dan luka – luka pada tingkat lokal. Menyediakan informasi dan pendidikan mengenai kesehatan reproduksi dan seks. Menyediakan fasilitas. Menyediakan pelayanan dan informasi mengenai perencanaan keluarga. 11. Memenuhi hak setiap anak terhadap identitas (registrasi kelahiran) 18. epidemi dan bencana alam. Menyediakan sistem survailans dan skrining untuk mendeteksi dan merespon kejadian luar biasa dan epidemi. Menyediakan informasi dan pendidikan that address the social determinants of health and promote safety. 6. resiko yang berhubungan dengan cara penularan penyakit menular seksual. KRITERIA 1. Melakukan pelatihan. 15. 10. Menyediakan fasilitas. 14. 12. 7. dan kesehatan reproduksi.

Pelayanan kesehatan dapat dimanfaatkan oleh kelompok dengan kondisi ekonomi terendah di daerah tersebut. 9. Masyarakat relatif mudah mendapatkan informasi mengenai kesehatan dan pelayanan kesehatan. Tersedia obat-obatan pokok (essential drugs). ADA TIDAK II.DAFTAR TILIK EMPAT ELEMEN HAK ATAS KESEHATAN I. dan setelah melahirkan. 2. 8. 10. 7. Letak pelayanan kesehatan relatif dekat dengan masyarakat. Tersedia pendidikan untuk menangani masalah kesehatan. 11. 9. 4. KRITERIA 1. Tersedia fasilitas air bersih dan sanitasi dasar. KRITERIA Tersedia pelayanan antenatal care. 6. 7. Pelayanan kesehatan dapat dimanfaatkan oleh setiap lapisan masyarakat. 2. Masyarakat kelompok ekonomi terendah memperoleh pengetahuan mengenai makanan dan nutrisi tepat. 6. 3. Masyarakat kelompok ekonomi terendah dapat memperoleh fasilitas air bersih dan sanitasi dasar. 5. KETERSEDIAAN NO. pada saat. Masyarakat kelompok ekonomi terendah memperoleh pengetahuan mengenai masalah kesehatan. Setiap anak bisa mendapatkan pelayanan imunisasi pokok. KETERJANGKAUAN NO. 5. 8. 1. 4. Masyarakat bisa mendapatkan obat-obatan untuk sepuluh penyakit terbanyak di daerah tersebut dengan mudah. Tersedia pelayanan imunisasi. Setiap ibu hamil bisa mendapatkan perawatan kesehatan sebelum. Masyarakat kelompok ekonomi terendah bisa memperoleh obatobatan pokok (essential drugs). 3. Tersedia fasilitas pertolongan pertama pada kegawatan dan kedaruratan. Tersedia promosi penyediaan makanan dan nutrisi yang seimbang. Tersedia pelayanan dokter umum. Tersedia pelayanan Keluarga Berencana. ADA TIDAK .

. Menghormati kaum minoritas. 4. 10. Sanitasi memadai. Petugas kesehatan teruji kompetensinya. Peralatan dalam fasilitas pelayanan kesehatan berfungsi dengan baik. 8. IV. 3. 5. KUALITAS ADA TIDAK NO. 9. 3. KRITERIA 1. Fasilitas pelayanan kesehatan mampu menangani wanita yang sedang dalam keadaan hamil. 2.III. Fasilitas pelayanan kesehatan mampu menangani kondisi kegawatan dan kedaruratan yang mengancam jiwa. PENERIMAAN KRITERIA Menghormati nilai-nilai sosial budaya masyarakat. 4. Fasilitas pelayanan kesehatan mampu menangani sepuluh penyakit terbanyak di daerah tersebut. Pelayanan kesehatan sesuai dengan standar minimal. Fasilitas kesehatan mampu memberikan pelayanan imunisasi. 2. Air minum aman dan bersih. Obat-obatan pokok (essential drugs) tidak kadaluarsa. Pelayanan kesehatan tidak bertentangan dengan etika medis. Menghormati nilai – nilai individu. 1. 6. melahirkan. ADA TIDAK NO. 7. dan menyusul.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful