Mata Kuliah : Pengembangan Sumber Daya Air Modul No.

2 : Dasar - Dasar Perencanaan PSDA Tujuan Instruksional Umum (TIU) : Mahasiswa mengetahui dan memahami ketersediaan air yang dapat dimafaatkan untuk perencanaan pengembangan sumber daya air mulai dari tahapan penyelidikan, perhitungan kelayakan, serta parameter parameter yang diperlukan dalam dalam perencanaan pengoperasian dan pemeliharaan pemanfaatan sumber daya air. Tujuan Instruksional khusus (TIK) : Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan tujuan dari setiap tahapan perencanaan pemanfaatan pengembangan sumber daya air mulai dari menentukan kebutuhan akan sumber daya air, dasar dan peraturan yang harus diikuti, tahapan penyelidikan, pengembangan, perencanaan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan hingga akhir usia layannya.

.

pertanian. dan sumber air permukaan lainnya dilaksanakan dengan memperhatikan karakteristik dan fungsi sumber air yang bersangkutan. Pengertian Umum Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Air diawali dengan merangkum kebutuhan masyarakat untuk dirumuskan menjadi tujuan dari kebutuhan masyarakat pengguna Sumber Daya Air.2. pariwisata. dan sumber air permukaan lainnya diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah. Pengembangan Sumber Daya Air pada wilayah sungai ditujukan untuk peningkatan kemanfaatan fungsi sumber daya air guna memenuhi kebutuhan air baku untuk rumah tangga. dan sumber air permukaan lainnya. Perencanaan adalah suatu proses kegiatan untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan secara koordinasi dan terarah dalam rangka mencapai tujuan pengelolaan Sumber Daya Air. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . rawa. b) air tanah pada cekungan air tanah. Pengembangan fungsi dan manfaat air mengembangkan teknologi modifikasi cuaca. ketenagaan. Pengembangan air tanah pada cekungan air tanah dilakukan secara terpadu dalam pengembangan sumber daya air pada wilayah sungai dengan upaya pencegahan terhadap kerusakan air tanah. Pengembangan air permukaan pada sungai. rawa. dan untuk berbagai keperluan lainnya. dan d) air laut yang berada di darat. Ketentuan mengenai pengembangan sungai. Air tanah merupakan salah satu sumber daya air yang keberadaannya terbatas dan kerusakannya dapat mengakibatkan dampak yang luas serta pemulihannya sulit dilakukan. pertanahan. danau. Ketentuan mengenai pemanfaatan awan untuk teknologi modifikasi cuaca diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah. hujan dilaksanakan dengan Badan usaha dan perseorangan dapat melaksanakan pemanfaatan awan dengan teknologi modifikasi cuaca setelah memperoleh izin dari Pemerintah. DASAR . Ketentuan mengenai pengembangan air tanah diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . industri.DASAR PERENCANAAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR Pengertian Umum Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Air a. pertambangan.UMB Ir. danau. perhubungan. c) air hujan. Pengembangan sumber daya air meliputi : a) air permukaan pada sungai. rawa. danau.

Proyek Pengembangan Sumber Daya Air harus diselesaikan secara khusus dan unik. diperlukan mutu air sesuai dengan standard dan kegunaannya. tumbuhan. pengelolaan air limbah dan sebagainya). Bendung. Badan usaha dan perseorangan dapat menggunakan air laut yang berada di darat untuk kegiatan usaha setelah memperoleh izin pengusahaan sumber daya air dari Pemerintah dan/atau pemerintah daerah. lalulintas dan sebagainya).kejadian serta distribusi air alamiah dibumi. untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut harus melalui penerapan Hidrologi. diantaranya adalah : Berapa banyak jumlah air yang dapat diharapkan? (dari aliran air minimum. tahunan. volume banjir. karena sangat tergantung dari kondisi topografi setempat. Dengan mempelajari Hidrologi. Apakah Pengembangan Sumber Daya Air mempunyai nilai ekonomis dan finansial? - Dengan demikian dalam mempelajari Pengembangan Sumber Daya Air diperlukan pengetahuan dan wawasan yang luas bagi perencana agar dapat diperoleh hasil harga yang optimal. Bendungan. Bagaimana pengendalian terhadap kelebihan air? (dengan pengaturan banjir.UMB Ir. yaitu Ilmu yang mempelajari kejadian . air tanah dan sebagainya. irigasi. 2) Kwalitas Air Selain jumlah air yang cukup. politik dan budaya setempat dan harus melibatkan berbagai bidang keahlian secara terpadu. b. Dalam mempelajari pengendalian dan pengaturan pemanfaatan air maka akan timbul berbagai pertanyaan. air industri dan pambuangan Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . maksimum. Bagaimana pengaruh Pengembangan Sumber Daya Air terhadap pelestarian lingkungan? (margasatwa. industri. Tanggul dan sebagainya). Bangunan apa saja yang diperlukan dalam Pengembangan Sumber Daya Air? (Waduk. misal air minum. Jenis dan Unsur Pengembangan Sumber Daya Air Jenis dan unsur yang perlu diketahui dalam Pengembangan Sumber Daya Air (PSDA) diantaranya adalah : 1) Kwantitas Air Seberapa banyak air yang dapat diharpkan dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi tujuan kegunaannya. dapat diketahui : daur hidrologi (Cyclus Hidrologi) prakiraan aliran air sungai dimasa datang. air tanah). Saluran. kondisi sosial. air tanah. budaya dan politik). Ketentuan mengenai pemanfaatan air laut yang berada di darat diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah. Berapa banyak jumlah air yang dapat dimanfaatkan? (untuk air minum.Pengembangan fungsi dan manfaat air laut yang berada di darat dilakukan dengan memperhatikan fungsi lingkungan hidup. Pembangkit Listrik Tenaga Air. Pelimpah. sistem drainase. air irigasi.

undang yang ada. merusak situs peninggalan nenek moyang.UMB Ir. 6) Unsur Sosial. pengaruh lingkungan selama pembangunan. air limbah dan pembangkit listrik. Problema yang ditimbulkan oleh PSDA Mengingat air adalah merupakan bahan baku utama untuk memenuhi suatu kehidupan. bila dibandingkan dengan pembangunan lain yang mempunyai tujuan yang sama. proyek irigasi. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . politik dan budaya dilingkungan bangunan pengembangan sumber daya air. pengelola air bersih. peraturan dan undang . 4) Lingkungan Dalam Pengembangan Sumber Daya Air (PSDA) tidak dapat terlepas dari pengaruh lingkungan disekitarnya. masyarakat tidak mengijinkan daerahnya digunakan untuk PSDA dan sebagainya. Pembangunan PSDA tergantung dari kebijakan / batasan perencana suatu daerah. Politik dan Budaya Hampir semua pembangunan PSDA dibiayai oleh badan pemerintah tertentu. bahwa kadang kala diperlukan uji model didalam laboratorium sebelum dilaksanakan pembangunannya dilapangan. 5) Unsur Ekonomis dan Finansial Setiap pengembangan sumber daya air harus dilakukan studi kelayakan untuk mengevaluasi dari berbagai segi terhadap keuntungan yang diperoleh.air limbah. 3) Bangunan Air Bentuk dan ukuran bangunan air seringkali tergantung pada sifat hidrolik dan harus mengikuti azas mekanika fluida. Beberapa permasalahan yang mungkin timbul oleh PSDA : Perubahan pola pemanfaatan aliran air Perubahan pola hidup binatang pada aliran air (sungai) Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Disamping itu pengaruh terhadap perubahan kondisi sosial. Tinjauan ekonomis adalah tinjauan terhadap nilai keekonomian suatu pengembangan sumber daya air. pengendali banjir. sedangkan tinjauan financial adalah suatu studi / tinjauan nilai ekonomian pengembangan sumber daya air dengan membandingkan besaran investasi yang diperlukan terhadap keuntungan yang diperoleh selama usia layan bangunan pengembangan sumber daya air. Pengaruh bangunan air terhadap perkembangan morfologi sungai. Pengujian kimiawi serta bakteriologis biasa dilaksanakan untuk menetapkan jumlah serta sifat . pengelolaan dan setelah masa usia layannya selesai. Pembangunan PSDA dapat tertunda karena masyarakat dan adapt budaya setempat tidak menyetujuinya misal. maka pemanfaatan sumber daya air berarti akan mempengaruhi seluruh tatanan pola aliran air yang telah berlangsung lama.sifat kotoran didalam air. Bangunan air sering kali mempunyai bentuk lengkap untuk disesuaikan dengan tuntutan azas mekanika fluida sehingga memerlukan perhitungan detail yang rumit. Kondisi daerah aliran sungai (DAS) sangat menentukan kelestarian sumber daya air. c.

kolom (pier) dan abutment jembatan dan lain-lain. 3) Perubahan pola distribusi sediment transport Sedimen transport secara alamiah dari hulu ke hilir akan menyebar sesuai kecepatan aliran air sungai. binatang air pada aliran deras harus berubah hidup pada air kolam / waduk dan sebagainya. misal ikan / binatang air pada saat reproduksi harus dibagian hulu sungai dan setelahnya hidup dibagian hilir sungai akan terputus. mungkin malah antar Negara. Jatiluhur. seperti bengunan perkuatan tanggul. Untuk itu perlu dibuat pengaturan pola pemakaian pemanfaatan aliran air (sungai). waduk dan bendungan) melintang / memotong sungai sehingga memutuskan migrasi suatu binatang air. Apabila dibangun PSDA (Bendung atau Bendungan) maka dibagian hulu akan timbul agradasi. Dibagian hulu dari bendung / bendungan akan mengalami penurunan elevasi tinggi muka air tanah dan hal ini juga akan mempengaruhi terhadap besaran tekanan air tanah pada suatu bangunan air. yaitu penumpukan material sediment transport dibagian hulu bendung / bendungan. missal timbulnya agradasi dan degradasi pada bagian hulu dan hilir bangunan PSDA Perubahan pada aliran air tanah Perubahan pola hidup sosial budaya masyarakat. 1) Perubahan pola pemanfaatan aliran air Perubahan pola pemanfaatan aliran air ini dapat mempengaruhi tatanan kehidupan pada suatu daerah. bahkan dapat mempengaruhi hubungan antar wilayah kabupaten / propinsi. Hal ini sangat membahayakan pondasi bangunan air disepanjang daerah aliran sungai tersebut. seperti pembangunan bendungan dengan luas genangan / waduk yang cukup luas. Dengan mulai berjalannya peraturan pemerintah tentang otonomi daerah. lebih lagi apabila terjadi pengmbilan material sediment (pasir) pada sungai. maka diperlukan Pusat Pengembangan Bahan Ajar . misal Saguling. 2) Perubahan pola hidup binatang pada aliran air (sungai) Pembangunan PSDA yang memerlukan bangunan air (bendung. 4) Perubahan pada aliran air tanah Dengan dibangunnya PSDA maka merubah pola aliran sungai. sedangkan dibagian hilir mengalami degradasi yaitu penurunan permukaan dasar sungai dibagian hilir bangunan PSDA. Karangkates. maka peraturan/perundangan yang mengatur pemakaian / pemanfaatan aliran air sungai yang melibatkan lebih dari 1 (satu) wilayah kabupaten / propinsi dirasa sangat mendesak. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . Kedung Ombo dan sebagainya.- Perubahan pola distribusi sediment transport. Cirata. maka dengan sendirinya akan mempengaruhi pola rembesan / infiltrasi pada daerah aliran sungai sehingga mempengaruhi elevasi tinggi muka air tanah. akan terisi ulang secara alami pada saat air besar (banjir) datang. 5) Perubahan pola hidup sosial budaya masyarakat Perubahan pola ini akan terjadi apabila pembangunan PSDA yang besar. Akibat dari genangan yang luas.UMB Ir. misal sediment pasir dibagian hulu sungai yang diambil penduduk untuk keperluan pembangunan.

terpisahnya hubungan antar desa. Proses Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Air a.pemindahan penduduk. Tahapan Pengembangan Sumber Daya Air Kebutuhan Masyarakat Tujuan Kebutuhan Masyarakat Tahap Kebijakan / Politik (GBHN) Studi Peninjauan Awal (Reconnaisance Study) tidak Seleksi Awal (Quantitative Study) Teknis Tahap Studi Kelayakan ya Study Kelayakan (Feasibility Study) tidak Seleksi Teliti Kelayakan teknis Kelayakan ekonomis Kelayakan lingkungan ya Pusat Pengembangan Bahan Ajar .UMB Ir. Kesemua contoh tersebut dapat menimbulkan perubahan sosial dan budaya penduduk disekitar waduk. perubahan pola mata pencaharian dari pertanian menjadi usaha perikanan. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR .

Perencanaan Detail Perhitungan Gambar Spesifikasi Teknik Model Test Tahap Desain Penyusunan Dokumen Lelang Syarat Umum Syarat Teknik Syarat Khusus Syarat Administrasi Tahap Pengadaan (Procurements) Proses Pelelangan Pengumuman Kwalifikasi Pengikut Lelang Proposal Penawaran tidak Evaluasi Pelelangan Teknis Biaya Keputusan Pemenang Lelang Pelaksanaan Konstruksi Tahap Konstruksi Pengoperasian Pemeliharaan Tahap Operasi Implementasi PSDA Ir. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR Pusat Pengembangan Bahan Ajar .UMB .

Dari hasil studi kelayakan yang paling baik dilanjutkan dengan Perencanaan Detail. maka dalam tahapan selanjutnya diperlukan perencanaan lebih detail tentang studi ketersediaan air. dan seterusnya. c.masing daerah atau wilayah sungai.Negara) yang ditetapkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR .Pusat) atau DPRD tingkat I atau DPRD tingkat II. jangka menengah (5 tahunan) dan jangka panjang (25 tahunan) disusun didalam suatu perencanaan Daerah (tingkat II. survey hidrologi dan meteorology. diperoleh alternatif PSDA yang masih kasar (belum teliti). dan studi kelayakan lingkungan (Studi AMDAL atau UKL / UPL). Studi Reconnaisance dilanjutkan studi kelayakan lebih teliti lagi dengan pengumpulan data lapangan untuk mendukung perencanaan dasar dari alternatif . RAPBN atau RAPBD yang telah diputuskan bersama antara wakil . d.UMB Ir. tingkat I) dan perencanaan Pusat. investigasi geologi dan tes laboratorium mekanika tanah. Studi Kelayakan untuk PSDA diperlukan tahapan Studi Reconnaisance (Studi Peminjaman Awal) yaitu studi alternatif didasarkan dengan tinjauan lapangan sesaat dengan menggunakan data sekundair (Desk Study). Provinsi. bangunan air yang diperlukan dan jaringan irigasi yang harus dibangun.alternatif prioritas. Untuk perencanaan tahunan atau sering disebut sebagai Rencana Anggaran Pendapatan Belanja (RAPB . Penyelidikan lapangan dimaksud diantaranya adalah survey topography. dilakukan studi kelayakan teliti untuk memperoleh hasil alternatif yang paling baik atau mempunyai bobot kelayakan teknis. ekonomis / finansial dan lingkungan. Untuk memperoleh hasil produk yang paling layak maka diperlukan pemilihan alternatif .alternatif usulan sehingga mendapatkan hasil produk terpilih yang terbaik.Daerah atau RAPB . Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . Tahap Desain Pusat Pengembangan Bahan Ajar .wakil rakyat (DPR. atau Daerah tingkat II / kota) menjadi dasar tahapan perencana selanjutnya. Tahap Kebijakan Perencanaan PSDA diawali dari masukan masyarakat tentang prioritas kebutuhan dari masing . Dari hasil rangking / Prioritas. Semua usulan kebutuhan jangka pendek (tahunan). finansial dan lingkungan yang paling baik. Misal : ditetapkan menaikkan produksi pangan dengan memperluas jaringan irigasi sebanyak 10. model tes hidrolik. Tahap Studi Kelayakan Tujuan dari studi kelayakan ini adalah untuk memperoleh hasil produksi yang layak terhadap nilai teknis.b. DPRD) dengan Pemerintah (Pusat.000 Ha. Dengan menggunakan data primer (dan data sekunder).

Didalam tata cara Pengadaan harus disiapkan data atau dokumen lelang yang diantaranya terdiri dari : Syarat Umum Syarat Administrasi Syarat Teknis Syarat Khusus Gambar Informasi untuk Peserta lelang Dari hasil evaluasi penawaran akan diperoleh Pemenang Lelang sebagai pelaksana Pembangunan / Konstruksi. uji masa pemeliharaan hingga serah terima hasil konstruksi. namun didalam kenyataan dilapangan diperlukan sedikit modifikasi untuk disesuaikan dengan tingkat keruwetan (komplexitas) dari suatu perencanaan PSDA. uji pengoperasian. f. Tahap Operasi Buku Petunjuk Hasil Pembangunan PSDA dioperasikan berdasarkan Pengoperasian / Pemeliharaan.Detail desain bangunan PSDA dilaksanakan untuk bangunan PSDA yang terpilih dari hasil studi kelayakan. Tahap Konstruksi Pelaksana konstruksi harus membuat gambar konstruksi lebih detail dan metode pelaksanaan secara rinci sehingga dapat menyiapkan semua kebutuhan tenaga kerja. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . uji kwalitas produk konstruksi. uji keandalan mesin. pelaksanaan konstruksi. agar menghasilkan optimum.UMB Ir. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Semua hasil perhitungan disajikan kedalam gambar desain dan spesifikasi teknis sebagai acuan utama dalam pelaksanaan pembangunan. Didalam pengoperasiannya harus tetap memperhatikan kaidah yang telah ditetapkan didalam Studi Amdal atau Upaya Pemantauan dan Pengelolaan Lingkungan (UKL / UPL). g. Pekerjaan detail desain dilaksanakan berdasarkan parameter . Tata cara pelaksanaan pengadaan (Pelelangan) diatur didalam peraturan Presiden atau peraturan lain yang berlaku didalam suatu Perusahaan (Misal : Peraturan Pelelangan yang ditetapkan oleh Direksi PT PLN (Persero). material dan peralatan yang diperlukan serta jadwal penyediaan biaya pelaksanaan. e. Pelaksanaan konstruksi harus dimulai dari pekerjaan persiapan.parameter desain sesuai dari hasil survey investigasi dilapangan dan laboratorium tes serta model tes. Tahap pengadaan (Procurements) Tahapan ini merupakan jembatan dari hasil tahapan detail desain untuk dapat di implementasikan kedalam tahap pelaksanaan konstruksi. uji kelaikan material dan alat. Proses PSDA diatas sebagai acuan dasar didalam perencanaan PSDA.

maka penentuan nilai NPV dapat diambil sebagai berikut : NPV NPV > < 0.tahun depan. Konsep nilai waktu uang ini sangat penting. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Contoh : Jika seseorang menerima 2 (dua) jenis pembayaran. Rumus Umum Net Present Value (NPV) adalah : (Aswalth Damodaran 1997 : 41) t =n NPV = Dimana : NPV = CFt = r = t = CFt − inisial investasi t t =1 (1 + r ) ∑ Net Present Value = Nilai bersih pada saat ini antara total biaya pemasukan dengan biaya investasi. Internal Rate of Return (IRR) Metode IRR adalah suatu cara penilaian investasi dengan menghitung tingkat bunga yang menyamakan nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan . maka setiap Rp. Konsep ini disebut dengan Present Value. maka nilai uang akan menjadi Rp. pembayaran pertama saat ini dan pembayaran kedua tahun depan. Cash Flow in periode t = aliran pemasukan Discount Rate = suku bunga Bank Pemerintah Life of the Project = Masa Layan PSDA Apabila dalam perhitungan NPV digunakan Hurdle Rate. karena jika uang tersebut disimpan di Bank akan bertambah sebesar bunga Bank dalam 1 (satu) tahun.penerimaan kas bersih di masa . maka PSDA layak untuk ditindaklanjuti maka PSDA tidak layak ditindak lanjuti b.Analisa Kelayakan Finansial PSDA Dalam mengevaluasi kelayakan pembangunan PSDA ditinjau secara finansial harus mempertimbangkan nilai waktu uang (time value of money). 100. yaitu nilai discount minimum yang diisyaratkan untuk pengembalian suatu investasi. 110.yang diterima hari ini akan mempunyai nilai lebih besar jika dibandingkan dengan Rp. Metode Net Present Value (NPV) Metode penilaian investasi Net Present Value adalah menghitung selisih antara nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan .masa mendatang.penerimaan dimasa yang akan datang.. 100.-. karena uang yang diperoleh saat ini nilainya lebih besar dibandingkan nilai uang yang akan diterima tahun depan. Beberapa cara untuk menentukan kelayakan suatu PSDA : a. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . Bila bunga Bank 10% pertahun.. 0.UMB Ir.

Average Rate of Return Yaitu mengukur tingkat keuntungan rata . Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . dinyatakan dalam presentase (%) Laba setelah pajak Total Investasi Laba setelah pajak Rata . 1997 : 41) t =n 0= CFt − inisial investasi t t =1 (1 + r ) ∑ Dari persamaan tersebut dapat dihitung besarnya t atau nilai presentasi dari suku bunga dan nilai ini disebut sebagai Internal Rate of Return. PI = PV Pendapatan PU investasi Present Value > 1 PV = Contoh dan Istilah Pusat Pengembangan Bahan Ajar .rata investasi Keuntungan rata-rata = > yang diisyaratkan Atau = > yang diisyaratkan d. dinyatakan dalam waktu (tahun. Untuk memperoleh nilai r dapat dilakukan dengan trial and error atau menggunakan alat hitung elektronis yang sophisticated.Hasil perhitungan IRR adalah suatu nilai suku bunga (discount rate) berbeda dengan NPV yang diperoleh adalah suatu nilai Rupiah atau Dollar atau mata uang lain dan tidak menunjukkan skala dari suatu proyek / investasi.rata yang diperoleh dari suatu investasi. Biaya pengeluaran Pendapatan Waktu pengembalian investasi = < yang diisyaratkan e. bulan). Perhitungan nilai IRR diperoleh dengan memberikan nilai 0 (nol) pada NPV (Aswalth Damodaran. Profitability Index (PI) Menghitung perbandingan antara nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa datang dengan nilai sekarang investasi. Pay Back Periode Mengukur seberapa cepat suatu investasi dapat dikembalikan. IRR dapat digunakan untuk menghitung penilaian investasi suatu kasus atau penilaian terhadap investasi perusahaan.UMB Ir. c.

200 juta 8 tahun Metode garis lurus Rp. Proyek menguntungkan bila lebih besar dari keuntungan yang diisyaratkan : Misal : Investasi aktiva tetap Modal Kerja Usia layan ekonomis Nilai susut investasi Penghasilan Biaya operasional Penyusutan Rp. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR . dinyatakan dengan presentase (%).rata = Laba setelah pajak Total investasi 260 1000 X 100% = 26% Rp.UMB Ir. 360 jt/th Pusat Pengembangan Bahan Ajar . 1. 1500 juta/tahun Rp. bulan). 1100 juta/tahun Keuntungan sebelum pajak Pajak (35%) Laba setelah pajak Keuntungan rata . Menguntungkan bila pengembalian investasi lebih cepat dari yang diisyaratkan. 140 juta Rp. Misal : Biaya pengeluaran proyek (Initial Cash Flow) Rp. Contoh [1] Metode Average Rate of Return (ROR) Yaitu mengukur tingkat keuntungan rata-rata yang diperoleh dari suatu investasi. 100 juta/tahun Rp.33% Kelemahan metode ini belum memperhitungkan nilai waktu uang (time of money) [2] Metode Pay Back Mengukur seberapa cepat suatu investasi dapat dikembalikan dinyatakan dalam waktu (tahun. 260 juta = Atau bila menggunakan rata-rata investasi adalah : = Jt Rp (800 + 700 + 600 + 500 + 400 + 300 + 200 + 100 + 0) / 9 = 400 jt Rp / th Keuntungan rata-rata = 260 400 + 200 = 43.000 jt/th Aliran kas operasional (biaya dan penghasilan) Rp.a. 400 juta Rp. 1000 juta/tahun Rp. 800 juta Rp.

.Waktu pengembalian investasi = 1000 = 2. Misal : Nilai investasi Rp. Kelemahan cara ini belum mempertimbangkan nilai waktu uang (time of money).000 juta Nilai pemasukan Rp... dinyatakan dalam presentase. + 2 (1 + r ) (1 + r ) (1 + r )8 = -1000 + 1232. 360 juta/tahun Usia layan ekonomis 8 tahun Tingkat suku bunga 25%/tahun Nilai akhir proyek (terminal cash flow) Rp. (US $) dan sebagainya. Lihat pada contoh (3) 1000 = 260 360 360 + 200 + + .. 200 juta Maka = NPV = − 1000 + 360 360 360 + 200 + + . berarti proyek menguntungkan. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR .. 1.04 jr Rp………. sedangkan tingkat suku bunga bank dipasaran sebesar 25% maka proyek menguntungkan.. [3] Net Present Value Menghitung selisih antara nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan dimasa yang akan datang dinyatakan dengan besaran nilai Rp.UMB Ir. [4] Metode Internal Rate of Return (IRR) Menghitung tingkat suku bunga yang menyamakan nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa mendatang. Bila diperoleh tingkat suku bunga sebesar 33%.04 = + 232.. + 2 (1 + r ) (1 + r ) (1 + r )8 dengan cara trial and error (coba ... [5] Metode Profitability Index (PI) Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Nilai positif maka dianggap proyek menguntungkan. + ..78 tahun sudah bisa kembali 360 Bila diisyaratkan lama pengembalian 5 tahun.coba) hingga memperoleh nilai dalam persen mampukah tingkat suku bunga ini lebih besar dari yang diisyaratkan maka proyek menguntungkan.

Menghitung perbandingan antara nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa datang dengan nilai sekarang investasi. Dasar . b. Proyek dikatakan untung bila PI > 1 Lihat pada contoh (3) Profitability index (PI) = 1232 = 1. diantaranya adalah : Perencanaan Siklus hidrologi Kwantitas air Kwalitas air Bangunan air Uji model (DAS) Daerah Aliran Sungai Sediment transport Agradasi Degradasi Infiltrasi Morfologi sungai Soal Latihan Pusat Pengembangan Bahan Ajar .dasar Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Air.232 (>1) 1000 Maka proyek menguntungkan. Istilah – istilah Istilah yang sering digunakan didalam Bab 2.UMB Ir. Hadi Susilo MM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA AIR .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful