P. 1
Zona Fresnel

Zona Fresnel

|Views: 123|Likes:
Published by coal91

More info:

Published by: coal91 on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2013

pdf

text

original

Zona Fresnel (Fresnel Zone

)
Adalah lebar bidang benda anomali yang mampu 'dilihat' oleh gelombang seismik (lihat Resolusi Seismik).

Lebar sempitnya Zona Fresnel (B-B') tergantung pada panjang gelombang dan frekuensi gelombang seismik yang digunakan. Semakin tinggi frekuensi seismik yang digunakan, semakin sempit Zona Fresnel dan sebaliknya. Artinya untuk melihat benda-benda anomali kecil di bawah perut perlu digunakan frekuensi gelombang yang tinggi. Sayangnya karena adanya attenuasi, frekuensi tinggi hanya mampu melihat anomali-anomali dangkal.

Ketebalan Tuning (Tuning Thickness)
Ketebalan tuning adalah batas minimal ketebalan lapisan batuan yang mampu dilihat atau dibedakan oleh gelombang seismik. Besaran ketebalan tuning yang biasanya dipakai oleh kalangan geofisikawan adalah 1/4 panjang gelombang seismik.

Vertical Seismic Resolution
Seismic Resolution adalah kemampuan gelombang seismik refleksi untuk memisahkan dua buah reflektor yang berdekatan; dengan kata lain seismic resolution adalah jarak minimal antara dua reflektor sehingga terlihat sebagai dua refleksi yang terpisah.

Resolusi Seismik
Resolusi seismikadalah kemampuan untuk memisahkan dua reflektor yang berdekatan. Didalam dunia seismik, resolusi terbagi dua: resolusi vertikal (temporal) dan lateral (spasial). Resolusi vertikal didefinisikan dengan ¼ panjang gelombang seismik ( λ), dimana = v/
λ

f dengan v adalah kecepatan gelombang seismik (kompresi) dan f adalah frekuensi. Frekuensi dominan gelombang seismik bervariasi antara 50 and 20 Hz dan semakin berkurang terhadap kedalaman.

Tabel dibawah ini menunjukkan contoh hubungan antara v , f danλ:

v 5500 m/s dan f20 Hz. Jawaban atas pertanyaan ini tampaknya mudah dijawab pertama mengharuskan kita memiliki definisi yang jelas tentang "resolusi" Resolusi seismik adalah kemampuan untuk membedakan fitur terpisah. Akan tetapi dengan mempertimbangkan kehadiran noise dan efek pelebaran wavelet terhadap kedalaman maka batas minimal resolusi vertikal yang dipakai adalah 1/4λ. Resolusi lateral dikenal dengan zona Fresnel (r) dengan: Dengan t adalah waktu tempuh gelombang seismik (TWT/2). Untuk anomali dalam dengan waktu tempuh 4s. tetapi ada . Geophysics. Resolusi vertikal Salah satu pertanyaan paling umum yang dibuat oleh orang-orang kepada saya tentang refleksi seismologi adalah pada tingkat detail yang saya bisa melihat.5 meter.8 meter. mengusulkan 1/8λ sebagai batas minimal resolusi vertikal.Dari tabel diatas kita melihat bahwa untuk anomali dangkal dengan kecepatan gelombang seismik 2500 m/s dan frekuensi 50Hz diperoleh resolusi vertikal 12.5 meter. jarak minimum antara 2 fitur sehingga dua dapat didefinisikan secara terpisah dan bukan sebagai satu.Biasanya kita berpikir tentang resolusi dalam arti vertikal. Widess[1973] dalam papernya 'How thin is a thin bed'. artinya batas minimalketebalan lapisan (ketebalan tuning / tuning thickness) yang mampu dilihat oleh gelombang seismik adalah 12. batas minimal lebar anomali yang mampu dilihat oleh gelombang seismik adalah 1229.

Ini juga ketebalan mana interpretasi kriteria perubahan (AAPG Explorere. 1973). Agar dua antarmuka reflektif terdekat harus dibedakan dengan baik. panjang gelombang = 250 m Asumsi: sinyal seismik memiliki satu frekuensi dan seismik perjalanan gelombang pada satu kecepatan dan ada tingkat kebisingan seismik latar belakang diabaikan Namun. atas kedalaman 10 meter: 1000 m / s. hal. interferensi konstruktif dari mereka refleksi dari atas dan bawah tempat tidur membangun amplitudo dengan nilai-nilai yang besar. dengan perhitungan tambahan kita mungkin dapat membedakan ketebalan tidur. Bumi bertindak sebagai filter alami menghilangkan frekuensi yang lebih tinggi lebih mudah daripada frekuensi yang lebih rendah. misalnya yang sekecil 1/8 dari panjang gelombang yang dominan dalam sinyal (Widess. 218 [Sheriff. sumber daya yang lebih besar cenderung menghasilkan frekuensi yang lebih rendah. Geofisika Corner).juga batas dengan lebar horisontal dari suatu obyek yang bisa kita menafsirkan dari data seismik. Dalam efek lebih dalam sumber refleksi. Orang bisa berargumen bahwa kami hanya bisa meningkatkan kekuatan sumber kami sehingga frekuensi tinggi bisa bepergian jauh tanpa dilemahkan. (Gambar 7. misalnya Velocity = frekuensi x panjang gelombang bumi dangkal. mereka harus sekitar 1/4 panjang gelombang dengan ketebalan (Rayleigh Kriteria). Rayleigh Kriteria seismik "ukuran" adalah panjang gelombang. Ada batasan praktis dalam menghasilkan frekuensi tinggi yang dapat menembus kedalaman besar. panjang gelombang = 10 m bumi yang mendalam. 100 Hz. Seringkali kita menganggap bahwa kerak yang lebih rendah lebih homogen tapi itu bisa menjadi persepsi manusia ditanggung oleh resolusi miskin. 20 Hz. Namun. semakin rendah frekuensi yang dapat kita terima dari kedalaman tersebut dan oleh karena itu resolusi yang lebih rendah kita tampaknya memiliki dari kedalaman besar seperti kerak tengah. Ketika ketebalan tempat tidur adalah sekitar 1/8 dari panjang gelombang yang dominan. kedalaman 5000 meter: 5000 m / s. 1995 # 1510]) .Untuk ketebalan lebih besar dari 1/4 panjang gelombang kita dapat menggunakan bentuk gelombang untuk menilai ketebalan lapisan. Untuk ketebalan lebih kecil dari 1/4 wavlength kita bergantung pada amplitudo untuk menilai ketebalan lapisan.31.

Namun. Sinyal yang datang pada sekitar waktu yang sama tidak dapat dipisahkan menjadi komponen individu temporal singkat. Kita akan berurusan dengan konsep sinar dibandingkan gelombang kemudian dalam semester. Jadi. Refleksi adalah energi yang memantul kembali pada kami dari daerah. Energi yang dipantulkan dalam jejak ini memberikan kontribusi konstruktif untuk membangun menggoyangkan dalam kumpulan data. efek yang kita lihat di data kejadian nyata normal dijelaskan lebih baik dengan konsep gelombang: Untuk memulai. . refleksi dari permukaan dikembalikan dari seluruh wilayah dan pada interval waktu. 470. 1988 p. kami memperkirakan bahwa refleksi yang dapat dianggap sebagai hampir tapi tidak cukup bertepatan dalam waktu saling mengganggu. Daerah yang menghasilkan refleksi dikenal sebagai Pertama Fresnel Zone: zona mencerminkan di bawah permukaan insonified pada kuartal pertama dari panjang gelombang. Energi yang dipantulkan dari luar tapak membatalkan dalam kumpulan data . dan belum diakui sebagai dua titik terpisah daripada satu. Resolusi horizontal tergantung pada frekuensi dan kecepatan.Resolusi vertikal menurun dengan jarak tempuh (maka kedalaman) oleh sinar karena pelemahan merampas sinyal komponen frekuensi yang lebih tinggi lebih mudah. refleksi bukanlah energi dari hanya satu poin di bawah kami.. Sebagai bentuk gelombang benar-benar non-planar. Jika panjang gelombang besar maka zona dimana pengembalian tercermin berasal dari lebih besar dan resolusi yang lebih rendah. Untuk persamaan: Lihat handout dari AAPG Explorer dan catatan dalam kelas. Resolusi horizontal dan Pertama Fresnel Zone ([Yilmaz. Jika kita hanya memikirkan sinar maka kita tidak pernah punya masalah dengan menyelesaikan tingkat lateral fitur karena sinar adalah jauh tipis. memiliki frekuensi tak terbatas. Studi Kasus: studi kasus Sheriff di Explorer AAPG menunjukkan bahwa refleksi dalam data set kejadian yang normal mengumpulkan energi di wilayah terbatas yang ukurannya tergantung pada Zona Fresnel Pertama. dan dapat mendeteksi semua perubahan.71) Resolusi horizontal mengacu pada seberapa dekat dua poin yang mencerminkan dapat terletak horizontal. Untuk alasan ini kami tepi fisik objek yang memiliki penghentian lateral yang tajam tidak bertepatan langsung dengan amplitudo drop-off dalam data.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->