P. 1
bunga

bunga

|Views: 27|Likes:
Published by Farhani Sahadi
mempelajari tentang bagian-bagian bunga
mempelajari tentang bagian-bagian bunga

More info:

Published by: Farhani Sahadi on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

BUNGA, BUAH DAN BIJI

Oleh: Setiono, M.Pd

BUNGA, BUAH & BIJI

Bunga, buah dan biji merupakan
alat perkembangbiakan (organ

reproduktivum) yang masingmasing bagiannya memiliki

struktur anatomi yang khas

BUNGA

BUNGA .

SEPAL & PETAL  Anatomi sepal dan petal mirip dengan daun.  Lapisan epidermis sepal dan petal tersusun atas beberapa lapis sel yang isodiametris  Bagian mesofil biasanya tidak terdiferensiasi sempurna menjadi palisade dan bunga karang Gambar: Penampang melintang bagian-bagian bunga Citrus .

karpel dianggap melipat sepanjang tepinya sedemikian rupa sehingga sisi adaksial berada di dalam ruang tertutup. yakni tangkai putik atau stilus. dan yang paling ujung adalah kepala putik atau stigma. Ginesium merupakan struktur yang dibentuk oleh beberapa karpel/putik yang bersatu Karpel &Ginesium  Pada bunga bisa ditemukan satu helai karpel atau lebih  Dalam pembentukannya menjadi ginesium. bagian tengah yang steril. dan tepinya saling melekat  Pada ginesium biasanya dapat dibedakan bagian bawah yang fertil. yakni bakal buah atau ovarium. .

Benang Sari  Epidermis pada tangkai sari diliputi oleh kutikula.    Dibawah epidermis terdapat lapisan sel edotecium yang berperan dalam proses pembukaan kepala sari  Disebelah dalam terdapat struktur tapetum yang berhubungan langsung dengan ruang kotak spora. Tangkai sari terdiri atas jaringan parenkim dengan sel-sel yang mempunyai vakuola yang nyata dan ruang-ruang antar sel yang kecil Pada Angiospermae yang mempunyai empat kotak spora diantara keempat kotak sporanya terdapat jaringan steril (connectivum). pada berbagai jenis tumbuhan mungkin juga mempunyai trikoma. yang dilewati jaringan vaskuler. struktur ini berfungsi dalam pembentukan mikrospora dan memberi makan spora yang terbentuk .

.

Anatomi kotak Spora (lilium) .

yakni intin yang lunak di bagian dalam.Serbuk Sari  Dinding butir sari terdiri dari dua lapisan utama. 2 polen yang berkecambah. 3 inti. 4 eksin. 5 intin . dan eksin yang keras di sebelah luar. Gambar: Polen lilium 1 polen.

Anatomi Polen .

Serbuk Sari .

.

Serbuk Sari .

 Jaringan dasar stilus bersifat parenkim dan ditembus oleh berkas pembuluh angkut  Pada kebanyakan Angiospermae. ke arah distal. stilusnya padat dan jaringan di tengah terspesialisasi menjadi jaringan transmisi. .Tangkai dan Kepala Putik  Tangkai putik merupakan bagian karpel yang memanjang ke atas. yang memasok zat hara bagi tabung sari yang tumbuh melalui-nya  Pada saat menerima serbuk sari mengeluarkan sekret yang banyak sehingga pada kondisi ini stigmanya disebut stigma basah.

Pembentukan dan Perkembangan Megaspora & Mikrospora .

Pembentukan dan Perkembangan Megaspora .

. Pada bakal buah beruang banyak terdapat sekat pemisah. yang disebut plasenta. Bakal biji atau ovulum terdapat pada daerah dinding bakal buah dalam (adaksial).Bakal Buah  Pada bakal buah dibedakan dinding bakal buah dan ruang bakal buah.

 Jumlah berkas pembuluh pada sepal dan petal amat beragam dalam berbagai bunga. seperti pada Araceae. dan berkas karpel dorsal yang masuk ke dalarn stilus  .. berkas pembuluh yang menuju setiap organ berdivergensi dari silinder pembuluh sentral.Berkas Pembuluh angkut pada buah  Pada kebanyakan bunga. yakni bejumlah 3-4 berkas per stamen. Sistem pembuluh pada karpel terbagi menjadi berkas ventral yang berdivergensi ke bakal biji. Pada stamen biasanya hanya ada satu berkas pembuluh. tetapi berkas itu dapat bercabang dikotom seperti pada daun. namun beberapa familia memiliki ke-khasan jalan daun.

Sel sperma pada buluh serbuk sari kemudian akan bersatu dengan sel telur. Peristiwa ini disebut pembuahan  . Penyerbukan adalah datangnya serbuk sari di atas kepala putik. ialah penyerbukan dan pebuahan. serbuk sari kemudian berkecambah.PENYERBUKAN DAN PEMBUAHAN  Terbentuknya buah dan biji diawali dengan adanya 2 kejadian penting.

tumbuh di antara papillae pada kepala putik ke dalam jaringan tangkai putik. biasanya masuk kantong embrio melalui mikropil Setelah sampai pada tepi kantong embrio. dan persatu-an antara inti sperma II dengan inti-inti kutub dan terjadi inti primer endosperm. Dari ujung atas bakal buah buluh serbuk sari menuju ke bakal biji. Kejadian ini disebut pembuahan ganda    . terjadi persatuan antara inti sperma 1 dengan sel telur dan terjadi zigot. oleh adanya cairan tertentu yang dikeluarkan oleh papillae pada permukaan kepala putik Setelah buluh serbuk sari keluar.Pembuahan Ganda Kepala putik mempunyai peranan penting pada perkecam-bahan serbuk sari.

Buah BERASAL DARI BAKAL BUAH/CARPELLUM  BIJI DARI BAKAL BIJI/OVULUM  BAGIAN-BAGIAN BUNGA ADA YG TETAP TINGGAL DI BUAH ADALAH: .DAUN-DAUN PELINDUNG .DAUN KELOPAK .TANGKAI KEPALA PUTIK .KEPALA PUTIK  .

 Buah Telanjang/fructus nudus disebut sejati/buah sungguh Buah palsu disebut buah semu/buah spurius/buah tertutup Contoh : a. Dasar bunga bersama bunga lo c. Tangkai bunga Anacardium occidentae b. Dasar bunga pada arbae  .

d. b. lo . semu majemuk : b. semu tunggal : buah jambu monyet b. Tenda bunga dan ibu tangkai bunga buah nangka Penggolongan buah semu : a. B. B. Kelopak bunga pd buah ciplukan e. semu ganda : buah arbae c. nangka.

2. padi B. 3.Penggolongan buah sejati 1. tunggal berdaging/ carnosus : b. a. mangga. tunggal kering / siccus : b. Buah sejati tunggal : b. b. kelapa . Buah sejati tunggal Buah sejati ganda Buah sejati majemuk 1.

padi/caryopsis : b. b. padi. b. 3. sejati tunggal kering 1. kurung/achenium : b. sarangan B. 4. keras/ nux : b. keras bersayap/samara : b. jagung B. pukul 4 B. b. sejati tunggal kering dg banyak biji: 1. berbelah/schiwcarpium 2. b. B. pinus b.a. dipterocarpaceae. matahari. 2. B. kendaga/rhegma .

polong khas : kacang tanah. petai. anyelir 1. kotak b. . tapak doro 2. polong/legumen : b. bumbung/folliculus : b. b. Lobak/polong semu/siliqua : b. b. gayam 4. kesumba. b. kembang merak 3. lobak 5. kotak sejati/capsula : b. asam.c. B. b.

Buah sejati tunggal berdaging a. mangga. e. semangka B. c. jeruk/hesperidium : b. mentimun/pepo : b. apel/pomun :b. belimbing B. delima B. b. d. delima : b. pepaya. f. b. jeruk B. apel . kelapa B. batu/drupa : b. buni/bacca : b.

buni ganda : b.Buah sejati ganda a. srikaya . batu ganda : b. b. b. rubus B. cempaka B. kurung ganda : b. d. c. mawar B. bumbung ganda : b.

nanas B. matahari . b. kurung majemuk : b. pandan B.Buah sejati majemuk a. c. batu majemuk : b. buni majemuk : b. b.

kulit biji/spermodermis .tali pusar/funiculus .placenta/tembuni .BIJI (semen) Berasal dari bakal biji  Bagian biji : .pusar biji/hilus .inti biji/nukleus  .

ada 3 lapisan : .Kulit luar/ sarcotesta .Kulit biji Lapisan kulit luar/testa  Lapisan kulit dalam/tegmen  Pada biji mlinjo .Kulit tengah / sclerotesta .Kulit dalam/ endotesta .

 - Bagian kulit luar biji yang masih ikut : sayap/ala : biji kelor Bulu/coma : biji kapas Salut biji : biji durian .

TERIMAKASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->