PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNMUH PONOROGO SILABUS dan RKPS

IDENTITAS MATA KULIAH: NAMA MATA KULIAH SEMESTER / BOBOT KODE PRASYARAT DOSEN PEMBINA : TEORI BILANGAN : II/ 3 SKS : MA1251 : Tidak ada : Dr. Julan HERNADI/INTAN, S.PD

DESKRIPSI MATA KULIAH : Mata kuliah ini berkenaan dengan sifat-sifat bilangan bulat yang berkaitan dengan operasi aritmatika dan sifat-sifat aljabar kongruensi. TUJUAN PEMBELAJARAN: Memberikan pemahaman yang baik mengenai sifat-sifat yang dimiliki oleh bilangan bulat termasuk melatihkan kemampunan dalam metoda pembuktian, memperkenalkan pola keindahan pada bilangan bulat dan memberikan keterampilan dalam melakukan kalkulasi numerik (berhitung) khususnya dalam bilangan bulat. KOMPETENSI YANG DIDUKUNG: A1. Menguasai pengetahuan dan keterampilan matematika. B2. Mempunyai sikap positif terhadap matematika MATERI PEMBELAJARAN: Bab I. Keterbagian (pembagi, faktor persekutuan terbesar, identitas Bezout, kelipatan persekutuan terkecil, persamaan Diophantine linier). Bab II. Bilangan prima (Definisi bilangan prima, faktorisasi prima, distribusi bilangan prima, bilangan prima Fermat dan Mersenne, uji primalitas dan faktorisasi). Bab III. Teori Kongruensi (aritmatika modular, kongruensi linier, kongruensi linier simultan, kongruensi tak linier, Teorema sisa Cina) Bab IV. Kongruensi dengan modulus prima berpangkat (aritmatika pada Zp, bilangan pseudoprima dan Carmichael, menyelesaikan modulo dengan modulus prima berpangkat).

REFERENSI : 1 Jones, G.A. and J.M. Jones, 2005. Elementary Number Theory,
Verlag, London

Springer-

ALAT/MEDIA PEMBELAJARAN KHUSUS: Tidak ada.

com atau http://julanhernadi. belajar mandiri dan penugasan.SISTEM PERKULIAHAN Perkuliahan dilakukan dengan cara tatap muka. praktikum komputasi.PD Dr. Julan HERNADI/ INTAN. Julan HERNADI . e-learning. 3. 2. Segala informasi perkuliahan termasuk materi yang harus dipelajari dan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa akan dipostingkan sebelum jadwal kuliah dimulai pada situs: http://julanhernadi. 5.webs.com. Kehadiran : 10% Tugas dan keaktifan : 10% UTS : 30% UAS : 50% Perlakuan khusus untuk nilai ekstrim pada UAS. S. 2009 Dipersiapkan oleh: Dosen pengampu 12 Februari Disetujui oleh: Ketua prodi Dr.wordpress. EVALUASI DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR: 1. Ponorogo. 4.

menjelasakan pengertian kelipatan persekutuan terkecil (lcm). 2. Memahami 3. hasil bagi dan sisa.Memahami pengertian kelipatan persekutuan terbesar dan sifatsifatnya.Memahami maksud algoritma pembagian dan pembuktiannya serta akibatnya. menjelaskan beberapa teorema yang terkait langsung dengan gcd dan contoh-contoh penggunaannya. memberikan beberapa contoh pendukung. memberikan beberapa contoh penggunaannnya. pengertian coprime dan teorema-teorema terkait. menjelaskan pengertian coprime (prima relatif) untuk dua bilangan bulat dan untuk beberapa bilangan bulat. membuktikannya. notasi-notasinya beserta contohnya.tanggal jam Dosen Mahasiswa Kendali Keterangan : MINGGU II Identitas Bezout dan kelipatan persekutan terkecil Indikator: 1. Memahami 4. 3. ilustrasinya dan menjelaskan uraian pembuktiannya. Memahami bentuk identitas Bezout dan membuktikannya. Uraian materi: Menjelaskan bentuk identitas Bezout. memberikan akibat langsung dari algoritma ini. menjelaskan hubungnnya dengan algoritma pembagian. Referensi : 1 Pelaksanaan Hari.Memahami menemukan nilainya beberapa istilah: pembagi. Referensi : 1 Pelaksanaan Hari. hubungan identitas Bezout dan algoritma pembagian. menjelaskan cara menemukan parameter dalam identitas ini secara manual. Uraian materi: Menjelaskan maksud prinsip urutan terbaik ( well-ordering principle). menjelaskan algoritma pembagian termasuk istilah-istilah yang muncul. Memahami 2. pengertian kelipatan persekutuan terkecil dan teoremanya. menjelaskan dan membuktikan torema-teorema yang terkait dengan sifat coprime ini.MINGGU I Algoritma pembagian Indikator: 1. Menjelaskan pengertian pembagi persekutuan terbesar ( greatest common divisor). memberikan ilustrasinya. menjelaskan teorema yang menghubungkan antara gcd dan lcm. memberikan beberapa contoh.tanggal jam Dosen Mahasiswa Kendali .

Memahami syarat cukup agar PDL mempunyai penyelesian. menjelaskan pengertian penyelesaian khusus dan penyelesaian umum PDL. 1. menjelaskan dan membuktikan teorema eksistensi penyelesaian PDL.Keterangan : MINGGU III Persamaan Diophantine linier (PDL) Indikator: 1. Menemukan penyelesaian PDL. pers Uraian materi: Menjelaskan bentuk umum PDL. pengertian penyelesaian PDL termasuk ketidaktunggalnnya. 2. menjelaskan cara menemukan bentuk umum penyelesaian PDL. Memahami bentuk umum dan pengertian penyelesaian Diophantine linier. Referensi : 1 Pelaksanaan Hari.tanggal jam Dosen Mahasiswa Kendali Keterangan : .tanggal jam Dosen Mahasiswa Kendali Keterangan : MINGGU IV Indikator: Uraian materi: Referensi : 1 Pelaksanaan Hari.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful