P. 1
Komposisi Pasta Gigi (Citra,Dila,Era)

Komposisi Pasta Gigi (Citra,Dila,Era)

|Views: 105|Likes:
Published by Febri Tok

More info:

Published by: Febri Tok on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2013

pdf

text

original

2.

2 Komposisi Pasta Gigi Hampir semua pasta gigi mengandung lebih dari satu bahan aktif dan hampir semua dipromosikan dengan beberapa keuntungan bagi pengguna. Umumnya pasta gigi yang beredar di pasaran saat ini adalah kombinasi dari bahan abrasif, deterjen dan satu atau lebih bahan terapeutik (Depkes, 2007). 2.2.1 Komposisi Pasta Gigi Anak a. Bahan penambah rasa (0-2%) Biasanya pasta gigi menggunakan pemanis buatan untuk memberikan cita rasa yang beraneka ragam. Misalnya rasa mint, stroberi, kayu manis bahkan rasa permen karet untuk pasta gigi anak. Tambahan rasa pada pasta gigi akan membuat menyikat gigi menjadi menyenangkan (Depkes, 2007). b. Xylitol Xylitol pada pasata gigi berguna untuk membersikan gigi lebih bersih dan menguatkan email gigi serta untuk mencegah gigi berlubang. Selain itu xylitol padat meningkatkan aliran saliva untuk membantu dalam perbaikan enamel pada gigi yang rusak. c. Bahan flouride Bahan flouride adalah salah satu zat yang berfungsi untuk pertumbuhan dan kesehatan gigi. Pemberian flouride untuk pasta gigi anak-anak dianjurkan sedikit saja, karena dapat merusak enamel gigi pada gigi susu anak-anak. d. Pelembab Berfungsi untuk mencegah pengeringan dan pengerasan pada pasta gigi. Bahan yang sering digunakan di antaranya gliserin, propylene glikol dll.

Bentuk dan jumlah bahan abrasif dalam pasta gigi membantu untuk menambah kekentalan apasta gigi. h. c. Citroxane.2.5%) . SLS ini juga memiliki efek antibakteri. debris. Bahan abrasif (20-50%) Bahan abrasif yang terdapat dalam pasta gigi umumnya berbentuk bubuk pembersih yang dapat memolish dan menghilangkan stain dan plak. aluminium oxide. b.2 Komposisi Pasta Gigi Dewasa a. alpha hydroxy acids (AHA) dan asam laktat. Contoh abahan abrasif ini antara lain silica atau silica hydrat. Bahan pengawet (0.5%) Ada macam-macam bahan pemutih yang digunakan antara lain Sodium carbonate. sodium bikarbonat.05-0. dikalsium fosfat dan kalsium karbonat. Air (20-40%) Air dalam pasta gigi berfungsi sebagai pelarut. material alba dan sisa makanan menjadi lebih mudah. i.2. Misalnya gliserin.05-0. Bahan pemutih (0. Hidrogen peroksida. Humectant atau pelembab (20-35%) Humectant adalah bahan penyerap air dari udara dan menjaga kelembaban. Bahan ini digunakan untuk menjaga pasta gigi tetap lembab. d. dan Sodium hexametaphosphate. Surfectan atau Deterjen (1-3%) Bahan deterjen yang banyak terdapat dalam pasta gigi di pasaran adalah Sodium Lauryl Sulfat (SLS) yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan. mengemulsi (melarutkan lemak) dan memberikan busa sehingga pembuangan plak.

g. Methylparaben dan Ethylparaben. tapi tidak dapat digunakan bersamaan dengan bahan abrasif. Bahan terapeutik (0-2%) Bahan terapeutik yang terdapat dalam pasta gigi adalah sebagai berikut : 1.Stronsium chloride dapat memblok tubulus dentin. Bahan desensitisasi Bahan desensitisasi yang digunakan dalam pasta gigi adalah sebagai berikut : .Sodium fluoride NaF merupakan fluor yang paling sering ditambahkan dalam pasta gigi. 3. Fluoride Penambahan fluoride pada pasta gigi dapat memperkuat enamel dengan cara membuatnya resisten terhadap asam dan menghambat bakteri untuk memproduksi asam. .Sodium monofluorafosfat 2. Adapun macam.Bahan pengawet berfungsi untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme dalam pasta gigi. . Umumya bahan pengawet yang ditambahkan dalam pasta gigi adalah Sodium benzoate.Stannous fluoride Stannous fluoride merupakan fluor yang pertama ditambahkan dalam pasta gigi yang digunakan secara bersamaan dengan bahan abrasif (kalsium fosfat).Potassium nitrat dapat memblok transmisi nyeri di antar sel-sel syaraf. .macam fluoride yang terdapat dalam pasta gigi adalah sebagai berikut: . Bahan antimikroba . Fluor ini bersifat antibakterial namun kelemahanya dapat membuat stein abu-abu pada gigi.

Selain itu ada beberapa herbal yang ditambahkan sebagai anti mikroba dalam pasta gigi contohnya ekstrak daun sirih dan siwak (Depkes. 2007) . . Zinc citrate atau Zinc phosphate (bakteriostatik).Bahan ini digunakan untuk untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri. Contoh bahan ini adalah Trikolsan (bakterisidal).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->