P. 1
Rpp Ipa Vika

Rpp Ipa Vika

|Views: 103|Likes:
Published by Asri Yuni Vikasari

More info:

Published by: Asri Yuni Vikasari on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)

Nama Sekolah Kelas / Semester Mata Pelajaran Tema Sub Tema Alokasi Waktu

: SD Negeri 2 Gejayan : IV / I : Ilmu Pengetahuan Alam : Makhluk Hidup : Alat Indera pada Manusia : 1 X 35 menit ( 1 X pertemuan)

A. Standar Kompetensi

:

Memahami hubungan antara bagian – bagian alat indera pada manusia dengan fungsi, serta memeliharanya.

B. Kompetensi Dasar  

:

Mendeskripsikan hubungan antara alat indera dengan fungsinya. Menerapkan cara memelihara kesehatan alat indera.

C. Indikator    

:

Membedakan alat indera mata, telinga, hidung, lidah dan kulit. Menjelaskan kelainan – kelainan pada alat indera. Mengidentifikasi penyebab gangguan kerusakan pada alat indera. Menjelaskan cara memelihara kesehatan alat indera pada manusia.

D. Tujuan Pembelajaran   

:

Melalui gambar tentang alat indera, siswa dapat mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan. Melalui tanya jawab siswa dapat mengetahui kelainan – kelainan pada alat indera pada manusia. Melalui diskusi kelompok siswa dapat mencari tahu cara memelihara kesehatan alat indera.

Karakter siswa yang diharapkan

:

Disiplin (discipline), Rasa Hormat dan

Perhatian (respect), Tekun (dilligence), Tanggungjawab (responsibility) dan Ketelitian (carefulness).

E. Materi

Alat Indera pada Manusia Pengertian alat indera. Alat indera adalah alat tubuh yang berguna untuk mengetahui keadaan di luar tubuh. Alat indera manusia ada lima yaitu mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit.kelimanya disebut panca indera. Mata sebagai indera penglihatan, telinga sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman (pembau), lidah sebagai indera perasa, dan kulit sebagai indera peraba. Alat indera harus kita jaga dengan baik. Jika alat indera mengalami gangguan atau rusak maka tubuh kita tidak akan bekerja dengan baik.Akibatnya kita tidak dapat menikmati keadaan di sekitar kita.

1. Mata

 Kelainan

dan

penyakit

yang

dapat

menyerang

mata

meliputi

:

1. Miopi (rabun dekat) merupakan ketidak mampuan mata untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa minus ( lensa cekung). 2. Hipermetropi (rabun dekat) adalah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa plus (lensa cembung). 3. Presbiopi (mata tua) merupakan ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dan jauh dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan

menggunakan

kacamata

berlensa

ganda

yaitu

minus

dan

plus.

4. Rabun senja adalah kelainan mata berupa ketidakmampuan untuk melihat pada senja hari. Rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A. biasanya, rabun senja bersifat sementar. Disiang hari mata mampu melihat dengan baik. 5. Buta warna adalah kelainan mata berupa ketidak mampuan mata untuk melihat warna – warna tertentu. Misalnya buta warna merah tidak dapat melihat warna merah. Ada pula buta warna total yaitu mata hanya dapat melihat warna putih dan hitam. 6. Mata merah terjadi karena mata kemasukan benda asing. Akibatnya mata terasa gatal dan perih. Jika mata dikucek kotoran akan semakin dalam masuk ke mata. 7. Katarak biasanya menyerangborang lanjut usia. Mata penderita katarak tampak diselimuti lapisan putih. Penderita menjadi sulit melihat. Lapisan putih itu sesungguhnya adalah lensa yang menjadi buram. Penderta katarak dapat disembuhkan dengan operasi pengangkatan lensa yang buram. Kemudian di pasangkan penggantinya berupa lensa buatan.  Cara Memelihara Indera Penglihat : 1. Makan makanan yang banyak mengadung vitamin A. Vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata. Orang yang menderita rabun senja dapat diobati dengan mengonsumsi vitamin A. 2. Menjaga kebersihan mata sehingga mata tidak kemasukan kotoran. Segera lindungi mata ketika berada ditempat yang berdebu dan berasap. Jika mata kemasukan debu atau kotoran, segera tetesi mata dengan obat tetes mata. Jangan mengucek mata karena kotoran dapat masuk semakin dala m kemata. Obat tetes mata akan membuat kotoran terdorong keluar. 3. Membiasakan membaca buku dengan jarak sekitar 30 cm dengan penerangan yang cukup. 4. Segera memeriksakan diri ke dokter mata jika mata mulai tidak mampu melihat dengan baik. Apa lagi jika disertai dengan pusing atau sakit kepala.jika tidak segera berobat, mata dapat mengalami gangguan yang lebih parah.

2. Telinga

 Kelainan pada indera pendengar (telinga) : 1. Tuli atau tidak dapat mendengar dapat dialami sejak lahir dan dapat juga dialami setelah dewasa. Pada umumnya penyakit tuli tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi penderita tuli yang tidak parah data ditolong dengan menggunakan alat bantu dengar (hearing aid). 2. Keluarnya cairan berbau busuk dari telinga akibat terjadi radan pada telinya baggian dalam. Penyakit disebut juga penyakit congek. Dengan pengobatan intensif , penyakit ini dapat disembuhkan. 3. Bisul atau luka dapat terjadi dalam telinga akibat infeksi. Kebiasaan uruk mengorek telinga dengan menggunakan jari atau korek api dapat melukai telinga. Bisul dalm telinga dapat mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa.  Cara Memelihara Indera Pendengar : 1. Kebersihan telinga harus dijaga agar lubang telinga tidak tersumbat. Namun demikian, kamu harus berhati-hati saat membersihkan telinga supaya tidak merobek gendang telinga. 2. Sebaiknya kamu menghindari bunyi yang terlalu keras atau bising, misalnya suara mesin atau musik yang terlalu keras. 3. Jika telingamu sering berdenging, segeralah pergi ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan). Gejala itu sering menjadi gejala awal penyakit tuli.

3. Hidung

 Kelainan pada indera pencium (hidung) : 1. Penyakit penyumbatan rongga hidung, misalnya akibat pilek dan pembengkakan kelenjar polip. 2. Gangguan syaraf pada kelenjar pembau.  Cara Memelihara Indera Pembau : Agar hidung dapat berfungsi dengan baik, hidung harus dirawat dengan baik. Setiap hari hidung harus dibersihkan. Hidung menjadi kotor karena udara yang kita hirup mengandung butiran debu. Segeralah ke dokter jika kamu menderita pilek lebih dari seminggu agar sekitmu tidak menjadi parah. Pilek yang lam akan merusak indera pembau.

4. Lidah

 Kelainan pada indera perasa (lidah) : Penyakit yang biasanya menyerang lidah yaitu sariawan. Sariawan menyebabkan lidah memerah dan tampak terluka. Penyakit ini dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi vitamin C.  Cara memelihara indera perasa :

1. Hindari makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin dapat merusak papila. Jika papila rusak, lidah tidak dapat merasakan lezatnya makanan dengan baik. 2. Gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut. Sikat gigi yang kasar dan kotor dapat melukai lidah dan gusi. Luka ini dapat meimbulkan sariawan yang parah jika saat itu tubuh kita juga kekurangan vitamin C.

5. Kulit

 Kelainan pada indera peraba (kulit) : 1. Jerawat dapat timbul akibat ketidak seimbangan hormone dan kulit yang kotor. Anak yang memasuki masa remaja sangat mudah menderita jerawat. Demikian juga pada kulit yang berminyakyang tidak dijaga kebersihannya. 2. Panu disebabkan oleh jamur yang hinggap di kulit. Panu tampak sebagai bercak atau bulatan putih di kulit desertai rasa gatal. Panu tiimbul karena penderita tidak menjaga kebersihan. 3. Kadas tampak sebagai bulatan putih bersisik. Terlihat batas yang jelas pada tepi bulatan. Seperti panu, kadas mengakibatkan rasa gatal. Kadas juga ditimbulkan oleh jamur.  Cara Memelihara Indera Peraba : Kulit merupakan baian tubuh yang mudah dihinggapi jamur dan kotoran lain. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan kulitmu. Mandilah dua kali sehari, serta cucilah tangan dan kakimu sebuelum tidur. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin E. Kulit juga merupakan bagian tubuh yang sangat penting bagi keindahan (kecantikan). Kulit yang sehat memperlihatkan keindahan yang alami.keindahan kulit tidak ditentukan oleh warnanya. Agar kulitmu sehat, kamu perlu memakan sayuran hijau dan buah – buahan.

F. Model dan Metode Pembelajaran

Model Metode

: Inkuiri : Ceramah, tanya jawab, diskusi

G. Langkah – Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal      Mengucapkan Salam Berdoa Mengkondisikan Kelas Mengecek Kehadiran Siswa ( presensi ) Apersepsi “Anak – anak hari ini kita akan belajar tentang alat indera pada makhluk hidup,yaitu pada manusia.”  Motivasi “Diharapkan setelah belajar pada hari ini anak – anak dapat membedakan macam – macam alat indera, menjelaskan kelainan – kelainan pada alat indera serta menjelaskan cara memelihara alat indera.”  Memajangkan media.

2. Kegiatan inti Eksplorasi  Menginformasikan tentang indera manusia, yaitu : Indera Penglihat (mata), Indera Pendengar (telinga), Indera Pembau (hidung), Indera Pengecap (lidah), dan Indera Peraba (kulit) dengan menggunakan media pembelajaran interaktif.   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang alat indera. Meminta beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang

berhubungan dengan materi yang disampaikan.

Elaborasi   Membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi. Tiap kelompok dibagi lembar kegiatan berupa pertanyaan.

  

Siswa mendiskusikan materi sesuai dengan petunjuk guru. Guru berkeliling untuk melakukan penilaian proses dan memberikan bantuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan. Masing – masing kelompok saling bertukar informasi mengenai identifikasi bagian – bagian alat indera.

Konfirmasi   Guru mengklasifikasikan hasil kerja kelompok. Siswa dibimbing guru menyimpulkan pelajaran.

3. Kegiatan Akhir Guru melakukan refleksi:   Manfaat bagi siswa mempelajari alat indra, siswa rajin merawat kesehatan alat indra. Siswa diberi tugas kelompok untuk menggambar alat indera sesuai dengan tampilan gambar dan sumber belajar.

H. Media dan Sumber Pembelajaran  Media / Alat

:

Powerpoint (gambar alat indera pada manusia dan gambar contoh cara memelihara kesehatan alat indera).  Sumber Belajar

:

Sri Harmi. 2008. Lebih Akrab dengan IPA untuk kelas IV dan MI. halaman 37-56. Solo : Tiga Serangkai.

I. Penilaian

Tes Tertulis Non Tes

: Pilihan Ganda dan Essey : Observasi Kinerja ( Instrumen Terlampir )

INSTRUMEN PENILAIAN

Pilihan ganda dan essey Jumlah Soal pilihan ganda 10 skor 5 Jumlah Soal essey 5 skor 10

Nilai = ( jumlah jawaban benar x 5) + ( jumlah jawaban benar x 10)

Penilaian sikap dalam mengikuti pelajaran

No

Nama Siswa

Aspek yang dinilai *) Bertanya Berpendapat Menanggapi

Jumlah Nilai

*) Kriteria Penilaian Skor 4 = Melakukan lebih dari 3 kali Skor 3 = Melakukan 3 kali Skor 2 = Melakukan 2 kali Skor 1 = Melakukan 1 kali

Lembar Evaluasi Berikan tanda silang (x) pada huruf a ,b, c, atau d di depan jawaban yang benar ! 1) Alat indera bagi tubuh berguna untuk…. a. Melindungi bagian tubuh yang penting. b. Mengenal keadaan luar c. Pertahanan tubuh d. Mengetahui posisi tubuh

2) Berikut ini yang buka termasuk alat indera adalah... a. Bibir b. Mata c. Lidah d. Kulit

3) Miopi (rabun dekat) merupakan ketidak mampuan mata untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa... a. Lensa ganda b. Lensa cembung c. Lensa cekung d. Operasi

4) Ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dan jauh dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa ganda yaitu minus dan plus, kelainan mata... a. Katarak b. Miopi c. Hipermetropi d. Presbiopi 5) Rabun senja merupakan kelainan mata yang disebabkan oleh… a. Kekurangan vitamin A b. Kekurangan protein c. Lensa mata rusak d. Hormon yang berlebihan

6) Orang yang hanya dapat membedakan warna hitam dan putih disebut… a. Buta b. Katarak c. Rabun senja d. Buta warna total

7) Alat indera yang digunakan untuk merasakan manis dan pahit adalah… a. Gigi b. Lidah c. Hidung d. Bibir

8) Rangsang yang dapat diterima hidung berupa… a. Bau b. Cahaya c. Larutan d.Getaran

9) Cara memelihara indera peraba yang tepat adalah... a. Membiasakan membaca buku dengan jarak sekitar 30 cm. b. Sebaiknya kamu menghindari bunyi yang terlalu keras atau bising. c. Gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut. d. Mandi 2kali sehari dan makan makanan yang mengandung vitamin E.

10) Kelainan atau penyakit kekurangan vitamin C yang biasanya menyerang indera perasa adalah... a. Jerawat b. Panu c. Sariawan d. Buta warna

Butir soal tugas Jawablah soal di bawah ini dengan jelas dan benar!

1. Apa pengertian tentang alat indera? 2. Sebutkan macam – macam alat indera pada manusia beserta fungsinya! 3. Sebutkan dan jelaskan minimal 5 kelainan pada mata! 4. Sebutkan jenis penyakit pada kulit dan berikan penyebab terjadinya penyakit tersebut! 5. Bagaimana cara memelihara indera perasa?

Kunci jawaban pilihan ganda :

1. b. Mengenal keadaan luar 2. a. Bibir 3. c. Lensa cekung 4. d. Presbiopi 5. a. kekurangan vitamin A 6. d. Buta warna total 7. b. Lidah 8. a. Bau 9. d. Mandi 2kali sehari dan makan makanan yang mengandung vitamin E. 10.c. Sariawan

skor tiap soal 5 x 10 soal = 50

Kunci jawaban Skor / nilai : 1. Alat indera adalah alat tubuh yang berguna untuk mengetahui keadaan di luar tubuh.

2. Mata sebagai indera penglihatan, telinga sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman (pembau), lidah sebagai indera perasa, dan kulit sebagai indera peraba.

3. Kelainan pada mata yaitu : 1. Miopi (rabun dekat) merupakan ketidak mampuan mata untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa minus ( lensa cekung). 2. Hipermetropi (rabun dekat) adalah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kaca mata berlensa plus (lensa cembung). 3. Presbiopi (mata tua) merupakan ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dan jauh dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa ganda yaitu minus dan plus.

4. Rabun senja adalah kelainan mata berupa ketidakmampuan untuk melihat pada senja hari. Rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A. biasanya, rabun senja bersifat sementar. Disiang hari mata mampu melihat dengan baik. 5. Buta warna adalah kelainan mata berupa ketidak mampuan mata untuk melihat warna – warna tertentu. Misalnya buta warna merah tidak dapat melihat warna merah. Ada pula buta warna total yaitu mata hanya dapat melihat warna putih dan hitam. 6. Mata merah terjadi karena mata kemasukan benda asing. Akibatnya mata terasa gatal dan perih. Jika mata dikucek kotoran akan semakin dalam masuk ke mata.

4. Kelainan atau penyakit pada kulit dan penyebabnya : 1. Jerawat dapat timbul akibat ketidak seimbangan hormone dan kulit yang kotor. Anak yang memasuki masa remaja sangat mudah menderita jerawat. Demikian juga pada kulit yang berminyakyang tidak dijaga kebersihannya. 2. Panu disebabkan oleh jamur yang hinggap di kulit. Panu tampak sebagai bercak atau bulatan putih di kulit desertai rasa gatal. Panu tiimbul karena penderita tidak menjaga kebersihan. 3. Kadas tampak sebagai bulatan putih bersisik. Terlihat batas yang jelas pada tepi bulatan. Seperti panu, kadas mengakibatkan rasa gatal. Kadas juga ditimbulkan oleh jamur.

5. Cara memelihara lidah yaitu : 1. Hindari makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin dapat merusak papila. Jika papila rusak, lidakh tidak dapat merasakan lezatnya makanan dengan baik. 2. Gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut. Sikat gigi yang kasar dan kotor dapat melukai lidah dan gusi. Luka ini dapat meimbulkan sariawan yang parah jika saat itu tubuh kita juga kekurangan viamin C.

Skor tiap soal 10 x 5 soal = 50

KISI – KISI EVALUASI

Nomor Soal Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pilihan ganda 1.1 hubungan struktur manusia fungsinya, memeliharanya. organ Memahami 1.1.1 Mendeskripsikan 1. Menjelaskan pengertian alat indera 2. Menyebutkan macam – macam alat indera pada manusia 2 2 1 1 essey

antara hubungan antara struktur tubuh panca indera dan fungsinya. dengan serta

3. Menyebutkan alat indera

fungsi pada 7, 8 2

manusia. 1.1.2 Menjelaskan kelainan – kelainan dan penyakit pada alat indera manusia. 4. Menjelaskan kelainan – kelainan indera. 5. Mengidentifikasi penyebab kerusakan indera. 1.1.3 Menerapkan cara 6. Menjelaskan memelihara alat indera. cara kesehatan 9 5 gangguan pada alat 5, 10 4 pada alat 3, 4, 6 3

memelihara

kesehatan

panca indera pada manusia.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
“ Alat Indera pada Manusia ”

Untuk Memenuhi Tugas Pendidikan IPA Oleh Dosen Pengampu Bapak Adi

Di susun Oleh : ASRI YUNI VIKASARI (29201116)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA 2013

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->