MELAKUKAN PERAWATAN MESIN BANTU DEK DAN MESIN BANTU PENAGKAPAN

MELAKUKAN PERAWATAN MESIN BANTU DEK DAN MESIN BANTU PENANGKAPAN
Yang dimaksud dengan mesin bantu ialah semua mesin atau alat-alat di kapal, yang digunakan untuk membantu supaya kapal dapat beroperasi secara terus menerus (kontinue) dan aman, baik pada waktu kapal di laut maupun di pelabuhan. Mesinmesin bantu di kapal perikanan dikelompokkan menjadi : 1. Kamar mesin, yaitu semua pompa-pompa yang dip akai untuk memompa : air pendingin, air minum, keperluan seniter, muatan zat cair, lensa dan ballast, udara minyak dan lain-lain, dinamo-dinamo dan motor listrik pemanas air pengisi dan saringan-saringan (filter) alat-alat penguap (evaporator), alat-alat destilasi dan mesin pendingin. 2. Dek, yaitu mesin kemudi, mesin jangkar, peralatan untuk bongkar muat dan lain-lain. 3. Mesin penangkapan, yaitu line hauler, power block, trawl winch dll 15.1.

MEMPERSIAPKAN PEKERJAAN PERAWATAN MESIN
Pekerjaan pemeliharaan agar efektif, harus dilakukan secara menyeluruh dan teratur. Suatu jadwal pelayanan pemeliharaan harus diuraikan dalam setiap instalasi dan jadwal ini harus diikuti seketat yang dimungkinkan oleh keadaan operasi.

15.1.1. Jadwal Pemeriksaan Perawatan
Persiapan pemeliharan yang baik harus sesuai petunjuk pemeliharaan yang direkomendasikan oleh perusahaan dengan mengambil informasi dari buku instruksi yang disertakan dengan setiap me sin. Jumlah boleh maksimum dari jam operasi diantara inspeksi dari bagian yang terdaftar. Jumlah jam ini akan bervariasi sesuai dengan ukuran mesin, jenis beban, dan sifat pelayanan. Dalam instalasi baru adalah kebijaksanaan yang baik untuk pertama kali mengatur periode yang singkat diantara inspeksi dari berbagai bagian, dan kemudian kalau pengalaman instalasi menunjukan bahwa didalam jam yang ditentukan suatu bagian tertentu tidak menunjukan kotoran, keausan atau kehilangan penyetelan terlalu banyak, maka jangka waktu diantara inspeksi sedikit demi sedikit diperpanjang. Tetapi perlu diingat bahwa pengumpulan kotoran, peningkatan keausan, dan kehilangan penyetelan secara umum tidak mengikuti garis lurus dengan waktu, tetapi kurva cembung yang makin lama makin curam. Oleh karenanya, untuk mencegah kerusakan, jauh lebih baik untuk melakukan inspeksi berikutnya agar lebih cepat dari pada agak terlalu lamb an.

kapan saja bagian diinspeksi dan didapati telah aus mendekati atau melebihi toleransi yang ditentukan. Oleh karenanya sehubungan dengan jadwal pemeliharaan. dip erlukan untuk memberikan informasi kepada manajer instalasi atau operator me sin dalam instalasi yang kecil. Silinder dan torak kompressor udara ( 300 jam) 7. Bantalan luar (6000 jam) 15. Silinder dan torak atau rotor pompa bilas (3000 jam) 9. Kalau karena sesuatu alasan hal ini tidak dapat dilakukan dapat digunakan data rata-rata. Katup Buang (1500 jam) 4. maka data tersebut harus didapatkan dengan menyurati pembuat mesin. Bantalan dorong (6000 jam) .1. Gambar 15. Jadwal inpeksi pemeliharaan sebagai berikut : 1. Perbaikan Mesin Kalau buku petunjuk setiap mesin khas tidak memiliki semua data yang diinginkan. Katup keselamatan dan pengaman (100 jam) 6. 2. Katup kompressor: isap dan tekan (1500 jam) 8. suatu lembaran instruksi spesifik berkenaan dengan celah dan penyetelan untuk setiap mesin atau setiap jenis mesin dalam instalasi. Lubang bilas dan katup otomatis (3000 jam) 11. Bantalan Utama dan Tap (6000 jam) 14. harus diperbaiki atau disetel sedemikian rupa sehingga celah yang ditentukan diperbaiki kembali. Pengatur aliran gas buang (2000 jam) 12. Katup pemasukan udara (3000 jam) 3. Peredam dan saluran buang (6000 jam) 13. Silinder atau lapisan silinder dan torak mesin (6000 jam). Katup udara penstarter (4000 jam) 5.Sewajarnya. Katup pompa bilas: tekan dan isap (3000 jam) 10.

lalu dicat dengan cat anti karat dan cat biasa (Top coating) 6. dibersihkan dengan amp las untuk menghilangkan sisa kotoran yang terdapat pada permukaan mesin-mesin dek. Kepala dan jaket silinder (1000 jam) 30. Diberi perlindungan anti karat 3. pegas pengatur /governor (4000 Jam) Penggerak pengatur (4000 jam) Torak dengan pendingin air atau minyak. Pena engkol dan bantalan (3000 jam) Pena torak atau pena kepala silang dan bantalan (6000 jam) Pemandu dan sepatu kepala silang (6000 jam) Pena torak kompressor dan bantalan (3000 jam) Bantalan poros vertical (4000 jam) Bantalan poros nok (4000 jam) Penggerak poros nok (2000 jam) Pompa bahan bakar (4000 jam) Penggerak pompa bahan bakar (2000 jam) Nosel atau katup bahan bakar dan pengatur waktu bahan bakar (500 jam) Sambungan. paking. 20.16. 26. 27.3. bantalan. MENGOPERASIKAN MESIN BANTU DEK Didalam mengoperasikan mesin bantu dek. 4. Lubang pendinginan dalam torak (2000 jam) 15. 23.2. PERAWATAN MESIN- MESIN DEK Untuk melakukan perawatan mesin-mesin dek tahapan yang dilakukan sebagai berikut : 1. maka kita harus mengenal dan mengetahui mesin kemudinya. Mengecat dengan cat anti korosif. 5. 19. bantalan. Periksa lampu-lampu indikasi 2. Berikutnya adalah memberikan lapisan pipa yang telah dicat dengan cat anti karat atau korosif dengan cat biasa (Top coating). 24. cara mengperasikan mesin kemudi sebagai berikut : . 17. sambungan bola dan engsel (3000 jam) 29. 21. Pengecatan ini dimaksudkan untuk memberikan lapisan anti karat atau korosif pada permukaan mesin-mesin dek. 18. Melumasi bagian-bagian yang saling bergesekan pada mesin-mesin dek 15. 25. 22. 28. Menghilangkan lapisan karat dengan diketok dengan palu ketok.

akibatnya batang sorong pengatur ikut terangkat ke atas. Untuk keperluan ini dipakai sebuah sorong pengatur.1. silinder bergerak ke kiri gerakan ini mengakibatkan tuas berputar dan batang bergerak ke atas. 2. maka torak pada silinder telemotor akan bergerak ke kiri demikian juga batang yang akan mengubah . Mesin Kemudi Elektro Hidrolis Cara Kerja : Kalau roda kemudi dianjungan diputar ke kiri.1. Karena hal tersebut.15. misalnya perahu layar. sedang uap bekas keluar melalui sebelah dalam sorong. Sekarang sorong pengatur tidak berada dalam kedudukan ditengah. karena kekuatan tangan kita terbatas maka peralatan kemudi ini hanya dip akai untuk kapal-kapal yang kecil. 15. Mesin Kemudi Mesin kemudi ada beberapa macam. maka untuk kapal-kapal besar selalu dip akai kemudi yang digerakan dengan mesin.3.3. Gerakan/arah putaran mesin harus dapat dibalik. supaya daun kemudi dapat bergerak bolak balik. hingga sorong dapat bekerja sebagai sorong muatan luar atau muatan dalam. sekoci kapal dan lain-lain atau dapat juga sebagai kemudi bantu pada kapal-kapal agak besar. Sedangkan sorong muatan dalam ialah sorong bila uap baru mengalir melalui bagian dalam dari sorong dan uap bekas mengalir di luar sorong. Berputarnya mesin akan memutar roda demikian gigi dan batang pengatur juga batang berulir berputar pada bus yang tetap hingga batang sorong. karena rantai-rantai atau kabel-kabel akan jadi terlalu berat apalagi kalau ombak besar.3. Mesin Kemudi Uap Seperti namanya sebagai mesin penggeraknya dipakai mesin uap. yang mengatur jalannya uap sedemikian rupa. Karena ukuran mesin/silinder yang kecil maka supaya tenaganya cukup besar.2.1. sehingga mesin akan berputar. demikian juga sorong pengatur juga turun. Kemudi Mesin Pada kapal-kapal yang besar maka tidak mungkin untuk memakai kemudi yang digerakan hanya dengan tenaga tangan. Cara kerja : sorang pengatur berada ditengah-tengah (mesin berhenti). maka torak pada pemberi menekan minyak di ruangan. Mesin kemudi dapat dibagi dalam 3 macam : 1. selalu dibuat dengan pengisian uap 100 % langkah atau disebut mesin tekanan penuh. Kemudi Tangan Seperti namanya maka kemudi ini langsung digerakan dengan tangan. Tekanan minyak ini akan menekan silinder pada penerima. Mesin kemudi menurut carapenggerakkannya dibedakan menjadi 2 jenis yaitu: 15. kalau roda kemudi diputar ke kanan. Yang dimaksud dengan sorong muatan luar ialah sorong dimana uap baru berada diluar.1.

sehingga plunyer akan . menyebabkan pompa hele shaw bekerja dan memompa minyak yang berada pada silinder kemudi.kedudukan batang.

maka akan terjadi keadaan membe-lok. batang daun kemudi dan daun kemudi. yang lain dapat dipakai. tetapi dengan memakai sistem rotasi. mengakibatkan kontak akan berpindah temp atnya. seimbang.terdesak ke atas sehingga kapal berbelok ke kiri.2.3. maka kontak akan berpindah temp atnya ke kiri atau ke kanan sesuai dengan arah putaran roda kemudi. maka batang juga berputar. Adanya arus ini akan menimbulkan medan magnit pada generator. 15. yang akhirnya dapat menggerakan kwadran. kemudian yang rusak diperbaiki untuk cadangan. sehingga kontak akan kembali ke tengahtengah. Cara kerja mesin kemudi ini bekerja atas dasar jembatan Wheatstone atau sistem Ward Leonard. 3. sehingga arus antara kontak-kontak berhenti dan motor kemudi juga akan berhenti dan kapal atau daun kemudi sekarang berkedudukan . Dan selanjutnya motor memutar cacing dan roda cacing serta rondsel. Pada sistem ini tidak dipakai silinder dan plunyer untuk menggerakan atau memutar batang kemudi. Sementara motor kemudi berputar. Untuk mengembalikan daun kemudi ke kedudukan tengah-tengah roda kemudi harus diputar arah berlawanan dengan tadi. tapi kadang kadang dipakai untuk menarik/mengulur tali/tross. kabel dan lain-lain. Mesin Kemudi Listrik Mesin kemudi listrik seperti namanya memakai sumber arus listrik sebagai tenaga penggerak utamanya. Kalau roda kemudi di anjungan diputar. Maka sebaliknya kalau roda kemudi di anjungan diputar ke kanan kapal akan berbelok ke kanan. sehingga generator ini mampu membangkit-kan arus listrik pula dan lagi arus listrik dari generator membangkitkan medan magnit pada generator. karena hubungan roda-roda gigi kerucut. Mesin Jangkar Dipakai terutama untuk mengangkat dan menurunkan jangkar. Perkembangan baru dari mesin kemudi hidrolis adalah mesin kemudi rotasi. Kalau kontak sudah bergerak sedemikian sehingga sesuai dengan kedudukan kontak. Mesin-mesin kemudi hidrolis selalu dilengkapi dengan 2 buah pompa agar supaya kalau salah satu rusak. Misalkan setelah roda kemudi diputar ke dudukan kontak jadi tak seimbang antara rheostat-rheostat anjungan dan kemudi sehingga terjadi arus listrik. dimana sekarang generator juga dapat menimbulkan arus listrik yang mampu untuk memutar motor kemudi.

2.Gambar 15.3.1.3. Peralatan Bongkar Muat Peralatan bongkar muat ada berbagai macam.2. Untuk mengimbangi tekanan bobot. Motor Listrik .1. Tetapi disamping itu derek juga dapat digunakan untuk menarik atau mengulur tali-tali (tross). Mesin jangkar ini diatur oleh sorong pengatur untuk dapat memutarkan mesin ke kanan atau ke kiri yaitu dengan mengubah saluran pemasukan dan pembuangan. Mesin Jangkar Uap Pada kapal uap yang besar umumnya dipakai mesin jangkar dengan roda-roda gigi yang digerakan dengan me sin uap torak horizontal yang terletak di dek. antara lain : 15. yang dipasang pada poros horisontal dan pada salah satu atau keduanya dipasang tromol derek.3. Mesin Jangkar 15.3. Mesin Jangkar Listrik Sebagai tenaga penggerak adalah sebuah motor listrik jenis motor kompon. Tromol ini dipasang mati pada porosnya dimana dengan perantaraan roda-roda gigi poros tersebut dapat digerakan dengan: 1. maka pada ujung-ujung batang diberi pegas penahan. akan menggerakkan cacing serta roda cacing dan dengan pertolongan pemindahan roda gigi.2. Derek pada umumnya terdiri dari sebuah tromol yang besar. jantra dapat berputar. 15. Perlu diketahui bahwa kopling akan bekerja akibat tekanan oleh tuas-tuas serta bobot pada piringan-piringan kopling. Dengan perantaraan kopling.2.3.3. dengan demikian jangkar dapat dinaikan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan. Derek (Winch) Maksud utama dari derek ialah untuk membongkar atau memuat barang atau muatan. dengan silinder-silinder menghadap ke arah memanjang kapal. 15.

Derek ini kurang begitu banyak digunakan karena konstruksinya ruwet. 15.2. Mesin Listrik Hidrolis 4. Selalu siap bisa dipakai. Kapasitas angkat beban dari keran-keran umumnya terbatas dari 1-5 ton.3 . Pada keran-keran juga dilengkapi dengan rem tambahan. Keran Balans 2. . Keran dengan pilar yang tetap 3.2. Karena keran listrik mempunyai daya guna yang tinggi maka keran ini banyak dip akai kapalkapal baru. Motor Diesel Derek-derek uap dan listrik dewasa ini yang paling banyak digunakan karena konstruksinya yang sederhana. Lebih mudah untuk melayani muatan pada dua palka yang berdekatan dan dapat berputar 360 ° Kerugian-kerugian : 1. Derek hidrolis cara kerjanya sesuai dengan mesin kemudi hidrolis. Tinggi angkatnya terbatas 3. Diperlukan tenaga yang mempunyai skill lebih tinggi 4. Macam-macam keran yang dipakai di kapal adalah : 1. Biaya banyak dan konstruksi sulit 2. untuk mencegah berputarnya keran karena sesuatu sebab pada waktu tidak dipakai. Keran Keran-keran ini digunakan untuk bongkar muat muatan. tetapi untuk hal-hal yang khusus dapat dibuat lebih dari itu. kerugian tenaga kecil. Diperlukasn lebih sedikit personil 3. Keran-keran di kapal biasanya sebagai tenaga penggerak dip akai motor listrik. tetapi derek ini dapat bekerja dengan kecepatan beban yang dapat diatur dengan mudah dan sama sekali tidak ribut seperti derek lain. Perbaikan dan perawatan memerlukan lebih banyak biaya.3 . perawatan dan perbaikan mudah serta ekonomis. Umumnya pada tiap palka dip asang 2 keran. murah. Keuntungan-keuntungan : 1. Keran dengan pivet 4. tidak ekonomis. dapat dipercaya. 4. Mempunyai kapasitas yang lebih besar 2. Mesin Uap 3. Keran berjalan.

4. Kerak pada sisi permukaan air atau tersumbat oleh minyak kotor. Endapan kerak pada jaket air silinder dan kep ala silinder. 4. Disebabkan oleh : Aliran air pendingin tidak cukup. dan perbaikannya. sabuk mungkin slip. MENJAGA KONDISI OPERASI Dengan sangat beraneka ragamnya me sin diesel yang berada dilapangan. 4. Suhu minyak pendingin torak berlebihan dapat disebabkan oleh : 1. 15. Hanya terdapat dua kemungkinan: 1. Dalam kasus ini aliran harus ditingkatkan 2.operator harus segera menemukan penyebabnya. tidak mungkin untuk meliputi secara menyeluruh untuk menduga segala kemungkinan penyebab gangguan dan untuk mengatasi semuannya. 5. 15. Mesin Panas lebih. Kemacetan torak 2. Sebuah torak minyak seret/ hampir macet. Pendingin minyak tidak menerima air pendingin cukup.15. Pelumasan tidak cukup pada torak. Suhu Minyak Pendingin Torak Berlebihan. Hantaran silinder harus diperiksa dan disetel. .2. Aliran air melalui menara harus diperiksa 5. penyebab sebenarnya.4. Penyediaan air berkurang atau dimatikan oleh penutupan yang kurang berhati-hati dari katup atau penghenti pompa sirkulasi air 2. Tujuan dari pembahasan materi kegiatan belajar berikut adalah untuk menunjukkan hubungan umum antara berb agai gejala.4.4. 3. Dengan pengecualian me sin yang dilengkapi dengan pengendali termostatik dari sirkulasi air pendingin. Pompa yang mensirkulasi minyak tidak mengalirkan minyak cukup. Kalau pompa sirkulasi air gerakkan sabuk. 1. pada umumnya mesin menghendaki bahwa aliran air diatur dengan tangan untuk menyesuaikan dengan bebannya. Kalau dengan beban yang kira-kira konstan suhu air jaket mulai mananjak . Kalau operator mesin mendapatkan dari bahasan tersebut gambaran gangguan dari apa yang terjadi. Jaket air harus dibersihkan Langkauan menara pendingin air terbuka. Pendingin minyak tidak bekerja dengan baik.3.4. Suhu Air Pendingin Tidak Benar. 3. 15. ia harus mampu untuk menemukan dan menganalisa gangguan tersebut dan lokasinya sesuai dengan mesinnya dan dengan bantuan petunjuk yang diberikan oleh pabrik mesinnya untuk memperbaiki atau mengatasi ( shoot) gangguan dan meperbaiki tanpa banyak kesulitan.

Ketukan dari penyebab mekanis mungkin berasal dari beberapa sumber di antaranya sebagai berikut : 1. Kebisingan yang tidak menyenang-kan. Minyak harus diganti baru . Pena torak atau bantalan pena torak sangat aus. yaitu kalau suatu bagian me sin memukul bagian yang lain . Torak atau lapisan silinder atau keduanya sangat aus yang menyebabkan tamparan torak. Katup nosel bahan bakar harus bakar harus dibersihkan dan pendinginannya diperiksa. Ini terjadi pada mesin kecil dengan celah mekanis yang sangat kecil ketika gasket yang sangat tipis dari kepala silinder disisipkan . harus dibersihkan dan dipasangkan pasak baru tirus yang lebih lebar. Dan bagian nosel aus. Kalau alur pasak dalam poros atau hub. 7. khususnya pada mesin besar. pasak yang kedua harus dipasang atau digunakan dua pasak tangensial. Roda gila yang mengetuk tidak bisa dibiarkan karena dapat mengakibatkan patahnya poros engkol. 2. Lapisan silinder harus diperbaiki atau diganti baru tindakan yang sama juga dilakukan pada torak.5. Bantalan pena engkol sangat longgar. atau diencerkan oleh bahan bakar. Pasak harus diketatkan. Pena torak harus diperbaiki atau diganti bantalan pena torak mungkin perlu dip erbaiki. Kalau pasak menjadi longgar secara periodik. 9. Kelonggaran bantalan harus disetel atau bantalan diganti baru. Minyak lumas buruk. 8. 15. Pasak roda gila longgar. diperiksa kalau macet. Pompa minyak lumas aus. . 11.6. 4. hanya minyak yang diajurkan oleh pembuat mesin atau yang telah diuji dan ternyata memuaskan yang boleh digunakan. Torak memukul katup masuk dan buang. Mesin Bising. Pemeriksaan longgaran dan penampilan permukaannya akan menunjukkan keadaan ini. Pengaturan waktu injeksi bahan bakar tidak tepat. Saringan minyak lumas tersumbat. 3. kotor. Saringan harus dibersihkan dan isinya diganti kalau perlu.4. Nosel bahan bakar terkarbonisasi (berkerak karbon). yang kedua pembakaran yang biasa disebut ketukan bahan bakar. Pompa harus diperiksa dan bagian yang aus diganti atau diperbaiki. biasanya dalam bentuk ketukan. kalau pegas lemah. 5.Gasket harus diganti. 10. mempunyai dua kemungkinan penyebab dasar : yang pertama mekanis. Pengaturan waktu harus diperiksa dan dikoreksi menurut spesifikasi pembuat mesin. Nosel bahan Menetes pasca ( afterdribble).

6. Minyak pelumas digunakan berlebihan. Kepala silinder retak 2. . 4. Mengganti minyak pelumas yang lebih murah.6.4. Gasket kepala silinder bocor 3.3. Minyak pelumas buruk. Endapan Karbon Kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut : 1.4. 3. Pembakaran tidak sempurna. Meskipun minyak pelumas yang digunakan yang paling baik. 2. Sil bawah dari silinder bocor. Minyak bahan bakar salah. 15. Hanya minyak yang dianjurkan oleh pembuat mesin atau yang telah diuji oleh instalasi daya dan ternyata memuaskan yang boleh digunakan. Torak dan cincin tergumpal karet dapat disebabkan oleh beberapa sebab antara lain: 1. 4. 5. 15. Pembakaran tidak sempurna. instalasi harus dirubah.15. mereka harus dibersikan secara berkala. Lap isan silinder retak atau bocor 4.2. Tekanan balik berlebihan.6. 2. Torak dan Cincin Tergumpal Karet. Tekanan balik berlebihan mungkin juga disebabkan pipa yang terlalu panjang atau diameter pipa terlalu kecil. Pipa Udara Start Panas Katup searah penstarter udara mungkin tidak duduk dengan baik. Air Dalam Karter Kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut: 1. kalau dimasukan dalam jumlah berlebihan ke ruang bakar.4. Cylinder liner harus dilepas keluar dan cincin karet sebelah bawah diganti baru.1. Lintasan buang dalam kepala silinder dan pipa buang mungkin telah tersumbat karbon. Pendinginan berlebihan dari mesin. Tangkai katup searah mungkin tersumpal karet dan harus dibebaskan dengan beberapa tetes minyak tanah. meskipun penjualnya menyatakan bahwa minyaknya sama baik atau lebih baik dari merk yang telah teruji tidak akan berguna. 15. cenderung akan membentuk endapan karet 3.4. Kalau gangguanya terus menerus.6. rumah katup harus dilepaskan dan katup diperiksa dan diperbaiki.

pengatur alat pelumas. Alat pelumas harus diperiksa apakah pompanya berfungsi apakah pengalirannya minyak sampai ketinggian cukup. semua serta diisi mangkuk dengan gemuk/grease terisi. air dan udara serta saluran harus dip eriksa kalau tersumbat. 6. kebersihan dan lain sebagainya. Suatu pemeriksaan lengkap harus diberikan terdapat kepada pada sistem pelumasan yang untuk memastikan bahwa minyak setiap tempat memerlukan. 4. Semua bagian yang bergerak dari mesin harus diperiksa untuk penyetelan dan penyeragaman dan pelumasan yang baik. pompa minyak dan pompa pendingin. bahwa alat pelumas dan semua bantalan yang diminyaki sendiri mempunyai penyediaan dengan baik dan minyak jumlah bersih cukup. Oil priming pump) start pompa minyak dan setel tekanan sampai sebesar . Pastikan bahwa mesin akan menerima pelumasan yang baik pada saat segera mulai berputar. peralatan tersebut mungkin diperlukan segera ketika mesin sedang berjalan. Seluruh mesin dan permesinan harus diperiksa kalau ada mur longgar. Adalah baik untuk diingat bahwa tidak satupun yang seharusnya ketat ternyata longgar dan tidak satupun yang seharusnya bebas ternyata seret/ketat (macet). baut patah sambungan longgar dan kebocoran packing. mungkin dijatuhkan oleh getaran dan merusak beberapa bagian yang bergerak. 2. 5. nok. saluran hisap harus dibuka untuk memberikan air di dalam jacket mesin sebelun di start. Pemeriksaan Terdapat beberapa langkah yang harus dan diambil sebelum menstart yang mesin baik diesel. dan kalau pompanya digerakan oleh motor listrik.4. sistem injeksi bahan bakar. Ini mencakup katup. Pomp a pelumas manual harus diputar/ dipompadan titik yang mendapat pengaliran minyak harus dilumasi dengan baik. 3. Kalau mesin mempunyai torak yang didinginkan minyak dengan minyakpelumas yang dialirkan dengan pompa khusus ( lub. jumlah yang tepat dari sirkulasi air dapat diperiksa belakangan. Seluruh pipa dan katup untuk bahan bakar.7. penggerak katup. minyak lumas . Seluruh perkakas dan peralatan harus diperiksa untuk memastikan tidak ada yang tertinggal atau hilang. sementara mesin dipanasi. bahwa cukup. maka harus distart. kurang setelan. pompa bahan bakar. sambungan atau katup. Sistem pendinginan harus diperiksa. kususnya untuk pertama kali merupakan praktek untuk melakukan kebiasaan yang harus selalu diikuti sebagai berikut: 1. ketiadaan benda asing dalam sistem perpipaan harus diperiksa dengan sangat berhati-hati kususnya kalau mesin telah lama tidak bekerja atau baru saja dipasang. atau kalau salah letak dan ketinggalan diatas mesin. Dalam kasus yang terakhir dianjurkan untuk menghembus keluar keseluruhan sistem perpipaan dengan udara tekan.15.

Beban dengan dari menghidupkan tangki motor compressor udara Sistem setelah harus diperiksa dibuka katup pengendali utama tertutup.8. 10. (tangki) tidak harus harus harus pestart dibuka. harus diperiksa. dengan . tergantung pada tekanan maksimumun/angka dibo-lehkan dalam me sin. diperiksa diisi udara untuk mengetahui sampai bahwa kalau apakah tekanannya katup pengendali 11.yang dinyatakan pada plat nama atau yang diberikan dalam buku instruksi dari pembuat mesin. atau kopling harus berada dalam kedudukan netral. yaitu satu silinder mempunyai katup udara start terbuka dan toraknya kira-kira 10 derajat melampui TMA. utama tabung kalau start start. pompa bekerja. Udara start dalam cukup. saklar mesin menggerakan generator. Pompa Injeksi bahan bakar kemudian harus dipancing (primed). Kemudian kran pengaman/ indikator harus ditutup setelah mesin dalam kedudukan yang baik untuk di start. Tuas kendali bahan bakar disetel terbuka lebar sehingga injeksi akan start segera. untuk memastikan bahwa pipa bersih. Sistem minyak bahan bakar harus diperiksa dalam segala hal. 7.4. Harus berhati-hati untuk tidak menekan bahan bakar terlalu banyak kedalam ruang bakar atau silinder agar tidak mendapat tekanan terlalu tinggi pada penyalaan pertama yang menyebabkan katup pengaman meletup dan agar minyak bahan bakar tidak masuk kedalam penampungankarter. Untuk melakukan ini dip erlukan untuk membuka kran indikatur atau katup pengaman (compression relief) dan memutar mesin. Mesin harus diputar satu atau dua kali kalau telah lama tidak beroperasi. cara maka penstarteran sebagai berikut : dengan dapat dilaksanakan. dan terdapat penyediaan bahan bakar didalam tangki. mesin harus diputuskan. Tetapi pompa bahan bakar harus cukup dipancing sedemikian rupa sehingga setiap saluran pengeluaran terisi penuh sampai nosel. 9. katup ini disetel untuk meletup pada kira-kira 750 sampai 1250 psi. baik dengan tangan yang menggunakan batang yang dimasukan kedalam lubang yang ada pada roda gila (fly wheel) ataupun dengan udara start. Katup pengaman yang biasanya dipasang pada tiap kepala silinder. 8. dan udara atau air dikeluarkan dari saluran keluar katup atau nosel. Katup dihadapkan pada gas suhu tinggi dan mempunyai kecenderungan untuk macet. 15. Kendali pompa bahan bakar ditempatkan pada posisi “ ON”. pemeriksaan dapat dilakukan dengan menekan pegas menggunakan batang pengungkit atau dengan melepas baut dan melepas katup untuk diperiksa. Menghidupkan Kalau sebelas point kegiatan udara persiapan start telah diamati dan dilakukan.

Periksa apakah ada silinder yang terlalu cepat panas yang menunjukan adanya torak yang tidak terlumasi dan dengarkan kalau ada bantalan pena torak atau pena engkol yang tidak terlumasi. Selama 5 menit ini pengamatan berikut harus dilakukan: 1. Pada tanda pertama dari pembakaran. 5. Tindakan pengamatan ini selama lima menit pertama setelah menstart harus menjadi kebiasaan bagi operator mesin. Amati suara dan warna gas buang. maka pastikan untuk mengisi kembali tangki udara star sampai pada tekanan yang dianjurkan.9. Mesin harus diawasi. Kalau ada bagian yang bergerak yang tidak cukup mendapatkan pelumasan. Katup penstarter udara utama dibuka dan batang penstarter diatur menurut petunjuk yang diberikan (dalam buku petunjuk mesin) 2. Warna gas buang dapat bercerita banyak hal. periksa semua silinder untuk pembakarannya. dan hitung jumlah tetesan untuk operasi yang benar. 4. Apabila kompressor tidak memungkinkan untuk dijalankan karena tidak ada listrik atau motor penggerak kompressor cadangan. 15. Pro sedur ini merupakan metoda yang paling baik dan terandalkan untuk mencegah operasi yang tidak benar. Kalau tekanan udara penstarter terlalu rendah karena kebocoran pada sistim perpipaan dan sambungan atau karena kegagalan mesin untuk start pada percobaan pertama. Pemanasan Setelah mesin distart. udara harus dimatikan dan katup ventilasi dibuka.4. lihatlah apakah suhu air menanjak dengan baik. Amati tekanan pelumasan dan kerja dari alat pelumas. 3. Dengarkan apakah pembakaran seperti biasa dan urutan pengapian benar. 4. tidak boleh digunakan udara yang tidak diperlukan. Sebuah mesin dalam keadaan yang baik biasanya mulai penyalaan diantara putaran kedua dan keempat dari poros engkol. Kalau mesin gagal setelah empat atau lima putaran. dapat menimbulkan kerusakan gawat. berarti ada sesuatu yang salah. terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk memastikan tekanan udara penstarter yang diperlukan. yang akan ditunjukkan kemudian. Ini didasarkan pada . Amati sistim air pendingin keseluruhan untuk mengetahui apakah pomp a bekerja dan terdapat air cukup.1. tetapi jangan sekali-kali menggunakan oksigen murni untuk kepentingan start. sebelum dibebani harus dibiarkan tanpa kerja untuk beberapa menit (sampai 5 menit) dan menjadi panas. dan perhatikan kerja dari pompa injeksi untuk mengetahui apakah semua beropersi dengan baik 2. dan atur aliran air untuk menyesuaikanya. 3. Pengamatan ini harus diulangi setelah beban disambungkan. untuk mengetahui keadaan yang baik. Pemutaran tidak berguna dan mesin harus dihentikan.

1. katup udara. Turunkan kecepatan putaran mesin sampai kecepatan terendah yang masih bisa jalan langsam. Tetapi. kalau mereka tidak dapat diperbaiki sementara mesin berjalan . perlu dicatat bahwa pengamatan tertentu harus dilakukan meskipun setelah periode pemanasan lima menit. dan sebagainya. maka jacket air harus dikuras seluruhnya untuk mencegah karat dalam cuaca dingin juga melindungi jacket dari peledakan kalau air membeku. semua listrik harus diputuskan.4. SISTEM PERPIPAAN DI KAPAL IKAN Perpipaan adalah suatu alat yang fungsi atau kegunaannya sebagai tempat mengalirnya zat cair dari satu tempat ke temp at yang lain. 2. Juga didasarkan padakenyataan yang telah diketahui bahwa mesin diesel harus dioperasikan dengan baik dalam lima menit atau terdapat satu kelainan yang harus ditemukan dalam lima menit tersebut. 3.5. dan kopling diletakkan pada kedudukan netral. 5. Air pendingin dan minyak pendingin torak harus dibiarkan berjalan setelah mesin berjalan sampai suhu keluar tidak lebih dari 5 sampai 10 derajat lebih tinggi dari suhu masuk. Gerakkan pengendali pompa bahan bakar ke kedudukan STOP dan tutup katup penyedia bahan bakar. Tidak boleh ada kebocoran jenis apapun juga. mesin harus dihentikan dan tidak boleh distart kembali sampai kerusakan diperbaiki. Yaitu kalau terdapat kebocoran pada jacket air. poros dalam kasus mesin induk kopling kalau yang menghubungkan propeller sudah pada posisi netral. 15. Semua peminyakan tetes harus dimatikan.kenyataan bahwa mesin diesel memerlukan bukannya perhatian banyak ataupun perhatian yang terus menerus.1. Ini mencegah panas lebih setempat yang dapat menyebabkan endapan karat dalam jacket. Pipa Bahan Bakar .1. Lepas beban pada mesin. untuk pembangkit generator maka beban listrik sudah diputuskan. 15. 15. Kalau mesin harus dimatikan untuk jangka waktu yang lama. melainkan memerlukan perhatian yang layak pada saat yang tepat. Mematikan Untuk menghentikan mesin dilakukan sebagai berikut : 1. Jenis Pipa Jika ditinjau dari segi kegunaan maka perpipaan diatas kapal dibagi atas beberapa jenis. diantaranya adalah : 15.10.5. hal tersebut mungkin tidak terlihat sampai pemuaian sepenuhnya dari bagian yang bersangkutan terjadi setelah mesin beroperasi untuk waktu yang lebih lama dalam beban normal.5. katup injeksi. 6. 4.

Untuk membedakan pipa bahan bakar dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu yang berlaku secara internasional. Adapun warna yang digunakan untuk sistim perpipaan bahan bakar digunakan warna merah. untuk menghindari terjadinya kesalahan pengisian bahan bakar pada tangki induk dan tangki harian bahan bakar diatas kapal. Pemberian warna pada sistim perpipaan sangatlah penting untuk memudahkan operator ABK bagian me sin khususnya untuk mengetahui sistim perpipaan bahan bakar yang berada diatas kapal.Pipa bahan bakar adalah salah satu jenis perpipaan yang fungsinya adalah temp at mengalirnya bahan bakar dari satu tempat ke temp at yang lain diatas kapal. .

1 .1 .5 . Pipa Minyak Pelumas Pipa minyak pelumas adalah salah satu jenis perpipaan yang fungsinya adalah temp at mengalirnya minyak pelumas dari satu temp at ke temp at yang lain diatas kapal.5.5 . Sistem pemadam kebakaran red/merah 2 a b . Adapun warna yang digunakan untuk sistim perpipaan air laut digunakan warna hijau. Penataan Warna Pipa Penataan warna pada sistem perpipaan di kamar mesin adalah : 1 . . Untuk membedakan pipa air tawar dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu yang berlaku secara internasional. untuk menghindari terjadinya kesalahan pengisian bahan bakar pada tangki induk dan tangki harian minyak pelumas diatas kapal.1 . 3. 15. Untuk membedakan pipa minyak pelumas dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu yang berlaku secara internasional.4.3.2. Pemberian warna pada sistim perpipaan sangatlah penting untuk memudahkan operator ABK bagian mesin khususnya untuk mengetahui sistim perpipaan air laut yang berada di atas kapal yang digunakan sebagai pendingin motor penggerak utama dan motor bantu yang menggunakan sistim pendinginan langsung diatas kapal. Pipa Air Tawar Salah satu jenis perpipaan yang fungsinya adalah temp at mengalirnya air tawar dari satu tempat ke temp at yang lain diatas kapal. maupun yang digunakan sebagai pendingin motor penggerak utama dan motor bantu yang menggunakan sistim pendinginan tidak langsung 15.5 . Adapun warna yang digunakan untuk sistim perpipaan air tawar digunakan warna biru. Pemberian warna pada sistim perpipaan sangatlah penting untuk memudahkan operator ABK bagian mesin khususnya untukmengetahui sistim perpipaan minyak pelumas yang berada diatas kapal. 15. Pemberian warna pada sistim perpipaan sangatlah penting untuk memudahkan operator ABK bagian me sin khususnya untuk mengetahui sistim perpipaan air tawar yang berada di atas kapal yang digunakan sebagai persediaan air tawar selama pelayaran. Untuk membedakan pipa air laut dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu yang berlaku secara internasional.2. Sistem pendinginan Fresh water (air tawar) Sea water (air laut) Sistem pelumasan blue/biru green/hijau yellowkuning .15. Adapun warna yang digunakan untuk sistim perpipaan minyak pelumas digunakan warna kuning. . Pipa Air Laut Pipa air laut berfungsi sebagai temp at mengalinya air laut dari satu tempat ke temp at yang lain diatas kapal.

9. 3. Periksa kelonggaran sambungan 6. Hindari pemasangan pipa yang panjang dan lurus untuk mencegah tegangan pada penghubung 4. 2. 8. Mengecat dengan cat anti korosif. pipa dibersihkan dari kotoran 5. 5. Beri perlindungan anti karat. lalu dicat dengan cat anti karat dan cat biasa (top coating) Adapun pro sedur atau tindakan perawatan dalam pemasangan perpipaan sistem remote kontrol di kapal adalah : 1. Perawatan Adapun jenis perawatan yang dilakukan untuk semua jenis perpipaan yang disebutkan diatas adalah : 1. 7. Sistem bahan bakar Sistem uap Sistem udara Sistem bilge/got Sistem sanitary Sistem hidrolik red/merah silver grey/abu-abu black/hitam black/hitam yellow/kuning grey/abu-abu 10. Periksa lampu-lampu indikasi . 6. Menghilangkan lapisan karat. dibersihkan dengan amplas untuk menghilangkan sisa kotoran yang terdapat pada permukaan pipa.3. Pengecatan ini dimaksudkan untuk memberikan lap isan anti karat atau korosif pada permukaan pip a. Hindari terbentuknya kantong-kantong udara 3. Sistem pneumatic 15. diketok dengan palu. hindari penimbunan aliran pada pipa 2. Selesai pemasangan.5.4. Berikutnya adalah memberikan lapisan pipa yang telah dicat dengan cat anti karat atau korosif dengan cat biasa (top coating).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful