P. 1
HAK MILIK

HAK MILIK

|Views: 60|Likes:
Published by Keko Arantasari
hak milik kebendaan
hak milik kebendaan

More info:

Published by: Keko Arantasari on Apr 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

HAK MILIK

Berdasarkan Pasal 570 KUHPerdata, Hak milik adalah hak untuk menikmati kegunaan suatu kebendaan dengan leluasa dan untuk berbuat bebas terhadap kebendaan itu dengan kedaulatan sepenuhnya, asal tidak bersalahan dengan undang-undang atau peraturan umum yang diterapkan oleh suatu kekuasaan yang berhal menetapkannya, dan tidak mengganggu hak-hak orang lain; kesemuanya itu dengan tak mengurangi kemungkinanakan pencabutan hak itu demi kepentingan umum berdasar atas ketentuan undang-undang dan dengan pembayaran ganti rugi. Pada awalnya hak milik dipandang sebagai hak yang benar-benar mutlak yang tidak dapat diganggu gugat, namun dalam perkembangan kini hal tersebut tidak dapat dipertahankan, saat ini timbul berbagai macam peraturan hukum yang membatasi seperti penggunaan hak milik yang tidak boleh mengganggu hak-hak orang lain dan tidak boleh menyalahgunakan hak. Hak milik dikatakan sebagai hak yang paling sempurna dibanding hak-hak kebendaan lainnya karena adanya dua hal, yaitu:1 1. Hak milik adalah hak atas benda kepunyaan sendiri, sedangkan hak-hak kebendaan lainnya itu adalah hak atas benda lain 2. Hak milik mempunyai kekuasaan untuk mengasingkan, menjual, memberi, menukar, mewariskan secara logat bendanya (mempunyai kekuasaan beschikking), sedangkan hak atas kebendaan lainnya hanya memberi: a. Genat (kenikmatan, seperti hak-hak servitut postal pengusahaan tanah, pajak tanah, penggunaan hasil, penggunaan dan pendiaman, hak berdasarkan conversis bechikking dan konsesi tambang) atau b. Beschikking, tapi hanya kekuasaan untuk menjual, seperti hak-hak, pand hipotek, credict, verband, dan aogsterband)

Bewa Ragawino, Pengantar Ilmu Hukum dan Sistem Hukum Indonesia, FISIP Universitas Padjadjaran, Bandung, 2009, hlm. 128-129

1

hlm. 130-131 hlm. Hak milik ditinjau dari kualitetnya merupakan hak yang selengkap-lengkapnya 3. Lewat waktu / daluarsa (verjaring) yaitu cara memperoleh hak milik karena lampaunya waktu 20 tahun dalam hal ada alas hak yang sah atau 30 tahun dalam hak tidak ada alas hak. 2 Sri Soedewi M. Hak milik mengandung inti (benih) dari hak kebendaan yang lain. disamping harus lewat waktu 20 tahun atau 30 tahun 4.Sebagai hak kebendaan yang paling sempurna. Hak milik merupakan hak induk terhadap hak-hak kebendaan yang lain. Ridua Syahrani. Sedangkan hak kebendaan yang lain dapat lenyap jika menghadapi hak milik 4. 1975. bezit harus te goeder trouw. Seluk Beluk dan Asas-asas Hukum Perdata. Hak milik bersifat tetap. 45 3 . bezitter harus merasa dirinya sebagai pemilik yang sebenarnya. Perwarisan (erfopvolging) yaitu cara memperoleh hak milik bagi para ahli waris atau boendel warisan yang ditinggalkan pewaris. Sedangkan hakhak kebendaan yang lain merupakan hak anak terhadap hak milik 2. Yogjakarta. Terdapat beberapa syarat yaitu harus ada bezit yang terus menerus dan tidak terganggu selama waktu yang ditentukan itu. 3. Sofwan. bezit harus diketahui umum. Fakultas Hukum UGM. Sedangkan hak kebendaan yang lain hanya merupakan bagian dari hak milik. artinya tidak akan lenyap terhadap hak kebendaan yang lain. Pengambilan (toegening atau occupation) yaitu cara memperoleh hak milik dengan mengambil benda-benda bergerak yang sebelumnya tidak ada pemiliknya (res nullius) 2. hak milik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:2 1. Penarikan oleh benda lain (natrekking atau accession) yaitu cara memperoleh hak milik dimana benda (pokok) yang dimiliki sebelumnya karena alam yang bertambah besar atau bertambah banyak. Cara memperoleh hak milik yang disebut dalam Pasal 584 KUHPerdata sebagai berikut:3 1. Hukum Perdata Hukum Benda.

dan Pasal 614 KUHPerdata). ia berhak untuk 4 Idem. Pembentukan benda (zaaksvorming) yaitu dengan cara membentuk atau menjadikan benda yang sudah ada menjadi benda yang baru 2.5. Penyerahan (levering atau overdracht) yaitu cara memperoleh hak milik karena adanya pemindahan hak milik dari seseorang yang berhak memindahkannya kepada orang lain yang memperoleh hak milik itu. Perampasan (verbeurdverklaring) yaitu cara memperoleh hak milik bagi penguasa (negara) dengan merampas hak milik atas suatu benda kepunyaan terpidana yang biasanya dipergunakan untuk melakukan tindak pidana. Pasal 613. Pembubaran suatu bdan hukum yaitu cara memperoleh hak milik karena pembubaran suatu badan hukum. 6. 4. Persatuan atau pencampuran benda (vereniging) yaitu memperoleh hak milik karena bercampurnya beberapa macam benda kepunyaan beberapa orang. Cara memperoleh hak milik yang tidak disebut dalam Pasal 584 KUHPerdata adalah:4 1. sebelum suatu benda diserahkan (menurut Pasal 612. maka hak milik atas benda tersebut belumnya beralih. 134-135 . Sebagai pemilik. dimana anggota-anggota badan hukum yang masih ada memperoleh bagian dari harta kekayaan badan hukum tersebut. Penarikan buahnya (vruchttrekking) yaitu dengan menjadi bezitter to goeder trouw suatu benda dapat menjadi pemilik (eigenaar) dari hasil yang dibezit 3. Pencabutan hak (onteigening) yaitu cara memperoleh hak milik bagi penguasa (pemerintah) dengan jalan pencabutan hak milik atas suatu benda kepunyaan seseorang atau beberapa orang 5. Pada prinsipnya hak milik adalah suatu hak yang mengikuti bendanya ( droit de suite). hlm.

Secara deriwatief yaitu memperoleh hak milik berasal dari orang lain yang kebih dahuku memiliki atas suatu benda. dan menggunakan secara aman. 134 7 Idem. nyaman. Jakarta. Mereka yang memperooleh hak milik berdasarkan alas hak yang khusus Adapun sebab-sebab yang mengakibatkan hilangnya (hapusnya) hak milik adalah:7 1. 2003. Secara originair yaitu memperoleh hak milik bukan berasal dari orang lain yang lebih dahulu memiliki 2. dan tentram. hlm. Kebendaan Pada Umumnya. Memperoleh hak milik secara derivatief dibedakan atas 2 macam: a. Karena musnanya benda yang dimiliki 3. 138 5 . Op. agar ia dapat menguasai. Prenada Media. hlm. Karena orang lain memperoleh hak milik itu dengan salah satu cara untuk memperoleh hak milik seperti yang telai diuraikan 2.menuntut terhadap siapa saja yang mengganggu kepemilikan benda tersebut.5 Kalau dilihat dari segi sifatnya memperoleh hak milik maka memperoleh hak milik dibedakan atas 2 macam:6 1. Mereka yang memperoleh hak milikberdasarkan alas hak yang umum b. Karena pemilik melepaskan benda yang dimilikinya dengan maksud untuk melepaskan hak miliknya Kartini Muljadi dan Gunawa Widjaja. hlm.Cit. memanfaatkan. 193-194 6 Ridua Syahrani.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->