Pembaharuan Islam India Pakistan Ali Iqbal Dan Jinnah

MAKALAH PERKEMBANGAN PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM

“SAYYED AMIR ALI, MUHAMMAD IQBAL DAN MUHAMMAD ALI JINNAH”

Disusun Oleh : Kelompok

Dosen Pembimbing : Raflisman, S.Hum

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’ANIYAH (STIT-Q) MANNA BENGKULU SELATAN
JL. Affan Bachsin No. 29 Manna

TA. 2011/2012

KATA PENGANTAR

Puja dan Puji syukur selalu penyusun panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penyusun, sehingga tugas ini tepat pada waktunya dapat terselesaikan. Dalam penyusunan makalah ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak karenanya penyusun menghaturkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Dosen Pembimbing Mata kuliah dalam penyusunan Tugas ini. Dan Rekan-rekan mahasiswa yang telah membantu sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Dan pada akhirnya penyusun berharap, makalah ini dapat menambah khasanah dan wawasan bagi kita semua. Penyusun menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna, maka penyusun mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan dan kesempurnaan tugas ini.

Manna, April 2012 Penyusun

ii

DAFTAR ISI

Halaman Judul Kata Pengantar Daftar Isi

……………………………………………………………. ……………………………………………………………. …………………………………………………………….

i ii iii 1 1 2 3 3 11 20 29

BAB I. Pendahuluan ………………………………………………………. A. Latar Belakang ……………………………………………. B. Tujuan …………………….. …………………………………… BAB II. Perkembangan Pemikiran Dalam Islam………………………........... A. Sayyed Amir Ali……………………………………………….. B. Muhammad Iqbal………………………………………………. C. Muhammad Ali Jinnah………………………………………….. BAB III. Kesimpulan ………………………………………………………..

Daftar Pustaka

iii

priode pertengahan (1250-1800) dan periode modern (1800 M dan seterusnya).BAB I PENDAHULUAN A. yang ditandai dengan jatuhnya Mesir ke tangan Eropa yang pada akhirnya menjadikan umat Islam ini insaf atas kelemahan-kelemahannya serta sadar bahwa di Barat telah muncul sebuah peradaban baru yang lebih tinggi dan super power yang merupakan acaman yang serius terhadap umat Islam. tokoh serta pemikir-pemikir Islam mulai memikirkan bagaimana meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam agar dapat bangkit kembali dari keterpurukan. Iqbal dan Muhammad Ali Jinnah. Perbedaan yang ada tentunya tidak dapat dinafikan begitu saja tanpa melakukan sebuah penyelidikan atau upaya untuk mencari grass root sebuah aliran pemikiran. dan tentunya diharapkan dapat bersaing. Maulana Muhammad Ali. Abu Alam Kazad. 1999). (Bandung: Remaja Rosda Karya. 296. 1 Dari sekian banyak pemikir modern Islam yang terlibat langsung dalam upaya ini. namun yang menjadi tema sentral dari pembahasan ini yaitu Sayyid Amir Ali. Setiap periode mempunyai cirri dan keunikan tersendiri. terutama mereka yang meretas di daratan sub-continent (IndiaPakistan) seperti Sayyid Ahmad Khan. Influence of Islam on World Civilization. Periode modern merupakan zaman kebangkitan umat Islam. terutama pada periode modern. 9. h. Igbal dan Muhammad 1 2 Ziauddin Ahmad. h. Seratus Tokoh dalam Sejarah Islam. Hal ini dapat dicermati mulai dari priode klasik Islam (650-1250). Latar Belakang Dalam sejarah dan peradaban umat Islam telah dijumpai berbagai macam aliran pemikiran yang masing-masing mempunyai corak dan karasteristik tertentu. (Karachi: Royal Book Company. Para penguasa. 1994). berkompetisi dan jauh lebih unggul dari peradaban lain di dunia.2 Mohsinul Mulk. 1 . Husayn Ahmad Amin.

B. Makalah ini memfokuskan pada pokok pikiran Seyyed Amir Ali.Ali Jinnah. Ia tidak hanya menawarkan konsep akan tetapi juga terlibat langsung sebagai pemeran utama yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan khazanah dan intelektual Islam. dan Muhammad Ali Jinnah yang tidak dapat dipisahkan dari ranah pemikiran dan intelektual Islam. Tujuan Berdasarkan uraian latar belakang di atas penulis berupaya membahas figur Seyyed Amir Ali beserta pemikiran yang dikembangkannya. 2 . Muhammad Iqbal.

h. Vol: I. h. 142. 3 Harun Nasution. Jenjang Pendidikan Sayyid Amir Ali memulai jenjang pendidikannya di kampung halamannya kemudian ia melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi Mhsiniyyah. A. yang menjadikannya terkenal baik di Barat maupun di Timur. 1998). (New York: Oxford University Press. Alam Pikiran Isalm Modern di India dan Pakistan. 2003). h.4 1.5 Di tahun 1869 ia pergi ke Inggris untuk meneruskan studi dan selesai di tahun 1873 dengan memperoleh kesarjanaan dalam bidang hukum dengan menerbitkan karyanya dengan judul A Critical Examination of the Life and Teaching of Muhammed. Bandung: Mizan.. Jakarta: Bulan Bintang. 1995). India.3 Sayyid Amir Ali lahir pada 6 April 1849 di Cuttack. Mukti Ali. di sinilah ia mempelajari bahasa Arab dan juga belajar bahasa Inggris kemudian Sastra dan juga Hukum Inggris di Hooghly College dekat Kalkutta. Mukti Ali. 4 H. The Oxford Encyclopedia of the Modern Islamic World . 174. 3 . IV. (Cet.cit. kemudian keluarga tersebut berpindah ke India dan menjadi pejabat kerajaan di Istana Mughal demikian pula bekerja pada pada British East India Company. 5 John L. dan guru besar dalam hukum Islam. (Cet.BAB II PEMBAHASAN A. h. A. buku pertama yang merupakan interpretasi kaum modernis Muslim tentang Islam. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan . Seyyed Amir Ali Sayyid Amir Ali berasal dari keluarga Syi'ah yang sehari-harinya bekerja di kerajaan Persia pada masa Nadir Syah (1736-1748). pengacara. Posito (Ed). op. 6 H. XIII. 142.6 Selesai dari studi ia kembali ke India dan pernah bekerja sebagai pegawai Pemerintah Inggris. 48.

Setelah Perang Dunia pertama ia tampil dan mempunyai peran penting dalam pergerakan Khilafah di London sebagai upaya untuk mempertahankan Khilafah 7 8 Harun Nasution.cit. 4 . Seperti halnya Sir Ahmad Khan. op.8 Pemerintahan serta kependudukan Inggris di India. A. h. dalam pandangan Sayyid Amir Ali bahwa hal tersebut merupakan salah satu alternatif untuk menghindari pengaruh dan dominasi orang Hindu setelah memperoleh kemerdekaan dari kerajaan Inggris. Di tahun 1904 ia meninggalkan India dan menetap di London bersama isterinya yang berkebangsaan British asli. Pada tahun 1906 ia diangkat menjadi anggota The Judicial Committee of the Privy Council (Komite Kehakiman Dewan Raja) di London. Sayyid Amir Ali banyak terlibat dalam perundingan-perundingan di London tentang rancangan pembaharuan politik di India. H. Mukti Ali. 143. Perkumpulan ini mempunyai 34 cabang di berbagai wilayan di India. cit. . h.. 174. Karir Politik dan Pemerintahan Di tahun 1877 ia membentuk National Muhammaden Association yang merupakan wadah persatuan umat Islam India. Di tahun 1883 ia diangkat menjadi salah satu dari ketiga anggota Dewan Raja Muda Inggris (The Viceroy‘s Council) di India.. Perpindahannya ini dilakukan setelah ia berhenti dari Pengadilan Tinggi Bengal. Sayyid Amir Ali juga merupakan seorang pemimpin Muslim yang mempunyai hubungan yang dekat dengan pemerintahan Inggris di India. Ia adalah satu satunya anggota Islam dalam majelis itu.Yang membuat ia lebih terkenal ialah aktivitasnya dalam bidang politik dan buku karangannya The Spirit of Islam dan A Short Story of the Saracens.7 2. dan merupakan orang India pertama yang menduduki jabatan tersebut. op. dan tujuannya adalah untuk membela kepentingan umat Islam dan untuk melatih mereka dalam bidang politik. Setelah bermukim di London ia mendirikan cabang The Muslim League.

222. Agama-agama yang datang sebelum Islam pada umumnya menggambarkan bahwa di hidup kedua itu manusia akan memperoleh upah dan balasan dalam bentuk jasmani dan bukan dalam bentuk rohani. (ed) Muslims and the West: Encounter and Dialogue. (Islamabad: Islamic Research Institute Press. Zafar Ishaq Ansari. Lihat Tamara Sonn. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa ajaran mengenai akhirat itu amat besar arti dan pengaruhnya dalam mendorong manusia untuk berbuat baik dan menjauhi perbuatan jahat. namun dengan adanya pekembangan dalam ajaran-ajaran Yahudi yang timbul kemudian baru dijumpai adanya hidup yang kedua. 49. 11 John L. lihat Akbar S Ahmad.Utsmania9 di Turky dari rencana penghapusan Khilafat yang akan dilakuakn oleh Kemal Attaturk. (London: I.10 Upaya yang dijalankan Sayyid Amir Ali adalah gerakan diplomatis serta kegiatan lobi-lobi internasional terhadap pemerintahan Inggris untuk mempertahankan Khilafah. khilafah ini secara resmi dihapuskan oleh Kemal Atatur di tahun 1924. Sayyid Amir Ali menjelaskan diskursus tentang akhirat. namun upaya tersebut mendapat tanggapan dingin dari pemerintah Turky.. 5 . 10 Kemal Ataturk (1881-1938) membentuk pemerintahan Turky di tahun 1920 yang berkiblat ke Barat (westernisasi) dengan kebijakan memisahkan antara persoalan agama dan negara (secularism). Ajaran Tentang Akhirat Dalam bukunya The Spirit of Islam. cit. Lebih lanjut lagi ajaran ini membawa 9 Khilafah Utsmania (1300-1922). h. 72.11 3. Esposito. Posito (Ed). h. Agama Yahudi pada mulanya tidak mengakui adanya hidup selain hidup di dunia. 2001). op. selain itu ia dan Agha Khan melayangkan surat tertulis kepada perdana menteri Turki di tahun 1923 dan menghimbau agar Khilafah tetap eksis. Islam to Day: A Short Introduction to the Muslim World . 2001). h. John L.B. Pandangan dan Pemikiran Kalam Seyyid Amir Ali a. bahwa bangsa yang pertama kali menimbulkan kepercayaan pada kehidupan akhirat adalah bangsa Mesir kuno. sebagaimana yang dikuti oleh Harun Nasution. Tauris & Co Ltd.

Sementara agama Islam berbeda dengan agama-agama sebelumnya. 178. Sayyid Amir Ali berpedapat bahwa penyebabnya terletak pada keadaan umat Islam di zaman modern menganggap bahwa pintu ijtihad telah tertutup dan tidak boleh lagi melakukan ijtihad. Sayyid Amir Ali menerangkan bahwa sistem perbudakan dalam sejarah peradaban manusia telah ada semenjak zaman purba. Islam datang dengan menghapus sistem perbudakan. pendapat ulama yang disusun pada beberapa abad yang lalu masih tetap diyakini sesuai dan dapat dipakai untuk zaman modern. Oleh karena itu. . dalam sejarah peradaban Islam. h.kepada peningkatan moral golongan awam. Budak harus diperlakuakan dengan baik dan tidak boleh dibedakan dengan manusia lain. Dosadosa tertentu dapat ditebus dengan memerdekakan budak. op. apabila ganjaran dan balasan di akhirat digambarkan dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh panca indera. c. Romawi..12 b. tercatat bahwa ada di antara budak-budak yang akhirnya menjadi perdana menteri. 12 Harun Nasution. yang tidak dapat mengetahui kebutuhan abad ke-20. Orang harus tunduk kepada pendapat ulama abad ke-9 Masehi. budak harus diberi kebebasan untuk membeli kemerdekaannya dengan upah yang ia peroleh. Kemunduran Umat Islam Kemunduran umat Islam. dan Jerman di masa lampau mengakui dan memakai sistem perbudakan dan agama Kristen tidak membawa ajaran untuk menghapus sistem perbudakan. Perbudakan Dalam soal perbudakan. 6 .cit. Yunani. bahkan itu adalah dosa.

menjadikan berpikir dan menggunakan akal sebagai dosa dan kejahatan. 560. Ulama kita sekarang. Konsepsi tentang Ketuhanan Sayyid Amir Ali lebih banyak memberi perhatian tentang keadilan Tuhan dan hubungannya dengan kebajikan manusia. Setelah kebebasan berpikir menjadi kabur di kalangan umat Islam. Dan inilah. baik sains maupun perkembangan teknologi. dan ini sangat berbeda pada zaman klasik Islam yang puncaknya pada priode Abbasiyah. mereka 14 menjadi ketinggalan dalam perlombaan menuju kemajuan.cit. umat Islam di zaman modern tidak percaya pada kekuatan akal. d. h. sedangkan ilmu pengetahuan tidak bisa dipisahkan dari kebebasan berpikir. Sementara Islamlah yang pertama membuka pintu berpikir untuk menggali potensi akal. Eropa pada waktu yang bersamaan masih dalam kemunduran intelektual dan kebebasan berpikir belum ada karena dunia Eropa berada di bawah kekuasaan gereja.(Cet. karena mereka kuat berpegang pada ajaran nabi Muhammad dan berusaha keras untuk melaksanakannya. selain itu ujian terhadap kebaikan 13 14 Mazharul Haq. . Keadilan merupakan animasi yang prinsipil dari perbuatan manusia dan sesungguhnya Tuhan mengontrol alam ini dengan keadilan. membuat umat Islam menjadi promotor ilmu pengetahuan dan peradaban. Dan penyebab lain adalah tidak adanya perhatian yang serius terhadap ilmu pengetahuan. h. penyebab kemunduran umat ini. 2002). XVII. op. 7 .Selain itu. menurut Amir Ali. Lahore: Bookland.13 Kemajuan ilmu pengetahuan ini dapat dicapai oleh umat Islam di zaman klasik. menurut Sayyid Amir Ali. 181. sedangkan nabi Muhammad memberi penghargaan tinggi dan mulia terhadap akal manusia. Harun Nasution.. A Short History of Islam.

namun juga berkembang sesuai dengan kepercayaannya dalam memahami konsepsi spiritual. Dan kehendak Tuhan bukanlah sekedar kehendak atau keinginan yang muncul begitu saja. Demikian pula perkembangan akal seorang guru tidak hanya berkembang sejalan dengan perjalanan waktu dan kesadaran keagamaannya. e. Lanjutan pemaparannya. fenomena alam. semuanya dikendalikan oleh hukum. Hal ini menunjukkan bahwa kapasitas akal dan intelektual mengalami perkembagan untuk memahami surah demi surah yang diturunkan. 8 . Sayyid Amir Ali berpegang teguh terhadap adanya kekuatan hukum yang berlaku di alam ini. Modern Reformis Thought in The Muslim World. semua ini merupakan kategori yang mendasar dalam pandangan Sayyid Amir Ali tentang konsep ketuhanan. hidup dan mati. Bintang-bintang dan planet masing-masing mempunyai peran tujuan tertentu dalam penciptaannya. dengan pandangan bahwa kekuatan akal dan kapasitas intelektual seorang nabi tumbuh dan berkembang sama dengan manusia yang lain. ia memaparkan bahwa dalam alQur‘an telah banyak dijumpai tentang keputusan Tuhan yang secara jelas menerangkan tentang hukum-hukum alam (Laws of Nature). h. Konsepsi antara Kenabian dan Akal Konsepsi Sayyid Amir Ali terhadap kenabian benar-benar sangat naturalistik sebagaiman yang ia paparkan dalam bukunya The Spirit of Islam. Kebajikan manusia. 1982). melainkan adalah kebajikan manusia.dan kejahatan bukanlah keinginan dari seorang individu. (Islamabd: Islamic Research Institute Press. 15 Mazheruddin Siddiqi. 48. baik secara figuratif atau lisan yang diwahyukan kepada nabi tidak serta merta diturunkan secara keseluruhan. keadilan dan hukum. Selanjutnya Amir Ali memberikan sebuah ilustrasi. bahwa beberapa surah yang terdapat dalam al-Qur‘an telah mendeskripsikan tentang kenikmatan syurga.15 Lebih dari itu. namun keinginan Tuhan adalah keinginan yang mendidik (it‘s an education will). bahwasanya gerakan benda-benda angkasa. akan tetapi melalui beberapa tahapan.

Aliran Mu‘tazilah untuk beberapa abad mempengaruhi pemikiran umat Islam yang disokong oleh para penguasa yang berpikiran luas sehingga ilmu pengetahuan dan filsafat tumbuh dengan pesat sehingga tidak sedikit kaum Mu‘tazilah menjadi ahli dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Jiwa manusia bertanggung jawab atas perbuatannya. Paham qadariah inilah yang selanjutnya menimbulkan rasionalisme dalam Islam. Sayyid Amir Ali menjelaskan bahwa jiwa yang terdapat dalam al-Qur‘an bukanlah jiwa fatalism. yaitu kebebasan manusia dalam kehendak dan perbuatan. kimia.16 g. tetapi adalah jiwa kebebasan manusia dalam berbuat. op. sehingga melalui merekalah. 181. semetara paham qadariah dan rasionalisme itu sendiri menimbulkan peradaban yang kuat pada zaman klasik Islam.f. Nabi Muhammad.cit. matematika dan sejarah. Sebenarnya apa yang hendak ditegaskan oleh Sayyid Amir Ali. h. tetapi oleh paham Qadariah. rasionalisme Islam meluas ke seluruh masyarakat terpelajar yang ada di kerajaan Islam ketika itu bahkan sampai ke perguruan-perguruan yang letaknya sejauh Andalus. 9 . Pandangan terhadap Mu’tazilah Sayyid Amir Ali dalam bukunya The Spirit pf Islam selanjutnya menguraikan peranan yang dipegang golongan Mu‘tazilah dalam perkembangan ilmu pengetahuna dan filsafat dalam Islam. Melalui Mu‘tazilah. dalam pandangan 16 Harun Nasution. adalah Islam bukanlah dijiwai oleh paham qada‘ dan qadr atau jabariah. Konsepsi tentang Free Will and Free Act Dalam uraian ini. . seperti kedokteran. demikian ia menulis lebih lanjut.. berkeyakinan bahwa manusia mempunyai kebebasan dalam menentukan keinginan. fisika. menurut Amir Ali. Kaum rasionalis tidak hanya aktif memberikan ceramah-ceramah di perguruan tinggi tetapi juga di masjid-masjid.

Mukti Ali. karena serangan tersebut mengatas namakan agama (Kriseten). cit. tanpa mencoba melihat dan membahas sisi lain dari kehidupan Sayyid Amir Ali. khususnya sebelum perang dunia pertama hingga perang dunia kedua berakhir yang sangat merugikan umat Islam. karena sebagian besar pemikiran kaum modernis masuk pada kategori ini.Sayyid Amir Ali. h. 143. cit. atau lebih dikenal sebagai apologis modern dalam bidang kebudayaan Islam. menurut H. 10 . adalah pembelaannya terhadap Islam dari serangan-serangan. Sayyid Amir Ali. adalah contoh yang paling tepat 17 18 John L. H..18 Dalam hal ini para pemikir Muslim modern harus berusaha memikirkan pertahanan terhadap Islam lebih daripada Islam itu sendiri. baik dari luar maupun dari dalam. 4.. Di kalangan Orientalis barat. Salah satu yang sangat menonjol yang ada pada Sayyid Amil Ali. dan mereka ingin menjadi pembela Islam lebih daripada usaha untuk memahami Islam terutama untuk menjawab langsung serangan barat terhadap Islam. Seyyed Amir Ali dan Apologi Islam Membahas tentang figur Sayyid Amir Ali sepertinya tidak cukup apabila hanya berkutak pada cara pandang dan pemikirannya. op.17 Sayyid Amir Ali berusaha untuk membuktikan pada dirinya atau orang lain bahwa Islam adalah baik. A.A. h. Amir Ali terkenal sebagai apolog terbesar di antara penulis-penulis Muslim. Para apologi Muslim ini berusaha untuk melawan pandanganpandangan yang salah tentang Islam lebih daripada menerangkan Islam itu sendiri. Apologi merupakan suatu hal yang harus diketahui oleh orang yang ingin memahami pemikiran–pemikiran modern dunia Islam. terutama dalam tulisan-tulisannya. terjadi perubahan yang besar dalam masyarakat Islam dari umat yang sederhana kebudayaannya menjadi umat yang tinggi peradabannya. op. 49. Posito (Ed). Mukti Ali.

III hal. di Cambridge-Inggris dan terakhir di Munich-Jerman dengan mengajukan tesis dengan judul The Development Of Metaphysics in Persia. 473 11 . hal. Asrar-iKhudi (Rahasia-rahasia Diri). dan pada tahun 1909 ia mendapatkan gelar M. Setelah pendidikan dasarnya selesai di Sialkot ia masuk Government College (sekolah tinggi pemerintah) Lahore.Jakarta. Mizan 1998.tentang apologi Islam. ia mendapatkan pendidikan yang bagus. B. 2006. karena tulisan dan karya-karyanya sangat jelas mempertahankan dan membela ajaran-ajaran Islam di hadapan pengadilan opini Barat.A dalam bidang filsafat. Gema Insani. Tokoh-Tokoh Islam Yang Berpengaruh Abad 20. Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan. Iqbal menjadi murid kesayangan dari Sir Thomas Arnold. 21 Herry Mohammad (dkk). tetapi berkat bantuan beasiswa yang diperlolehnya dari sekolah menengah dan perguruan tinggi. cet. Bandung. hal. Payam-i-Mashriq (Pesan Dari Timur). Ia terlahir dari keluarga miskin.20 Ia lahir dari kalangan keluarga yang taat beribadah sehingga sejak masa kecilnya telah mendapatkan bimbingan langsung dari sang ayah Syekh Mohammad Noor dan Muhammad Rafiq kakeknya21.22 Adapun karya-karya Iqbal diantaranya adalah: Bang-i-dara (Genta Lonceng). Pendidikan dasar sampai tingkat menengah ia selesaikan di Sialkot untuk kemudian melanjutkan ke Perguruan Tinggi di Lahore. Rumuz-i-Bekhudi (Rahasia-rahasia Peniadaan 19 Herry Mohammad (dkk).A Mukti Ali.1. th.174. Iqbal lulus pada tahun 1897 dan memperoleh beasiswa serta dua medali emas karena baiknya bahasa inggris dan arab. Cet. Iqbal Iqbal dilahirkan di Sialkot-India (suatu kota tua bersejarah di perbatasan Punjab Barat dan Kashmir) pada tanggal 9 November 1877/ 2 Dzulqa'dah 129419 dan wafat pada tanggal 21 April 1938.237 22 Ensiklopedi Umum. hal.237 20 H. Tokoh-Tokoh Islam Yang Berpengaruh Abad 20. Sekembalinya dari Eropa tahun 1909 ia diangkat menjadi Guru Besar di Lahore dan sempat menjadi pengacara.

Jakarta. 51 12 . Iqbal memiliki beberapa pemikiran yang fundamental yaitu intuisi. Pas Cheh Bayad Kard Aye Aqwam-i-Sharq (Apakah Yang Akan Kau Lakukan Wahai Rakyat Timur?). 2003. 185) 25 (Didin Saefuddin. A Contibution to the History of Muslim Philosopy. 2004. Syed Zafrullah Hasan dalam pengantar buku Metafisika Iqbal yang ditulis oleh Dr. Ishrat Hasan Enver. Zabur-i-'Ajam (Taman Rahasia Baru).Diri). th. Bal-i-Jibril (Sayap Jibril). 25) 26 (Ensiklopedi Umum. hal. Pustaka Pelajar. th. diri. . 1. Iqbal hidup pada masa kekuasaan kolonial Inggris. hal. Devlopment of Metaphyiscs in Persia. tentu tidak dapat sepenuhnya dikatakan bahwa gagasan-gagasannya tersebut tanpa dipengaruhi oleh pemikir-pemikir sebelumnya. juga sangat mempengaruhi 41 tahun kekuasaan Imperium Inggris26 dan bahkan pada tahun 1858 British East India Company dihapus dan Raja Inggris bertanggungjawab atas pemerintah imperium India27. Terlebih ketika Dinasti Mughal terakhir di India ini mengalami kekalahan saat melawan Inggris pada tahun 1857. hal. Armughan-i-Hejaz (Hadiah Dari Hijaz). 2003. hal. hal. (Ensiklopedi Umum. Baginya Iqbal sangat 23 24 Ishrat Hasan Enver. cet. Pada masa ini pemikiran kaum muslimin di anak benua India sangat dipengaruhi oleh seorang tokoh religius yaitu Syah Waliyullah Ad-Dahlawi 24 dan Sayyid Ahmad Khan25. Pemikiran Modern Dan Postmodern Islam. Metafisika Iqbal. Lectures on the Reconstruction of Religius Thought in Islam Ilm al Iqtishad. 36-7). dunia dan Tuhan. Musafir Nama. Grasindo. 446) 27 Didin Saefuddin. Yogyakarta. Jakarta. th. Grasindo. hal. Zarb-i-Kalim (Pukulan Tongkat Nabi Musa). dan Rumuz-i-Bekhudi (Rahasia Peniadaan Diri). 128 (Ensiklopedi Islam. Jawaid Nama (Kitab Keabadian).23 Sebagai seorang pemikir. Pemikiran Muhammad Iqbal Menurut Dr. Pemikiran Modern Dan Postmodern Islam. Keduanya adalah sebagai para pemikir muslim pertama yang menyadari bahwa kaum muslimin tengah menghadapi zaman modern yang didalamnya pemahaman Islam mendapat tantangan serius dari Inggris. Khusal Khan Khattak.

Iqbal secara konkrit.al). Ia juga dinobatkan sebagai Bapak Pakistan yang pada setiap tahunnya dirayakan oleh rakyat Pakistan dengan sebutan Iqbal Day. hal. a. The New Encyclopaedia Britannica.28 Namun dalam tataran praktek. Iqbal kemudian terjun kedunia politik dan bahkan menjadi tulang punggung Partai Liga Muslim India. Hal ini tidak sepenuhnya keliru karena memang gerakan-gerakan dan karya-karyanya mencerminkan hal itu.29 Dengan latar belakang itu pula maka dalam makalah ini penulis akan memaparkan gagasan-gagasan Iqbal dalam dua hal yaitu: pemikirannya tentang politik dan tentang Islam. Dan jika dikaji. dunia dan Tuhan) itulah yang menggerakkan dirinya untuk berperan di India pada khususnya dan dibelahan dunia timur ataupun barat pada umumnya baik sebagai negarawan maupun sebagai agamawan. hal. 44 30 Gunadi & Shoelhi. V Didin. Gelar ini menunjukan pengakuan dari kerajaan inggris atas kemampuan intelektualitas dan memperkuat bargening position politik perjuangan umat Islam India pada saat itu. justru dia adalah sebagai negarawan. Karena itulah ia disebut sebagai Tokoh Multidimensional. Khazanah Orang Besar Islam. pemikiran-pemikirannya yang fundamental (intuisi. Pemikiran Politik Sepulangnya dari Eropa. Ia terpilih menjadi anggota legistalif Punjab dan pada tahun 1930 terpilih sebagai Presiden Liga Muslim. Karir Iqbal semakin bersinar dan namanya pun semakin harum ketika dirinya diberi gelar ‗Sir‘ oleh pemerintah kerajaan Inggris di London atas usulan seorang wartawan Inggris yang aktif mengamati sepak terjang Iqbal30 di bidang intelektual dan politiknya. diri. filosof dan sastrawan.31 28 29 Enver. Metafisika Iqbal. 163 31 Robert Gwinn (Et. hal.berpengaruh di India bahkan pemikiran Muslim India dewasa ini tidak akan dapat dicapai tanpa mengkaji ide-idenya secara mendalam. Pemikiran Modern Dan Postmodern Islam. 373 13 . yang diketahui dan difahami oleh masyarakat dunia dengan bukti berupa literature-literatur yang beredar luas.

Ide ini ia lontarkan keberbagai pihak melalui Liga Muslim dan mendapatkan dukungan kuat dari seorang politikus muslim yang sangat berpengaruh yaitu Muhammad Ali Jinnah (yang mengakui bahwa gagasan Negara Pakistan adalah dari Iqbal).ir/melayu/?pgid=69&scid=156&dcid=38329. Dia yakin bahwa faktor terpenting bagi reformasi dalam diri manusia adalah jati dirinya. Ia memandang bahwa tidaklah mungkin umat Islam dapat bersatu dengan penuh persaudaraan dengan warga India yang memiliki keyakinan berbeda. 1427 H 14 . Dengan cara itu kaum muslimin dapat melepaskan diri dari belenggu imperialis. anti spiritual dan jauh dari norma insani.34 Muhammad Asad35 mengingatkan bahwa imitasi yang dilakukan umat Islam kepada Barat baik secara personal maupun social dikarenakan 32 Abdul Sani. hal. Bagi Iqbal. 1. Oleh karenanya ia berfikir bahwa kaum muslimin harus membentuk Negara sendiri.32 Bagi Iqbal dunia Islam seluruhnya merupakan satu keluarga yang terdiri atas republik-republik. budaya Barat adalah budaya imperialisme.Pemikiran dan aktivitas Iqbal untuk mewujudkan Negara Islam ia tunjukkan sejak terpilih menjadi Presidaen Liga Muslimin tahun 1930. th. th. Lintasan Sejarah Pemikiran Perkembangan Modern Dalam Islam. materialisme. hal 186 34 http://tghrib. Bulan Bintang. cet. Asas-asas Negara dan Pemerintahan dalam Islam (terj. Muhammad Radjab). Granada. th. bahkan didukung pula oleh mayoritas Hindu yang saat itu sedang dalam posisi terdesak saat menghadapi front melawan Inggris. 1. dan Pakistan yang akan dibentuk menurutnya adalah salat satu republik itu. cet. PT Raja Grafindo Persada. Karenanya ia sangat menentang pengaruh buruk budaya Barat. 1998. Dengan pemahaman seperti itu yang ia landasi diatas ajaran Islam maka ia berjuang menumbuhkan rasa percaya diri terhadap umat Islam dan identitas keislamannya. 168-170 33 Harun Nasution. cet. disadur pada tanggal 18 Maret 2012 35 (Muhammad Asad.33 Sebagai seorang negarawan yang matang tentu pandangan- pandangannya terhadap ancaman luar juga sangat tajam. 2003. Jakarta. Umat Islam tidak boleh merasa rendah diri menghadapi budaya Barat. Jakarta. XIV. Pembaharuan dalam Islam. Jakarta.

Diantaran paham Iqbal yang mampu mambangunkan kaum muslimin dari tidurnya adalah ―dinamisme Islam‖ yaitu dorongannya terhadap umat Islam supaya bergerak dan jangan tinggal diam. Pembaharuan dalam Islam. Begitu tinggi ia menghargai gerak. maka pasti akan menghambat dan menghancurkan peradaban Islam.36 Iqbal juga memiliki pandangan politik yang khas yaitu. Smith. atau duniawi. Modern Islam in India (Lahore : Ashraf.C. gigih menentang nasionalisme yang mengedepankan sentiment etnis dan kesukuan (ras). 1963) hal. Suatu amal perbuatan ialah temporal (fana). Dalam agama islam yang demikian itu adalah adalah seperti yang disebut orang "gereja" kalau dilihat dari satu sisi dan sebagai "negara" kalau dilihat dari sisi yang lain.hilangnya kepercayaan diri. hal 185 dan W. jika amal itu dilakukan dengan sikap yang terlepas dari kompleks kehidupan yang tak terbatas.37 M. kepribadian manusia akan tumbuh dewasa dan matang di lingkungan yang bebas dan jauh dari sentiment nasionalisme. dan fitrat suatu perbuatan betapapun bersifat duniawi dalam kesannya ditentukan oleh sikap jiwa dari pelakunya. sehingga ia menyebut bahwa seolah-lah orang kafir yang aktif kreatif "lebih baik" dari pada muslim yang "suka tidur". sedang hukum hidup adalah menciptakan. Iqbal menunjukkan asas-asas suatu negara dengan ungkapannya: Didalam agama Islam spiritual dan temporal. disadur pada tanggal 18 maret 2012 15 . Itulah maka tidak benar kalau gereja dan negara disebut sebagai dua faset atau dua 36 Harun. Intisari hidup adalah gerak. 111 37 http://tghrib.ir/melayu/?pgid=69&scid=156&dcid=38329. maka Iqbal menyeeru kepada umat Islam agar bangun dan menciptakan dunia baru. bukanlah dua daerah yang terpisah. baka dan fana. Akhirakhirnya latar belakang ruhani yang tak kentara dari sesuatu perbuatan itulah yang menentukan watak dan sifat amal perbuatan itu. Bagi dia. Natsir menyebutkan bahwa dalam ceramahnya yang berjudul Structure of Islam.

hal. Kapita Selecta. Dalam istilah fiqih hal ini disebut ijtihad. Iqbal meyakini bahwa Al-Qur‘an adalah benar firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Dia berpendapat bahwa penafsiran Al-Qur‘an dapat berkembang sesuai dengan perubahan zaman. Ujung dari konsep kedirian inilah yang pada akhirnya membawa Pakistan merdeka dan ia disebut sebagai Bapak Pakistan.38 Demikian tegas Iqbal berpandangan bahwa dalam Islam. AlQur‘an tidak memuatnya secara detail maka manusialah yang ditutntut untuk mengembangkannya. b. Namun dia berpendapat bahwa al-Qur‘an bukanlah undangundang. Dengan gerakan membangkitkan Khudi (pribadi. pintu ijtihad tidak pernah tertutup. Tujuan utama al-Qur‘an adalah membangkitkan kesadaran manusia yang lebih tinggi dalam hubungannya dengan Tuhan dan alam semesta. Pemikiran Tentang Al-Qur‘an Sebagai seorang yang terdidik dalam keluarga yang kuat memegang prinsip Islam. Al-Qur‘an adalah sumber hukum utama dengan pernyataannya ―The Qur‘an Is a book which emphazhise deed rather than idea (Al-Qur‘an adalah kitab yang lebih mengutamakan amal daripada cita-cita). bahwa negara dan agama adalah dua keseluruhan yang tidak terpisah. Ia kembalikan semangat sebagaimana yang dulu dapat dirasakan kejayaannya oleh ummat Islam. Agama Islam adalah suatu realitet yang tak dapat dipecah-pecahkan seperti itu. politik dan agama tidaklah dapat dipisahkan. Pemikirannya Tentang Landasan Islam 1. 147 16 .belahan dari barang yang satu. Ijtihad dalam pandangan Iqbal sebagai prinsif gerak dalam struktur Islam. kepercayaan diri) inilah Iqbal dapat mendobrak semangat rakyatnya untuk bangkit dari keterpurukan yang dialami dewasa ini. 38 Natsir.

Sedangkan kegagalan Kristen adalah dalam memberikan nilai-nilai kepada pemeliharaan Negara.Disamping itu Al-Qur‘an memandang bahwa kehidupan adalah satu proses cipta yang kreatif dan progresif.40 Satu segi mengenai al-Qur'an yang patut dicatat adalah bahwa ia sangat menekankan pada aspek Hakikat yang bisa diamati. Kegagalan Yahudi disebabkan terlalu mementingkan legalita kehidupan duniawi. disadur pada tanggal 18 maret 2012 17 . Dalam kegagalan kedua agama tersebut menurut Iqbal Al-Qur‘an berada ditengah-tengah dan sama-sama mengajarkan keseimbangan kedua kehidupan tersebut. 185 http://tghrib. namun masyarakat harus berani mencari rumusan baru secara kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi.ir/melayu/?pgid=69&scid=156&dcid=38329. Akibat pemahaman yang kaku terhadap ulama terdahulu. Iqbal begitu terobsesi untuk menyadarkan umat Islam untuk lebih progresif dan dinamis dari keadaaan statis dan stagnan dalam menjalani kehidupan duniawi. walaupun AlQur‘an tidak melarang untuk memperimbangkan karya besar ulama terdahulu. hukum tetap berjalan di tempatnya. Pembaharuan Dalam Islam.hal.39 Iqbal juga mengeluh tentang ketidak mampuan masyarakat India dalam memahami Al-Qur‘an disebabkan tidak memahami bahasa arab dan telah salah mengimpor ide-ide India (hindu) dan Yunani ke dalam Islam dan Al-Qur‘an. Baginya antara politik pemerintahan dan agama tidak ada pemisahan sama sekali. tanpa mebeda-bedakannya. undang-undang dan organisasi disebabkan terlalu mementingkan segi ibadah ritual. agama Yahudi dan Kristen telah gagal menuntun umat manusia menjalani kehidupan. Oleh karenanya. maka ketika masyarakat bergerak maju. Inilah yang dikembangkannya dalam merumuskan ide berdirinya Negara Pakistan yang memisahkan diri dari India yang mayoritas Hindu. Karena berdasarkan pengalaman. Tujuan alQur'an dalam pengamatan reflektif atas alam ini adalah untuk membangkitkan kesadaran pada manusia tentang alam yang dipandang 39 40 Harun.

Hal ini sangat besar faedahnya dalam memahami nilai-nilai hidup dari prinsip-prinsip hukum Islam sebagaimana yang dikemukakan al-Qur‘an. 1968. (Qs. pelaksanaannya mengacu pada prinsip kemaslahatan. 20-21 18 . tanpa terkait oleh ruang dan waktu.41 Iqbal menyatakan hal ini seraya menyitir beberapa ayat. th. dari pandangan ini Iqbal menganggap wajar saja kalau Abu Hanifah lebih banyak mempergunakan konsep istihsan dari pada hadits yang masih meragukan kualitasnya. cara-cara dan keganjilan yang dihadapinya ketika itu. Selain itu juga Nabi sangat memperhatikan sekali adat istiadat penduduk setempat. Untuk generasi selanjutnya. Iqbal sepakat dengan pendapat Syah Waliyullah tentang hadits. hal.sebagai sebuah symbol. 2. Jadi peraturan-peraturan tersebut khusus untuk umat yang dihadapi Nabi. diantaranya: "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui". Ini bukan berarti hadits-hadits pada zamannya belum dikumpulkan. Sikap ini diambil 41 Muhammad Iqbal. Tajdiid At-Tafkiir Ad-Diinii Fii al-Islam. cet. Dalam penyampaiannya Nabi lebih menekankan pada prinsip-prinsip dasar kehidupan social bagi seluruh umat manusia. karena Abu Malik dan Az-Zuhri telah membuat koleksi hadits tiga puluh tahun sebelum Abu Hanifah wafat. Pendapat tentang Al-Hadits Iqbal memandang bahwa umat Islam perlu melakukan studi mendalam terhadap literatur hadist dengan berpedoman langsung kepada Nabi sendiri selaku orang yang mempunyai otoritas untuk menafsirkan wahyunya. Kairo. yaitu cara Nabi dalam menyampaikan dakwah Islam dengan memperhatikan kebiasaan. 30:22) 2.

2. Iqbal menggaris bawahi pada derajat yang pertama saja. Otoritas penuh dalam menentukan perundang-undangan yang secara praktis hanya terbatas pada pendiri mazhab-mazhab saja. Kalau dipandang baik hadits maupun Al-Qur‘an memang ada rekomendasi tentang ijtihad tersebut.Abu Hanifah karena ia memandang tujuan-tujuan universal hadits daripada koleksi belaka. Otoritas relative yang hanya dilakukan dalam batas-batas tertentu dari satu madzhab 3.42 3. Sehingga melahirkan aneka ragam pendapat (mazhab). Tajdiid At-Tafkiir Ad-Diinii Fii al-Islam. lanjut Iqbal. Otoritas khusus yang berhubungan dengan penetapan hukum dalam kasus-kasus tertentu. dengan tidak terkait pada ketentuan-ketentuan pendiri madzhab. kemungkinan derajat ijtihad ini memang disepakati diterima oleh ulama ahl-al-sunnah tetapi dalam kenyataannya dipungkiri sendiri sejak berdirinya mazhab-mazhab.ir/melayu/?pgid=69&scid=156&dcid=38329. adalah sangat ganjil dalam suatu system hukum Al-Qur‘an yang sangat 42 43 http://tghrib. Disamping ijtihad pribadi hukum Islam juga memberi rekomendasi keberlakuan ijtihad kolektif. Sikap ini. Menurut Iqbal. Sebagaimana mayoritas ulama. hal. 171 19 . Iqbal membagi ijtihad kedalam tiga tingkatan yaitu43: 1. disadur pada tanggal 18 Maret 2012 Iqbal. Ijtihad inilah yang selama berabad-abad dikembangkan dan dimodifikasi oleh ahli hukum Islam dalam mengantisipasi setiap permasalahan masyarakat yang muncul. Pandangannya Tentang Ijtihad Menurut Iqbal ijtihad adalah ―Exert with view to form an independent judgment on legal question‖ (bersungguh-sungguh dalam membentuk suatu keputusan yang bebas untuk menjawab permasalahan hukum). Ide ijtihad ini dipagar dengan persyaratan ketat yang hampir tidak mungkun dipenuhi.

h. Qasama al a‘amam al – islamy al – Ma‘ ashir Dar. Beirut. dan setelah itu melanjutkan pendidikan menengah atas di Mission High School.47 44 45 Harun. hal.menghargai pandangan dinamis. Atas nasehat Frederick leigh Croft.46 Sampai di London. Albiruni. ia dikirim orang tuanya belajar di Bombai selama satu tahun kemudian pulang ke Karachi dan melanjutka pelajarannya di Sind Madrasatul Islam. Meneger Graham Shipping and Trading Company. 1974. Maker of Pakistan And modern Muslim India Lahore. ia di kirim kelondon oleh orang tuanya untuk belajar bisnis pada kantor pusat Graham Shipping and Trading Company dan waktu itu ia berusia 16 tahun. Muhammad Ali Jinnah Muhammmad Ali Jinnah lahir di Karachi pada hari ahad 25 Desember 1876 ayahnya adalah seorang saudagar yang bernama Jinnah Bhai.193. Lahore. Setingkat dengan sekolah menengah pertama. hal ini dikarenakan kondisi semakin meluasnya daerah Islam. 46 A. menjadikan hukum Islam selama lima ratus tahun mengalami stagnasi dan tidak mampu berkembang44. h. Demikian juga ijma hanya menjadi mimpi untuk mengumpulkan ulama. C. tetapi ia justru lebih tertarik mempelajari hukum di London ini. 193. 20 . Akibatnya ketentuan ketatnya ijtihad ini. apalagi dalam konsepnya satu saja ulama yang tidak setuju maka batallah keberlakuan ijma tersebut. konsekwensinya. 1950. Pembaharuan dalam Islam.al -piqh . 45 ketika menginjak umur sepuluh tahun. Akhirnya kedua konsep ini hanya tinggal teori saja. 47 The New Encyclopaedia Brittanica. The New Encyclopaedia BrittanicaInc. London . Vol. hukum Islam pun statis tidak berkembang selama beberapa abad. 223. Suatu lembaga pendidikan yanga mempersiapakan lulusannya menjadi ahli hukum atau pengacara. 184 Mustafa Mu‘min. Muhammad Ashraf . h. Muhammad Ali Jinnah tidak memesuki sekolah yang di cita citakan ayahnya. h. Ijtihad yang menjadi konsep dinamis hukum Islam hanya tinggal sebuah teori-teori mati yang tidak berfungsi dan menjadi kajian-kajian masa lalu saja.

sehingga ia terdorong untuk memberikan fasilitas kepada Jinnah denga kebebasan yang seluas luasnya untuk mempergunakan perpustakaan peribadinya dan diluar dugaan Jinnah sendiri. lihat j uga di Syarif Al Muj ahid. h. Bulan Bintang. h.51 Atas Keyakinan. Pembaharuan dalam Islam..50Ia memilih bergabung dengan kongres Nasional karena menurut pendapatnya perjuangan yang paling utama bagi rakyat India adalah kemerdekaan India dan itu hanya dapat dicapai melaui usaha bersama kelompok Islam dan Hindu. Lahore. Jaksa Agung Bombai. cit. Quad – I. Ia sangat terkesan dengan semangat pengabdian Jinnahn yang masih muda itu dalam baidang hukum. op. Islam In the Modern National State. Fezosons Ltd.Azam Jinnah. op. h.Azam Jinnah. Ia dijuluki sebagai Ambassador of Hindu Muslim unity. 195. ia banyak berhubungan dengan berbagai kalangan lapisan masyarakat. h. karena politik patuh dan setia pada pemerintah Inggris yang terdapat pada liga Muslimin tidak sesui 48 Harun Nasution. Quaid –I. 49 G. h.1965.Pada tahun 1896. 1981.48 Dalam masa pengabdiannya dibidang hukum ini. I. Study in Interpretation. 202. 1 51 Rosental Erwin. h. 2 52 Al buruny. Allana. 195. Dhabai Naoradji. ia memperoleh gelar Sarjana dalam bidang hukum di London.J. Quaid –I. 21 . Sejaraah Pemikiran dan Gerakan. Jinnah berkenyakinan bahwa persatuan umat Islam dan umat Hindu India merupakan syarat untuk tercapainya kemerdekaan India. Pada tahun itu juga ia kembali ke India dan bekerja sebagai pengacara di Bombai. Jakarta.. sikap dan upaya untuk menyatukan umat Islam dan umat Hindu ini demi kepentingan nasional dan kemerdekaan India.Azam Academy Karachi. diantaranya adalah Machperson.49 Perjalalan Politik Jinnah Karir politik Jinnah dimulai pada tahun 1906 dengan ikut sertanya ia pada sidang kongres kalkuta ( Calcutta congress Seassion ) sebagai sekertaris presiden.195.52 Jinnan tidak memasuki liga Muslim pada saat itu.cit. 50 Syarif Al — Mujahid. Cambridge at the University Press. 1992.

55 Pada tahun 1913 itu juga Jinnah dipilih menjadi Presiden Liga Muslimin.komunitas lainnya.aspirasi mereka kepada pemerintah Inggris 3.54 Pada atahun 1913 yaitu ketika Organisasi ini merubah sikap dan menerima ide. ia lebih sesuai dengan jiwa menentang Inggris dengan kepentingan nasional India.53 Hali ini dapat dilihat dari tujuan didirikannya liga Muslimin yang berbunyi: 1.h. 55 Harun Nasution.cit. h. menurut perjanjian itu Umat islam India akan memperileh daerah pemilihan terpisah da ketentuan ini akan dicantumkan dalamm undang – undang Dasar Indiayang akan disususn kelak kalau tiba waktunya. 2. h. Meningkatkan rasa loyalitas Muslimin terrhadap I nggris dan menghilangkan kesalah fahaman yang mungkin timbu terhadap peraturan . Ghandi 53 54 Harun Nasution. 22 . Melindungi dan meningkatkan hak hak politik dan kepentingan muslim. pemerintahan sendiri bagi India sebagai tujuan perjuangan.peraturan yang di keluarkan oleh pemerintah.. The Making of Pakistan. Salah satu dari perundingan ialah perjanjian Luckknow 1916. Richad Symond . op. Menghindari meningkatnya rasa permusuhan diantara orang Islam terhadap komunitas . Pada waktu itu ia masih mempu nyai kenyak inan bahw a kepent ingan u mat Islam India dapat d ij am in melalu i ketentuan – ketentuan dalam undang undang dasar untuk itu ia mengadakan pembicaraan dan perundingan dengan pihak kongres Nasional India.195. 41. dan menyalurkan kepentingan .dengan jiwanya.kepentingan dan aspirasi . op.cit. mulai saat ini sampai terakhir hayatnya sejarah hidup dan perjuangannya banyak berkait dengan Liga Muslimin dan perjuangan umat Islam India untuk menciptakan Pakistan.195. Tetapi lama kelamaan ia melihat bahwa untuk memperoleh pandangan yang sama antara golongan Islam dengan umat Hindu sangat sulit. Faber and Faber tt.

saya mulai merasa bahwa saya tidak dapat menolong India maupun merubah pikiran orang Hindu. 23 .. pada tahun 1930 – 1932 di London diadakan konfrensi Meja Bundar oleh Inggris. Story of Jinnah. Dalam sidang tahuanan yang dia adakan di Bombai pada tahun 56 Anwar Enayatullah. Jinnah menyaksiakan betapa semangatnya kelompok Hindu membicarakan masalahmasalah kemerdekaan India untuk kepentingan orang Hindu dengan tidak memperhatikan sedikitpun kepentingan umat Islam. tidak akan membuata orang Muslim sadar akan keadaan jelek ini.b. 1976. cit. h. Perasaan kecewa Jinnah ini di kemukakan beberapa tahun kemudian dihadapan Mahasiswa Muslimin Aligarh dengan mengatakan: ― Selama konferensi meja Bundar saya merasakan kejutan dalam hidup saya. Ketika saya mendengar beberapa teman Hindu. bukan karena saya tidak mencintai tanah air saya. Pada Konfrensi ini Jinnah menemui hal hal yang menimbulkan perasaan kecewanya yag mendalam. 196.36. Bulan Bintang.196. lihat juga Rosental. 57 Harun Nasution. a. Usman Rahman dan Bahrum Rangkuti. Dalam rangka kemerdekan India. Orang Muslim tidak ubahnya seperti penduduk didaerah tidak bertuan. ia meninggalkan partai kongres. maka pada tahun 1984 ia di minta pulang oleh temannya dan pada tahun itu juga ia di pilih menjadi ketua tetap dari Liga Muslimin. tettapi saya merasa sangat tidak berdaya lagi. op-cit. Disana ia bekerja sebagai pengacara. Jakarta.56 Sejak tahun 1932 itu Jinnah memutuskan mengundurkan diri dari lapangan politik dan menetap di London. op.h.. Saya merasa begitu kecewa dan muram sehingga saya memutuskan untuk berdiam di London.mengeluarkan konsep Nasionalisme India yang didalammnya Umat Islam tergabung menjadi satu bangsa. saya merasakan keadaan tidak menguntungkan.57 Perjuangan Politik Jinnah Dalam Pembentukan Pakistan Kepemimpinan Liga Muslimin di bawah Jinnah mengalami perubahan perubahan partai. Dalam pada itu Liga Musimin perlu pimpinan baru yang aktif. h. Konsep Ghandi ini dan politik non koperasinya ia tentang dan akhirnya.

D isamping itu Liga Muslimin berugah menjadi gerakan rakyat yang kuat. kerjasama dengan Jinnah. Berbagai perundingan dia adakan atara Liga Muslimin. Bengal dan Sindi mengadakan. Suatu badan pemilihan pusat dengan cabang -cabangnya di Propinsi si bentuk untuk mengatur perjuangan pemeilihan Propinsi undang – undang pemerintahan India 1935 ( govermen of India act of 1935). Atas kekalahan itu Liga Muslimin mulai tidak diindahkan lagi oleh partai kongres dan dalam hubungan ini Nerhu pernah mengatakan bahwa yang ada di India hanya duakekuatan politik. Golongan nasional India belum mengakui Liga Musliamin sebagai satu – satunya organisasi politik umat 24 . tetapi selalu berakhir dengan kegagalan.masa sebelumnya Liga hanya perkumpulasn golonga atas. sedangkan partai kongres mendapat kemenangan besar. Dimas. Hubungan dengan umat Islam awam boleh dikatakan belum ada.1936 Konstitusi partai politik di perbaiki untuk membuat organisasi itu lebih demokratis dan lebih hidup. Dengan adanya kenyataan ini umat Islam India semakin sadar dan mulai melihat perlunya barisannya diperkuat dengan menyokong Liga Muslimin sebagai satu – satunya organisasi umat Islam utuk seluruh dunia. Dan partai kongres. Untuk pertama kalinya organisasi ini mengadakan persiapan untuk memperebutkan pemilu atas nama Liga Muslimin. maka mereka adalah pengikut partai kongres dan bukan pengikut Liga Muslimin. Golongan masyarakat India merasa kuat untuk mengangkat anggota . dan walaupun ada yang di angkat dari golongan Islam. Para perdana mentri Punjab. Jinnah mengunjungi seluruh negeri untuk memperoleh dukungan dari calon .di dalam pemilihan ini Liga Muslimin tidak memperoleh suara yang berarti. Pada tahun 1937 diadakan pemilihan daerah di India. yaiatu partai kongres dan pemerintah Inggris. Jinnah terus berusaha mengadakan pesesuaian paham dengan partai kongres mengenai masa depan India. yang terdiri darai hartawan pegawai tinggi dan Intelegensia.daerah.calon Liga Muslimin tetapi usahanya ini hanya sebahagian yang berhasil.anggotanya menjadi menteri di daerah .

Masalah ini dibahas dirapat tahunan Liga Muslimin yanga diadakan di Lahore pada tahun 1940. atas rekomendasi dari panitia yang khusus di bentuk untuk itu. Memang mereka tidak pernah kawin dengan golongan itu ataupun makan malam bersama dan mereka bagian dari dua macam peradaban yang sebagian besar dan ide – ide konsepsi – konsepsi yang bertentangan.sumber sejarah yang berbeda. Kekecewaan Jinnah bertambah lagi dan sempat ia ucapkan pernyataan sebagai berikut: ― Sangatlah sulit untuk mengerti mengapa kawan – kawan yang Hindu tidak dapat memahami sifat riil Islam dan Hinduisme. Jelaslah bahawa orang .pengalaman ini membuat Jinnah merubah haluan politiknya. Orang orang Hindu dan Muslim merupakan bagian dari dua filsafat keagamaan kebiasaan kebiasaan sosial. yang satu sebagian minoritas jumlahnya dan lainnya sebagia manyoritas. sudah pasti menjurus kepada aperetumbuhan rasa tidak puasan dana akhirnya pembongkaran suatu struktur yang mungkin juga bangunan bagi pemerintahan negara seperti itu. Ternyata keduanya tidak dapat diartikan dengan istilah yang tegar melainkan merupakan tatanan – tatanan sisi yang sangat berbeda dan adalah merupakan impian bahawa orang . Pengalaman.orang hindu dan Muslim dapatkan mengembangakan suatua Nasionalisme umum dan kesalah pahaman tentang suatu bangsa India telah berlangsung jauh melebihi batas batas. sidang kemudian menyetujui pembentukan negara tersendiri untuk 25 . Kepentingan umat Islam iIndia bisa terjamin hanya melalui pembentukan negara tersendirikan tepisah dari negara umat Hindu di India. Kepercayaannya kepada partai kongres hilang dan kenyakinan timbul dalam dirinya bahwa kepentingan umat Islam India tidak bisa lagi dijamin melalui perundingan dan penyantuman hasil perundingan dalam undang undang dasar yang akan disusun. Aspek aspeknya mengenai keidupan berbeda.Islam India.orang Hindu dan Muslim mendapat inspirasi mereka dari sumber . Untuk memperlakukan bersama dua bangsa itu dalam satu Negara yang tunggal. kepustakaan kepustakaan yang berbeda.

Sebahagian menyebrang ke Liga Muslimin.umat Islam India. Berlainan dengan masa lampau organisasi umat Islam tidak bisa dia abailkan begitu saja. pada akhirnya juga me nyokong Liga Muslimin dalam menuntut pembentukan Pakistan. Partai kongres j uga baru mulai melihat kekuatan Jinnah dan Liga muslimin yang dipimpinnya. Sindi dan Punjab disebelah barat serta Bengal dan Assamdisebelah timur penduduk Islam dari daerah ini. Balukhistan. menurut Jinnah berjumlah 70 juta dan merupakan 70% dari seluruh penduduk.tiap daerah. Sokongan umat Islam India kepada Jinnah dan Liga Muslimin bertambah kuat lagi dari hasil pemilihan 1946. Daerah perbatasan barat laut. kedudukan Jinnah dalam 26 .pemuka Islam yang bergabung dengan partai kongres nasioal India kehilangan pengaruh. umpamanya di Assam. baik mengenai daerahnya maupun mengenai corak pemerintahannya. Pemuka . dengan tidak melupakan turut sertanya golongan non Islam dalam pemerintahan dan jumlahnya akan disesuaikan dengan persentase mereka di tiap . tetapi perincian mengenai Pakistan belum ada. Tetapi karena perbedaan faham tetang mas depan India masih besar perjuangan itu tidak membawa hasil apa – apa. Liga Muslimin. Organisasi – organisasi Islam India lain. Pemerintah daerah daerah itu akan berada ditangan umat Islam. sebagian lagi meninggalkan medan politik. Saat itu Jinnah menjelaskan apa yang dimaksud dengan Pakistan. Ditahun 1944 diadakan perjumpaan antara Jinnah dan Ghandi mengenai aksi bersama terhadap Inggris. negara itu diberi nama Pakistan. Sebagai tujuan perjuangan Liga Muslimin. sudah mempunyai tujuan yang jelas ini bertambah banyak mendapat sokongan dari umat Islam dan dengan demikian kedudukannya bertambah kuat.ide diperoleh Liga Muslimin. Liga Muslimin memperoleh 31 dari 34 kursi dan di Sindi 29dari 34 kursi. sebahagian tetap dipartai kongres seperti Abu Kalam Azad. Negara baru itu akan mencakupa enam daerah. Di dewan pusat ( Centeral Assembly) seluruh kursi yang disediakan untuk golongan Islam dapati ide.

Akhirya pemerintah Inggris memutuskan untuk membentuk pemerintah sementara yang terdiri atas orang . untuk menyusun pemerintahan sementar. dan Jinnah melihat bahwa suasana demikian sidang tidak bisa diadakan karena itu melihat agar di tunda. Jinnah menentang usaha ini dan pemerintahan Inggris menunjuk Presiden partai kongres Nasional India. Setahun kemudian keluarlah keputusan Inggris untuk mengarahkan kedaulatan kepada dua Dewan konstitusi. 27 . satu untuk Pakistan dan satu untuk India.I . Jinnah diangkat menjadi Gubernur Jendral dam mendapat gelar Qaid . Ia meninggal bulan September 1948 di Karchi. Pandit Neru. Saat itu di putuskan untuk mengadakan sidang Dewan Konstitusi pada bulan Desember 1946. Huru hara timbul dan Jinnah diminta supaya turut pemerintahan sementara itu ia menunjuk lima pemimpin Liga muslimin untuk turut serta dalam pemerintahan. Ia masih sempat menikmati hasil perjuangannya setahun lebih. Permintaanya tidak di dengar dan ia mengeluarkan pernyataan tidak diboikot sidang dewan konstitusi pemerintah Inggris merubah sikap dan memutuskan akan menyerahkan kedaulatan pada waktu lain sebelum Juni 1948.perundingan dengan Inggris dan partai kongres nasional India mengenai masa depan umat Islam di I nda bertambah kuat.Azam ( Pemimpin Besar ) dari rakyat Pakistan. Ditahun 1942 inggris telah mengeluarkan janji akan memberikan kemerdekan pada India sesudah perang Dunia II selesai.orang yang di tentukan Inggris sendiri. Pelaksananya mulai bicarakan mulai tahu 1945. Pada tanggal 14 Agustus 1947 Dewan Konstitusi Pakistan dibuka dengan resmi dan keesok harinya 15 Agustus 1947 Pakistan lahir sebagai Negara bagi umat Islam India. tetapi huru hara tidak dapat diatasi. tetapi pembicaraan selalu mengalami kegagalan.

isu sosial dan perbudakan. seperti hari akhirat. kebebasan kehendak dan perbautan manusia. pendidik dan kritikus seni. pandangan terhadap rasionalisme kaum Mu‘tazilah.BAB III KESIMPULAN Mengacu dari uraian dan pembahasan terdahulu dapat ditarik konklusi. Iqbal merupakan sosok pemikir multi disiplin. kenabian dan akal. ahli hukum. Ia adalah seorang sastrawan. kelemahan umat Islam. filosof. kemudian ia kembali ke India dan terlibat dalam dunia akademisi dan politk sekaligus berafiliasi dengan pemerintahan Inggris. Jiwanya yang piawai tidak saja menakjubkan tetapi juga jarang ditemui". sebagai berikut: Sayyid Amir Ali berasal dari keluarga Syi‘ah yang berhijrah dari Persia ke India dan akhirnya menjadi pejabat Istana kerajaan Munghal. tidak hanya yang ada di India. Menilai kepiawaiannya yang multidisiplin itu. 28 dengan mempelajari bahasa Arab kemudian . negarawan. Iqbal adalah seorang intelektualis asal Pakistan telah melahirkan pemikiran dan peradaban besar bagi generasi setelahnya . Selanjutnya ia menempuh studi di Inggris dan menjadi seorang ahli dalam hukum Inggris. Pandangan Sayyid Amir Ali tidak hanya mencakup hal-hal yang berhubungan dengan pemikiran dan teologi. Sayyid Amir Ali tetap menjadi seorang apolog Islam modern yang membela eksistensi Islam dari berbagai serangan. baik internal maupun eksternal. kosepsi tentang ketuhanan. Meskipun demikian. tetapi juga keutuhan khilafah Utsmania di Turki. hal ini merupakan suatu upaya untuk memperjaungkan kepentingan umat Islam. pak Natsir mengatakan "tentulah sukar bagi kita untuk melukiskan tiap-tiap aspek kepribadian Iqbal. Dari sanalah Sayyid Amir Ali memulai pendidikannya bahasa dan sasrta Inggris.

tanpa hal itu mustahil tercipta persesuaian pandangan antar penganut agama besar itu. Tujuan pertama berdirinya Pakistan adalah agar umat Islam India dapat menjalankan ajaran agamanya dengan aman dan damai. Muhammad Ali Al Jinnah adalah pelopor utama berdirinya Pakistan kemampuan dan kecakapan Jinnah dalam mewujudkan idenya di topang oleh Ilmu yang ia peroleh selama di Eropa. Oleh sebab itu hukum Islam dihadapkan kepada masalah signifikan. ditantang untuk bisa mengantisipasi dan mengarahkan gerak perubahan tersebut agar sesuai dengan kehendak-Nya. 29 . yaitu sanggupkah hukum islam memberi jawaban yang cermat dan akurat dalam mengantisipasi gerak perubahan ini? Dengan tepat Iqbal menjawab ―bisa kalau umat Islam memahami hukum Islam seperti cara berfikir Umar bin Khattab‖.Islam sebagai way of life yang lengkap mengatur kehidupan manusia.

Mukti. Siddiqi. Amin. 2002. Alam Pikiran Islam Modern di Timur Tengah. 1982. Harun.B. IV. Mazheruddin. Esposito. XVII. 1995. 2001. XIII. Cet. Mukti A. A Short History of Islam. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. (Ed). Asas-asas Negara dan Pemerintahan dalam Islam (terj. 1999 Ali. 1427 H 30 . Al-Qur'an Terjemah. John L. John L Esposito. Bandung: Mizan. Bandung. Cet. 1998. Depag RI. th. Muhammad. Seratus Tokoh dalam Sejarah Islam. Jakarta: Bulan Bintang.Islamabad: Islamic Research Institute Press. cet. Penerbit Al-Huda (Kelompok GIP). 2001. 2003. Ahmad. tahun 2005 Ali. 1. Influence of Islam on World Civilization. The Oxford Encyclopedia of the Modern Islamic World. Modern Reformis Thought in The Muslim World. Islam to Day: A Short Introduction to the Muslim World. 1994. Akbar S. London: I. Zafar Ishaq Ansari. Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan. Granada. Tamara Sonn. Nasution. Lahore: Bookland. Depok. Cet. Mazharul. Alam Pikiran Isalm Modern di India dan Pakistan. Vol: I. Mizan 1998. Ziauddin. Jakarta: Djambatan. Karachi: Royal Book Company. Muhammad Radjab). Cet. New York: Oxford University Press. 1995 Haq. III Asad. (ed) Muslims and the West: Encounter and Dialogue. Husayn Ahmad. Tauris & Co Ltd. Jakarta. Bandung: Remaja Rosda Karya. ----------.DAFTAR PUSTAKA Ahmad.Islamabd: Islamic Research Institute Press.

The New Encyclopaedia Britannica. Jakarta. Ensiklopedi Tokoh Islam dari Abu Bakr sampai Natsir dan Qardhawi. PT Abadi dan Yayasan Kapita Selekta. 2 . Tajdiid At-Tafkiir Ad-Diinii Fii al-Islam. 1. Raja Grafindo Persada. Tokoh-Tokoh Islam Yang Berpengaruh Abad 20. 2008 Pringgodigdo. th.Jakarta. Penerbit Yayasan Kanisius. Pemikiran Modern Dan Postmodern Islam.A dan M Shoelhi. cet. cet. cet. th. 200 Sani. Didin. PT. 1963) 31 . Modern Islam in India (Lahore : Ashraf. Jakarta. Mizan. cet. th. Robert P. 1. W. 15 Hawasi. th.3 tahun 2002 Gunadi. Musthafa Muhammad. cet. 2004 Glase. 2005 http://tghrib. Lintasan Sejarah Pemikiran Perkembangan Modern Dalam Islam. hal 185 Natsir. th. Mohammad. Daar Ibn Jauzi. Wedatama Widya Sastra. Gema Insani. cet. Pustaka Pelajar. Herry (dkk). Harun. 1. Volume 6. Cyril.G. 2. Bandung. Abdul. cet. th. Yogyakarta. (Et. R. Jogjakarta.1. th. 1968 Iqbal. Eksistensialisme Mohammad Iqbal.al). 1. Ensiklopedi Umum. Bulan Bintang. Penerbit Lazuardi. Dari Penakluk Jerusalem Hingga Angkonol Jakarta : Republika : 2002 Gwinn. disadur pada tanggal 18 November 2008 Iqbal. tahun 2003 Enver. tahun 1977 Saefuddin. Jakarta. 1998 Smith. Jakarta.ir/melayu/?pgid=69&scid=156&dcid=38329. Ishrat Hasan. A.Azra. th.Jakarta. th. Pembaharuan dalam Islam. Cet. Azyumardi dan Syafii Maarif. The Univercity Of Chicago.C. Khzanah Ornag Besar Islam. Kairo. Muhammad. 2003 Hilmi. cet. XIV. 2006 Nasution. Cet. Ensiklopedi Islam. Kairo. tahun 2002. Mohammad Kapita Selekta 2. Metafisika Iqbal. Grasindo. Manhaj 'Ulama' al-Hadits wa as-Sunnah Fii Ushuul adDiin. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Muhammad.. 2003. Rekonstruksi Pemikiran Agama Dalam Islam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful