Faktor-faktor yang mempengaruhi Komunikasi

Oleh Endrian M.J.W S. Kep

Bahasa yang digunakan b. Faktor sumber pesan a. Faktor tehnis c. Ketersediaan dan keterjangkaun sumber .Faktor yang berhubungan dengan proses komunikasi Di lihat dari elemen komunikasi itu sendiri 1.

b. Penampilan sikap ( senyum. terbuka. rendah hati. tidak sombong. cakap) Penguasaan masalah Penguasaan bahasa Kesempatan Saluran .2. saling percaya. c. Faktor Komunikator a. dapat menjadi pendengar yang baik. d. e.

e. c. Faktor pesan a. b. Koersif) Pesan sesuai kebutuhan Jelas Simple . faktor tehnis) Bentu pesan ( Informatif. d. Persuasif. Teknik penyampaian pesan yang digunakan (faktor bahasa.3.

4. Otak d. Hidung c. Tangan telinga a. Faktor Media/ Saluran Mata b. .

5. Waktu/ timing a. Faktor umpan balik Relevansi dan pentingnya umpan balik b. Sifat umpan balik c. .

Sistem sosial d. Faktor Komunikan Penampilan dan sikap b. Pengetahuan c.6. . Saluran a.

7. Faktor efek Komunikasi dengan tujuan tertentu yang sudah lama dan sering dilakukan namun bila tidak membawa dampak atau efek yang nyata dari hasil komunikasi tersebut. maka orang atau komunikator cenderung jemu atau bosan untuk menyampaikan pesan berikutnya. karena merasa tidak ada gunanya dilakukakanya komunikasi pada orang tersebut .

Persepsi adalah caara seseorang mencerap tentang sesuatu yang terjadi di sekelilingnya. 3. 4. Nilai adalah keyakinan yang dianut seseorang Emosi adalah subyektif seseorang dalam merasakan situasi yang terjadi disekelilingya Latar belakang sosial budaya pengetahuan .Faktor –faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam pelayanan keperawatan 1. 2. 5.

Kondisi lingkungan . Peran dan hubungan 7.Lanjutan …… 6.

Kurangnya penggunaan sumber komunikasi yang tepat Kurangnya perncanaan dalam berkomunikasi Penampilan. f. sikap dan kecakapan yang kurang tepat selama berkomunikasi Kurangnya pengetahuan Perbedaan persepsi Perbedaan harapan . d.Hambatan dalam proses komunikasi a. b. c. e.

m. Kondisi fisik dan mental yang kurang baik Pesan yang tidak jelas Prasangka buruk transmisi/ media yang kurang baik Penilaian yang prematur Tidak ada kepercayaan Ada ancaman Perbedaan status..Lanjutan…. h. o. g. n. j. i. pengethuan dan bahasa Distorsi (kesalahan informasi) . k. l.

Upaya-upaya untuk mengatasi hambatan 1. Mengecek arti atau maksud yang disampaikan Meminta penjelasan lebih lanjut Mengecek umpan balik atau hasil Mengulangi pesan yang disampaikan memperkuat dengan bahasa isyarat Mengakrabkan antar pengirim dan penerima . 5. 2. 4. 3.

Membuat pesan secara singkat.Lanjutan… 6. 8. 7. jelas dan tepat Mengurangi informasi/ pesan yang meluas Menggunakan orientasi penerima .

Proses komunikasi dapat diperbaiki dengan cara: Meningkatkan kesadaran diri 2. Melatih keterampilan interpersonal 3. . Meningkatkan pengetahuan tentang konsep 1.

Terima Kasih .