PENGERTIAN, LATAR BELAKANG DAN KEDUDUKAN

BIMBINGAN dan KONSELING
Disusun oleh:

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013

Maya Yuanita Rizkia Yulikasari Rezeki Suci M Nur Aini Dwi w Raga Indri andriani Norman

seorang.SESUAI SESUAIDENGAN DENGANNORMA NORMA BIMBINGAN .PROSES PROSESMEMBANTU MEMBANTU 3.MENYELURUH MENYELURUH 4. 5. dari darisemua semuausia usiauntuk untukmembantunya membantunyamengatur mengaturkegiatan. 6.Apa itu Bimbingan Konseling ? Bimbingan Bimbingan = = Bantuan Bantuan Bantuan Bantuanyang yangdiberikan diberikanoleh olehseseorang seseorangyang yangterlatih terlatihdengan denganbaik baikdan dan memiliki memilikikepribadian kepribadiandan danpendidikan pendidikanyang yangmemadai memadaikepada kepadaseorang. 1. 7. 4.PENDEKATAN PENDEKATANPRIBADI PRIBADI 6. 2. 3.PROSES PROSESBERKELANJUTAN BERKELANJUTAN 2.keputusan keputusan sendiri sendiridan danmenanggung menanggungbebannya bebannyasendiri sendiri 1.DILAKUKAN DILAKUKANOLEH OLEHAHLI AHLI 7. kegiatan.PENGEMBANGAN PENGEMBANGANDIRI DIRI 5.

INTERAKSI INTERAKSI 2. 1.motivasi. motivasi.WAKTU WAKTUYANG YANGLAMA LAMA KONSELING 3.DINAMIS 5. 5. 1.PENERIMAAN PENERIMAAN .PERUBAHAN PERUBAHANTINGKAH TINGKAHLAKU LAKU 4. tersebut. 3.DINAMIS 4. kebutuhan.Konseling Konseling = = Pemahaman Pemahaman Pemahaman Pemahamandan danhubungan hubunganindividu individuuntuk untukmengungkanpkan mengungkanpkankebutuhankebutuhankebutuhan. 2.dan danpotensi potensiyang yangunik unikdari dariindividu individudan danmemntuk memntuk bantu bantuindividu individuyang yangbersangkutan bersangkutanuntuk untukmengapresiasi mengapresiasiketiga ketigahal hal tersebut.

walikelas. ISI ISIKEGIATAN KEGIATAN Bimbingan Bimbingan= = usaha usahapemberian pemberianinformasi informasidan dankegiatan kegiatan pengumpulan pengumpulandata datatentang tentangsiswa siswadan danlebih lebihmenekankan menekankan pada padafungsi fungsipencegahan pencegahan.dan dan sma-sama sma-samamengikuti mengikutinorma-norma norma-normayang yangberlaku berlakudi di lingkungan lingkunganmasyarakat masyarakattempat tempatkeduanya keduanyakegiatan kegiatanitu itu diselenggarakan. sama-sama sama-samaditerapkan diterapkandalam dalamprogram programpersekolahan.Konseling Konseling= = bantuan bantuanyang yang dilakukan dilakukandalam dalampertemuan pertemuantatap tatapmuka mukaantara antaradua duaorang orang manusia manusiayaitu yaituantara antarakonselor konselordan danklien klien TENAGA TENAGA Bimbingan Bimbingan= =orang orangtua.guru.. guru. Isi Kegiatan 2.PERSAMAAN DAN PERBEDAAN BIMBINGAN DAN KONSELING PERSAMAAN Tujuan yang hendak dicapai Sama-sama Sama-samaberusaha berusahauntuk untukmemandirikan memandirikanindividu. diselenggarakan. walikelas. persekolahan. Tenaga yang menyelenggarakan . tua. individu.kepala kepalasekolah sekolah dan danorang orangdewasa dewasalainnya lainnyakepada kepadaindividu individu(siswa) (siswa) PERBEDAAN 1.

Latar Belakang Psikologis 2.Latar Belakang di Perlukannya Bimbingan dan Konseling 1. Latar Belakang Sosial-Budaya 3. Latar Belakang Paedagogis .

Bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan yang hanya melaksanakan bidang administratif dan pengajaran dengan mengabaikan bidang bimbingan mungkin hanya akan menghasilkan individu yang pintar dan terampil dalam aspek akademik. Bidang Administrasi dan Kepemimpinan (Supervisi) 2. Bidang intruksional dan kurikuler (kurikulum pengajaran) 2.Kedudukan di Bidang Pendidikan Bimbingan dan Konseling PENDIDIKAN NYA N A U J U T A P A 3 Bidang Pelayanan Pendidikan di Sekolah 1. . tetapi kurang memiliki kemampuan atau kematangan dalam aspek psikososiospiritual.

• TERIMA KASIH .

065 Peranan guru dalam memberikan BK? . Seberapa penting BK? . 083 Bagaiamana syarat cara seseorang menjadi konselor? .Pertanyaan • 147 Bimbingan konseling berlingkup pada sekolah.

Dalam mebantu proses perkembangan pembelajaran bisa melalui pendekatan pribadi .• Mengapa BK itu penting? Siswa adalah individub sedang proses berkembang / menjadi becoming. Maka perlu adanya sebuah bimbingan agar perkembangannya secara optimal melalui proses pembelajaran efektif .

guru harus bisa memahami karakteristik siswa.• Peranan guru dalam memberikan BK? Kemampuan guru paedagogik. Kerjasama walikelas dan BK. peran . Guru harus bisa memahami masalah apa yang sedang di hadari setiap individu siswa. Seorang wali kelas ibarat orang tua angkat saat disekolah.

• Bagaiamana syarat cara seseorang menjadi konselor? Konselor = tau ilmu seorang yang ahli dalam bidangnya. Seorang yang ahli kesehatan => konselor kesehatan BK => Bimbingan Sekolah .

Bimbingan akan dilakukan informasi dari guru. .Tanggapan • 070 Jika BK sangat penting untuk menangani masalah siswa terus apa fungsi Waka Kesiswaan? 101 .Bk bekerja jika siswa bandel.

Pertanyaan • 074 (Nawang) Kesalahpahaman BK mengapa bisa terjadi ? • 064 Marpuah Apa ada keterkaitan BK dengan bidang” lain dalam pendidikan .

• Apa ada keterkaitan BK dengan bidang” lain dalam pendidikan Administrasi => siswa dengan masalah ekonomi (kurang mampu) bisa diringankan proses pendidikannya. Kurikulum => pembimbing siswa dapat menyesuaikan diri dengan perubahan proses pembalajaran. .

• Kesalahpahaman BK mengapa bisa terjadi ? .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful