P. 1
Sengketa wilayah perbatasan Indonesia_Malaysia

Sengketa wilayah perbatasan Indonesia_Malaysia

|Views: 182|Likes:
Published by Sukmika M. Chaniago
Kalau mau file asli contanct aja via email : sukmika.mardalena@yahoo.com ^^
Kalau mau file asli contanct aja via email : sukmika.mardalena@yahoo.com ^^

More info:

Published by: Sukmika M. Chaniago on Apr 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $49.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/26/2015

$49.99

USD

pdf

text

original

TUGAS MAKALAH

SENGKETA WILAYAH PERBATASAN NEGARA INDONESIA DENGAN NEGARA MALAYSIA

DISUSUN OLEH:

SUKMIKA MARDALENA 1101111494

ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU 2011/2012

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan.11 Okober 2011 Sukmika Mardalena i DAFTAR ISI .” Penulis harap dengan adanya makalah ini dapat memebuat kita lebih peka terhadap permasalahan yang dihadapi Negara kita serta meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan dari Negara lain.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT. oleh karena itu Penulis mengharapakan kritik dan saran dari pembaca. karena rahmat dan karuniaNya Penulis dapat menyelesaikan tugas makalah Pengantar Ilmu Politik yang berjudul “Sengketa Wilayah Indonesia Malaysia. Pekanbaru.

Negara Indonesia dan Malaysia…………………….. 4 BAB III PENUTUP 1.Meode Penulisan………………………………………….Saran…………………………………………………………….Kesimpulan…………………………………………………… 7 2.Sengketa wilayah Indonesia Malaysia…………….…………. 2 BAB II PEMBAHASAN 1..Pengertian Wilayah………………………………………..Pengertian Sengketa……………………………………… 3 2. 7 Daftar Pustaka………………………………………………. ii BAB I PENDAHULUAN 1..Latar Belakang ……………………………………………. 1 3. 4 3.. 4 4. 1 2.Kata Pengantar……………………………………………………………… i Daftar isi ………………………………………………………………………..8 ii BAB 1 PENDAHULUAN .Tujuan Penulisan………………………………..…………….

Metode Penelitian Penulisan makalah ini dilakukan dengan dua cara yaitu a.Namun hal ini sering menjadi permasalahn menyangkut sulitnya membuat pembatas yang konkret agar tidak terjadi pencaplokan wilayah. 2. Untuk menjelaskan tentang sengketa wilayah yang terjadi antara Negara Indonesia dan Malaysia.Latar Belakang Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik. dimana sering terjadi sengketa wilayah perbatasan antara kedua Negara tersebut.Seperi yang terjadi antara Negara Indonesia dan Negara Malaysia.1. memiliki wilayah. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain. Pencarian dengan Internet 1 3. sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut.Jelasnya batas wilayah NKRI sangat diperlukan untuk penegakan hukum dan sebagai wujud penegakan kedaulatan. militer. . ekonomi.Tujuan Penelitian 1. Oleh karena itu pengaturan mengenai batas wilayah ini perlu mendapat perhatian untuk menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan Indonesia. Study Pustaka b.Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat. Sebuah negara diakui merdeka dan berdaulat atas wilayah tertentu atau batas wilayah tertentu yang pasti. dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Untuk memenuhi tugas Pengantar Ilmu Poliik yang diberikan kepada penulis 2.

Pengrtian Sengketa A. Pengertian sengketa dalam kamus Bahasa Indonesia .3. Untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap Negara sendiri. 2 BAB II PEMBAHASAN 1.

karena hidup ini akan indah dengan jalan kebenaran.Jelas kita ketahui bahwa suatu sengketa tentu subjeknya tidak hanya satu. organisasi bahkan lembaga besar sekalipun. uang.. Dari kedua pendapat diatas maka dapat dikatakan bahwa sengketa adalah masalah antara dua orang atau lebih dimana keduanya saling mempermasalahkan suatu objek tertentu. Wilayah perbatasan merupakan kawasan tertentu yang mempunyai dampak penting dan peran strategis bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertahanan peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat di dalam ataupun di luar wilayah. Pengertian sengketa menurut Ali Achmad Sengketa adalah pertentangan antara dua pihak atau lebih yang berawal dari persepsi yang berbeda tentang suatu kepentingan atau hak milik yang dapat menimbulkan akibat hukum bagi keduanya. memiliki keterkaitan yang kuat dengan kegiatan di wilayah lain yang berbatasan.Objek dari suatu sengketa sendiri cukup beragam. Pengertian Wilayah Wilayah (region) didefinisikan sebagai suatu unit geografi yang di batasi oleh kriteria tertentu dan bagian-bagiannya tergantung secara internal. atau organisasi-organisasi terhadap satu objek permasalahan. Konflik berarti adanya oposisi atau pertentangan antara orang-orang. warisan.Dalam Kamus Bahasa Indonesia sengkea berarti pertentangan atau konflik. Misalnya saja rumah. namun lebih dari satu. entah itu antar individu. bahkan batas wilayah antar Negara. B. hal ini terjadi dikarenakan kesalahpahaman atau perbedaan pendapat atau persepsi antara keduanya yang kemudian menimbulkan akibat hukum bagi keduanya. Semoga kita sadar dan peka untuk melihat kebenaran dan kita bisa melangkah ke jalan kebenaran. 3 2. kelompokkelompok. baik dalam lingkup nasional maupun regional (antar negara). hak milik rumah atau tanah. tanah. kelompok.Hal inilah yang paling sering kita temui dimana menjadi penyebab suatu konflik. serta mempunyai dampak politis .

terjadi konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia. 3. Sengketa wilayah Sipadan dan Ligitan. salah satunya yaitu Negara Malaysia. potensi kerja sama maupun potensi konflik antar dua negara ini amatlah besar.dan fungsi pertahanan keamanan nasional. Kedua negara tahun 1997 sepakat untuk . Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kedua Negara tersebut memikili banyak permasalahan mengenai pembagian batas batas wilayah. maka pengembangan wilayah perbatasan Indoensia merupakan prioritas penting pembangunan nasional untuk menjamin keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. bahkan sering disebut negara serumpun.Hubungan antara Indonesia dan Malaysia juga sempat memburuk pada tahun 2002 ketika kepulauan Sipadan dan Ligitan diklaim oleh Malaysia sebagai wilayah mereka. dan berdasarkan keputusan Mahkamah Internasional (MI) di Den Haag. Perang ini berawal dari keinginan Malaysia untuk menggabungkan Brunei. Sebagai dua negara yang bertetangga. Beberapa dianataranya yaitu: 1.Sering terjadi konflik anara kedua Negara tersebut menyangkut permasalahan batas wilayah. Oleh karena peran strategis tersebut. Pada tahun 1963. Sabah dan Sarawak dengan Persekutuan Tanah Melayu pada tahun 1961 4 2. Sengketa wilayah Indonesia Malaysia Negara Indonesia merupakan Negara yang cukup luas dan memiliki banyak Negara tetangga. Negara Indonesia dan Malaysia Hubungan antara Indonesia dan Malaysia beberapa kali mengalami pasang surut. yang diklaim dua negara sehingga menimbulkan persengkataan yang berlangsung selama lebih dari tiga dekade. Sipadan dan Ligitan merupakan pulau kecil di perairan dekat kawasan pantai negara bagian Sabah dan Provinsi Kalimantan Timur. Belanda bahwa Sipadan dan Ligitan merupakan wilayah Malaysia. 4. Sipadan dan Ligitan menjadi ganjalan kecil dalam hubungan sejak tahun 1969 ketika kedua negara mengajukan klaim atas kedua pulau itu.

6 kilometer ke arah selatan Laut Sulawesi.Sengketa itu dimulai dari kaburnya letak perbatasan kedua negara di Ambalat. Namun pertikaian itu mulai mereda setelah Pangliam Mlaysia. 3.Batas . 4.400 hektare tanah Camar Bulan dan menggeser batas pantai di Tanjung Datu seluas 80. 5 Titik penting wilayah itu adalah Karang Unarang. gugusan karang dangkal seluas lapangan sepak bola. Ada juga zona ekonomi eksklusif sejauh 12 mil dari zona tambahan itu. Jauhnya 12 mil laut bila ditarik dari garis pantai. Kedua belah pihak menandatangani kesepakatan pada Mei 1997 untuk menyerahkan persengkataan itu kepada MI. Klaim itu berdasar perbatasan Indonesia dan Malaysia di perbatasan pulau Sebatik. Negri Jiran diduga mencaplok lebih kuarang 1. MI diserahkan tanggung jawab untuk menyelesaikan sengketa dengan jiwa kemitraan. Kedua belah pihak juga sepakat untuk menerima keputusan pengadilan sebagai penyelesaian akhir sengketa tersebut. Pemerintah Indonesia mengklaim Ambalat masuk wilayah Indonesia. Pada bulan Oktober 2011 terjadi sengketa di wilayah Camar Bulan dan Tanjung Datu. dihitung dari pantai Sipadan dan Ligitan saat surut terendah.000m2. Malaysia memasukkan blok Ambalat sebagai wilayah daulat mereka dengan nama blok XYZ. Sengketa mengenai kepemilikan wilayah Ambalat pada tahun 2005. serta berjanji akan menjauhkan tentaranya dari laut Ambalat. Yang menjadi masalah. Malaysia mengklaim wilayahnya 70 mil laut atau 129.menyelesaikan sengketa wilayah itu di MI setelah gagal melakukan negosiasi bilateral. berdasarkan peta buatan 1979. Jenderal Tan Sri Abdul Azis bin Haji Zainal datang bertemu Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono dan menyatakan datang dengan tulus hati untuk meredakan situasi.Hal ini terungkap saat Komisi I DPR RI berkunjung ke kawasan tersebut.

Namun ditemui di lapangan. Indonesia dan Malaysia sering menemui kesalahpahaman tentang pembagian batas wilayah.perubaha batas itu terjadi sejauh 800 meter Untuk mengatasi masalah tersebut Komisi I DPR berencana akan memanggil pihak terkait seperti Kemenlu. Untuk menghindari hal tersebut.wilayah Indonesia dan Malaysia diperjelas dengan patok yang didirikan oleh Malaysia berupa sebuah menara di dekatsuer perubungan laut Pontianak. Sehingga jika dibandingkan dengan batas patok lama. Indonesia memiliki wilayah yang cukup luas dan berbatasan langsung dengan beberapa Negara. Sebagai Negara yang berdaulat. Kesimpulan Salah satu syarat utama berdirinya suatu Negara yaitu adanya pengakuan dari Negara lain.Sebenarnya batas tersebut digariskan dengan bentuk membengkok ke arah timur. atau membua pembatas yang konkret agar tidak terjadi pencaplokan wilayah . setiap Negara harus peka dan waspada terhadap wilayahnya. Kemenhan dan Panglima TNI unuk bisa menjelaskan hal ini. patok batas tersebut elah berubah menjad sebuah garis lurus kea rah utara dari laut Pontianak. 6 BAB III PENUTUP 1. tentu saja hal ini dapat berakibat buruk dan memperburuk hubungan antara kedua Negara. salah satunya yaitu Malaysia. pulau Kalimantan.

Gramedia Pustaka Utama. 7 DAFAR PUSTAKA Budiarjo.wikipedia. Miriam.wikipedia. 2008. 2. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Saran Sengketa wilayah Indonesia dan Malaysia sering terjadi. negara perantara. apalagi pada daerah yang berbatasan darat. 3.2.Jika hal itu benar benar terjadi diharapkan Pemerintah agar segera mengambil tindakan tegas. Bila negosiasi bilateral menjadi buntu.html . apakah itu PBB. Setiap perselisihan antar negara hendaknya diupayakan dengan jalan negosiasi. http://id.org/wiki/Negara http://rezasaputra. Jakarta: PT. dsb.org/wiki/Hubungan_Indonesia_dengan_Malaysia http://id.com/2010/08/konflik-indonesia-vs-malaysia. maka perlu dilibatkan pihak ketiga. Perlunya kekuatan militer yang signifikan agar menjadi daya penggetar bagi negara tetangga maupun negara manapun untuk tidak memulai konflik dengan negara kita.Sesuatu yang patut dipertimbangkan bagi kedua belah pihak adalah : 1.

8 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->