BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah Penggunaan teknologi Informasi melalui sistem Informasi bukan saja akan meningkatkan kualitas serta kecepatan Informasi yang dihasilkan bagi manajemen, akan tetapi dengan teknologi Informasi yang sesuai, akan dapat menciptakan suatu sistem informasi manajemen yang mampu meningkatkan integrasi di bidang Informasi dan Operasi diantara berbagai pihak yang ada di suatu organisasi, baik organisasi lokal maupun organisasi global. Sistem informasi sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan, instansi pemerintah, pendidikan, kemiliteran dan lain sebagainya. Sistem informasi ini akan mengelola seluruh aktifitas kantor terutama pada bagian yang berhubungan dengan keuangan dan pengarsipan. Sistem ini sangatlah penting dan akan menjadi suatu pendukung kinerja sehingga akan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan sehingga bisa berjalan seperti yang diharapakan. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe merupakan salah satu instansi pemerintah yang berhubungan dengan keuangan sehingga pemamfaatan teknologi informasi merupakan kebutuhan utama demi meningkatkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan visi dan misi yang diemban. Meskipun sebagian aktititas kantor masih menggunakan sistem manual terutama dalam proses pencairan dana gaji induk. Sedangkan Informasi yang cepat sangat dan berbasis database sangat dibutuhkan, oleh karena itu diperlukan suatu sistem informasi yang bisa menangani proses pengolahan pencairan dana gaji induk,

1

Mencari permasalahan yang terjadi pada proses Mekanisme Pencairan Dana Gaji Induk Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe. akurat dan mudah. . Sehingga penulis ingin menciptakan sebuah sistem informasi yang guna untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi tersebut. Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah : 1. Menganalisa metode Sistem Informasi Mekanisme Pencairan Dana Gaji Induk Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe. 2.2 sehingga lebih cepat. Dengan melihat permasalahan yang terjadi pada proses pencairan dana yang saat ini masih dijalankan. Merancang dan membangun sebuah sistem informasi untuk mengelola Mekanisme Pencairan Dana Gaji Induk yang aman dan handal. serta pengetikan berulang dan pengeditan yang rumit bila ada data yang harus dikoreksi. serta memiliki jaminan keamanan yang bisa diandalkan mengingat pelayanan ini berhubungan dengan keuangan. terjadi kendala-kendala utama antara lain: data masih harus diketik pada lembaran kerja Word dan Exel.2. sehingga mengangkat permasalahan tersebut menjadi tugas akhir dalam menyelesaikan Studi Manajemen Informatika Pada STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Mekanisme Pencairan Dana Gaji Induk Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe”. dan menemukan solusi permasalahannya 3. data tidak bisa dijamin keamanannya dalam jangka waktu yang lama. 1.

3 1. yaitu dengan metode: 1.4.3. Pengamatan (observasi) Yaitu mengamati langsung pada objek penelitian yang berhubungan dengan judul tugas akhir ini semasa melakukan OJT. Menjadi bahan referensi bagi Kampus STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe dalam Mekanisme Pencairan Dana Gaji Induk Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe. penulis mengumpulkan data dari berbagai sumber selama melakukan On The Job Training (OJT) guna penyusunan Tugas Akhir. 1. Aplikasi yang dibangun akan sangat bermamfaat dana membantu dalam mengelola proses Pencairan Dana Gaji Induk sehingga meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian lapangan (field risearch) Penulis melakukan penelitian langsung dari cara kerja pada instansi yang bersangkutan. Menambah wawasan bagi penulis sendiri dan bagi pembaca pada umumnya pada Mekanisme Pencairan Dana Gaji Induk Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe. 2. 3. Metode dan Teknik Pengumpulan Data Untuk mendapatkan bahan yang penulis paparkan dalam penulisan ini. Mamfaat Penulisan Adapun mamfaat dari penulisan ini adalah sebagai berikut: 1.dengan teknik : a. .

Rancangan Database. Rancangan Report. . Analisa Kebutuhan Fungsional. Perancangan Sistem. Tujuan Penulisan. Contex Diagram. Bab II. terdiri dari Latar Belakang Masalah.5. Entity Relationship Diagram. Analisa Kebutuhan Nonfungsional. Informasi. Entity Relationship Diagram. Visual Basic dan Crital Report. 2. Merupakan bab inti yang menjelaskan perancangan Sistem Informasi Mekanisme Pencairan Dana Gaji Induk Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe yang meliputi.4 b. Menjelaskan landasan teoritis yang mencakup tentang Pengertian Sistem. dan Sistematika Penulisan. Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini penulis sajikan dalam lima Bab. Metode dan Teknik Pengumpulan Data. Sistem Informasi. Data Flow Diagram. dan jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Dana Gaji Induk. Data Flow Diagram. Wawancara (interview) Melakukan wawancara langsung dengan pegawai dan yang berhubungn langsung dengan Mekanisme Pencairan Dana Gaji Induk Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe. Mekanisme. buku-buku. Bab III. Studi Kepustakaan (library research) Yaitu melakukan pengumpulan data dari referensi. Rancangan Form. 1. Analisa Kebutuhan sistem. Analisa Sistem Lama. Pendahuluan. yang masing-masing Bab penulis jelaskan berikut ini: Bab I.

cara penghapusan data. cara proses penginputan data. Bab V.5 Bab IV. . cara mengkoreksi data dan pencetakan laporan. Merupakan implementasi dari perancangan Sistem Informasi Pencaiaran Dana Gaji Induk pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Lhokseumawe yang berisi cara kerja aplikasi. Bab V Merupakan bab penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saransaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful