Budaya Berasal Dari Bahasa Sansekerta

Cara Melestarikan Budaya nasional Budaya berasal dari bahasa sansekerta “buddhi” yang diartikan hal-hal yang

berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaaan memiliki arti sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan seharihari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. Sebagai bangsa indonesia kita mengetahui bahwasanya indonesia memiliki banyak kebudayaan yang melimpah. Dari bahasa, tarian, lagu-lagu daerah, adat istiadat, dan masih banyak lainnya. Kebudayaan itu tak bisa dikelompokan menurut daerah provinsi karena setiap daerah kabupaten pun sudah memiliki budaya yang berbeda, bahkan antara desa sudah memiliki budaya yang sedikit berbeda. Kebudayaan-kebudayaaan yang ada memiliki pengaruh terhadap budayabudaya daerah disekitarnya. Meski indonesia memiliki budaya yang melimpah dengan jumlah yang begitu banyak. Namun , tak jarang orang mengabaikan budaya tersebut. Tak ada rasa memiliki ataupun kecintaan terhadap budaya sendiri. Kebanyakkan lebih menyukai budaya yang datang dari luar. Padahal budaya indonesia itu begitu indah yang membuat orang dari luar negeri menyukainya, mempelajarinya, bahkan ada yang mengakui budaya itu miliknya. Jika budaya itu diakui negara lain barulah kita marah, dan berupaya melestarikannya. Dan jika ada budaya asing datang bukan berarti kita langsung mengabaikan budaya dari luar tersebut, kita boleh menyukainya jika budaya itu baik. Mengambil nilai-nilai positif dari budaya tersebut. Namun jika kita sampai melupakan budaya sendiri, inilah yang membahayakan dan perlu diwaspadai. Itulah tanda kelunturan suatau budaya. Untuk menjaga budaya yang ada agar tidak hilang luntur terbawa arus globalisasi diperlukan peran serta seluruh masyarakat indonesia mulai dari kalangan atas sampai kalangan bawah, dari penjabat tinggi sampai rakyat jelata, dari anak-anak sampai yang sudah tua. Semua perlu mengetahui budaya yang dimiliki ,mencintai budaya tersebut, membanggakan budaya yang dimiliki dan merealisasikan kecintaannya terhadap budaya tersebut. Karena generasi muda yang akan meneruskan kehidupan bangsa dan menjadi cerminan bangsa. Maka generasi muda inilah yang harus dijadikan sasaran utama pengenalan kebudayaan indonesia. Ini dapat dimulai dari pembelajaran di pendidikan formal. Dengan pengenalan budaya daerah tersebut dan budaya daerah lain. Dari daerah itu sendiri memberi pengenalan terhadap

Yang setiap daerah mungkin tidak sama. Kita dapat menggunakan media TV. Batik sekarang sudah dirancang disesuaikan dengan perkembangan mode. Bagi para produsen makanan sudah seharusnya menjaga kualitas makanan/ minuman yang dibuat dan menjaga keselamatan konsumen dengan tidak memasukkan zat berbahaya ataupun zat yang dilarang. mungkin sesekali dapat membeli makanan lain. Kita juga dapat memunculkannya dalam iklan suatu produk. Kita dapat melestarikan batik dengan memakai batik. hiasan. Kita juga dapat memasukkan seni dalam seni bermain peran dengan memunculkan dalam teater ataupun drama kolosal yang berkualitas baik yang dapat menarik perhatikan masyarakat khususnya anak muda. Seni budaya indonesia juga ada pada pakaiannya semisalnya batik. internet sebagai media pengenalan budaya indonesia. Pemerintah harus merawat peninggalan yang ada. Kita dapat melestarikan adat daerah semisal dalam pernikahan. Saat berkunjung janganlah kita merusakkkan artefak sejarah tersebut apalagi mengambilnya. Kita dapat mengaplikasikanya dengan model rumah kita yang bisa dimodifikasi dengan model rumah lainnya.budaya tersebut dengan mengadakan lomba-lomba kesenian. kerajaan. Batik pun sekarang tidak hanya digunakan sebagai baju ada yang dibuat tas. Dalam budaya indonesia adapula peninggalan budaya berupa makanan. masjid. dll. Ataupun diadakan festival budaya daerah. menjaganya jangan sampai diperjual belikan atau dicuri Selain itu kita juga punya adat istiadat. Dalam prinsipnya makanan akan dibuat dan dijual jika makanan tersebut ada peminatnya dan ada yang membelinya. Kita juga memiliki peninggalan berupa arsitektur rumah yang indah. Atau membuatannya menjadi animasi kartun. Jadi kita dapat melestarikan peningggalan kuliner indonesia dengan membeli produk-produk makanan tradisional tersebut. Seni dapat diwujudkan dalam bidang seni musik. Jika terjadi bentrokan adat antara kedua mempelai. Tidak berarti setiap hari hanya makanan tersebut yang kita makan. Apalagi sekarang model baju batik bervariatif tidak kuno lagi. mungkin dapat dibuat di acara pertama . Pilihan warnapun sudah ada berbagai macam. Kita dapat menyelenggarakan pernikahan sesuai adat yang berlaku didaerahnya. Yang dapat kita kunjungi saat liburan. sandal. seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa musisi kita. Kita dapat memasukan unsur seni dalam musik. radio. Sebagai bangsa indonesia kita tahu kita diwarisi seni arsitektur yang indah semisalnya candi. Membuatnya menjadi permainan game yang merupakan hal yang diminati banyak kalangan.

Jangan sampai kita tau tentang bahasa asing dan pandai berbahasa asing tapi tidak bisa mengunakan bahasa kita sendiri. Dan masyarakat sendiri membentuk organisasi yang memiliki keanggotaan perwakilan dari setiap daerah untuk pengenalan kebudayaan didaerahnya.karena tak semua orang mengerti bahasa daerah kita. Pemerintahpun harus berperan aktif dalam pelestarian budaya. Kita juga diwarisi budaya berupa bahasa janganlah kita malu menggunakan bahasa kita sendiri. Hal ini berarti sudah melestarikan dua budaya sekaligus. Pemerintah bisa membentuk badan khusus untuk pengarsipan budaya nasional. tau kapan harus menggunakan bahasa daerah atau bahasa lainnya. Hal ini dapat dilakukan pula melalui situs jejaring sosial semisal facebook ataupun twitter dan lain sebagainya. . Kita juga harus pandai menempatkan diri.mengunakan adat daerah si A di acara lainnya mengunakan adat daerah si B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful