QS SURAT AR RUM AYAT ; 41-42 MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (41) Katakanlah: "Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orangorang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)". (42) Isi kandungan : Selain untuk beribadah kepada Allah, manusia juga diciptakanlah sebagai khalifah dimuka bumi. Sebagai khalifah, manusia memiliki tugas untuk memanfaatkan, mengelola dan memelihara alam semesta. Allah telah menciptakan alam semesta untuk kepentingan dan kesejahteraan semua makhluk Nya, khususnya manusia. Keserakahan dan perlakuan buruk sebagian mannusia terhadap alam dapat menyengsarakan manusia itu sendiri. Tanah longsor, banjir, kekeringan, tata ruang daerah yang tidak karuan dan udara serta air yang tercemar adalah buah kelakuan manusia yang justru merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya. Islam mengajarkan agar umat manusia senantiasa menjaga lingkungan. Hal ini seringkali tercermin dalam beberpa pelaksanaan ibadah, seperti ketika menunaikan ibadah haji. Dalam haji, umat Islam dilarang menebang pohon-pohon dan membunuh binatang. Apabila larangan itu dilanggar maka ia berdosa dan diharuskan membayar denda (dam). Lebih dari itu Allah SWT

melarang manusia berbuat kerusakan di muka bumi Tentang memelihara dan melestarikan lingkungan hidup. yang hasilnya keseimbangan lingkungan menjadi kacau. karena dia dipermukaan. 2005: 77) Sedangkan pada ayat 42 surah ar-rum pula. Berbagai bencana yang menimpa umat-umat terdahulu adalah disebabkan perbuatan dan kemusyrikan mereka. 2004: 116). Selain itu pula. rehabilitasi SDA berupa hutan. Inilah yang mengantar sementara ulama kontemporer memahami ayat ini sebagai isyarat tentang kerusakan lingkungan. Sedangkan kata alfasad menurut al-ashfahani adalah keluarnya sesuatu dari keseimbangan. baik jasmani.( syamsuri. maka menjadi nampak dan terang serta diketahui dengan jelas. 1. ayat ini mengingatkan mereka pada akhir perjalanan ini bahwa mereka dapat mengalami apa yang dialami oleh orang-orang musyrik sebelum mereka. Tafsir surah ar-rum 41-42 Pada ayat 41 surah ar-rum. 2004: 116) Kata zhahara pada mulanya berarti terjadinya sesuatu dipermukaan bumi. Sehingga. seperti yang terdapat pada amanat GBHN. mereka tidak mau menghambakan diri kepada Allah. tanah dan air yang rusak perlu ditingkatkan lagi. terdapat penegasan Allah bahwa berbagai kerusakan yang terjadi di daratan dan di lautan adalah akibat perbuatan manusia. jiwa. Ini dapat berarti daratan dan lautan menjadi arena kerusakan. Dalam lingkungan ini program penyelamatan hutan.(quraish shihab. (syamsuri. Mereka pun mengetahui akibat yang . banyak upaya yang bisa dilakukan. wilayah laut dan kawasan udara perlu dilanjutkan dan makin ditingkatkan tanpa merusak mutu dan kelestarian lingkungan hidup.baik sedikit maupun banyak. Kata ini digunakan menunjuk apa saja. justru kepada selain Allah dan hawa nafsu mereka. maupun hal-hal lain. tanah dan air perlu dilanjutkan dan disempurnakan. menerangkan tentang perintah untuk mempelajari sejarah umat-umat terdahulu. Pendayagunaan daerah pantai.( quraish shihab. Hal tersebut hendaknya disadari oleh umat manusia dan karenanya manusia harus segera menghentikan perbuatan-perbuatan yang menyebabkan timbulnya kerusakan di daratan dan di lautan dan menggantinya dengan perbuatan baik dan bermanfaat untuk kelestarian alam. 2005: 76) Ayat di atas menyebut darat dan laut sebagai tempat terjadinya fasad itu.

diamanati oleh Allah untuk melakukan usaha-usaha agar alam semesta dan segala isinya tetap lestari. lautan. Hutan-hutan disekitar sungai. fauna. dan dengan melihat dan meneliti bukti-bukti sejarah. pengamanan pintu-pintu air. flora. mata air dan rawa perlu diamankan. Mereka juga melihat bekas-bekas para pendahulunya itu. Contoh perbuatan menjaga kelestarian lingkungan hidup a) Pencegahan masalah air dilakukan dengan cara pencegahan pencemaran. sehingga umat manusia dapat mengambil manfaat. upaya untuk mengurangi pencemaran sungai diantaranya melalui program kali bersih (prokasih) terhadap sungai-sungai yang telah tercemar. Ketamakan manusia terhadap alam seperti tersebut. 2004:84) Allah SWT menciptakan alam semesta dan segala isinya. Dalam melaksanakan kewajibannya. dll. adalah untuk kepentingan umat manusia (QS an-Nahl: 10-16) Manusia sebagai khalifah Allah. yang pernah menimpa umat manusia. daratan.(Moh. kita disuruh untuk mempelajari sejarah umat-umat terdahulu dan mengambil pelajaran darinya. banjir. 1. pengunaan air tidak boros.matsna.(sayyid quthb. dan melewati bekas-bekas tersebut. angkasa raya.diterima oleh banyak orang dari mereka. sebagai khalifah juga umat manusia. ketika mereka berjalan dimuka bumi. menggali dan mengelolanya untuk kesejahteraan umat manusia dan sekaligus sebagai bekal dalam beribadah dan beramal shaleh.telah berakibat buruk terhadap diri mereka sendiri. . danau. seperti longsor. Diperlukan upaya yang keras dan konsisten dari kita semua sebagai khalifah Allah agar kewajiban untuk memelihara dan melestarikan alam demi kesejahteraan bersama tetap terjaga. maka mereka dapat mengambil pelajaran atas peristiwa-peristiwa yang telah lalu. 2003: 226) dan dengan melakukan perjalanan dimuka bumi juga dapat membuktikan bahwa kerusakan-kerusakan di muka bumi ini adalah betul-betul akibat perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab serta mengingkari nikmat Allah.

Karena banjir bisa terjadi akibat tertutupnya saluran-saluran air. c) Contoh perbuatan yang paling sederhana dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Amin. . Karena perbuatan membuang sampah sembarangan ini. sehingga air hujan atau air lainnya. yaitu dengan selalu nembuang sampah pada tempatnya. Mereka akan mencari lahan pertanian baru ketika tanah yang ditanami sudah tidak subur lagi tanpa adanya tanggung jawab membiarkan ladang terbengkalai dan tandus. dapat menyebabkan banjir. mengampuni dosa kita semua.b) Mencegah cara ladang berpindah / Perladangan Berpindah-pindah.Terkadang para petani tidak mau pusing mengenai kesuburan tanah. Apakah anda termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beriman? Sudahkah anda menjadi seorang yang seperti diatas? ” Kebersihan sebagian dari iman ” . mengelola dan memanfaatkan apa yang ada di bumi ini. Semoga Allah SWT. Sebaiknya lahan pertanian dibuat menetap dengan menggunakan pupuk untuk menyuburkan tanah yang sudah tidak produktif lagi. maka rawatlah bumi ini dan sadarlah kita sebagai khalifah yang tugasnya untuk merawat. dan tidak membuangnya sembarangan. tidak dapat mengalir dengan lancar.

dan jadikanlah itu sebagai peringatan bagi dirinya. Manusia dianjurkan untuk melihat sejarah. Dampak negatif kerusakan akan dirasakan manusia 3. DAFTAR PUSTAKA http://spupe07. karena itu akan berdampak buruk.Kesimpulan 1. juga bagi manusia sendiri.wordpress.blogspot. Kerusakan alam bisa terjadi karena ulah perbuatan tangan manusia sendiri 2.wordpress.com/2010/01/05/ayat-tentang-perintah-menjaga-kelestarianlingkungan-hidup-qs-ar-rum-41-42/ http://akuanakduito. 4. Manusia diperingatkan untuk selalu mengingat Allah dan tidak menyakutukannya dengan sesuatu apapun selain dariNya. baik bagi lingkungan. bagaimana akibat umat yang berbuat di bumi ini.com/2012/03/pembahasan-tentang-qs-ar-ruum-30-41-42.com/2012/06/06/surat-ar-rum-ayat-41-42-tentang-larangan-membuatkerusakan-di-muka-bumi/ .html http://ihsasan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful