KELOMPOK 9 Listiawati : 2010 121 183 Dian wulandari : 2010 121 200 Siti napsiah : 2010 121 204

Penulisan Daftar Pustaka
Daftar pustaka merupakan suatu aspek penting dalam penyusunan karya ilmiah. Daftar pustaka menguraikan daftar referensi penunjang penyusunan karya ilmiah. Daftar pustaka berisikan senarai buku-buku, kutipan, dan situs web / website dari internet sebagai elemen pendukung dalam menyelesaikan karya ilmiah. Dalam penulisan daftar pustaka diperlukan pedoman dan petunjuk agar penulisan daftar pustaka tersebut tepat dan benar. Atas dasar itu pulalah Media Berita menghadirkan Pedoman dan Contoh Penulisan Daftar Pustaka untuk memudahkan setiap penulis dalam menyusun karya ilmiahnya. Inilah pedoman dan contoh penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka: Pedoman Penulisan Daftar Pustaka Kaidah-kaidah penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan petunjuk penyusunan daftar pustaka adalah:   Daftar pustaka ditulis dengan jarak satu spasi, dan antara pustaka satu dengan lainnya ditulis dengan jarak dua spasi. Daftar pustaka ditulis dengan urutan: 1. Nama pengarang; 2. Judul buku; 3. Kota; 4. Penerbit; 5. Tahun terbit.

Penulisan nama diambil nama belakang (bilamana lebih dari satu kata) dan disusun secara alphabet (A-Z).

Tuntunan Karya Ilmiah. Daftar pustaka ditulis menurut abjad berdasarkan nama akhir pengarang . Sumber : http://www.html tgl 20 Daftar pustaka memuat seluruh sumber tulisan (buku. Menuliskan daftar pustaka sesuai pedoman yang dibuat oleh masing-masing lembaga atau institusi. Di dalam daftar pustaka minimal ada lima rujukan.  Jika karya yang dikutip berupa terjemahan.  Penulisan tanda koma ( . Kamus Besar Bahasa Indonesia. jurnal. Penulisan al dan ibn (unutk nama Arab) serta van (untuk nama Belanda) diabaikan dalam penyusunan alphabet. Nama jurna dan judul buku Antologi ditulis miring. nama penerjemah dan nama penerbit.   Penulisan tanda titik dua ( : ) ditempatkan setelah kota penerbit atau tahun. laporan penelitian atau sumber-sumber lain) yang menjadi rujukan langsung dikutip dalam tesis. didahului kata "terj". 1990. 2011. judul buku artikel atau buku. Jakarta: Balai Pustaka.  Judul buku dalam jurna atau buku Antologi ditulis tegak dan diberi tanda kutip. Yogyakarta: SHAIDA.mediaberita. Penulisan tanda titik ( . Samsul Nizar. maka nama penerjemah ditulis dengan nama karya. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. ) diletakkan setelah nama pengarang. 2007. Bacaan yang tidak dikutip secara langsung tidak perlu di cantumkan dalam daftar pustaka. Sedangkan cara menulis daftar pustaka berurutan secara alfabet tanpa nomor urut. ) ditempatkan di bagian akhir daftar pustaka. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar Penggalan Contoh Penulisan Daftar Pustaka: Bisri Mustafa.net/2012/04/pedoman-dan-contoh-penulisandaftar. Jakarta: Gaya Media Pratama. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam.

Penulisan sumber pustaka yang berasal dari buku secara berurutan mencantumkan unsur-unsur berikut. ditulis diantara tanda petik. e) Volume dan nomor jurnal/majalah (dari halaman berapa sampai halaman berapa) 4. Penulisan sumber pustaka yang berasal dari jurnal/majalah secara berurutan mencantumkan unsur-unsur berikut. c) Tahun penerbitan d) Judul buku. kecuali kata depan dan kata penghubung. Di anatara tiap unsur tersebut diberi jarak dua ketukan setelah titik. 1. kecuali kata depan dan kata penghubung. kecuali kata depan dan kata penghubung. 3. d) Judul jurnal/majalah digaris bawahi atau dicetak miring. Di antara tiap unsur tersebut diberi jarak dua ketukan setelah titik. dan tanpa gelar akademik penulisnya. tidak digaris bawahi. tanpa nomor urut. koma dan namanya sendiri. b) Apabila pengarangnya lebih dari satu orang. a) Nama akhir pengarang (jika ada). nam pengarang berikutnya ditulis sebagaimana adanya. 5. Penulisan sumber daftar pustaka yang berasal dari surat kabar ada dua macam : tulisan tanpa pengarang dan tulisan ada pengarang. a) Nama akhir pengarang (jika ada). Tulisan tanpa pengarang mencantumkan unsur-unsur dengan urutan berikut. e) Kota (tempat) penerbit (pilih yang pertama jika ada beberapa nama kota). 6. titik. nama penerbit. 2. titik dua. dan namanya sendiri. Huruf pertama tiap kata diketik dengan huruf kapital.atau penulis pertama jika nama itu lebih dari satu kata. b) Tahun penerbitan c) Judul karangan. . Huruf kapital. Huruf pertama tiap kata diketik dengan huruf kapital. tiap katanya dicetak tebal dan dicetak miring. nama pengarangnya berikutnya ditulis sebagaimana adanya. Apabila pengarangnya lebih dari satu orang. koma.

nama pengarangnya berikutnya ditulis sebagaimana adanya. dan kolom. ditulis diantara tanda petik. 7. a) Nama pengarang artikel. tidak digaris bawahi. dan d) Tanggal. digaris bawahi atau dicetak miring. Huruf pertama tiap kata diketik dengan huruf kapital. dan e) Tanggal. tidak digaris bawahi. koma dan namanya sendiri. d) Nama surat kabar. tidak digaris bawahi. kecuali kata depan dan kata penghubung. b) Tahun penerbitan. Huruf pertama tiap kata diketik dengan huruf kapital. dan h) Halaman-halaman artikel . a) Nama akhir pengarang (jika ada). d) Nama editor (ditulis sebagaimana adanya) e) Judul buku (digaris bawahi/dicetak miring) f) Kota penerbit g) Penerbit. ditulis diantara tanda petik. 8. Huruf pertama tiap kata diketik dengan huruf kapital. Penulisan sumber daftar pustaka yang berasal dari buku yang disusun oleh editor (penyunting) mencantumkan unsur-unsur dengan urutan berikut. Tulisan yang ada pengarangnya mencantumkan unsur-unsur dengan urutan berikut.a) Nama surat kabar (digaris bawahi/dicetak miring) b) Tahun penerbitan c) Judul tulisan. ditulis diantara tanda petik. c) Judul artikel. dan kolom. b) Tahun penerbitan c) Judul tulisan. Apabila pengarangnya lebih dari satu orang. kecuali kata depan dan kata penghubung. halaman. kecuali kata depan/kata penghubung. halaman.

Penulisan sumber pustaka yang berasal dari buku yang tidak ada pengarangnya (misalnya buku GBHN) mencantumkan unsur-unsur dengan urutan berikut. a) Nama akhir pengarang (jika ada). dan d) Tidak boleh menuliskan anonim (anonymus). . 11... di .. tidak digaris bawahi.. koma dan namanya sendiri.. dan d) Tuliskan Makalah atau Makalah disajikan pada seminar atau lokakarya pada tanggal ... .. kecuali kata depan/kata penghubung. koma dan namanya sendiri. Apabila pengarangnya lebih dari satu orang. b) Tahun penerbitan c) Judul skripsi/tesis/disertasi/laporan hasil penelitian.9. b) Tahun penerbitan c) Judul karangan. ditulis diantara tanda petik.. Apabila pengarangnya lebih dari satu orang. tidak digaris bawahi. a) Nama akhir pengarang (jika ada). nama pengarangnya berikutnya ditulis sebagaimana adanya... kecuali kata depan/kata penghubung.. Penulisan sumber pustaka berupa makalah mencantumkan unsur-unsur dengan urutan berikut. dan e) Penerbit 10.. ditulis diantara tanda petik. Huruf pertama tiap kata diketik dengan huruf kapital. Huruf pertama tiap kata diketik dengan huruf kapital. Dirjen Dikti) b) Tahun penerbitan c) Judul buku (digaris bawahi/dicetak miring) d) Kota penerbit. nama pengarangnya berikutnya ditulis sebagaimana adanya. Penulisan sumber pustaka berupa skripsi/tesis/disertasi dan laporan hasil penelitian yang belum dipublikasikan mencantumkan unsur-unsur dengan urutan berikut.. a) Nama badan atau instansi (misalnya.

ac. Rujukan dari Internet berupa Bahan Diskusi.id). S. d) Alamat sumber rujukan tersebut disertai keterangan kapan diakses di antara kurung contoh : Hitchocock. Artikel untuk JIP. b) Tahun.L. mencantumkan unsur-unsur dengan urutan sebagai berikut: a) Nama penulis ditulis seperti rujukan bahan cetak. .buffalo. (NETTRAIN@ubvm.cc.ywen. b) Tanggal.edu. 1996.dan Hall.or. D.A Survey of STM Online jornals. 1 Oktober 1997. tahun. judul karya tersebut. b) Tanggal. Carr. 20 November 1995. diantara tanda kurung. mencantumkan unsur-unsur dengan urutan sebagai berikut : a) Nama Pengirim (jika ada) dan disertai keterangan dalam kurung (alamat email pengirim). Rujukan dari Internet berupa Karya Individual. bulan. tahun. c) Dicetak miring dengan diberi keterangan dalam kurung (Online0. Summary of Citing Internet Site. bulan. e) Alamat e-mail sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses. (http//journal. Penulisan sumber pustaka berupa artikel/jurnal dari internet. W. Dali S.soto.id). diakses 22 November 2010) 14. c) Topik isi bahan (dicetak miring). NETTRAIN Discussion List. Contoh : Naga. d) Nama yang dikirimi disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail yang dikirim).E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg. d) Nama bahan diskusi (dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (Online). 1990-195 : The Calm before the Strom.(ikip-jkt@indo. c) Topik bahan diskusi.12.net.ecs. Rujukan dari Internet berupa E-mail Pribadi. (Online). mencantumkan unsur-unsur dengan urutan sebagai berikut: a) Nama penulis ditulis seperti ditulis seperti rujukan dari bahan cetak.html. (Online).uk/survey/survey/survey. Contoh : Wilson. diakses 12 juni 2011) 13.

1. penelitian yang baik dan benar. Pedoman Penulisan Skripsi 2013.php?option=com_docman&tas k=doc_view&gid=27&Itemid=30. 3 August 2008. skripsi. Cara Membuat Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar Contoh lengkap cara membuat daftar pusaka makalah. tahun pembuatan atau penerbitan buku. Pertama. 2. Ketiga. tulis judul buku/tulisannya lalu beri (tanda titik) lagi. tulis (tahun buku atau tulisan dibuat dalam tanda kurung) setelah itu beri (tanda titik). dimulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjutkan dengan nama depan. Kedua . Keempat. Belajar Mudah Penelitian. tulis tanggal pengambilan data tersebut. Penulisan nama untuk awal menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang ditulis beri (tanda koma). Kedua.From http://rachdian. Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance). Berikut contohnya : Albarda (2004). PGRI Palembang. tulis alamat websitenya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll setelah itu beri tanda koma.Sumber : Riduan (2012). Palembang: Univ. Fkip Univ PGRI (2013).com/index2. Pertama . Bila anda menulis Daftar Pustaka dengan bahan yang diambil dari internet. Kelima. . tulis nama. Penulis Daftar Pustaka dalam pengambilan data dari buku. Bandung: Alfabeta.

Pertama. Cetakan ke-3. judul bukunya ingat ditulis dengan menggunakan huruf miring setelah gunakan (tanda titik). Soekirno. tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut diawali (( )) setelah itu beri (tanda titik). Berikut Contohnya: a. yang berubah penulisannya hanya orang pertama sedangkan orang kedua / ketiga tetap. Yogjakarta: Penerbit Rineka Cipta. Setelah nama kedua selesai. Jakarta: Elex Media Komputindo. Ridwan (2002). c. Keempat . Harimurti (2005). Cara Mudah Menginstall Web Server Berbasis Windows Server 2003. Penulisan daftar pustaka yang lebih dari satu/dua orang penulis dalam buku yang sama. .Ketiga . jika tiga penulis gunakan tanda (&) pada akhir nama terakhir begitu pula jika penulisannya hanya dua orang saja.Yogyakarta: Penerbit Andi Offset. 3. Kasiman (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Arikunto. Kelima penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik). Aplikasi Web dengan PHP dan MySql. d. Ketiga. Peranginangin. tulis nama belakang dari penulis yang pertama setelah nama belakang beri (tanda koma) lalu tulis naa depan jika nama depan berupa singkatan tulis saja singakatan itu setelah nama pertama selesai beri (tanda titik) lalu beri (tanda koma) untuk nama kedua/ketiga ditulis sama seperti nama asli tidak ada perubahan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. judul buku atau karangan setelah itu beri (tanda koma) dan ditulis dengan huruf miring. CV Alfabeta. tempat diterbitkannya setelah tempat penerbitan gunakan (tanda titik dua). Kedua. Bandung. Suharsimi (2010). b.

B. Suteja. (http://www. b. penulisan tempat penerbitan/cetakan setelah itu beri tanda (titik dua) Kelima. Memasuki Dunia E-Learning.F.C.T. M. Sapardi Joko. J.A. yang harus tetap diperhatikan adalah bagaimana cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar. W. penerbit. Kapita Selecta Pengajaran Bahasa. Namun. Daftar pustaka bisa bersumber dari berbagai macam media. J. diakses tanggal 25 Juli 2008 ) . Desperately Seeking: Helping Hands and Human Touch. Sumber internet Hermans. Contohnya sebagai berikut: 1. Whitten. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.Bentley. K. internet.hermans. Sarapung. Novel Sastra Indonesia Sebelum Perang. 2.html Cara Menulis Daftar Pustaka Daftar pustaka menjadi bukti referensi bagi sebuah karya ilmiah.blogspot. & Handaya. [online]. Systems Analysis and Design Methods. Bandung: Penerbit Informatika. Menjadi Guru Professional. tesis.. Indianapolis: McGraw-Hill Education. tahun. Dittman..org/agents2/ch3_1_2. 2009. dan lain sebagianya sebagai bahan rujukan. L. B.htm .Keempat. koran undang-undang. skripsi. Bandung : Remaja Rosda.D. jadi penulisan nama sumber.. Damono.L.B. baik cetak maupun elektronik. buat nama perusahaan penerbit dan diakhiri dengan tanda (titik) Contoh : a. artikel. Sumber buku bahasa indonesia Mulyasa. dan lain sebaginya harus disusun dengan beberapa aturan tertentu. 1979. Kita bisa menjadikan buku.R. Baradja. (2008). 2000.com/2012/11/penulisan-daftar-pustaka-yangbenar. Malang: Penerbit IKIP Malang. 1990. (2004). Sumber : http://imuzcorner..

3. S. diakses 20 Januari 2000) Hitchcock. 1998. Carr. B. (Online).id. (Online). 20 November 1995 .edu. No. NETTRAIN Discussion List . Tesis. (NETTRAIN@ubvm. (Online). 1990-1995: TheCalm before the Storm . Summary of Citing Internet Sites. Ensiklopedia. 1989. Jilid 5. 23: 956-975. (http://www. Kamus Stafford-Clark. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Undang-Undang No. dan Shadily. W.ac.ac.malang. MajapahitPos .cc. 115.Kumaidi. Jurnal Ilmu Pendidikan . Skripsi. Echols. (Online). Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. 1998. Keppres Republik Indonesia. D. No. Jurnal Ilmu Pendidikan.html .M. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan. Disertasi. 2002.malang. Sekretariat Negara. 6. The New Encyclopedia Britannica. USA . (http://journal. Internet (forum diskusi online): Wilson. Kamus Inggris – Indonesia. D. No.4. 1996. Jakarta 5. 1992. (http://www.soton. A Survey of STM Online Journals. Encyclopedia Britannica. J. Laporan Penelitian: . 1978. Jakarta. hlm. L. Chicago.. Mental disorders and their treatment. diakses 22 November 1995). Peraturan Pemerintah. Jilid 5. Undang-undang.ecs. 4. Internet (artikel dalam jurnal online): Kumaidi. & Hall. 13 Desember. Artikel dalam koran: Pitunov. H. PT Gramedia. 24 Tahun 1992 tentang Penataan Ruang. Lembaran Negara RI Tahun 1992.id. diakses 20 Januari 2000). diakses 12 Juni 1996). 4 & 11.buffalo.ac. 4.uk/survey/survey. (Eds).

7. Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi . T.html . Hobart. 1996.blogspot. On the edge of the forest. B.com/2012/11/contoh-cara-menulis-daftarpustaka.. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional MalangJurusan Bangunan.Kuncoro. Austraalia. Sumber: http://menjaga-bumi. Film (Movie) Oldfield. Tesis tidak diterbitkan. 30 mins. Malang: PPS IKIP MALANG. Tasmanian Film Corporation. (Producer) 1977.