P. 1
Program TBC Paru

Program TBC Paru

|Views: 72|Likes:
Published by brojeem

More info:

Published by: brojeem on Apr 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/07/2013

pdf

text

original

Program TBC Paru – TB Paru

Program TB Paru dengan Sistem DOTS Dinkes Kota Batam

Skip to content • Home • Data Dasar
• • • • • • •

Download Foto Kegiatan Hubungi Kami Kerjasama Monitoring dan Evaluasi TB Sitemap Strategi

← Older posts

Penyakit TBC
Posted on 07 by tb paru batam Penyakit TBC / Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Sebagian besar kuman TB menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya. di blog ini istilah TBC kadang akan masih dipakai , tetapi secara bertahap akan dipakai istilah TB saja, sebab masih banyak yang menjadi takut mendengar TBC , tapi lebih halus dengan sebutan TB. jadi bila ada kalimat yang menyebut TB itu sama juga dengan TBC

·
• •

Cara penularan
Sumber penularan adalah pasien TB BTA positif. Pada waktu batuk atau bersin, pasien menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk percikan dahak (droplet nuclei). Sekali batuk dapat menghasilkan sekitar 3000 percikan dahak.

Umumnya penularan terjadi dalam ruangan dimana percikan dahak berada dalam waktu yang lama. Ventilasi dapat mengurangi jumlah percikan, sementara sinar matahari langsung dapat membunuh kuman. Percikan dapat bertahan selama beberapa jam dalam keadaan yang gelap dan lembab. Daya penularan seorang pasien ditentukan oleh banyaknya kuman yang dikeluarkan dari parunya. Makin tinggi derajat kepositifan hasil pemeriksaan dahak, makin menular pasien tersebut. Faktor yang memungkinkan seseorang terpajan kuman TB ditentukan oleh konsentrasi percikan dalam udara dan lamanya menghirup udara tersebut. Risiko tertular tergantung dari tingkat pajanan dengan percikan dahak. Pasien TB paru dengan BTA positif memberikan kemungkinan risiko penularan lebih besar dari pasien TB paru dengan BTA negatif. Risiko penularan setiap tahunnya di tunjukkan dengan Annual Risk of Tuberculosis Infection (ARTI) yaitu proporsi penduduk yang berisiko terinfeksi TB selama satu tahun. ARTI sebesar 1%, berarti 10 (sepuluh) orang diantara 1000 penduduk terinfeksi setiap tahun. ARTI di Indonesia bervariasi antara 1-3%. Infeksi TB dibuktikan dengan perubahan reaksi tuberkulin negatif menjadi positif. Hanya sekitar 10% yang terinfeksi TB akan menjadi sakit TB. Dengan ARTI 1%, diperkirakan diantara 100.000 penduduk rata-rata terjadi 1000 terinfeksi TB dan 10% diantaranya (100 orang) akan menjadi sakit TB setiap tahun. Sekitar 50 diantaranya adalah pasien TB BTA positif. Faktor yang mempengaruhi kemungkinan seseorang menjadi pasien TB adalah daya tahan tubuh yang rendah, diantaranya infeksi HIV/AIDS dan malnutrisi (gizi buruk). HIV merupakan faktor risiko yang paling kuat bagi yang terinfeksi TB menjadi sakit TB. Infeksi HIV mengakibatkan kerusakan luas sistem daya tahan tubuh seluler (cellular immunity), sehingga jika terjadi infeksi penyerta (oportunistic), seperti tuberkulosis, maka yang bersangkutan akan menjadi sakit parah bahkan bisa mengakibatkan kematian. Bila jumlah orang terinfeksi HIV meningkat, maka jumlah pasien TB akan meningkat, dengan demikian penularan TB di· Riwayat alamiah pasien TB yang tidak diobati.

• •

• • • •

• •

Pasien yang tidak diobati, setelah 5 tahun, akan: o 50% meninggal o 25% akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang tinggi

25% menjadi kasus kronis yang tetap menular

menilai keberhasilan Pemeriksaan dahak untuk penegakan diagnosis dilakukan dengan mengumpulkan 3 spesimen dahak yang dikumpulkan dalam dua hari kunjungan yang berurutan berupa Sewaktu-PagiSewaktu (SPS). asma. tbc | 1 Comment Gejala klinis pasien TB Posted on 07 by tb paru batam Gejala klinis pasien TB Gejala utama pasien TB paru adalah batuk berdahak selama 2 minggu atau lebih . Pemeriksaan dahak mikroskopis Pemeriksaan dahak berfungsi untuk menegakkan diagnosis. demam meriang lebih dari satu bulan. dan perlu dilakukan pemeriksaan dahak secara mikroskopis langsung. tb paru. kanker paru.Dalam Pengendalian penyakit menular TB dipakai sistem DOTS TB yang terbukti efektif sebagai strategi penanggulangan TB . strategi DOTS TB ini telah diadopsi dan dimanfaatkan oleh banyak negara dengan hasil yang bagus. Mengingat prevalensi TB di Indonesia saat ini masih tinggi. Pot dibawa dan diserahkan sendiri kepada petugas di UPK. maka setiap orang yang datang ke UPK dengan gejala tersebut diatas. berat badan menurun. malaise. termasuk di negara-negara maju seperti Amerika Serikat Share0 Posted in TBC | Tagged dots tb. P (Pagi): dahak dikumpulkan di rumah pada pagi hari kedua. badan lemas. Pada saat pulang. suspek membawa sebuah pot dahak untuk mengumpulkan dahak pagi pada hari kedua. penyakit tb. strategi dots tb. tb. berkeringat malam hari tanpa kegiatan fisik. dan lain-lain. seperti bronkiektasis. Gejala tb tersebut diatas dapat dijumpai pula pada penyakit paru selain TB. nafsu makan menurun. sesak nafas. penyakit tbc. batuk darah. pengobatan dan menentukan potensi penularan. segera setelah bangun tidur. Batuk dapat diikuti dengan gejala tambahan yaitu dahak bercampur darah. . • • S (sewaktu): dahak dikumpulkan pada saat suspek TB datang berkunjung pertama kali. bronkitis kronis. dianggap sebagai seorang tersangka (suspek) pasien TB.

. TBC | Tagged Gejala tb. Strategi ini akan memutuskan penularan TB dan dengan demkian menurunkan insidens TB di masyarakat. akan menghemat sebesar US$ 55 selama 20 tahun. disamping secara cepat menekan penularan. Integrasi ke dalam pelayanan kesehatan dasar sangat dianjurkan demi efisiensi dan efektifitasnya. prioritas diberikan kepada pasien TB tipe menular. Pemeriksaan dahak mikroskopis yang terjamin mutunya. termasuk pengawasan langsung pengobatan. saat menyerahkan dahak pagi. Strategi ini dikembangkan dari berbagi studi. Share0 Posted in Diagnosis. 5. 4. setiap dolar yang digunakan untuk membiayai program penanggulangan TB. uji coba klinik ( clinical trials). WHO telah merekomendasikan strategi DOTS sebagai strategi dalam penanggulangan TB sejak tahun 1995. Bank Dunia menyatakan strategi DOTS sebagai salah satu intervensi kesehatan yang paling efektif. juga mencegah berkembangnya MDR-TB.• S (sewaktu): dahak dikumpulkan di UPK pada hari kedua. Pengobatan jangka pendek yang standar bagi semua kasus TB dengan tatalaksana kasus yang tepat. 3. Menemukan dan menyembuhkan pasien merupakan cara terbaik dalam upaya pencegahan penularan TB. Fokus utama DOTS adalah penemuan dan penyembuhan pasien. Satu studi cost benefit yang dilakukan oleh WHO di Indonesia menggambarkan bahwa dengan menggunakan strategi DOTS. Strategi DOTS terdiri dari 5 komponen kunci: 1. gejala tbc. Penerapan strategi DOTS secara baik. Jaminan ketersediaan OAT yang bermutu. Sistem pencatatan dan pelaporan yang mampu memberikan penilaian terhadap hasil pengobatan pasien dan kinerja program secara keseluruhan. tb paru | Leave a comment Upaya Penanggulangan TB di Indonesia Posted on 10 by tb paru batam UPAYA PENANGGULANGAN TB di Indonesia Pada awal tahun 1990-an WHO dan IUATLD telah mengembangkan strategi penanggulangan TB yang dikenal sebagai strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-course) dan telah terbukti sebagai strategi penanggulangan yang secara ekonomis paling efektif (cost-efective). pengalamanpengalaman terbaik (best practices). Komitmen politis 2. dan hasil implementasi program penanggulangan TB selama lebih dari dua dekade.

Berkontribusi dalam penguatan system kesehatan 4.Strategi DOTS di atas telah dikembangkan oleh Kemitraan global dalam penanggulangan tb (stop TB partnership) dengan memperluas strategi dots sebagai berikut : 1. Upaya Penanggulangan TB di Indonesia | Leave a comment Kesalahan Diagnosis Paling Sering pada Anak Posted on 21 by tb paru batam Menegakkan diagnosis suatu penyakit oleh seorang dokter seringkali tidak semudah yang dibayangkan. overdiagnosis atau misdiagnosis. Bukan hanya di Indonesia. Artinya. khususnya pada anak-anak : . Melibatkan semua pemberi pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta. Faktor utama adalah dalam beberapa penyakit yang dalam menentukan gold standar atau untuk memastikan suatu penyakit dengan diagnosis klinis atau hanya dengan mengamati riwayat penyakit dan manifestasi penyakit. Selain akurasi alat tidak baik sering terjadi kesalahan interpretasi penilaian hasil laboratorium. Berikut 10 overdiagnosis yang paling sering terjadi. Strategi DOTs. Beberapa kelainan atau penyakit yang berbeda sering menampakkan tanda dan gejala klinis yang sama. Merespon masalah TB-HIV. hal ini juga sering terjadi di luar negeri. 5. Melaksanakan dan mengembangkan riset Share0 Posted in Kebijakan | Tagged mdr tb. Upaya Penanggulangan TB. mengoptimalkan dan mempertahankan mutu DOTS 2. Istilah dan kondisi yang hampir serupa diistilahkan pit fall diagnosis. Mencapai. Sehingga dalam beberapa kasus acapkali terjadi “wrong diagnosis” atau kesalahan diagnosis atau overdiagnosis suatu penyakit padahal seseorang tidak menderitanya. Kesalahan diagnosis atau wrong diagnosis artinya seseorang diberikan diagnosis penyakit tertentu tetapi sebenarnya belum tentu mengalami gangguan tersebut. Banyak faktor yang terjadi mengapa hal itu sering terjadi. TB HIV. Memberdayakan pasien dan masyarakat 6. MDR-TB dan tantangan lainnya 3. dalam pemeriksaan laboratorium terjadi kesalahan yang seharusnya negatif tetapi saat diperiksa hasilnya positif dan sebaliknya. Sedangkan alat bantu diagnosis seperti pemeriksaan laboratorium atau pemeriksaan penunjang lainnya tidak banyak diharapkan karena sering spesifitas dan sensitifitas tidak terlalu bagus sehingga sering mengakibatkan false positif atau false negatif.

diare. susu tersebut hanya untuk prevention atau pencegahan alergi atau untuk anak beresiko alergi bukan untuk penderita alergi susu sapi. Bahkan penelitian di Swedia menunjukkan pemakaian karpet menurun. 2. boneka. Seringkali kesalahan terjadi bahwa setiap anak mengalami tanda dan gejala alergi divonis alergi susu sapi dan diadviskan susu hidrolisat parsial alergi. Hal ini dapat dibuktikan bahwa keluhan alergi seperti batuk dan pilek seringkali timbul saat malam dan pagi hari. pilek atau infeksi akut lainnya sebagian besar disebabkan karena infeksi virus yang tidak memerlukan antibiotika. Padahal. Fakta lain juga terjadi banyak orangtua yang telah membersihkan semua debu. Infeksi bakteri. batuk. demam. pilek. Gangguan infeksi muntaber. Untuk menentukan penderita yang sudah divonis alergi susu sapi pilihan utama adalah susu ektensif hidrolisat atau soya. pemakaian . sinusitis berkepanjangan. Kesalahan diagnosis sering lainnya adalah penyakit virus didiagnosis sebagai infeksi bakteri. karpet dan dipasang AC plasmacluster tetapi ternyata gejala alergi batuk dan pilek tidak kunjung hilang. Penyebab alergi bila dicermati juga sering dicetuskan karena infeksi virus dan disebabkan karena alergi debu atau alergi makanan lainnya. Debu di luar rumah jarang dianggap sebagai penyebab alergi. Memang untuk memvonis seorang alergi susu sapi tidak semudah itu. Reaksi alergi karena debu adalah reaksi cepat yang seharusnya lebih banyak timbul saat siang hari saat aktifitas. Memastikan alergi susu sapi tidak mudah karena dalam keadaan tertentu tes alergi seperti tes kulit atau tes darah tidak bisa memastikannya. tetapi faktanya hampir semua anak yang mengalami gejala alergi. Menentukan vonis anak menderita alergi susu sapi tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebenarnya penyebab utama alergi debu adalah debu rumah atau “house dust”. sering langsung diagnosis alergi susu sapi. Tetapi fakta yang ada sebagian besar terjadi overdiagnosis atau overtreatment. Tidak semua manifestasi alergi haruslah disebabkan karena alergi susu sapi. Banyak bayi awalnya didiagnosis alergi susu sapi dan diadviskan untuk minum susu yang mahal. 3. Banyak kasus demikian diberi antibiotika yang seharusnya tidak perlu diberi antibiotika. Hal inilah yang membuat seringkali terjadi overdiagnosis atau perbedaan pendapat di antara para dokter dalam menentukan vonis alergi susu sapi pada anak atau bayi. Padahal saat malam dan pagi hari debu lebih sedikit. Standar baku emas atau memastikan alergi susu sapi harus dengan chalenge test atau eliminasi provokasi. Alergi debu. Setiap Debu yang paling sering dianggap sebagai penyebab keluhan batuk. muntah. Bila dicermati debu yang selama ini dianggap sebagai biang keladi penyebab alergi mungkin harus dipertanyakan.1. Bahkan banyak orangtua menyangka bahwa batuk dan pilek berkepanjngan karena adanya proyek bangunan di sekitar rumah. Penyebab alergi susu sapi hanya berkisar sekitar 2-3%. Alergi susu sapi. Ternyata saat dilakukan evaluasi ternyata anak tersebut tidak mengalami alergi susu sap kasus lain saat usia o-6 bulan minum susu sapi tidak ada masalah tetapi saat usia 7 bulan divonis alergi susu sapi.

rumah yang tidak ditinggali lebih dari seminggu. Padahal banyak penyakit lainnya yang mempunyai gejala tersebut. Bila gangguan tersebut berlangsung lama bisa dipastikan adalah reaksi lambat. 5. gangguan darah dan sebagainya. ADHD. saat bongkar-bongkar kamar atau saat menyapu atau saat memakai atau mengambil barang yang sudah lama tersimpan lama di gudang atau lemari. Penyebab dan pemicu alergi yang sering adalah infeksi virus atau flu hal ini sering tidak disadari penderita alergi. Banyak anak normal juga mempunyai menifestai tidak bisa diam. Kesalahan diagnosis tifus seringkali terjadi karena spesifitas hasil pemeriksaan laboratorium darah widal atau pemeriksaan IgG dan IgM tifus tidaklah baik. . Sering terjadi false positf pada infeksi virus atau DBD. Reaksi false positif hasil laboratorium tifus ini seringkali terjadi pada penderita alergi atau hipersenitif karena reaksi antibodinya sangat reaktif sering mengakibatkan kesalahan hasil laboratorium. Seringkali seseorang didiagnosis tifus sampai lebih dari 2-4 kali dalam setahun padahal tidak menderita penyakit tersebut. Demam tifus. Gangguan karena debu termasuk reaksi cepat biasanya tidak berlangsung lama. gangguan konsentrasi dan gangguan emosi divonis sebagai ADHD padahal bukan. gangguan konsentrasi dan gangguan emosimeski dalam bentuk yang tidak berat. kesulitan makan. begitu paparan debu tersebut hilang maka dalam beberapa saat keluhan tersebut akan menghilang. Diagnosis pasti TB anak sulit oleh karena penemuan Micobacterium TBC (M. sering batuk atau pembesaran kelenjar yang kecil di sekitar leher dan belakang kepala merupakan gejala yang tidak spesifik pada anak. Banyak kasus anak tidak bisa diam. Di kalangan masyarakat bahkan sebagian klinisi terdapat kecenderungan tanda dan gejala TB yang tidak spesifik pada anak sering dipakai dasar untuk memberikan pengobatan TB pada anak. juga risiko efek samping pemberian obat tersebut seperti gangguan hati. Gagal tumbuh atau berat badan tidak naik. 6. Konsekuensi yang harus dihadapi adalah pemberian multidrug (2 atau 3 jenis antibiotika) dalam jangka waktu 6 bulan. Tetapi tampaknya dalam praktik sehari-hari gangguan ini sering langsung dicurigai sebagai gejala TB. Debu bisa dapat menimbulkan alergi bila dalam jumlah yang cukup besar seperti bila masuk gudang. Makanya seringkali terjadi penderita DBD divonis juga sebagai tifus karena hasil laboratorium tifus positif padahal tidak mengidap tifus. Sehingga sering terjadi kesalahan diagnosis dalam penegakkan diagnosis TB pada anak . Tuberkulosis. 4. keadaan seperti inilah tampaknya alergi makanan seringkali dapat dicurigai. Pemberian obat anti TB pada anak yang tidak menderita TB selain mengakibatkan pengeluaran biaya yang tidak diperlukan.lantaeas menaingkat tetapi justru penderita alergi meningkat pesat. Kondisi normal ini sering terjadi pada penderita alergi dengan gangguan salran cerna.TBC) sebagai penyebab TB pada anak tidak mudah. persarafan telinga. ADHD adalah wrong diagnosis terbesar di Amerika Serikat. demam berulang.

Keluhan nyeri perut yang hebat sering didiagnosis usus buntu padahal nyeri perut juga bisa terjadi pada berbagai kasus. Beberapa kasus penderita sulit buang air besar pada bayi sering mengalami overdiagnosis sebagai penyakit hirschprung. Tanda dan gejala TB yang tidak spesifik sangat mirip dengan penyakit lainnya. Dingin atau AC sering juga dianggap biang keladi penyebabnya. Sebenarnya dingin hanyalah sekedar pencetus atau memperberat bukan penyebab.beberapa lama di lembang yang sangat dingin bahkan tinggal di Eropa selama beberapa bulan saat musim dingin keluhan pilek dan batukjustru sembuh. Tetapi pendapat ini tidak sepenuhnya benar karena banyak penderita alergi batuk saat tidur siang dengan AC yang sangat dingin tidak timbul gejala batuk tersebut. 7. pilek berkepanjangan sering didiagnosis sebagai alergi dingin. . batuk. sering rewel saat usia di bawah usia 3 bulan atau nyeri perut berulang. Kadang overdiagnosis usus buntu sering terjadi karena gejala yang terjadi hampir sama kualitas nyeri dan lokasinya dengan gangguan lainnya. Meski berbeda kedua hal ini sering dikelirukan oleh dokter radiologipun. Pada penderita alergi saluran napas dan asma sering menampkkan bercak-bercak mirip infkesi paru pnemoni padahal bukan. Hingga saat ini masih belum diketahui mengapa gejala alergi atau asma sering timbul saat malam hari. Gangguan ini harus dipastikan dengan biopsi dan harus dilakukan operasi untuk menghilangkan sebagian usus. Artinya bila penyebab alergi lainnya tidak ada maka meski dingin tidak akan menimbulkan keluhan. Usus buntu. Infiltrat atau bercak pada rontgen infeksi paru biasa halus sedangakan pada penderita asma lebih kasar. gangguan saluran cerna dan gangguan lainnya pada anak. Penyakit hirschprung adalah gangguan sulit buang air besar yang disebabkan karena tidak adanya ganglion atau persarafan usus besar di daerah sekitar anus. 10. 8.Seharusnya gejala tersebut dapat disebabkan oleh beberapa penyakit lainnya. Hal ini terjadi karena kesalahan interpretasi dalam pembacaan foto rontgen. Gangguangangguan tersebut juga sering dialami oleh penderita alergi. Penderita asma atau hipersnsitif bronkus atau hipersensitif saluran napas sering didiagnosis sebagai infeksi parau-paru atau pnemoni padahal hanyalah sekedar infeksi saluran napas akut biasa. Gangguan gagal tumbuh dan gangguan saluran napas non spesifik sering mengalami overdiagnosis tuberkulosis. Penyakit alergi atau asma dan penderita gagal tumbuh yang disertai kesulitan makan paling sering dianggap penyakit TB karena gejalanya sama. Gejala bersin. Alergi dingin. Diduga peranan hormonal sirkadial yang mengakibatkan fenomena gejala saat malam dan pagi hari lebih sering terjadi. Pnemoni. Sehingga dokter yang merawat akan secara otomatis mengikuti hasil bacaan robtgen itu padahal manifestasi klinisnya tidak sesuai dengan pnemoni seperti tidak ada tanda ronki basah halus dan tidak sesak. asma. Demkikian juga bila dicermati penderita yang divonis alergi dingin suatu saat tinggal. 9. Kesalahan diagnosis usu buntu sering terjadi pada penderita alergi atau asma yang sebelumnya mempunyai riwayat kolik saat bayi. Hirschprung Disease.

Tak boleh mengobati pasien hanya sekedar berdasarkan pemeriksaan laboratorium tanpa mencermati manifestasi klinis penderita. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah bagi penderita alergi bila didiagnosis 10 penyakit seperti di atas harus lebih cermat memakai prosedur penegakan diagnosis dengan mengamati secara cermat riwayat penyakit.Beberapa penderita divonis sebagai penyakit hirschprung karena berdasarkan pemeriksaan foto barium dan harus melakukan operasi. alergi dan hipersensitifitas saluran cerna. Beberapa pemeriksaan laboratorium sering terjadi false positif atau seharusnya hasil negatif tetapi hasilnya menunjukkan positif. Data menunjukkan bahwa hampir lebih dari 90% penderita yang mengalami overdiagnosis terjadi pada penderita asma. Sebelum operasi dilalkukan second opinion ke dokter lainnya dan dilakukan eliminasi beberapa makanan penyebab alergi ternyata gangguan kesulitan buang air besar tersebut tersebut dapat membaik tanpa operasi. Sumber : http://health. Bila diagnosis meragukan. Gangguan sulit buang air besar banyak faktor penyebabnya salah satunya sering berkaitan dengan gangguan alergi makanan. yang seharusnya tidak minum obat antibiotika tetapi harus diberi antibiotika. Data di Growup Clinic Jakarta menunjukkan bahwa kesalahan diagnosis ini paling sering menimpa penderita asma.com/read/2013/01/07/05593051/ Share0 Posted in Uncategorized | Tagged Diagnosis pasti TB anak. Kesalahan diagnosis. Dampak ringan lainnya adalah mengorbankan biaya yang sangat besar misalnya bila tidak benar mengalami alergi susu sapi tetapi direkomendasikan susu khusus hipoalergenik yang harganya sampai berlipat-lipat. tanda dan gejala penyakit dan interpretasi labatorium yang baik.kompas. alergi dan hipersensitif saluran cerna. Tuberkulosis | Leave a comment Pedoman Strategi DOTS TB Posted on 08 by tb paru batam . sebaiknya dilakukan second opinion atau meminta pendapat kedua ke dokter ahli lainnya. Dampak dan pencegahan Dampak yang terjadi bila kesalahan diagnosis ini terjadi ini kadang ringan sampai berdampak fatal. Dampak lainnya. seringkali disertai kesalahan terapi dan pengobatannya. Bila terjadi kesalahan diagnosis. Ternyata alergi dapat mengganggu semua sistem tubuh dan mempunyai banyak manifestasi klinis yang kadang menyerupai berbagai penyakit lainnya. Dokter harus cermat menginterpretasikan hasil laboratorium.

3. Pemeriksaan dahak mikroskopis yang terjamin mutunya. Diagnosis TB paru pada orang dewasa ditegakkan dengan ditemukannya kuman TB. yaitu Sewaktu – pagi – Sewaktu ( S P S ). Foto Toraks tidak selalu memberikan gambaran yang khas pada TB Paru. Sekilas Pedoman Strategi DOTS TB / Cara pengendalian penyakit TB termasuk cara pengobatan.Penyakit tuberkulosis (TB) paru masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Pengobatan jangka pendek yang standar bagi semua kasus TB dengan tatalaksana kasus yang tepat. termasuk pengawasan langsung pengobatan. Pada Program TB nasional. 5. Pemeriksaan lain seperti foto toraks. sehingga sering terjadi overdiagnosis. Tidak dibenarkan mendiagnosis TB hanya berdasarkan pemeriksaan foto toraks saja. biakan dan uji kepekaan dapat digunakan sebagai penunjang sesuai dengan indikasinya. Sistem pencatatan dan pelaporan yang mampu memberikan penilaian terhadap hasil pengobatan pasien dan kinerja program secara keseluruhan. pencatatan/pelaporan berdasarkan standard TB DOTS (Directly Observed Treatment Short-course) yang direkomendasikan WHO dan IUATLD sejak tahun 1995 meliputi 5 Komponen Kunci : 1. Hasil Survey Kesehatan Rumah Tangga DEPKES tahun 1995 menunjukan angka kematian nomor satu dari seluruh golongan penyakit infeksi. Jaminan ketersediaan OAT yang bermutu. Khusus Untuk Cara Mendiagnosa TB Paru menurut Buku pedoman Nasional pengendalian Tuberkulosis adalah sebagai berikut : • Semua Suspek TB diperiksa 3 spesimen dahal dalam 2 hari. 4. Komitmen politis 2. penemuan BTA melalui pemeriksaan dahak mikroskopis merupakan diagnosis utama. diagnose. • • Silakan Download Gratis Buku Pedoman Nasional Penanggulangan TB . untuk mengetahui lebih jelas Pedoman Strategi DOTS TB di Indonesia .

Peningkatan kemampuan laboratorium di berbagai tingkat pelayanan ditujukan untuk peningkatan mutu pelayanan dan jejaring. sarana dan prasarana) 2. 6. Obat Anti Tuberkulosis (OAT) untuk penanggulangan TB diberikan kepada pasien secara cuma cuma dan dijamin ketersediaannya. Penaggulangan TB dilaksanakan dengan menggunakan strategi DOTS 3. Klinik Pengobatan lain serta Dokter Parktek Swasta (DPS). tenaga. Penguatan kebijakan untuk meningkatkan komitmen daerah terhadap program penanggulangan TB 4. Penemuan dan pengobatan dalam rangka penanggulangan TB dilaksanakan oleh seluruh Unit Pelayanan Kesehatan (UPK). Penanggulangan TB di Indonesia dilaksanakan sesuai denan azas desentralisasi dengan Kabupaten/Kota sebagai titik berat manajemen program dalam kerangka otonomi yang meliputi : persencanaan. sektor pemerintah. penggaalangan kerjasama dan kemitraan dengan progrm terkait. Penanggulangan TB diprioritaskan kepada kelompok miskin dan kelompok rentan terhadap TB. . 5. Ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dalam jumlah yang memadai untuk meningkatkan dan mempertahankan kinerja program. 10.Share0 Posted in Strategi DOTS | Tagged dots tb. kemudahan akses untuk penemuan dan pengobatan sehingga mampu memutuskan rantai penularan dan mencegah terjadinya MDR-TB. pelaksanaan. meliputi Puskesmas. Penguatan strategi DOTS dan pengembangannya ditujukan terhadap peningkatan mutu pelayanan. monitoring dan evaluasi serta menjamin ketersediaan sumber daya (dana. strategi dots tb | Leave a comment Kebijakan Penanggulangan TB di Indonesia Posted on 08 by tb paru batam Kebijakan Penanggulangan TB di Indonesia 1. non pemerintah dan swasta dalam wujud Gerakan Terpadu Nasional Penanggulangan TB (Gerdunas TB). 9. Pedoman Strategi DOTS TB. Rumah Sakit Pemerintah dan swasta. Balai Pengobatan Penyakit Paru Paru (BP4). Penanggulang TB dilaksanakan melalui promosi. Rumah Sakit Paru (RSP). 8. 7.

Penanggulangan TB di Indonesia | Leave a comment MANAJEMEN TERPADU PENGENDALIAN TB MDR Posted on 08 by tb paru batam Contoh OAT TB MDR Manjemen Terpadu Pengendalian TB MDR . mikrobiologist dll) Dokter pelaksana Perawat Petugas farmasi Social Worker Petugas laboratorium . masyarakat dan pekerjaannya. Penanggulangan TB harus berkolaborasi dengan penanggulangan HIV.11. 12. Kebijakan Penanggulangan TB di Indonesia. Mempunyai UPK rujukan “spesialistik”. Pasien TB tidak dijauhkan dari keluarga. penanggulangan tb. Memperhatikan komitmen Internasional yang termuat dalm MDGs. Share0 Posted in Kebijakan | Tagged Kebijakan Penanggulangan TB. Terdapat jejaring antar UPK rujukan – UPK pelayanan kesehatan dasar yang berfungsi Persiapan Petugas Rumah Sakit • • • • • • Pembentukan Tim Ahli Klinis yang terlatih (ahli paru/penyakit dalam) dan Tim Terapeutik (ahli jiwa. 13. farmakologi klinik. THT. antara lain meliputi : PERSYARATAN WILAYAH • • • • • Komitmen dari seluruh pihak yang terlibat Telah melaksanakan strategi DOTS dengan hasil baik. Mempunyai akses ke laboratorium rujukan TB biakan & uji kepekaan yg telah tersertifikasi.

Memiliki ruang perawatan dengan spesifikasi khusus untuk infeksi air borne 2. Memiliki tempat penyimpanan OAT Lini 2 3. Komunikasi telepon 2. Akses laboratorium kultur dan DST yang tersertifikasi 5. Memiliki gudang penyimpanan OAT Lini 2 6. Fasilitas penunjang (Lab. Fasyankes Satelit 1. Komputer yang terhubung dengan internet 7. rontgen. audiometri) 4. Komunikasi telepon DUKUNGAN PENDANAAN PROGRAM TB NASIONAL • • • • • • Diagnosis Pengobatan Obat Pemeriksaan penunjang Efek samping Transport (optional) LOKAL • • • Dukungan Gizi Transport Efek samping yang samping yang tidak didukung program nasional Share0 Posted in TB MDR | Tagged Manjemen Terpadu Pengendalian TB MDR. tb mdr | Leave a comment . Program TB nasional.• Petugas data Persiapan Sarana Pelayanan 1. Pengendalian TB MDR. RS Rujukan TB MDR 1. Memiliki ruang rawat jalan dengan spesifikasi khusus untuk infeksi air borne 2. Memiliki ruang rawat jalan dengan spesifikasi khusus untuk infeksi air borne 3.

Paduan OAT dan peruntukannya Posted on 24 by tb paru batam Kategori-1 (2HRZE/ 4H3R3) . Pasien TB paru BTA negatif foto toraks positif Pasien TB ekstra paru Tabel Dosis untuk paduan OAT KDT untuk Kategori 1 Tabel Dosis paduan OAT-Kombipak untuk Kategori 1 Kategori -2 (2HRZES/ HRZE/ 5H3R3E3) Paduan OAT ini diberikan untuk pasien BTA positif yang telah diobati sebelumnya: • • • Pasien kambuh Pasien gagal Pasien dengan pengobatan setelah putus berobat (default) Tabel Dosis untuk paduan OAT KDT Kategori 2 . Paduan OAT ini diberikan untuk pasien baru: • • • Pasien baru TB paru BTA positif.

7ml sehingga menjadi 4ml.Catatan: • • • Untuk pasien yang berumur 60 tahun ke atas dosis maksimal untuk streptomisin adalah 500mg tanpa memperhatikan berat badan. Pasien kambuh. Untuk perempuan hamil lihat pengobatan TB dalam keadaan khusus. Dosis KDT untuk Sisipan Penggunaan OAT lapis kedua misalnya golongan aminoglikosida (misalnya kanamisin) dan golongan kuinolon tidak dianjurkan diberikan kepada pasien baru tanpa indikasi yang jelas karena potensi obat tersebut jauh lebih rendah daripada OAT lapis pertama. Share0 Posted in Pengobatan. KDT Kategori 2. Paduan OAT dan peruntukannya. (1ml = 250mg). TBC | Tagged Kategori 1. Cara melarutkan streptomisin vial 1 gram yaitu dengan menambahkan aquabidest sebanyak 3. Disamping itu dapat juga meningkatkan terjadinya risiko resistensi pada OAT lapis kedua. paduan oat. OAT SISIPAN (HRZE) Paket sisipan KDT adalah sama seperti paduan paket untuk tahap intensif kategori 1 yang diberikan selama sebulan (28 hari). Penggunaan OAT | Leave a comment Prinsip Dasar Pengobatan TB MDR Posted on 24 by tb paru batam Prinsip Dasar Pengobatan TB MDR ( TB Multi Drug Resistant ) : .

RS Sanglah 9. RS dr. Denpasar. Malang. Jogjakarta. RS Persahabatan 2. Moewardi 5. Sarjito Untuk Pendanaan Pasien MDR TB silakan dilihat pada tabel di bawah ini ( sewaktu waktu mungkin akan ada perubahan ) silakan hubungi Dinas Kesehatan setempat untuk info terbaru . RS Adam Malik 7. Medan. Jakarta. Surakarta. RS dr. Soetomo 3. Bandung. Makassar. RS dr. RS dr. RS Hasan Sadikin 8. RSUD Labuang Baji 6. Surabaya. Saiful Anwar 4.• • • • • • Total Lama Pengobatan 19 s/d 24 bulan Obat Suntik diberikan sebagai dosis harian >>> minimal 6 bulan tahap awal Pemberian Obat sebagai dosis harian harus dengan pengawasan langsung petugas kesehatan saat pasien minum obat Minum Obat didepan petugas kesehatan Memantau kemajuan pengobatan / Follow Up dengan kultur ( biakan ) Pasien dipantau oleh tim ahli klinis Rumah Sakit rujukan Rumah Sakit Rujukan TB MDR sampai tahun 2012 di Indonesia : 1.

Prinsip Dasar Pengobatan TB MDR. pengobatan tb mdr. Pendanaan Pasien MDR TB. Rumah Sakit Rujukan TB MDR | Leave a comment TB MDR .Share0 Posted in Pengobatan. TB MDR | Tagged Pasien MDR TB.

. Dan bila ada efek samping / gangguan penyerapan obat segera konsultasikan kepada petugas kesehatan. Laboratorium RS Persahabatan Jakarta 3. BBLK Surabaya 5. Untuk menghindari terjadinya MDR TB kita harus melakukan dan menyadari peran dan fungsi masing – masing dalam penanggulangan penyakit TB. BBLK (Balai besar Laboratorium Kesehatan) Bandung 4. Streptomicin. Diagnosis TB MDR di lakukan dengan menggunakan pemeriksaan biakan dan uji kepekaan kuman terhadap obat (drug sensivity Test/DST). Regimen pengobatan TB MDR ini jumlah obatnya jauh lebih mahal dan banyak serta efek samping yang disebabkan juga lebih berat. TB MDR dapat di sembuhkan. dan pirazinamide. Tidak menghentikan pengobatan secara sepihak sebelum waktunya.TB) adalah TB resisten obat terhadap minimal 2 (dua) obat anti TB yang paling Poten yaitu INH (isoniazid) dan Rifamfisin secara bersama – sama atau disertai resisten terhadap obat anti TB lini pertama lainnya seperti ethambutol. Pemeriksaan tersebut harus dilaksanakan di fasilitas laboratorium yang telah tersertifikasi dalam pemeriksaan biakan uji kepekaan obat. Berdasarkan WHO global report 2011 tercatat bahwa Indonesia sebagai no-9 dari 27 negara “high burden MDR TB countries” dengan . Laboratorium Mikrobiologi UI Jakarta 2. perkiraan insidensi TB MDR: 6. tetapi pengobatan TB MDR membutuhkan waktu sekitar 1824 bulan dengan menggunakan paduan obat yang mengandung obat anti TB lini kedua yang harganya jauh lebih mahal dan penanganan lebih sulit. TB XDR atau TB Extensively (Extremely) Drug Resisten adalah TB MDR di tambah dengan resistensi terhadap : Quinolone dan salah satu OAT Injeksi lini kedua ( misalnya : kanamycine). 100 Juta Diagnosis dan pemantauan pengobatan TB MDR lebih rumit. Laboratorium tersebut diatas hanya ada 5 tempat di Indonesia yaitu : 1. 400 ribu s/d Rp. Bagi kelompok penderita TB adalah dengan selalu berobat teratur dan tidak ada yang mangkir minum obat. Sertifikasi diperlukan untuk menjamin mutu hasil pemeriksaan sehingga tidak terjadi salah diagnosis karena pengobatan TB MDR yang lebih lama.Posted on 24 by tb paru batam TB MDR atau Multi Drug Resisten Tuberculosis (MDR. Implikasi Peningkatan Epidemi TB MDR salah satunya adalah peningkatan beban pembiayaan kesehatan secara signifikan : • • Biaya 1 Kasus TB Reguler sekitar Rp.2 Juta Biaya 1 kasus TB MDR > Rp.yaitu dengan mematuhi anjuran dokter/ petugas kesehatan.1.100/th. Laboratorium Nechri di Makasar.

jenis. Share0 . jumlah obat dan jangka waktu pengobatan yang adekuat Penyuluhan kepada pasien yang adequat .Sedangkan peran dari petugas kesehatan itu sendiri berupa : • • • • Mendiagnosis dengan tepat Pengobatan menggunakan paduan yang tepat Dosis.

ISTC telah di dukung oleh berbagai organisasi kesehatan baik internasional maupun nasional. MPPM pada pertemuan Hospital DOTS Linkage di RSOB yang membahas tentang betapa banyaknya terjadi Over Diagnosis bila penegakan diagnose TB hanya berdasarkan Foto Rontgen. standar terapi. ISTC meliputi standar diagnosis.. 2. biakan dan uji kepekaan dapat digunakan sebagai penunjang sesuai dengan indikasinya . IUATLD. penemuan BTA melalui pemeriksaan dahak mikroskopis merupakan diagnosis utama. Ko-infeksi TB-HIV Pertanyaan : apakah masyarakat luas tahu bahwa untuk menegakkan diagnose penyakit TB pemeriksaan dengan Rontgen adalah pemeriksaan penunjang ? . sebab Ilmu pengobatan terus berkembang . ISTC merupakan standar yang melengkapi pedoman program penanggulangan TB Nasional yang di rekomendasikan oleh WHO. POGI. . Memfasilitasi hubungan kerjasama yang efektif antar provider dalam memberikan pelayanan bermutu tinggi kepada pasien TB meliputi Semua usia. DTMH. mdr tb. Ekstra paru. BTA positif atau negative. Memberikan penjelasan standar penanganan TB yang diterima luas di setiap tingkat pelayanan. Berikut kutipan cara menegakkan diagnose TB dari Buku Pedoman Nasional pengendalian Tuberkulosis “ Diagnosis TB paru pada orang dewasa ditegakkan dengan ditemukannya kuman TB. PAPDI. dan standar tanggung jawab kesehatan masyarakat. TB resisten obat | Leave a comment Masyarakat Harus Tahu Cara Penanganan Penyakit TB yang benar Posted on 23 by tb paru batam Judul Postingan Masyarakat Harus Tahu Cara Penanganan Penyakit TB yang benar masih dapat diperdebatkan. PAMKI. PDPI. Hari Basuki S. Tujuan ISTC 1. Tidak dibenarkan mendiagnosis TB hanya berdasarkan pemeriksaan foto toraks saja” Dibawah ini adalah salah satu slide persentasi Dr. tb mdr. US CDC dan di Indonesia telah didukung oleh IDI. jadi yang kita bahas di sini adalah Cara Penanganan TB yang benar menurut Standard ISTC . Pemeriksaan lain seperti foto toraks (Rontgen ) .oleh semua praktisi ( instansi pemerintah dan swasta ) dan harus menggunakannya dalam menangani pasien yang diduga atau menderita TB. ISTC adalah singkatan International Standards for Tuberculosis Care . ATS. MDR. antara lain KNCV. IDAI. pengobatan tb mdr.Posted in TB MDR | Tagged diagnostic MDR TB.

expensive. Standar DOTS TB.tbcbatam. Apakah Pasien berani bertanya ke dokternya bila dia didiagnosa TB hanya berdasarkan Rontgen ? . tetapi kenyaannya berdasarkan laporan dari Rumah Sakit dan Puskesmas tahun 2011 yang masuk ke Dinas kesehatan Kota Batam didapat bahwa Pasien TB yang tercatat dan diobati berdasarkan pemeriksaan Dahak ( BTA ) lebih sedikit daripada yang di diagnose melalui Rontgen.com untuk menegakkan diagnose TB pemeriksaan dahak merupakan diagnosis utama. Ind J Tub 1974. and potentially toxic medicines.21:3-5.An evaluation of the reliability of x-ray diagnosis under programme conditions in India indicated that more than half of patients who were diagnosed as having tuberculosis on the basis of x-ray did not actually have the disease. tb paru | Leave a comment ← Older posts • PROFIL KOTA BATAM Profil Pemerintah Kota Batam . Standar ISTC. misalnya : dok. These patients are subjected to unnecessary. Source: Nair SS. Share0 Posted in TBC | Tagged pasien tb. Significance of patients with x-ray evidence of active tuberculosis not bacteriologically confirmed. Lanjutan pertanyaan diatas “ Bila Pasien Tahu Standar ISTC . standar penanganan TB. kenapa saya tidak dianjurkan periksa dahak dulu ? bagaimana menurut anda ? berapa persen pasien punya nyali untuk bertanya seperti itu saat ini ? Sebenarnya pertanyaan diatas tidak perlu ada bila semua klinisi telah menerapkan Standar DOTS TB dalam penanganan suspek TB. menurut yang saya baca di www.

• • • • • Categories o o o o o o o o Daftar Istilah Diagnosis Dinas Kesehatan Kota Batam ISTC Kebijakan Kolaborasi TB HIV Pengobatan Strategi DOTS .

Jamsostek Cabang Batam 1 dan 2 Pengobatan TB dengan FDC Prinsip dan Cara Pengobatan TB Paru Pasien Pertama TB MDR Yang Sembuh Di Indonesia Daftar Singkatan Program TB Istilah pada Program TB HIV KLASIFIKASI PENYAKIT DAN TIPE PASIEN TB Menerapkan Strategi DOTS TB itu Gampang Terjadi MDR TB ini Dosa Siapa .o o o o • TB Anak TB MDR TBC Uncategorized Postingan terbaru o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o Upaya Penanggulangan TB di Indonesia Kesalahan Diagnosis Paling Sering pada Anak Pedoman Strategi DOTS TB Kebijakan Penanggulangan TB di Indonesia MANAJEMEN TERPADU PENGENDALIAN TB MDR Paduan OAT dan peruntukannya Prinsip Dasar Pengobatan TB MDR TB MDR Masyarakat Harus Tahu Cara Penanganan Penyakit TB yang benar Dinas Kesehatan Kota Batam PROGRAM TB RUMAH TAHANAN KELAS IIA BATAM TATALAKSANA TB ANAK TATALAKSANA PASIEN TUBERKULOSIS Diagnosis TB Paru Kriteria Suspek TB MDR Terima Kasih PT.

o o o o o o o o o o o o o o o • • Gejala klinis pasien TB Penyakit TBC Prinsip pengobatan tuberkulosis Tipe Pasien TB Penyakit TB adalah Masalah Kesehatan Dunia Kebijakan Penanggulangan TB Kota Batam Mencegah MDR-TB. bukan Mengobati Tidak Ada TBC di Batam Pengendalian TBC dengan strategi DOTS Standar pengobatan TB menurut ISTC 6 standar diagnosis TB Menurut ISTC 17 Standar ISTC dalam penanggulangan TB Alur Diagnosis TB Obat TBC Gratis Standar ISTC ( English Version ) Pengelola Program TB Dinkes Kota Batam • Kunjungan ke Web ini : SEO keywords .

.• Popular Search Terms o o o o o o o o o o pengobatan tb paru pengobatan tbc paru gejala tb pengobatan tbc obat tb paru efek samping obat tbc gejala tbc pengobatan tuberkulosis gejala tbc paru pengobatan tb • Blogroll o o o Belajar Trading Forex Cara Main Forex Forex Fund Future Program TBC Paru – TB Paru Proudly powered by WordPress.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->