Pendidikan Lingkungan, Sosial, Budaya dan Teknologi Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial (Masyarakat dan

Komunitas)
Dengan dosen pengampu Supriyono S.Pd, M.Pd

Makalah

Disusun oleh :

Anisa Dewi Asri Najmi Fathillah Rizky Al Fauzi Slamet Hadi Kusuma Syerel Nyongkotu

NIM 1005051 NIM 1000664 NIM 1005217 NIM 1002439 NIM 1000151

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI AGROINDUSTRI FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2013 0

Perubahan alam dan lingkungan hidup manusia tampak jelas dikota-kota. Yang ke dua adalah sumber alam yang tidak diperbaharui (nonrenewable resources) atau disebut pula sebagai golongan sumber alam aboitik. pelepasan hara makanan. iklim. karena hutan dapat menyerap karbon dioksida. psikososial) secara keseluruhan dan bersifat sintetis. dan tumbuhan. Dalam suatu ekosistem terdapat suatu keseimbangan yang dinamakan homeostatis. yaitu 1 . yaitu kemampuan ekosistem untuk menahan berbagai perubahan dalam sistem secara keseluruhan. mineral. dan bahan tambang lainnya. Sumber pencemaran suara adalah kebisingan. Menurut Prof. Yang tergolong ke dalam sumber abiotik adalah tanah. MPH. Juli Soemairat Slamet. Dalam mekanisme keseimbangan ini. Pencemaran suara cukup menjadi ancama serius bagi kualitas lingkungan terutama dibagian suasana. penyubur tanah. Hutan Indonesia berfungsi sebagai paru-paru dunia.BAB I PENDAHULUAN A. Sumber alam dapat digolongkan kedalam dua bagian. Pengetahuan ekologi manusia ini merupakan dasar essensial untuk mengembangkan teknik-teknik baru dalam pengelolaan lingkungan. dibanding dengan pelosok dimana penduduknya masih dan primitf. Latar Belakang Manusia sedikit demi sedikit mulai menyesuaikan diri pada alam lingkungan hidupnya maupun komunitas biologis ditempat mereka hidup. air. hutan. yaitu: pertama adalah sumber alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) atau sumber-sumber alam biotik yang tergolong ke dalam sumber alam ini adalah semua makhluk hidup. pencegah erosi. Fungsi hutan yang lain sebagai pengatur tata air. Dr. yang mengatur organisme dan produksi serta dekomposisi bahan-bahan organik. Keseimbangan itu diatur oleh berbagai faktor yang sangat rumit. Ekologi manusia adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara setiap segi kehidupan manusia (fisik. tempat hidup binatang-binatang dan sebagai tempat penyimpanan kekayaan alam yang berupa hasil-hasil hutan. hewan. termasuk mekanisme yang mengatur penyimpangan bahan-bahan. mental. social) dengan lingkungan hidupnya (biofisis.

Kebakaran hutan dalam bahasa Inggris berarti "api liar" yang berasal dari sebuah sinonim dari Api Yunani. Sosial. Tujuan 1. atau kebakaran semak. Memahami peran manusia dalam kesimbangan ekosistem 3. Mengetahui keseimbangan ekosistem 2.bunyi atau suara yang dapat mengganggu dan merusak pendengaran manusia. Kebakaran hutan. tetapi juga dapat memusnahkan rumah-rumah dan lahan pertanian disekitarnya. Rumusan Masalah 1. Musim kemarau dan pencegahan kebakaran hutan kecil adalah penyebab utama kebakaran hutan besar. Budaya dan Teknologi (PLSBT) 2 . kebakaran vegetasi. Mengetahui kesehatan lingkungan 4. Apa yang dimaksud dengan keseimbangan ekosistem? 2. Bagaimana peran manusia dalam keseimbangan ekosistem? 3. B. adalah sebuah kebakaran yang terjadi di alam liar. sebuah bahan seperti-napalm yang digunakan di Eropa Pertengahan sebagai senjata maritim. dan pembakaran. Penyebab umum termasuk petir. Bunyi disebut bising apabila inetensitasnya telah melampaui 50 desibel. kecerobohan manusia. Apa yang dimaksud kesehatan lingkungan? C. Memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Pendidikan Lingkungan.

creep pada tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi. tanah. kegiatan konstruksi/pembangunan yang tidak tertata dengan baik dan pembangunan jalan. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah. Erosi tidak sama dengan pelapukan akibat cuaca. praktik konservasi ladang dan penanaman pohon. Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. namun di kebanyakan tempat kejadian ini diperparah oleh aktivitas manusia dalam tata guna lahan yang buruk. batuan. zat kimia. karena struktur akar tanaman hutan yang kuat mengikat tanah digantikan dengan struktur akar tanaman pertanian yang lebih lemah. dan partikel lainnya) akibat transportasi angin. perkebunan dan perladangan. Tanah yang digunakan untuk menghasilkan tanaman pertanian biasanya mengalami erosi yang jauh lebih besar dari tanah dengan vegetasi alaminya. Bagaimanapun. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak. yang mana merupakan proses penghancuran mineral batuan dengan proses kimiawi maupun fisik. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di 3 . praktik tata guna lahan yang maju dapat membatasi erosi. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). penggunaan pestisida. menggunakan teknik semisalterrace-building. atau limbah. kegiatan pertambangan. atau gabungan keduanya. Erosi sebenarnya merupakan proses alami yang mudah dikenali. penggundulan hutan. dalam hal ini disebut bio-erosi. air atau es. Alih fungsi hutan menjadi ladang pertanian meningkatkan erosi. karakteristik hujan. tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. maka ia dapat menguap. atau oleh makhluk hidup semisal hewan yang membuat liang.BAB II TINJAUAN PUSTAKA Erosi adalah peristiwa pengikisan padatan (sedimen.

Bunyi disebut bising apabila inetensitasnya telah melampaui 50 desibel. maupun global. atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Polusi suara atau pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup di sekitarnya. sungai. Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. Pencemaran suara diakibatkan suara-suara bervolume tinggi yang membuat daerah sekitarnya menjadi bising dan tidak menyenangkan. atau merusak properti. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Sumber pencemaran suara adalah kebisingan. regional. kimia. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suara. yaitu bunyi atau suara yang dapat mengganggu dan merusak pendengaran manusia. sungai. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya. 4 . radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Penilaian terhadap suara yang muncul sebagai polusi atau tidak merupakan sesuatu yang subjektif. mengganggu estetika dan kenyamanan. panas.tanah. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. Pencemaran suara cukup menjadi ancama serius bagi kualitas lingkungan terutama dibagian suasana. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. tidak seperti polusi udara maupun polusi air. Kerusakan yang diakibatkan pencemaran suara bersifat setempat. dan tumbuhan. Danau. hewan.

Bayangkan bagaimana manusia dapat merubah gurun tandus menjadi perkebunan yang subur semnetara di pihak lain orang tengah merencanakan pembangunan kota bawah laut yang akan menciptakan suatu ekosistem baru. karena jika ekosistem terganggu maka manusia pun akan terganggu hidupnya dan menerima akibatnya. Nyamuk yang mati keracunan telah meracuni cicak yang memakannya dan akibatnya kucing yang memakan cicak pun ikut mati keracunan sehingga hampir semua kucing diserawak mati keracunan dan akibatnya tikus menajdi merajalela dimanamana arena predatornya menurun drastis dan akibatnya bagi manusia tanpa sadar ternyata telah menimbulkan wabah penyakit tipes yang biasa dibawa oleh tikus. pelepasan hara makanan. Keseimbangan itu diatur oleh berbagai faktor yang sangat rumit. Salah satu kasus adalah pemberantasan malaria di serawak dengan menyemprotkan DDT dengan maksud memberantas nyamuk namun tidak hanya nyamuk yang terbunuh karena telah meracuni rantai makanan lainnya.BAB III PEMBAHASAN A. yang mengatur organisme dan produksi serta dekomposisi bahan-bahan organik. Meskipun suatu ekosistem mempunyai daya tahan yang besar sekali terhadap perubahan tetapi biasanya batas mekanisme homeostatis dengan mudah dapat diterobos oleh kegiatan manusia. Manusia mempunyai kemampuan menghancurkan ekosistem dan sebaliknya pula. Manusia harus didukung IPTEK dan tetap berpegang pada kebijaksanaan dalam memperlakukan alam. Dalam mekanisme keseimbangan ini. termasuk mekanisme yang mengatur penyimpangan bahan-bahan. Manusia dalam Keseimbangan Ekosistem Dalam suatu ekosistem terdapat suatu keseimbangan yang dinamakan homeostatis. Contoh : sebuah sungai yang tercemar dapat memperbaiki diri sendiri namun bila polusinya terlalu banyak maka sungai itu akan menjadi berubah karena batas homeostatis terlampaui bahkan sungai tersebut dapat rusak selamanya. 5 . yaitu kemampuan ekosistem untuk menahan berbagai perubahan dalam sistem secara keseluruhan.

mereka berpindah mencari tempat yang masih cukup terdapat binatang-binatang buruan sebagai bahan makanan. dan hidup mengembara dalam keompok-kelompok kecil dan tinggal di gua-gua.Setiap usaha manusia terhadap ekosistem harus diperhatikan dengan seksama. Bila binatang buruan mulai berkurang. demi kelangsungan hidup jenisnya. Pengaruh Manusia pada Alam Lingkungan Hidup Jika kita menelusuri sejarah peradaban manusia dibumi ini. Sehingga kejadian di atas tidak terulang yang akibatnya merugikan kita semua. B. Rumah-rumah mereka pada saat itu terbuat dari kayu yang beratap daun-daunan. Kemudian mereka mulai mengenal cara bercocok tanam yang masih sangat sederhana. Bila kesubuaran tanah tidak memungkinkan lagi untuk memperoleh panen yang mencukupi kebutuhan. misalnya dengan ditemukannya sistem 6 . Akan tetapi lambat laun dengan bertambahnya jumlah populasi mereka. mencari buah-buahan serta umbi-umbian yang terdapat di hutan-hutan. yaitu dengan membuka hutan untuk dibuat ladang yang ditanami dengan umbi-umbian atau tanaman lain yang telah dikenalnya sebagai bahan makanan. Dan dalam mencari tempat. Selain bercocok tanam mereka mulai memelihara binatangbinatang. mereka hidup dari hasil perburuan. mereka mulai dapat bercocok tanam secara lebih baik. Dan akhirnya mereka hidup menetap dari hasil pengalamannya. cara hidup semacam itu tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. mereka berpindah mencari tempat baru yang masih memungkinkan untuk bercocok tanam. Kembali mereka membuka hutan untuk dijadikan tempat tinggal serta ladangnya. Salah satu tindakan terbaik adalah dengan melakukan pembangunan dengan mempraktekan usaha perlindungan dan pengawetan alam. mereka selalu memperhatikan sumber air. ditepi sungai . atau danau. kita akan melihat adanya usaha dari manusia untuk menyempurnakan serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya. dimana mereka memilih tempat yang dekat dengan mata air. Mereka belum mengenal perihal bercocok tanam atau bertani. Pada saat manusia hidup mengembara.

Bila sumber minyak. 7 . Perubahan alam lingkungan hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif ataupun secara negatif. maka habislah bahan-bahan tersebut. dibandingan dengan dihutan rimba dimana penduduknya masih sedikit serta primitif. Disini manusia mulai mengetahui sifat-sifat alam lingkungan hidupnya. Sumber alam yang dapat diperbaharui (renewable resourches) atau disebut pula sumber alam biotik. Sumber alam biotik mempunyai kemampuan memperbanyak diri atau bertambah. b. Yang tergolong kedalam sumber alam ini adalah semua mahluk hidup. dan hewan menghasilkan keturunannya dengan telur atau melahirkan. hutan. Misalkan tumbuhan dapat berkembang biak dengan biji atau spora. Sumber alam yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable resourches) atau disebut pula sebagai golongan sumber alam abiotik. dan lain lain. batu bara atau bahan-bahan lainnya telah habis dipergunakan manusia. Sumber Alam 1. mineral. Lain halnya dengan sumber daya alam abiotik yang tidak dapat memperbaharui dirinya. dan tumbuhan.bersawah. Perubahan alam lingkungan hidup manusia tampak jelas dikota-kota. Bahkan lebih daripada itu. manusia telah merubah semua komunitas biologis ditempat mereka hidup. yaitu: a. Yang tergolong ke dalam sumber alam abiotik adalah tanah. Oleh karena itu sumber daya alam tersebut dikatakan sebagai sumberdaya alam masih dapat diperbaharui. bahan galian. Macam-macam Sumber Alam Sumber alam dapat digolongkan ke dalam dua bagian. hewan. Berpengaruh positif bagi manusia karena manusia mendapat keuntungan dari perubahan tersebut. air. dan bahan tambang lainnya. Tampaklah disini manusia sedikit demi sedikit mulai menyesuaikan diri pada alam lingkungan hidupnya. dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidupnya untuk menyokong kehidupannya C.

penggunaan tanah untuk pertanian dapat digunakan seara efesien untuk meningkatkan hasil pertanian. industri. dan diusahakan jangan sampai sumber alam itu musnah. Dengan adanya kemajuan dibidang pertanian. Tetapi dalam pelaksanaan sangat lambat karena terbatasnya modal. sekali suatu jenis species di bumi musnah. Korea. air. Indonesia masih ada kemungkinan perluasan areal pertanian. Sedangkan dalam intensifitas pertanian. irigasi. Dari tahaun 1920-1960 jepang telah kehilangan tanah pertanian rata-rata seluas 49 ribu acre/tahun. banyak tanah-tanah yang dipergunakan untuk perumahan. Dibeberapa negara yeng sedang berkembang seperti Thailand. Burma. serta mekanisasi alat-alat pertanian. 8 . 2. Pertanian dan tanah Tanah permukaan (top soil) mengandung kadar unsur-unsur bahan makanan yang begitu tinggi dan siap dipergunakan oleh tanaman. Bijaksana dalam penggunaan berarti memperhatikan siklus hidup sumber alam tersebut. Adapun panen lebih dari satu kali setahun telah berhasil di Taiwan. a. fauna. Penggunaan sumber-sumber alam Berbagai cara telah dilakukan manusia dalam menggunakan sumber-sumber alam berupa: tanah. Semuanya itu memerlukan modal besar.Alam biotik dapat terus dipergunakan atau dimanfaatkan oleh manusia. penggunaan pestisida dan bibit unggul. Sebab. penggunaan pupuk. Seyogyanya manusia mempergunakan baik sumber daya biotik dan abiotik secara tepat dan bertanggungjawab. bahan-bahan galian. untuk memperoleh hasil yang tinggi ditempuh beberapa cara antara lain mengusahakan panenan lebih dari satu kali pertahuan. dan Jepang dimana 50%-60% tanah menghasilkan panen 2 kali per tahun. Hasil pertanian tersebut dapat ditingkatkan baik dengan memperluas areal pertanian maupun dengan meningkatkan hasil tanah pertanian yang sudah ada. jangan berharap bahwa jenis tersebut muncul kembali. dan sebagainya. bila mempergunakannya secara bijaksana. dan sebagainya. Jepang misal sudah tidak mungkin lagi memperluas areal pertanian karena adanya pertambahan penduduk yang pesat.

telah mempergunakan pupuk 10 juta ton pada tahun 1960/1961. dan sebagainya. c. di sungai. dan pestisida. Dengan cara-cara tersebutlah manusia selangkah demi selangkah dapat memperbaiki cara-cara bertani dan hasil panen untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan yang selalu meningkat. b. di danau. damar. dan air tanah. Eropa barat yang hanya mempunyai 6% dari seluruh pertanian biji-bijian didunia. Di Amerika pada tahun yang sama diperkirakan mencapai 568 kg per kapita. Bahan tambang Begitu banyak mineral dan bahan tamnag lainnya yang dapat digali dan ditemui serta dimanfaatkan secara seimbang dalam kehidupan manusia. Selain itu hama juga dapat dengan mudah dibasmi dangan insektisida. merupakan hutan yang sengaja diadakan untuk untuk melindungi tanah dari erosi. kehilangan humus. Seyogyanya manusia menggunakan air dengan baik dan mencegahnya dari pencemaran-pencemaran yang menggangu berjalannya fungsi vital air dalam kehidupan manusia. Pemakain baja di dunia pada tahun 1967 diperkirakan mencapai 144 kilogram per kapita. 9 . Golongan kedua adalah hutan penghasil/hutan produksi yaitu hutan yang disengaja ditanami jenisjenis kayu yang dapat dipungut hasilnya. Pemakaian ini cenderung akan meningkat terus dan demikian juga dengan bahan tambang lainnya. Hutan Dari segi peranan hutan maka hutan dapat digolongkan ke dalam dua golongan yakni: hutan pelindung. Air Air sebagai sumber alam yang terdapat dimana-mana di bumi.Demikian juga penggunaan pupuk di dunia cenderung meningkat terus. misalnya hutan pinus. di lautan. Sedangkan peranan mekanisasi alat-alat pertanian dapat mempertinggi hasil pertanian. herbisida. d. di bawah tanah dan udara sebagai uap air yang kesemuanaya meliputi 4/5 bagian permukaan bumi.

Sampah tersebut berasal dari bahan-bahan kimia yang bila terkumpul dalam jumlah tertentu dapat membahayakan kehidupan melalui tanah dimana pepohonan tumbuh berkembang. dan insektisida yang dipergunakan manusia dalam pertanian. terkena pestisida.D. Hal tersebut bisa mengakibatkan cyanosis pada anak-anak. Pencemaran Udara Pencemaran udara terjadi saat komponen udara berada dalam jumlah diatas ambang normal dan membahayakan lingkungan. Penebangan hutan tidak diimbangi dengan penanaman kembali pohon-pohon. Bagi hewan dan manusia jumlah nitrat yang berlebihan merupakan racun. herbisida. Pencemaran Tanah Pencemaran tanah dapat berupa sampah-sampah industri pertanian yang menggunakan pupuk buatan. hal tersebut bisa diperoleh dari beragam aktifitas manusia baik sehari-hari ataupun dalam produksi dan penggunaan kendaraan bermotor. 2. Pencemaran Lingkungan Pencemaran lingkungan dapat dilihat dari 4 faktor pencemaran. Peristiwa erosi juga dapat juga terjadi dengan cepat dengan adanya penggunaan tanah yang tidak tepat oleh manusia. Permasalahan-permasalahan yang Timbul 1. yaitu timbulnya kesulitan pernafasan karena terganggunya peranan hemoglobin dalam pengikat oksigen. Peristiwa erosi terjadi secara perlahan-lahan. Hal ini dapat merugikan lingkungan. Masalah erosi dan banjir Erosi merupakan gejala alamiah dan seringkali pula disebut sebagai erosi geologi. terutama terjadi dengan bantuan media air di sungai yang mengikis dasar dan tepi sungai. Pencemaran Air Bahan yang dapat tercampur dengan air dapat tercampur dengan langsung maupun tidak langsung. b. c. Misalkan melalui pembuangan limbah pabrik. yaitu: a. 10 .

cendana.d. 3. kayu besi. Pencemaran Suara Kesbisingan yang terjadi di kota-kota besar sebagian akibat dari berbagai jenis suara yang dikeluarkan mesin-mesin atau kendaraan-kendaraan yang jumlahnya semakin meningkat secara tidak terkontrol. rotan. 11 . iklim. maka hutan menghasilkan devisa negara. Hal tersebut dalam tingkat tertentu sangat berbahaya bagi manusia karena bisa mengakibatkan ketulian. Pelarangan ekspor kayu gelondong menyebabkan adanya pengolahan kayu tersebut menjadi kayu olahan. Ekspor Indonesia dari hasil kehutanan pada awalnya berupa kayu gelondong (log) dan negara tujuan ekspor utama adalah Jepang dan Taiwan. Fungsi hutan yang lain sebagai pengatur tata air. meranti. ramin. krueng. Pembangunan dalam bidang kehutanan diarahkan untuk menunjang perekonomian negara dan memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Namun. hutan di Indonesia membentang antara satu pulau ke pulau lainnya. Keuntungan dari pengolahan itu lebih banyak dan juga tercipta lapangan kerja baru. penyubur tanah. Produksi hasil hutan Indonesia merupakan penyumbang devisa terbesar negara kedua setelah minyak dan gas bumi. Hutan Indonesia berfungsi sebagai paru-paru dunia. kebutaan dan depresi. pencegah erosi. tempat hidup binatang-binatang dan sebagai tempat penyimpanan kekayaan alam yang berupa hasil-hasil hutan. Itulah mengapa Indonesia sering disebut Zamrud Khatulistiwa. Berhubungan dengan fungsi ini. Kehutanan Hutan merupakan kekayaan Indonesia yang tidak ternilai harganya. dan lain-lain. Sepanjang daerah khatulistiwa. pererintah akhirnya melarang ekspor gelondong (kayu bulat). Hasil hutan di Indonesia berupa berbagai jenis kayu. seperti kayu jati. karena hutan dapat menyerap karbon dioksida. Kebijaksanaan ini diambil untuk memperoleh nilai tambah ekspor kayu.

dan melakukan penanaman dilahan kritis. Masyarakat yang masih tradisional hanya mampu membuka hutan secukupnya untuk memberi perlindungan pada masyarakatnya. Kesehatan Lingkungan Kesehatan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Juli Soemairat Slamet. social) dengan lingkungan hidupnya (biofisis. masyarakat tradisional sangat tergantung kepada tradisi yang diwariskan dari nenek moyangnya. Inilah yang disebut kayu olahan. Begitu pula kesehatan lingkungan banyak dipengaruhi oleh taraf sosial ekonomi. Sedangkan masyarakat yang sudah maju social ekonomi dan budayanya dapat mengubah lingkungan hidup sampai ke taraf yang 12 . Ekologi manusia adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara setiap segi kehidupan manusia (fisik. mental. Menurut Prof. Kemampuan manusia untuk mengubah atau memodifikasi lingkungannya tergantung sekali pada tarf sosial budayanya.Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada beberapa waktu terahir ini. Sedangkan masyarakat modern memiliki kemajuan dalam bidang social dan ekonomi serta ilmu dan teknologi. Usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan produksi hutan antara lain adalah: melarang penebangan kayu tanpa izin dari pemerintah (Departemen Kehutanan). Barang-barang itu berupa kayu gergajian. psikososial) secara keseluruhan dan bersifat sintetis. melakukan rehabilitas areal hutan yang rusak. Masyarakat memiliki tingkat kemajuan sosial ekonomi yang yang berbeda-beda. melakukan peremajaan tanaman. Dr. menebang hutan secara selektif. Kehidupan manusia berpengaruh terhadap lingkungan. Pengetahuan ekologi manusia ini merupakan dasar essensial untuk mengembangkan teknik-teknik baru dalam pengelolaan lingkungan. mencabut izin pengusaha HPH yang melanggar peraturan. Kita mengenal masyarakat tradisional dan masyarakat modern. MPH. menyebabkan Indonesia mampu mengekspor hasil hutan yang berupa barang setengah jadi atau barang jadi. E. begitu juga sebaliknya lingkungan berpengaruh terhadap manusia. dan kayu lapis. Untuk mengelola kualitas kesehatan lingkungan ataupun kesehatan masyarakat menjadi bahasan tersendiri dalam ekologi manusia. plywood.

Modifikasi lingkungan dengan tujuan memperbaiki nasib manusia tidak selalu berhasil dengan baik bila tidak diperhatikan proses-proses yang terjadi di dalam ekosistem yang mengikuti perubahan-perubahan tersebut. Manusia memiliki keinginan yang besar untuk memanfaatkan sumber alam. maka akan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. hutan-hutan dirubah menjadi sebuah daerah pemukiman dalam waktu yang singkat. 1. Tindakan ini akan berakibat buruk terhadap manusia apabila jumlah buangan sudah terlampau banyak sehingga alam tidak lagi dapat membersihkan keseluruhannya (proses self purification terlampaui). Sawah-sawah dirubah menjadi perumahan dan gedung perkatoran. ia juga membuang kembali segala sesuatu yang tidak dipergunakannya lagi kembali ke alam. Misalnya. Sebagai akibatnya manusia akan mengalami gangguan kesehatan. dari hewan ke hewan atau dari manusia ke hewan. Penyebab penyakit yang dapat berupa bahan fisik maupun kimia dan berbagai macam organisme 13 . Kesehatan Lingkungan Hidup Keadaan lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.tidak bisa dikembalikan lagi kepada kondisi semula (irreversible). terjadi pengotoran lingkungan dan sumber daya alam yang sangat dibutuhan untuk kehidupan manusia. selalu ada penyebab penyakit manusia dan hewan. gunung-gunung dibelah menjadi jalan. karena pada setiap saat ada manusia atau hewan yang sakit dan mengeluarkan penyebab penyakit dari padanya. Didalam lingkungan yang sesuai penyebab penyakit dapat dipelihara dan ditularkan dari manusia ke manusia. banjir lumpur panas di Sidoarjo Jawa timur akibat pengeboran minyak bumi yang menyalahi ketentuan. dari hewan ke manusia. Contoh lain. atau banjir bandang akibat adanya penebangan hutan yang tidak terkendali. Didalam alam yang ditempati manusia dan hewan. manusia sebagai mahluk hidup selain mendayahgunakan unsurunsur dari alam. Dengan demikian. sehingga terjadi perubahan lingkungan yang sangat drastis. Apabila modifikasi lingkungan dilakukan sedemikian rupa sehingga alam tidak dapat lagi mempertahankan keseimbangannya.

bentuk-bentuk infektif dari parasit dan penularan terjadi karena makan tumbuhan tersebut sebagai sayuran mentah. 14 .seperti virus dan lain-lain. Tumbuhan didalam dan skeet air juga penting dalam penyebaran penyakit. Bila terdapat pencemaran dengan berbagai bahan kimia yang dapat berasal dari berbagai sumber alam maupun sumber buatan manusia. Penularan penyakit melalui udara Penyakit dapat ditularkan dengan menghirup udara dan itu dapat mnyebabkan penyakit dalam pernapasan. Ada tumbuhan air yang melekat pada tumbuhan. contohnya salada air. Air yang tercemar oleh eks-kreta fikus dapat menularkan penyakit jamur melalui air dan cacing-cacing perut dapat ditemukan dalam air pula. seperti radang mata yang sering didapat setelah berenang dikolam renang yang kurang pemeliharaannya. Pencemaran dengan partikel-partikel kecil (debu) seperti jelaga. Hamper semua jenis orgasnisme penyebab penyakit dapat ditemukan dalam air. Penyakit influenza adalah contoh-contoh infeksi melalui udara. Tetapi jika kualitas air tidak diperhatikan. Dapat ditularkan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan perantara udara. a. air. kangkung air yang dapat mengandung larva dari cacing hati yang banyak menginfeksi api. Contoh klasik penyakit bakteri yang bersumber pada air (water borne desiases) ialah typhoid. Air dapat mengandung zat-zat kimia yang berbahaya untuk kehidupan. Penyakit yang disebabkan oleh jamur juga dapat ditularkan melalui udara. Banyak penyakit menular bersumber pada air (water borne diseases). tanah dan benda-benda lain. Penyakit virus dapat bersumber pada air. disentri dan kolera. b. hewan atau tumbuh-tumbuhan. maka air dapat menjadi sumber penyebab penyakit. debu batu bara atau debu lainnya menyebabkan kerusakan paru-paru dan juga memudahkan masuknya infeksi lainnya. penularan penyakit melalui air Air adalah mutlak untuk kehidupan.

Indonesia masih tergolong Negara yang kurang peduli dengan kualitas mutu kesehatan di tengah masyarakat. nampaknya isu kesehatan masih tergolong dalam kebijakan yang stagnam dan belum terkoodinir. Namun Negara ini masih menghadapi banyak tantangan di sektor kesehatan. dimana dalam pemerintah yang bersifat investasi agar wabah tersebut tidak terulang lagi. Itu dapat menyebabkan berbagai penyakit.000 penduduk dan rasio bidan hanya 35 untuk setiap 100. Terutama jika tercemar oleh kotoran manusia dan hewan. Penularan penyakit melalui tanah Air tanah banyak mengandung penyakit.c. Di tahun 2007. 2. Di dalam tanah juga banyak ditemukan bentuk-bentuk infektif sebagai parasit. baik sengaja seperti sengaja memakai kotoran sebagai pupuk kebun maupun secara tidak sengaja dengan buang air di kebun atau membuang kotoran anak-anak di kebun. Indonesia telah mencapai banyak kemajuan dalam memperbaiki system kesehatan dan tingkat kesehatan rakyatnya. diperkirakan hanya ada 20 dokter umum untuk setiap 100. Cacing-cacing perut yang penyebarannya melalui tanah. terutama dikeluarkan melalui tinja. termasuk kurangnya jumlah petugas. 15 . Di tengah-tengah banyaknya isu yang menerpa negeri ini. Pada tahun 2006. Sebut saja masalah penyakit musiman seperti demam berdarah.000 penduduk. malaria dan sebagainya. terutama jika tanah tercemar oleh kotoran hewan atau manusia. ini merupakan peningkatan yang signifikan dari data pada tahun 1990. Masalah Kesehatan Penduduk di Indonesia Sebagai Negara berkembang. Salah satu bukti nyatanya adalah dengan kurangnya tenaga medis baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. harapan hidup orang Indonesia saat lahir mencapai usia 71 tahun. Penyakit tetanus dapat terjadi jika luka kena tanah.

yaitu kemampuan ekosistem untuk menahan berbagai perubahan dalam sistem secara keseluruhan. Yang tergolong ke dalam sumber alam abiotik adalah tanah.BAB IV PENUTUP A. yaitu Sumber alam yang dapat diperbaharui (renewable resourches) atau disebut pula sumber alam biotik. Untuk mengelola kualitas kesehatan lingkungan ataupun kesehatan masyarakat menjadi bahasan tersendiri dalam ekologi manusia 16 . hutan. Yang tergolong kedalam sumber alam ini adalah semua mahluk hidup. Pencemaran suara cukup menjadi ancama serius bagi kualitas lingkungan terutama dibagian suasana. Kesimpulan Dalam suatu ekosistem terdapat suatu keseimbangan yang dinamakan homeostatis. mineral. dan bahan tambang lainnya. Sumber pencemaran suara adalah kebisingan. yaitu bunyi atau suara yang dapat mengganggu dan merusak pendengaran manusia. Bunyi disebut bising apabila inetensitasnya telah melampaui 50 desibel. Sumber alam dapat dibedakan menjadi dua bagian. air. dan tumbuhan dan Sumber alam yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable resourches) atau disebut pula sebagai golongan sumber alam abiotik. Meskipun suatu ekosistem mempunyai daya tahan yang besar sekali terhadap perubahan tetapi biasanya batas mekanisme homeostatis dengan mudah dapat diterobos oleh kegiatan manusia. bahan galian. hewan. Kesehatan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Begitu pula kesehatan lingkungan banyak dipengaruhi oleh taraf sosial ekonomi.

org/wiki/Kebakaran_liar diakses pada tanggal 05 Desember 2012 Wikipedia.Maulana Media Grafika.wikipedia.com/2011/05/31/manusia-danlingkungan/ diakses pada tanggal 25 November 2012.wikipedia.org/wiki/Erosi diakses pada tanggal 05 Desember 2012 Wikipedia.org/wiki/Pencemaran_tanah diakses pada tanggal 05 Desember 2012 Wikipeida. Budaya dan Teknologi. [online] tersedia: http://zaenal-arifien. [online] tersedia: http://id.org/wiki/Pencemaran_suara diakses pada tanggal 05 Desember 2012 Wikipedia. Wikipedia.com/2011/04/makalah-plsbt.wikipedia. Ensiklopedia bebas Pencemaran udara.org/wiki/Pencemaran_udara diakses pada tanggal 05 Desember 2012 Wikipedia. Ensiklopedia bebas Polusi Udara.wikipedia. [online] tersedia: http://id.wikipedia.2009.Ed dan Dr. Ensiklopedia bebas Pencemaran Suara. Ensiklopedia bebas Pencemaran Air. Sosial.org/wiki/Pencemaran_air diakses pada tanggal 05 Desember 2012 Wikipeida.Ridwan Effendi. M. Ensiklopedia bebas Pencemaran tanah. 2011.wordpress. [online] tersedia: http://id. [online] tersedia: http://id.com/tag/interaksi-manusiadengan-lingkungan/ diakses pada tanggal 02 Desember 2012 17 .html diakses pada tanggal 02 Desember 2012 Krisiyanto. [online] tersedia: http://id. Ensiklopedia bebas Kebakaran Liar. [online] tersedia: http://id. 2011.org/wiki/Polusi_suara diakses pada tanggal 05 Desember 2012 Arifien. [online] tersedia: http://krizi.Interaksi Manusia dengan Lingkungan Makalah Sosial Budaya.wikipedia.2011.Catatan Zaenal Makalah PLSBT. CV.wordpress. [online] tersedia: http://id. [online] tersedia: http://setyawanws.blogspot. Setyawan.DAFTAR PUSTAKA Drs. Bandung WS.Si. PANDUAN KULIAH Pendidikan LINGKUNGAN. Zaenal.Elly Malihah. Manusia dan Lingkungan. Ensiklopedia bebas Erosi. M.wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful