P. 1
Pengertian Televisi

Pengertian Televisi

|Views: 52|Likes:
Published by siwiid
Televisi
Televisi

More info:

Published by: siwiid on Apr 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

PAPER TELEVISI DAN VIDEO

Di Susun Oleh: Widya Rachmadyanti [12223759]

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL 2013

Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik. yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Pixel warna(merah. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar. . baik perorangan maupun badan usaha. penemu maupun inovator yang terlibat. Layar televisi menampilkan gambar yang berasal dari ribuan titik-titik kecil (piksel) yang di tembak dengan elektron yang berenergi tinggi. Piksel warna (merah. Cara kerja Televisi (TV) Televisi bekerja dengan cara menerima gelombang elektromagnetik dan merubahnya menjadi energi akustik dan cahaya yang bisa kita dengar dan lihat.1. Dalam penemuan televisi (tv). hijau. biru) inilah yang dikombinasikan dan ditampilkan di layar komputer dalam bentuk gambar seperti yang kita lihat. Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. tivi. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal disebut dengan TV. Pengertian Televisi Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. teve atau tipi. 2. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda. karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. biru) inilah yang di kombinasikan dan di tampilkan di layar komputer dalam bentuk gambar seperti yang kita lihat. hijau. Layar televisi menampilkan gambar yang berasal dari ribuan titik-titik kecil (pixel) yang ditembak dengan elektron yang berenergi tinggi. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision. terdapat banyak pihak.

Saat berkas elektron ini mengenai fosfor akan menampilkan titik-titik warna merah. Sinyal yang datang dialirkan menuju ke colokan antena yang ada pada televise 3. Sirkuit penembak elektron menggunakan sinyal gambar ini untuk diproses ulang dengan bantuan kamera tv 5. hijau dan biru. Elektron dapat dikendarai oleh magnit sebab mereka mempunyai elektron negatif. Gelombang suara akan diproses pada bagian ini untuk menghilangkan berbagai gangguan 9. Berkas elektron menerobos suatu cincin elektromagnet.Berikut ini garis besar cara televisi bekerja (lihat gambar) 1. Antena berfungsi untuk menangkap belombang yang dipancarkan oleh stasiun televise 2. Sinyal suara yang sudah disaring dikeluarkan melalui alat yang disebut speaker . Yang tidak kena tetap berwarna hitam. Kombinasi-kombinasi warna inilah yang menghasilkan gambar di televisi 8. Bagian ini menembakan tiga elektron (merah. Alat pemisah disebut Tunner 4. Berkas cahaya ini akan diarahkan ke layar yang diberi bahan kimia berupa fosfor. Dan berkas elektron ini akan bergerak bolakbalik di layar televisi 7. hijau dan biru) menuju tabung sinar katoda 6. Sinyal yang datang membawa gelombang suara dan gambar karena gelombang yang diterima antena tv lebih dari satu macam Sirkuit di dalam televisi memisahkan gelombang ini (berupa suara dan gambar) sesuai dengan saluran tv yang kamu pilih kemudian diproses lebih lanjut.

e. Daerah di dalam garis putih adalah rangkaian input yang merupakan daerah tegangan tinggi (live area).000 kali. Rangkaian Detektor Video Rangkaian ini berfungsi sebagai pendeteksi sinyal video komposit yang keluar dari penguat IF gambar. Rangkaian Penguat Video Rangkaian ini berfungsi sebagai penguat sinyal luminan yang berasal dari deteltor video sehingga dapat menjalankan layar kaca atau CRT (catode ray tube). Sinyal output yang dihasilkan penala (tuner) merupakan sinyal yang lemah dan yang sangat tergantung pada pada sinyal pemancar. pencampur ( mixer). . Rangkaian ini juga berguna untuk membuang gelombang lain yang tidak dibutuhkan dan meredam interferensi pelayanan gelombang pembawa suara yang mengganggu gambar. Salah satu sinyal yang di redam adalah sinyal suara. Rangkaian Catu Daya (Power Supply) Rangkaian berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi DC yang selanjutnya didistribusikan ke seluruh rangkaian. Rangkaian ini akan menstabilkan sendiri input sinyal televisi yang berubah-ubah sehingga output yang dihasilkan menjadi konstan. d. Rangkaian AGC (Automatic Gain Control) Rangkaian AGC berfungsi untuk mengatur penguatan input secara otomatis. Selain itu. dan bentang bentang alam. Rangkaian catu daya dibatasi oleh garis putih pada PCB dan daerah di dalam kotak merah. Didalam rangkaian penguat video terdapat pula rangkaian ABL (automatic brightness level) atau pengatur kuat cahaya otomatis yang berfungsi untuk melindungi rangkaian tegangan tinggi dari tegangan muatan lebih yang disebabkan oleh kuat cahaya pada layar kaca. dan osilator lokal. f. Bagian – Bagian Televisi a. c. Rangkaian penguat IF (Intermediate Frequency) Rangkaian ini berfungsi sebagai penguat sinyal hingga 1. Sementara itu. Rangkaian Penala (Tuner) Rangkaian ini terdiri dari penguat frekuensi tinggi ( penguat HF ).3. posisi penerima. b. Rangkaian penala berfungsi untuk menerima sinyal masuk (gelombang TV) dari antena dan mengubahnya menjadi sinyal frekuensi IF. daerah di dalam kotak merah adalah output catu daya yang selanjutnya mendistribusikan tegangan DC ke seluruh rangkaian TV. rangkaian ini berfungsi pula sebagai peredam seluruh sinyal yang mengganggu karena apabila ada sinyal lain yang masuk akan mengakibatkan buruknya kualitas gambar.

saluran 3 disiarkan pada 60 MHZ sampai 66 MHZ. rangkaian defleksi vertikal.g. PAL (Phases Alternating Line) 3. h. sinyal ini dipisahkan dari sinyal pembawa gambar. 3. Sebagai contoh. 1. dan rangkaian pembangkit tegangan tinggi. VHF bidang frekuensi rendah saluran 2 sampai 6 dari 54 MHZ sampai 88 MHZ. Jenis – Jenis Sistem Televisi Sistem pemancar televisi yang kita kenal di antaranya: 1. rangkaian defleksi horizontal. SECAM (Sequential Couleur a Memorie) 4. 4. sinyal pembawa IF suara akan dideteksi oleh modulator frekuensi (FM). 2. NTSC (National Television System Committee) 2. Sinyal pembawa RF untuk gambar dan suara keduanya termasuk di dalam tiap saluran tersebut. Saluran dan Standar Pemancar Televisi Kelompok frekuensi yang di tetapkan bagi sebuah stasiun pemancar untuk tranmisi sinyalnya disebut saluran (chenel). yaitu rangkaian sinkronisasi. Sebelumnya. PALB . UHF saluran 14 sampai 83 dari 470 MHZ sampai 890 MHZ. Rangkaian Defleksi Sinkronisasi Rangkaian ini terdiri dari empat blok. 5. Masing-masing mempunyai sebuah saluran 6 mhz dalam salah satu bidang frekuensi (band) yang dialokasikan untuk penyiaran televisi komersial. Rangkaian Audio Suara yang kita dengar adalah hasil kerja dari rangkaian ini. VHF bidang frekuensi tinggi saluran 7 sampai 13 dari 174 MHZ sampai 216 MHZ.

Teknologi televisi dengan tabung CRT tergolong paling tua dan hingga saat ini terus digunakan dan dikembangkan. Sistem Televisi Dasar di Dunia 6. jarak frekuensi pembawa dan pembawa suara. Tabung CRT hanya berisi sebuah tabung sinar katoda (cathode-ray tube) sedang untuk perbandingannya. sistem PAL (Phases Alternating Line) di gunakan di Inggris. Walaupun telah muncul teknologi yang baru. Indonesia sendiri menggunakan sistem PALB. . Jenis Jenis Layar Televisi Tipe Layar Televisi CRT (Cathode Ray Tube) Pada televisi jenis ini layar terlihat lebih cembung ketimbang jenis lainnya. sistem SECAM (Sequential Couleur a Memorie) digunakan di Perancis. Sementara itu. plasma terdiri dari satu juta tabung fluorescent berukuran sangat kecil. Hal yang membedakan sistem tersebut adalah format gambar.NTSC (National Television System Committee) digunakan di Amerika Serikat.

dengan piksel persegi. Penampilanya progresif. Perbedaan voltage yang diberikan pada tiap sel juga menghasilkan kombinasi warna yang ada.024 × 768 ditemukan pada banyak layar plasma 42 inci. Disebut ” plasma ” karena menampilkan teknologi yang menggunakan selsel kecil yang mengandung listrik bermuatan terionisasi gas . Fujitsu diikuti Philips dan Pioneer.atau lampu neon. dan akan sampai skala masuk mereka definisi standar sinyal untuk menyesuaikan resolusi layar asli mereka Gambar Plasma . 1366 × 768 yang ditemukan pada 50 di. Sebuah Plasma TV memanfaatkan jutaan sel Plasma yang diletakkan diantara dua panel layar kaca. Ini adalah interlaced display. Setiap sel yang berisi kombinasi antara gas noble dan sejumlah kecil mercury yang akan diuapkan dan diberi aliran listrik sehingga berpendar dan membentuk plasma. Istilah PDP sendiri berasal dari penggunaan sel Plasma. dan 65 di layar plasma. Plasma Display Panel (PDP) atau di Indonesia banyak dikenal sebagai Plasma TV merupakan salah satu jenis teknologi TV layar datar yang memungkinkan produsen untuk memproduksi TV Layar Datar ukuran besar secara massal dengan harga yang ekonomis. Pada perkembangannya IBM. 1.280 × 768 . Fujitsu. di mana di dalam setiap sel akan berisi fosfor 3 jenis warna utama. atau 1. dan Blue. merilis TV layar datar ukuran 42 inci dengan teknologi Plasma secara komersial. sebagai dasar pencahayaan layar televisi tersebut. Elektronika.080 ditemukan dalam ukuran layar plasma dari 42 inci sampai 103 inci.Tipe Layar Televisi Plasma & LCD Plasma TV adalah jenis layar panel datar umum untuk TV besar menampilkan 30 inci (76 cm) atau lebih besar.920 × 1. atau biasa dikenal dengan RGB. HDTV adalah televisi plasma modern biasanya memiliki resolusi 1. dengan non-persegi pixel. yang merupakan lampu Fluorescent. Awal definisi tinggi (HD) menampilkan plasma memiliki resolusi 1024×1024 dan pencahayaan alternatif permukaan (Alis) panel yang dibuat oleh Fujitsu / Hitachi . Istilah dan konsep teknologi Plasma TV sendiri diperkenalkan pada tahun 1936 oleh seorang ahli Fisika. dan penemu dari Hungaria. 60. Green. Baru pada tahun 1997. yaitu: Red. Warna dihasilkan dari fosfor yang terdapat di dalam sel tersebut. dan Panasonic memperkenalkan beberapa jenis televisi yang memanfaatkan teknologi Plasma pada hasil riset mereka.

LCD TV bekerja dengan memproduksi gambar hitam dan berwarna dengan melakukan seleksi cahaya yang dipancarkan oleh serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Gambar LCD Kelebihan plasma tv : 1. sehingga tidak memungkinkan untuk mencapai resolusi yang tinggi ( jika pun ada pasti akan sangat mahal ) . Seiring dengan kemunculan HDTV dan Full HD TV di jajaran produk LCD TV. membuat konsumen kembali beralih ke LCD TV. dan Blue (RGB). Kekurangan plasma tv : 1. dan secara kasat mata membentuk gabungan yang disebut dengan pixel. Dikarenakan teknologi yang dimilikinya. Pada perkembangan selanjutnya. Jutaan lampu tersebut akan dinyalakan dan dimatikan melalui LCD shutter dengan melewatkan cahaya putih dengan intensitas tertentu. Warna yang dihasilkan sangat natural dan lembut mirip dengan tabung CRT. membuat penjualan Plasma meningkat. Relatif lebih mahal baik sparepart maupun unitnya 2.LCD TV yang di pasaran tampil lebih dulu dari Plasma mengalami penurunan popularitas sejak kemunculan Plasma TV mengingat berbagai kelebihan yang ditawarkan dibandingkan LCD generasi awal. Setiap shutter akan digabungkan dengan filter warna yang akan melewatkan warna Red. Shutter dan Filter yang masing-masing merupakan sub-pixel ini berukuran sangat kecil. harga LCD TV pun juga semakin masuk akal di kantong konsumennya. Dengan harga yang jauh lebih mahal untuk ukuran yang lebih kecil. Relatif lebih mudah rusak (biasanya kerusakan terdapat blok vertical atau banyak bintik2 muncul pada screen) 3. LCD TV dengan harga ekonomis dengan berbagai kemajuan teknis. Green. diikuti dengan ukuran yang besar.

Kerusakannya deadpixel or blank screen ( akan saya jelaskan lain waktu ) Perbedaan LCD dan Plasma TV bila kita perhatikan langsung pada tampilan gambar yang dihasilkan akan jelas terlihat . Pada kenyataannya umurnya lebih awet dibanding plasma Kekurangan LCD TV : 1. Harga yang lebih murah dibanding plasma TV 5. Lebih hemat energy dibanding plasma tv 2.Kelebihan LCD TV : 1. terlalu berlebihan gain warna dan kontras pada umumnya 2. Warna tidak natural. Resolusi LCDT TV bisa mencapai full hd 1920×1080 4. Teknologi masih bisa berkembang 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->