Soal Hukum Organisasi Internasional

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “International Organization of Universal Character”! 2. Pembentukan ASEAN dari segi filosofis telah mengambil tema-tema perdamaian. Jelaskan tema-tema tersebut! 3. Jelaskan mengenai sanksi bagi Negara anggota PBB yang tidak membayar kontribusi! 4. Sebutkan badan-badan PBB yang bisa bertindak sebagai pembuat hukum! 5. Apakah yang dikenal sebagai masalah-masalah penting berdasarkan piagam PBB? Jelaskan! 6. Sanksi apa yang dapat dikenakan kepada Negara anggota PBB dan dalam hal bagaimana? 7. Jelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan 9 suara affirmatif, dan dalam keadaan bagaimana pengambilan keputusan berdasarkan 9 suara afirmatif? 8. Jelaskan mengenai tindakan apa yang diambil oleh Dewan Keamanan PBB apabila mereka gagal mengambil keputusan! 9. Jelaskan dalam hal apa kekuatan senjata bisa dilakukan berdasarkan Piagam PBB! 10. Jelaskan mengenai ketentuan pasal 25 Piagam PBB dan pada Negara-negara mana saja pasal 25 diberlakukan! 11. Apa tugas General Committee dalam hubungannya dengan Majelis Umum PBB ? 12. Jelaskan mengapa komite tersebut dikatakan sebagai authoritative body! 13. Jelaskan menurut ketentuan Piagam PBB bahwa dalam usaha pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional, Sekretaris Jendral PBB mempunyai tanggung jawab ekstra! 14. Jelaskan cara pemilihan Sekretaris Jendral PBB! 15. Dalam hal apa “Uniting for peace resolution“ diterapkan dan berikan dasar hukumnya! 16. Bagaimana Dewan Keamanan PBB memutuskan penerapan resolusi tersebut dan berikan contoh kasusnya !

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Hukum Organisasi Internasional

1

Dalam hal apa saja PBB dapat mengenakan sanksi terhadap anggotanya dan sebutkan dasar hukumnya! 18. Di dalam pelaksanaan tanggung jawab tersebut Piagam PBB juga memberikan tugas kepada MU-PBB dan Sekjen PBB. Jelaskan kedudukan dan tugas hakim ad-hoc dalam pengambilan keputusan Mahkamah Internasional! 20. Sebutkan syarat-syarat untuk menjadi Sekjen PBB dan bagaimana cara PBB memutuskan? 28. Sebutkan kewajiban-kewajiban menjadi anggota PBB menurut ketentuan Piagam PBB! 24. Majelis Umum PBB memberikan status peninjau kepada berbagai subyek hukum internasional. sebutkan resolusi tersebut dan berapa kursi yang dialokasikan untuk kelompok Amerika Latin dan Karibia ! 29.17. Sebutkan kedua tema perdamaian aspek filosofis Organisasi ASEAN tersebut? 22. Apakah yang dimaksud dengan Host Country’s Agreement dan prinsip apa yang diambil dalam menentukan keanggotaan ASEAN ? 23. Apa perbedaan dan persamaan Hakim Mahkamah dengan Hakim Ad Hoc? 30. Sebutkan dasar hukum suatu Negara bukan anggota PBB terikat dengan kewajibankewajiban internasional! 19. jelaskan menurut ketentuan Piagam dan aturanaturan PBB lainnya ! 27. sebutkan siapa-siapa saja yang telah memperoleh status peninjau tersebut! 25. Jelaskan makna dari “tanggung jawab utama” menurut ketentuan piagam PBB ! 26. Sebutkan dimana lokasi Mahkamah Internasional PBB dan sebutkan pula hasil-hasil (keputusan) yang dikeluarkan oleh Mahkamah (dalam bahasa Inggris)! Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Hukum Organisasi Internasional 2 . Apakah badan khusus PBB dapat meminta advisory opinion dari Mahkamah Internasional secara langsung? Jelaskan pendapat saudara! 21. MU-PBB mengeluarkan resolusi yang menetapkan alokasi kursi keanggotaan ECOSOC untuk kelompok-kelompok regional.

Doktrin Estrada. dan Doktrin Stimson ! 4. Jelaskan dengan singkat dan jelas mengenai prinsip tanggung jawab Negara dalam masalah lingkungan dan bagaimana penerapannya dalam Trail Smelter Arbitration (Canada v.Soal Hukum Organisasi Internasional 1. Jelaskan dengan singkat dan jelas apa yang dimaksud dengan juridiksi Mahkamah Internasional berdasarkan ‘optional clause’ dalam pasal 36 (2) Statuta Mahkamah Internasional dan bagaimana penerapannya dalam East Timor Case (Portugal v. United States of America) dan Nuclear Test Cases (Australia v. asset dan hutang. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Calvo Clause atau Doktrin Calvo! 12. France. New Zealand v. Jelaskan mengapa arbitrase dikatakan mengandung unsur-unsur mediasi (mediation) dan judicial settlement ! 9. France) ! Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Hukum Organisasi Internasional 3 . Sebutkan dan jelaskan internasional minimum standard (standar minimum internasional) ! 11. Jelaskan dengan singkat dan jelas mengenai akibat hukum dari pengakuan! 3. Jelaskan dengan singkat dan jelas mengenai Doktrin Tobar. batas wilayah. Jelaskan dengan singkat dan jelas bagaimana akibat hukum dari suksesi Negara dalam hal penaklukan/ penggabungan sukarela. Jelaskan dengan singkat dan jelas mengenai sebab-sebab terjadinya suksesi Negara! 6. 1995) ! 10. Jelaskan dengan singkat dan jelas apa yang dimaksud dengan suksesi negara! 5. dan kewarganegaraan ! 7. Jelaskan dengan singkat dan jelas mengenai prinsip dasar yang diutamakan dalam hukum internasional dalam kaitannya dengan penyelesaian sengketa internasional! 8. Jelaskan dengan singkat dan jelas apa yang dimaksud dengan pengakuan (recognition) dan bagaimana hubungan antara pengakuan dan syarat-syarat tentang negara berdasarkan pasal 1 Konvensi Montevideo 1933! 2. Australia.

Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk juridiksi suatu Negara terhadap suatu kasus tindak pidana! 21.13. Ada berapa istilah untuk hukum internasional. dan laut lepas! 18. Setiap Negara dapat melaksanakan juridiksi berdasarkan prinsip universal. apakah Negara pantai dapat melaksanakan juridiksinya? Jelaskan disertai contoh kasus! 23. Apa yang saudara ketahui tentang Lotus Case (1927) dan bagaimana pengaruh ptutusan pengadilan dalam kasus tersebut terhadap doktrin perluasan juridiksi dalam Hukum Internasional! 22. Jelaskan istilah-istilah tersebut dan mengapa istilah hukum internasional merupakan istilah yang mendekati kenyataan dalam praktik pergaulan internasional dewasa ini? Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Hukum Organisasi Internasional 4 . Jelaskan apa yang dimaksud dengan juridiksi Negara dan bagaimana kedudukan juridiksi Negara ini apabila dikaitkan dengan prinsip dasar kedaulatan Negara dalam hukum internasional! 20. zona ekonomi eksklusif. Jelaskan secara singkat dan jelas mengenai lima kebebasan yang dimiliki oleh Negara di wilayah udara (five freedom of the air)! 19. Jelaskan secara singkat dan jelas mengenai kedaulatan Negara di wilayah laut teritorial. Sebutkan dan jelaskan cara-cara yang dapat dilakukan oleh suatu Negara untuk memperoleh kedaulatan wilayah! 17. Sebutkan dan jelaskan doktrin-doktrin mengenai pengakuan Negara yang saudara ketahui! 15. landas kontinen. Jelaskan kejahatan-kejahatan apa saja yang dapat dikatagorikan kedalam kejahatan internasional serta berikan contohnya yang actual ! 24. Sebutkan dan jelaskan mengenai jenis-jenis pengakuan Negara yang saudara ketahui! 16. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengakuan terhadap suatu negara dikaitkan dengan kedudukan negara sebagai salah satu subjek hukum internasional! 14. Apakah suatu kejahatan terjadi di suatu kapal asing yang sedang berada di laut teritorial. tetapi istilah hukum internasional dipandang lebih tepat dibandingkan dengan istilah-istilah lain. selat.

Jelaskan subjek hukum internasional yang saudara ketahui! 29. Sebutkan yang terdapat dalam Pasal 38 (1) dan sumber hukum mana yang terpenting untuk menerapkan hukum internasional dalam praktik sekarang ini! 30. Coba jelaskan teori monisme dan dualisme dan apa hubungan kedua teori tersebut dengan prinsip inkorporasi dan transformasi! 36. termasuk praktik Indonesia terhadap hukum internasional? 28. Bagaimana Inggris menerapkan hukum kebiasaan internasional didalam hukum nasionalnya (pilih salah satu kasus. R v Keyn. Jelaskan disertai contoh kasus (Sei Fuji v California 1952)! 37. Bagaimana Amerika Serikat menerapkan perjanjian internasional didalam hukum nasionalnya. Coba saudara sebutkan 1 (satu) definisi Hukum Internasional! 32. Bagaimana praktik kedua sistem hukum tersebut menurut hukum positif beberapa Negara. Triqueth v Bath. Sebutkan 4 (empat) syarat yang harus dipenuhi oleh suatu kebiasaan sehingga dapat diterima sebagai kebiasaan hukum internasional! Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Hukum Organisasi Internasional 5 .25. Uraikan dengan singkat hubungan antara hukum internasional dan hukum nasional! 27. Jelaskan bahwa eksistensi masyarakat internasional merupakan landasan sosiologi bagi berlakunya hukum internasional dan apa dasarnya masyarakat internasional mentaati hukum internasional tersebut? 26. Apa perbedaan antara Hukum Internasional publik dengan Hukum Perdata Internasional! 33. Jelaskan pula mengenai proses pembuatan perjanjian internasional dan sebutkan bahwa suatu perjanjian internasional dinyatakan tidak berlaku lagi! 31. Coba saudara sebutkan dan jelaskan subjek-subjek internasional yang anda ketahui! 34. jelaskan dengan disertai contoh kongkrit! 35. West Rand Central Mining Co)? 38. Sebutkan perbedaan antara Law Making Treaties dengan Treaty Contract disertai contoh kongkrit! 39. Mengapa individu disebut sebagai subjek hukum internasional yang masih terbatas sifatnya.

Apa yang harus dilakukan oleh hakim Mahkamah apabila suatu perjanjian internasional ternyata bertentangan dengan hukum kebiasaan internasional. Jelaskan mengenai doktrin-doktrin tentang pengakuan Negara yang saudara/i ketahui. Jelaskan pula bagaimana penerapan prinsip juridiksi perlindungan ini dapat mengakibatkan adanya penerapan jurisdiksi ekstrateritorial dan batasan-batasan tertentu yang perlu diperhatikan dalam penerapan jurisdiksi seperti demikian! Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Hukum Organisasi Internasional 6 . dengan disertai contoh apabila perlu. kedaulatan atas wilayah tertentu dapat diperoleh suatu Negara dengan hanya mengajukan klaim atas wilayah tersebut? Jelaskan pendapat saudara/i dan kaitkan dengan beberapa kasus termasuk Island of Palmas Case. Jelaskan.40. Jelaskan mengenai kewajiban Negara dalam kaitannya dengan masalah intervensi dan hidup berdampingan secara damai (peacefull co-exsistence)! apakah menurut saudara/i kewajiban negara dalam kaitannya dengan masalah-masalah tersebut pada umumnya sudah dipenuhi oleh Negara-negara didunia saat ini? Jelaskan menurut saudara/i dengan disertai contoh! 43. mengenai apa yang dimaksud dengan res nullius dan res communis! 45. Jelaskan disertai contoh kasus yang anda ketahui! 41. Syarat manakah yang menurut saudara/i paling penting? Jelaskan pendapat saudara/i dengan disertai contoh ! 42. Apakah berdasarkan hukum internasional. dengan disertai contoh apabila perlu. Director of Public Prosecutions (1946). Jelaskan apa yang dimaksud dengan juridiksi teritorial dan pihak-pihak mana saja yang dapat dikecualikan dari prinsip-prinsip penerapan juridiksi territorial! 48. mengenai cara-cara memperoleh wilayah berdasarkan hukum internasional ! 46. Eastern Greenland Case. Jelaskan mengenai syarat-syarat yang harus dimiliki oleh Negara berdasarkan Konversi Montevideo 1933. Jelaskan mengenai penerapan juridiksi berdasarkan prinsip perlindungan (protective principle) dan kaitannya dengan kasus Joyce v. Doktrin manakah yang dapat dianggap paling sesuai dengan perkembangan masyarakat internasional saat ini? Jelaskan pendapat saudara/i dengan disertai contoh ! 44. Jelaskan. dan Case Concerning Soverighty over Pulau Ligitan and Pulau Sipadan! 47.

Jelaskan mengenai keterkaitan antara prinsip-prinsip tanggung jawab Negara dengan perlindungan lingkungan! Kaitkan pendapat saudara/i dengan kasus-kasus.49. Jelaskan mengenai faktor-faktor mendasar yang menyebabkan timbulnya tanggung jawab menurut pendapat Shaw ! 51. Jelaskan mengenai keterkaitan antara prinsip-prinsip tanggung jawab Negara dengan perlakuan terhadap orang asing (treatment of aliens)! jelaskan pula apa yang dimaksud dengan Doktrin Calvo! 52. Jelaskan dengan disertai contoh mengenai penerapan jurisdiksi berdasarkan prinsip universal/jurisdiksi universal ! 50. termasuk Trail Smelter Arbritration (1941). dan perjanjian-perjanjian internasional yang relevan! Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2004-2005 Campus in Compact – Hukum Organisasi Internasional 7 . Nuclear Test (1974).