ANGGARAN DASAR MGMP KIMIA SMA/MA/SMK KABUPATEN JEMBRANA

PRA KATA
Dengan Asung Kerta Wara Nugraha Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa Kami para guru Kimia SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana, menyadari pentingnya usaha bersama dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme guru Kimia, demi terbangunnya masyarakat modern yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Kami para guru kimia SMA/MA/SMK, bersepakat untuk bergabung dalam suatu wadah yang dibentuk dengan Anggaran Dasar. Berdasarkan kesepakatan ini, dan dengan semangat “ ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tutwuri handayani”, maka kami para guru kimia SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana bersama-sama membentuk organisasi profesi yang diberi nama MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN KIMIA SMA/MA/SMK KABUPATEN JEMBRANA , yang disingkat MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana yang memiliki Anggaran Dasar sebagai berikut : BAB I ORGANISASI Pasal 1 Dasar Pendirian MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana didirikan berdasarkan : a. Undang-undang No.2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 31 ayat (4), setiap tenaga kependidikan berkewajiban untuk meningkatkan kemampuan professional sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan. b. Keputusan MENPAN No. 26/MENPAN/1989 tanggal 2 Mei 1989 tentang Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru dalam lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. c. Peraturan pemerintah No.38 tahun 1992 tentang Tenaga Kependidikan, Bab XIII, pasal 61 ayat 1, tenaga kependidikan dalam membentuk ikatan profesi sebagai wadah untuk meningkatkan dan/ atau mengembangkan karier, kemampuan, kewenangan professional, martabat, dan kesejahteraan tenaga pendidikan demi terciptanya tujuan pendidikan secara optimal. Pasal 2 Nama Organisasi profesi ini diberi nama Musyawarah Guru Mata Pelajaran kimia SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana yang disingkat MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana. Pasal 3 Kedudukan MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana berkedudukan di kota Negara
1

3. 11. Seminar. B. dan sebagainya. Kompetisi kinerja guru. 8. Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG/MGMP. TIPD (Teachers International Professional Development)/kerjasama MGMP internasional. 2. Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. 5. 5. 3. Penyusunan dan pengembangan website MGMP. Mengubah budaya kerja anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja (meningkatkan pengetahuan. 3. Kegiatan Pengembangan: 1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Lesson Study (suatu pengkajian praktek pembelajaran yang memiliki tiga komponen yaitu plan. metode pembelajaran. Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal. 5. mengembangkan kemampuan/profesi guru. 6. guru pelaksana. program semester. Penerbitan jurnal MGMP. 9. Professional Learning Community (komunitas-belajar professional). 2. Forum KKG/MGMP Kecamatan/Kabupaten/Kota/provinsi. organisasi profesi ini akan : A. dan diskusi panel. 2. penyusunan silabus. Peer Coaching (Pelatihan sesama guru menggunakan media TIK). Penyusunan dan pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran. koloqium (paparan hasil penelitian). Pasal 5 Kegiatan Untuk mencapai tujuan pada pasal 4 diatas. dan Rencana Program Pembelajaran. 10. 6. 12. Global Gateway (kemitraan lintas negara). Memberi kesempatan kepada anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik. Kegiatan Rutin: 1. khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran. Analisis kurikulum. lokakarya. 4. Diskusi permasalahan pembelajaran. 4. see yang dalam pelaksanaannya harus terjadi kolaborasi antara pakar. serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta kelompok kerja atau musyawarah kerja. 4. 2 . do. kompetensi dan kinerja) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat KKG/MGMP.Pasal 4 Tujuan Tujuan organisasi profesi ini adalah : 1. Penelitian. memanfaatkan sumber belajar. memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar. Penyusunan dan pengembangan silabus. penyusunan bahanbahan pembelajaran. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah. Penulisan Karya Tulis Ilmiah. dan guru mitra). 7. diantaranya Penelitian Tindakan Kelas. strategi pembelajaran. Pendidikan dan Pelatihan berjenjang (diklat berjenjang). Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik. 13. 7.

Mematuhi aturan dan putusan organisasi.. 1. BAB II STRUKTUR ORGANISASI Pasal 7 Struktur Organisasi MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana adalah organisasi non struktural di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana. 2. Membantu terlaksananya tujuan organisasi. 2. Pemerintah ( APBN atau APBD ) 3. Sumbangan dalam bentuk apapun yang sah dan tidak bertentangan dengan tujuan organisasi. Pasal 11 Hak Anggota 1. Penghasilan atas usaha organisasi yang sah dan tidak bertentangan dengan tujuan organisasi. Anggota berhak mendapat bimbingan untuk meningkatkan profesionalismenya. Menjaga martabat dan kehormatan profesi. Struktur organisasi ( yang pertama membentuk AD/ART ) terdiri dari : Ketua. sekretaris. Keanggotaan organisasi terdiri dari guru yang mengajar di SMA /MA/SMK Negeri/swasta Kabupaten Jembrana. 2. bendahara BAB III KEANGGOTAAN Pasal 8 Syarat Keanggotaan Anggota terdiri dari Guru-guru yang mengajar mata pelajaran Kimia SMA/MA/SMK Negeri/swasta di Kabupaten Jembrana. 4. Sekolah / Komite Sekolah 2. Anggota berhak mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diusahakan oleh organisasi. Anggota adalah Warga Negara Republik Indonesia yang menjadi guru Kimia di SMA/MA/SMK Negeri/swasta Kabupaten Jembrana Pasal 10 Kewajiban Anggota Kewajiban anggota adalah : 1. 3.Pasal 6 Keuangan Perbendaharaan organisasi ini dapat bersumber dari : 1. Pasal 9 Status Keanggotaan 1. 3 .

Sidang harus dihadiri sekurang-kurangnya dua pertiga dari jumlah anggota MGMP. Pengurus dipilih langsung oleh anggota. 2. Pasal 12 Susunan dan Jabatan Pengurus 1. 6. 4. 4. 3.maka Pengesahan perubahan Anggaran Dasar dilakukan atas persetujuan Rapat Anggota yang hadir.3. Sekretaris. Pasal 13 Hak dan Kewajiban Pengurus 1. Ketua atas nama pengurus berhak mewakili secara sah di luar organisasi untuk mewakili sesuatu hal demi kemajuan organisasi. Pasal 15 Tata Tertib Tata tertib organisasi ditetapkan Pengurus dan disahkan dalam sidang anggota MGMP. Bendahara dan Bidang-bidang tertentu. 2. BAB IV PERSIDANGAN DAN TATA TERTIB ORGANISASI Pasal 14 Perubahan Anggaran Dasar Anggaran Dasar ini hanya dapat diubah dengan Rapat Anggota MGMP yang dengan sengaja diadakan untuk maksud tersebut. Koordinator Bidang menyusun dan melaksanakan program sesuai bidang kerja masing – masing bidang. 5. 2. Pasal 16 Pembubaran 1. Bilamana Ketua berhalangan hadir karena sesuatu hal. 4. 1. maka Sekretaris atau Bendahara dapat mewakili Ketua dengan hak dan kewajiban yang sama. Pasal 17 Penutup 4 . Pengurus berkewajiban menjalankan pekerjaan sehari-hari di dalam organisasi dan menjalankan keputusan – keputusan Rapat Anggota MGMP. 3.. Masa jabatan pengurus adalah 4 tahun dan dapat dicalonkan kembali pada pemilihan periode berikutnya. Apabila quorum tidak terpenuhi seperti yang dimaksud ayat 2 dan 3 pasal ini. Organisasi ini hanya dapat dibubarkan dengan keputusan Sidang Anggota MGMP yang sengaja diadakan untuk maksud tersebut. 3. 3. 2. Seluruh anggota berhak mengajukan usulan untuk kemajuan organisasi. Keputusan rapat pembubaran sah jika disetujui oleh seluruh anggota MGMP. Anggota berhak dipilih dan memilih pengurus untuk menjalankan organisasi. Keputusan rapat perubahan Anggaran Dasar sah jika disetujui oleh dua pertiga Anggota yang hadir. Bendahara mengurus masalah kekayaan/keuangan organisasi dan mempertanggung jawabkan kepada Rapat Anggota. Rapat perubahan Anggaran Dasar harus dihadiri sekurang-kurangnya dua pertiga dari jumlah anggota MGMP. Sekretaris menyusun masalah surat menyurat dalam suatu organisasi MGMP KIMIA . Pengurus terdiri dari Ketua.

MM Pembina Utama Muda NIP 19550211 198303 1 006 5 . I Gusti Putu Sudhiarsa. S. Anggaran Dasar ini untuk pertama kali dibuat pada pertemuan pertemuan pengurus MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana di SMA Negeri 1 Negara.Pd NIP 19700923 199402 1 001 Mengetahui Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana ANGGARAN RUMAH TANGGA Drs. Ida Bagus Putu Siwa NIP 19651231 199303 1 124 Sekretaris I Made Sudarsa.1. Anggaran Dasar ini berlaku sejak disahkan oleh Sidang Anggota MGMP Kimia SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana di SMA Negeri 1 Negara. Disahkan di : Negara Tanggal : 27 April 2010 Pengurus MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana Ketua Drs.

Program kerja tersebut dapat dilaksanakan oleh organisasi sendiri dengan kerja sama dengan organisasi – organisasi lain. BAB II ORGANISASI Pasal 2 Setiap Kota/Kabupaten dibentuk MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kota/Kabupaten Pasal 3 Sifat MGMP KIMIA SMA/MA/SMK bersifat kekeluargaan dan keilmuan profesional atas dasar cita-cita bersama untuk memajukan bidang keilmuan Kimia di SMA/MA/SMK baik guru maupun siswa. Sekretaris 5. Pembina 3. Pelindung 2. Program kerja adalah karya nyata organisasi yang harus dilakukan pengurus dalam satu periode. Bendahara 6.ANGGARAN RUMAH TANGGA MGMP KIMIA SMA/MA/SMK KABUPATEN JEMBRANA BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Anggaran Rumah Tangga ini berpedoman kepada Anggaran Dasar Musyawarah Guru Mata Pelajaran Kimia SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana yang isinya bersifat teknis dan merupakan penjabaran dari Anggaran Dasar. Bidang Pengembangan Media dan Bahan Ajar 6 . Ketua 4. Pasal 4 Program Kerja 1. Bidang Penelitian dan Pengembangan 8. Bidang Pengembangan Akademis 7. BAB III STRUKTUR ORGANISASI Pasal 5 Susunan Pengurus Pengurus merupakan eksekutif tertinggi yang bersifat kolektif dengan susunan sebagai berikut : 1. 2.

Hubungan MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana dengan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana bersifat pembinaan. Pasal 13 Pengurus dapat mengangkat beberapa staf yang diperbantukan pada bidang-bidang tertentu. Hubungan MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana dengan MKKS bersifat konsultatif. Pasal 14 Staf yang ditunjuk bertanggung jawab kepada Ketua organisasi.Pasal 6 Pelindung Pelindung MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana dijabat oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana. Pasal 9 Ketua MGMP KIMIA SMA/MA/SMK harus berlatar belakang pendidikan Kimia Pasal 10 Ketua membawahi bidang –bidang tertentu dalam organisasi. 2. Untuk dapat dipilih menjadi pengurus. Pasal 7 Pembina Pembina MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana dijabat oleh Pengawas SMA/SMK Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana. Pasal 15 Persyaratan Pengurus 1. anggota harus aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh MGMP KIMIA SMA/MA/SMK di Kabupaten Jembrana. 2. Pasal 16 Pengurus dibentuk oleh formatur yang dipilih atau melalui pemilihan secara langsung oleh anggota pada Sidang Anggota MGMP. 7 . Pasal 8 Mekanisme Kerja 1. 3. Untuk dapat dipilih menjadi pengurus. Hubungan MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana dengan Pengawas SMA/SMK Disdikporaparbud Kabupaten Jembrana bersifat fungsional / pembinaan. anggota harus telah menunjukkan aktifitas pada jajaran kepengurusan MGMP KIMIA SMA/MA/SMK di Kabupaten Jembrana.

melalui pemilihan secara langsung dengan masa jabatan/ masa bakti selama 4 tahun. Memilih Pengurus. b. Meninggal dunia. Tidak menjadi guru Kimia SMA/MA/SMK di Kabupaten Jembrana. BAB V SIDANG ANGGOTA MGMP DAN RAPAT – RAPAT Pasal 20 Sidang Anggota Sidang Anggota berfungsi untuk : 1. Sidang Istimewa Anggota MGMP dilaksanakan apabila : a. 3. Pasal 22 Rapat – rapat Rapat – rapat bersifat untuk : 1. 2. Menyempurnakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Mengeluarkan pokok – pokok pikiran untuk mensukseskan tujuan organisasi. Mengevaluasi Program Kerja. Melakukan konsolidasi organisasi. Diusulkan oleh dua pertiga dari anggota MGMP Kimia Kab. 8 . 3. Pasal 21 Sidang Istimewa Anggota MGMP 1. Menyusun Program Kerja 4. Menjabarkan kembali Program Kerja. BAB IV KEANGGOTAAN Pasal 18 Anggota yang mendapat tugas / menjabat sebagai Kepala SMA/MA/SMK secara otomatis berubah sifat keanggotaannya menjadi anggota kehormatan. 2. Menilai laporan pertanggungjawaban Pengurus. 5. 2. Pasal 19 Anggota akan kehilangan keanggotaannya.Pasal 17 Pengurus MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana dibentuk oleh rapat MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana. Terjadi penyimpangan AD / ART. Jembrana Kekuasaan dan wewenang Sidang Istimewa Anggota MGMP sama dengan Sidang Anggota MGMP. 4. Mengesahkan Tata Tertib. 2. apabila : 1.

1. 2. Pertemuan MGMP diadakan sekurang-kurangnya 2 ( dua ) kali satu semester. 5. Disahkan di : Negara Tanggal : 27 April 2010 Pengurus MGMP KIMIA SMA/MA/SMK/SMK Kabupaten Jembrana Ketua Drs. Pasal 23 Tata Tertib Sidang dan Rapat Sidang Anggota MGMP diadakan sekurang-kurangnya 2 ( dua ) tahun sekali. MM Pembina Utama Muda NIP 19550211 198303 1 006 9 . 7.Pd NIP 19700923 199402 1 001 1. 3. Ida Bagus Putu Siwa NIP 19651231 199303 1 124 Sekretaris I Made Sudarsa. S. Rapat Pengurus diadakan sekurang-kurangnya setahun sekali. BAB VI KEUANGAN DAN KEKAYAAN Pasal 24 Semua penerimaan dan pengeluaran organisasi harus dipertanggungjawabkan pada pertemuan MGMP / Anggota MGMP. BAB VII LAMBANG DAN STEMPEL Pasal 25 Lambang Lambang organisasi dan stempel berbentuk bulat untuk MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana. Keputusan rapat dianggap sah apabila didukung oleh suara terbanyak dari anggota yang hadir. 4. Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak disahkan oleh Sidang Anggota MGMP Kimia SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana. Mengetahui Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Drs. maka atas dasar musyawarah anggota – anggota yang hadir rapat dianggap sah. Tata tertib dan rapat-rapat ditentukan oleh panitia pengarah dengan persetujuan peserta siding / rapat. BAB VIII PENUTUP Anggaran Rumah Tangga ini untuk pertama kali dibuat pada pertemuan pengurus MGMP KIMIA SMA/MA/SMK Kabupaten Jembrana di SMA Negeri 1 Negara tanggal 27 April 2010. I Gusti Putu Sudhiarsa. Apabila quorum tidak tercapai untuk rapat yang kedua. 6. Rapat dianggap sah kalau dihadiri separuh jumlah anggota. 2.

10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful