SUMBER PENCEMAR LINGKUNGAN

pestisida  pencenaran bahan kimia yang larut dalam air b. Limbah Pertanian penggunaan pupuk buatan. Sumber Pencemar air a.1. Limbah Rumah Tangga limbah organik dan anorganik (degradeble dan nondegradeble) .

c. cair : organik. Limbah Industri Unsur-unsur dalam pencemaran air oleh buangan industri •Merkuri (Hg)  tambang emas •Kromium (Cr)  inhibitor pendingin •Seng (Zn)  industri cat 1) L. dll 3) L. dll 4) L. B3 : logam-logam berat . gas. plastik. gas. kertas. debu. anorganik 2) L. partikel : asap. padat : karet.

industri. melalui darat. • Air buangan dari kota-kota dan daerah industri melalui saluran pembuangan.Alur Pencemaran Air Pencemaran air bersumber dari limbah. pertanian. danau atau laut. dll ke sungai. maupun dari aktivitas yang berlangsung di perairan itu sendiri. asam-asam organik dan anorganik. udara. • Bahan-bahan pencemar melalui udara seperti debu. Secara terperinci alur pencemaran di perairan sebagai berikut : • Air hujan mengalirkan limbah dari daratan:  limbah rumah tangga. dll .

Limbah pertanian buangan yang mengandung bahan kimia: pertisida. Sumber Pencemar Tanah Pencemaran tanah  terjadinya perubahan lingkungan tanah perubahan fungsi (tidak berfungsi) a.2. pupuk kimia c. dan TTU b. Bencana alam gunung berapi. banjir . Limbah domestik permukiman.

d. Limbah reaktor Nuklir Limbah nuklir berupa bahan kimia al: uranium dan thorium  reaksi fusi  Pembangkit listrik Tenaga Nuklir (PLTN) f. Hujan Asam Pencemar udara berupa gas yang larut dalam air hujan . Limbah industri mengandung logam-logam berat e.

kaleng-kaleng dan bekas bahan bangunan. tumbuh-tumbuhan dan hewan yang mati.Komponen Bahan Pencemar Tanah a) Senyawa organik dapat membusuk karena diuraikan oleh mikroorganisme. serat. menyebabkan tanah menjadi kurang subur. daun. b) Senyawa organik dan senyawa anorganik tidak dapat dimusnahkan/diuraikan oleh mikroorganisme seperti plastik. . keramik. seperti sisa-sisa makanan.

Cd) c) Zat radioaktif PLTN. . Pb. oksida belerang (SO2 dan SO3). reaktor atom atau dari percobaan lain yang menggunakan atau menghasikan zat radioaktif.c) Pencemar Udara gas larut dalam air hujan: oksida nitrogen (NO dan NO2). Zn.  hujan asam  tanah bersifat asam  merusak kesuburan tanah/ tanaman. c) Pencemar logam-logam berat dari limbah industri (Hg. oksida karbon (CO dan CO2).

.

Karbon Monoksida (CO). telur cacing. * Golongan Karbon Karbon Dioksida (CO2). a.3. klorinasi alkan. Amoniak (NH3) dan Nitrogen Dioksida (NO2). virus. Sumber Pencemar Udara Sumber pencemaran udara menurut bentuknya. Benzen. Berbentuk gas: * Golongan belerang : Sulfur Dioksida (SO2). air raksa uap. * Golongan gas yang berbahaya: Benzen. . * Makhluk hidup terdiri dari bakteri. b. Hidrokarbon . Nitrogen Monoksida (NO). * Bahan organik terdiri dari ikatan hidrokarbon. * Golongan Nitrogen : Nitrogen Oksida (N2O). Hidrogen Sulfida (H2S) dan Sulfat Aerosol. Pencemaran udara berbentuk partikel : * Mineral (anorganik) dapat berupa racun seperti air raksa dan timah. Vinyl Klorida.

asap kendaraan. dll. misalnya berasal dari kegiatan industri.Sumber pencemaran udara menurut tempatnya a. b. rumah tangga. dll. Sumber pencemaran udara ruangan (In door air pollution) pemukiman. berasal dari letusan gunung berapi. Pencemaran udara bebas (Out door air pollution) 1) Alamiah. . perkantoran ataupun gedung tinggi. · 2) Kegiatan manusia. pembusukan.

Sumber Alami (Natural) 1.Sumber Pencemaran Udara menurut kegiatan A. . Akibat Letusan Gunung Berapi Salah satu gas pencemar yang di hasilkan oleh gunung berapi adalah SOx.

karbon dioksida. Polutan berbentuk partikel adalah asap berupa partikel karbon yang sangat halus bercampur dengan debu . Akibat Kebakaran Hutan Polutan primer.2. senyawa nitrogen oksida dan nitrogen dioksida. seperti: hidrokarbon dan karbon oksida. senyawa sulphur oksida.

Sumber Antropogenik Sumber antropogenik ini biasanya berhubungan dengan proses pembakaran berbagai jenis bahan bakar. diantaranya: 1.B. furnace. . yang menggunakan bahan bakar. dll. Sumber tidak bergerak (stationary source). hasil pembakaran insinerator. asap dari industri manufaktur.

2. pesawat. . Sumber bergerak (mobile source). dan/atau kapal laut. termasuk kendaraan bermotor.

hair spray. Asap dari penggunaan cat. dan jenis pelarut lainnya .3.

4. . Gas yang dihasilkan dari proses pembuangan akhir di TPA gas Metan :gas ini termasuk gas yang mudah menyala (flammable) dan dapat membentuk senyawa yang bersifat eksplosive (mudah meledak) jika bereaksi dengan udara.

senjata biologis.5. gas beracun. . roket. Militer senjata nuklir.