P. 1
Juklak Dan Juknis

Juklak Dan Juknis

|Views: 30|Likes:
Published by eryawadi
hari jadi bogor 531 tahun
hari jadi bogor 531 tahun

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: eryawadi on Apr 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2013

pdf

text

original

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PETUNJUK TEKNIS

“BEST OF THE BEST SIGNAL ANTENNA CONTEST”

MENYAMBUT HARI JADI BOGOR KE - 531 TAHUN 2013 BOGOR NIRWANA RESIDENCE

BEST OF THE BEST SIGNAL ANTENNA CONTEST HARI JADI BOGOR KE-531 TAHUN 2013 BOGOR NIRWANA RESIDENCE

I.

PENDAHULUAN Kegiatan “BEST OF THE BEST SIGNAL ANTENNA CONTEST” ini diselenggarakan atas prakarsa beberapa teman yang tergabung pada pecinta Radio Dua Meter Band dalam rangka menyambut HARI JADI BOGOR yang ke 531 tahun untuk menyalurkan kreatifitas dan inovasi antena radio wilayah Bogor khususnya dan umumnya JABODETABEK, Jawa Barat serta Sumatera. Sedangkan maksud diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah selain mendapatkan informasi tentang spek teknis, resonansi, propagasi serta fisik antena Build Up atau Home Brew untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik dan layak dipergunakan baik di base station atau pada mobiling. Dengan semakin terbuka informasi era digital dan perubahan paradigma tuntutan kearah perubahan, para pecinta radio dua meter band akan terbuka wawasan mengenai teknik antena yang baik dan benar serta tidak akan selalu ketergantungan oleh produk impor yang selalu digembar-gemborkan dengan standar internasional dan trade mark “BAIK’, padahal semua itu bisa dilakukan oleh anak negeri Indonesia yang mampu dan berani membuktikan hasil produk yang lebih baik. Kemampuan produk anak bangsa ini akan diujicobakan pada acara “BEST OF THE BEST SIGNAL ANTENNA CONTEST” yang akan dilaksanakan sesuai dengan Petunjuk dan Teknis Pelaksanaan. Demikian harapan Panitia, mudah-mudahan acara “BEST OF THE BEST SIGNAL ANTENNA CONTEST” ini dapat dijadikan ajang adu teknologi tanpa melupakan sportivitas yang tinggi serta moment Reuni bagi teman-teman dan juga menjadi sarana Silaturahmi bagi semua pecinta Komunitas Radio Dua Meter Band di Indonesia.

II. KATEGORI PERLOMBAAN Antena kelas 1 X 5/8 Lambda (built up atau home brew) boleh menggunakan ground plane / kumis antena bebas.

III. PESERTA Peserta lomba adalah penggemar Antenna Contest yang telah melakukan pendaftaran dan memenuhi persyaratan panitia IV. JADWAL PELAKSANAAN LOMBA Pelaksanaan lomba akan dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Jadi Bogor ke 531 tahun 2013 pada: Hari / Tanggal Waktu Tempat : Sabtu, 06 Juni 2013 : 10.00 WIB s.d. selesai : Bogor Nirwana Residence Jl. Pahlawan Bogor

V. PENDAFTARAN LOMBA Pendaftaran dapat dilakukan pada: Pembukaan : Senin, 22 April 2013 Penutupan : 1 Jam sebelum acara dimulai Biaya Pendaftaran : Rp. 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah) / antena Melalui frekuensi 141.140 MHz atau dengan menghubungi panitia melalui telephone di bawah ini: 1. Dadang Juansyah (YD1DZL/Uwa DZ) : Hp. 0812 186 5887 2. Bapak Yayan (IAN/G) : Hp. 0812 8122 1500 3. Eryawadi (CADEL/Sony) : Hp. 0251 945 9068 / 0821 1485 9508 4. Maria Candra (10 HYR/Nency) : Hp. 0878 7399 4949 Atau mendaftar langsung di lokasi kegiatan 1 jam sebelum acara dimulai di bagian pendaftaran. Biaya pendaftaran dapat dilakukan dengan transfer ke Rekening BCA No.4271317896 a.n. Yayan S. Peserta bisa mendaftar lebih dari satu antena. VI. PERSYARATAN TEKNIS 1. Frekuensi yang digunakan lomba 143.920 MHz. 2. Perangkat komunikasi dan Kabel DC disediakan oleh panitia (menggunakan Power Supply) 3. Perangkat radio yang digunakan mempunyai power yang sama. 4. Peserta lomba tidak boleh menggunakan alat tambahan apapun yang bertujuan untuk menambah daya / tegangan dan power 5. Antena yang dilombakan adalah kelas 1 X 5/8 lambda (Standar pabrik atau rakitan) dengan jenis pejal / rod dan terpasang pada titik input / feed antena. 6. Maksimal diameter element / pecut antena 5 mm dengan jenis pejal / rod. 7. Ground plan / kumis bebas. 8. Kabel transmisi/coax, jenis bebas.

9. Batas ketinggian antena maksimal 3,5 meter. Diukur dari ujung antena ke tanah dalam keadaan sudah terpasang pada mobil masing-masing peserta. 10. Kabel harus terlihat dari antena ke radio tidak boleh tersembunyi. 11. Tidak diperbolehkan menggunakan ground ke tanah. VII. TATA TERTIB LOMBA 1. Peserta lomba adalah peserta yang telah mendaftar ulang dan memenuhi persyaratan. 2. Uang pendaftaran tidak bisa diambil kembali. 3. Peserta harus hadir 30 menit sebelum acara lomba dimulai. 4. Peserta yang tidak mendaftar ulang 30 menit sebelum acara lomba dimulai dianggap mengundurkan diri dan uang pendaftaran dianggap hangus. 5. Pada saat Daftar Ulang akan diberikan perlengkapan lomba dari Panitia berupa ID Card, Rompi, dan kupon untuk ditukarkan dengan snack atau makan. 6. Skrut pengukuran ketinggian antena lomba, diameter pecut antena akan dilakukan sebelum acara lomba dimulai. 7. Frekuensi yang digunakan lomba adalah 143.920 MHz. 8. Pelaksanaan lomba menggunakan sistem gugur. 9. Bagi peserta yang tidak mengikuti technical meeting dianggap menyetujui peraturan yang telah disepakati. 10. Password lomba akan ditentukan dengan cara di undi oleh panitia. 11. Titik rekam berjumlah: 1 titik rekam dan 1 titik rekam cadangan 12. Keputusan hasil rekaman diputuskan oleh juri yang berada di titik rekam. 13. Pemilihan perangkat radio yang digunakan peseta akan ditentukan dengan cara diundi. 14. Pemasangan perangkat radio yang digunakan lomba dilakukan oleh peserta dengan disaksikan oleh panitia. (Kabel/Coax antena langsung terpasang pada perangkat Radio dan kabel DC dari power supply langsung terpasang tanpa melalui alat lainnya). 15. Antena yang dipergunakan adalah kelas 1 X 5/8 lambda dengan tipe standar pabrik atau rakitan. Boleh menggunakan ground plane / kumis bebas, dan antena tersambung langsung pada Gutter / feed antena langsung tersambung pada gutter mounting antena. 16. Kabel (coax) dari antena ke perangkat radio harus terlihat jelas oleh panitia selama perlombaan berlangsung. 17. Saat perlombaan berlangsung mesin mobil peserta adlam keadan mati (tidak hidup). 18. Mobil peserta harus menggunakan 1 (satu) buah Accu / Aki standar 19. Mobil yang digunakan akan diperiksa sebelum ke garis start dan melewati portal yang telah ditentukan. 20. Peserta tidak boleh menggunakan SWR Tuner dan Linier Amplifier, Inverter dan Regulator tambahan pada kendaraan peserta.

21. Selain peserta lomba yang sedang bertanding, peserta lainnya atau penonton dilarang memasuki arena pertandingan dan tidak diperbolehkan ikut mengatur jalannya perlombaan peserta lain selama perlombaan berlangsung dan hanya 1 (satu) orang peserta lomba dan boleh dibantu oleh satu orang. 22. Panitia tidak menanggung kerugian peserta akibat lomba. 23. Peserta akan menempati posisi / kalang lomba yang sudah disediakan panitia, untuk penentuan posisi / kalang yang panggilan pertama menempati kalang A dan panggilan kedua menempati kalang B. 24. Peserta lomba akan memilih Password peserta yang telah disediakan panitia dengan cara diundi. 25. Tidak diperkenankan menggunakan teknologi Link / Repeater / atau model apapun, apabila terjadi kecurangan dan terbukti maka peserta tersebut di diskualifikasi dan antena di SITA PANITIA. 26. Password merupakan satu kata yang harus diucapkan secara utuh dan diucapkan berulang-ulang selama 10 detik. 27. Lama pancaran selama 10 detik, aba-aba mulai dan akhir pancaran akan diberitahukan oleh panitia dengan menggunakan tanda isyarat. Peserta lomba akan menempati Kalang (Titik Lomba) yang ditetapkan berdasarkan hasil pengundian dan akan bertukar posisi setelah babak pertama mendapat nilai/point dan dilanjutkan ke babak 2 (dua). Namun bila terjadi nilai/point draw setelah 2 (dua) babak berlangsung, maka akan dilakukan babak tambahan. 28. Penentuan kalang (titik lomba) alternatif untuk babak tambahan dilakukan dengan pengundian, dan dipersiapkan 4 (empat) kalang. 29. Babak tambahan akan dilakukan 1 babak / putaran (satu kali) untuk menentukan pemenang. Namun jika masih terjadi poin sama / draw akan dilakukan babak tambahan berikutnya. 30. Keputusan koordinator lomba mutlak dan harus dipatuhi oleh seluruh peserta. 31. Setiap peserta yang dinyatakan menang dan melanjutkan ke putaran berikutnya maka antena peserta berikut mobilnya akan ditempatkan oleh panitia untuk dikarantina (kecuali peserta yang mendaftar lebih dari 1 antena dengan membawa 1 buah mobil, cukup antenanya saja yang dikarantina). 32. Setiap pelanggaran atas tata tertib ini maka peserta akan dinyatakan gugur / di diskualifikasi. 33. Protes / keberatan peserta dari hasil keputusan juri dapat diterima dengan meminta pengulangan bukti rekaman. 34. Keputusan panitia mutlak dan harus dipatuhi seluruh peserta lomba dan tidak dapat diganggu gugat.

BEST OF THE BEST SIGNAL ANTENNA CONTEST HARI JADI BOGOR KE 531 TAHUN BOGOR NIRWANA RESIDENCE BOGOR 2013

Ketua

Sekretaris

DADANG JUANSYAH YD1DZL (Ua DZ)

ERYAWADI AFFANDI CADEL (Sony)

SUSUNAN PANITIA BEST OF THE BEST SIGNAL ANTENNA CONTEST HARI JADI BOGOR KE 531 TAHUN BOGOR NIRWANA RESIDENCE

A. Penasehat : 1. Ketua Orari Bogor - H. M. Yamin ( Om Yongky) - Om Gombel - Om Erwin 2. Ketua RAPI Kabupaten Bogor Heru Pramono / JZ 10 FSI 3. Ketua RAPI Kota Bogor Hj. Emi / JZ 10 GBE 4. Wakil Ketua DPRD Bogor H. Untung W Maryono SE., AK.

B. Ketua 1. Dadang Juansyah / YD1DZL (Ua DZ) 2. Wahyuono / JZ 09 IOM (Baskara) C. Sekretaris 1. Eryawadi / CADEL (Sony) 2. Maria Candra / JZ10HYR (Nancy) D. Bendahara 1. Yayan / Ian 2. H. Kimung E. Koordinator 1. Acara Ketua : H. Kamandanu / JZ 10 HK 2. Humas Ketua : Dede Sugandi MSc. / JZ 10 TZD 3. Keamanan Ketua: Iwan / JZ 10 FAD (Westlay)

4. Logistik Ketua : Abah Edi Sutardi / JZ 10 GEG (Abah Edi Godeg) Anggota : - Candra (CADEL) - Aos Suwausi / JZ 10 FUS - Omen (CADEL) - Ki Korejat - Ismet - B.I - Jaenal Abidin (Andika) - Coet - Raden 5. Teknik Lapangan Ketua: Wawan / YD1BTL Anggota: - Asep Irawan / Boy - Sukatma H. Majid / JZ 10 FRS - Yandi - Ujang JKT - Yono - Benny - A. Supriatna / JZ 10 GKB (Qubil) 6. Seksi Kesenian Ketua: Alap-alap Anggota: - Tabib - Aguy 7. Konsumsi - Ibu – ibu kelompok 141.140

Mengetahui, Ketua Sekretaris

Dadang Juansyah YD1DZL (Ua DZ)

Eryawadi Affandi CADEL (Sony)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->