BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Dalam era globalisasi dewasa ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terasa sangat pesat, sehingga menawarkan banyak sekali kemudahan-kemudahan dakam menjalankan aktivitasnya, baik berupa pekerjaan ringan di dalam rumah tangga maupun pekerjaan rumit dalam dunia industry/perusahaan, sehingga pada akhirnya seolah-olah kita dimanjakan oleh teknologi tersebut. Sistem informasi berbasis komputer berbasis komputer kini menjadi suatu hal yang primer bagi kebutuhan pemenuhan kebutuhan informasi. Banyak bidang yang telah memanfaatkan sistem informasi berbasis komputer berbasis komputer sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan. Mulai dari kalangan pebisnis sampai dari kalangan akademisi memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan. Setiap sistem informasi berbasis komputer akan mempunyai masalah, tanpa memperdulikan seberapa baiknya sistem tersebut di desain. Beberapa hal yang menyebabkan sistem informasi berbasis komputer mempunyai masalah adalah waktu (overtime), lingkungan yang berubah, serta perubahan prosedur operasional. Dalam melakukan langkah mengantisipasi dan mengurangi serta menangani permasalahanpermasalahan mengenai sistem informasi berbasis komputer , ada baiknya kita mengenal kembali tentang konsep-konsep dasar dalam sistem informasi berbasis komputer . Oleh karena itulah, saya berusaha memaparkan dalam makalah ini tentang konsep-konsep dasar sistem informasi berbasis komputer . 1.2. Tujuan Adapun tujuan tujuan dari pembuatan makalah ini adalah : 1). Untuk mengetahui konsep dasar sistem informasi berbasis komputer . 2). Untuk mengetahui konsep Sistem informasi berbasis komputer 1.3. Batasan Masalah Makalah ini kami susun telah diberi pembatasan masalah mengenai konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep sistem informasi berbasis komputer, dan konsep sistem informasi berbasis komputer manajemen. 1

Sistem sebagai sistem tertentu (deterministic) dan sistem tak tentu (probabilistic) Sistem sebagai sitem tertutup dan sistem terbuka. Sistem sebagai sistem abstrak dan sistem fisik. berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. (goal) atau atau sasaran (objektives). Urutan kegiatan digunakan untuk mejelaskan apa (what) yang harus dikerjakan. Konsep dasar menggunaan sistem komponen adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. yaitu : 1. siapa (who) yang mengerjakan.BAB II PEMBAHASAN 2. Tinjauan atas dasar aktivitas ( prosedur ) Sistem yaitu suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang berupa urutan kegiatan yang saling berhubungan dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Klasifikasi sistem dari beberapa sudut pandang sebagai berikut : 1. Konsep Dasar Sistem Konsep dasar sistem ada dua pendekatan yaitu penekanan pada prosedurnya dan penekanan pada komponennya. Tinjauan atas dasar fasilitas ( komponen / elemen) Sistem yaitu kumpulan komponen yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. berinteraksi dan saling tergantung satu sam lain. Definisi sistem yg lebih menekankan pada konponen/elemen. aktivitas dan misi. 4. 2. Ada dua pendekatan yang dapat dilakukan untuk mendefinisikan sebuah sistem. Sistem dibuat untuk mencapai suatu tujuan . Definisi sistem yang lebih menekankan pada prosedur adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan. Secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan unsur atau komponen yang terorganisasi. <3w 1h="1h"> . kapan (when) dikerjakan dan bagaimana (how) mengerjakannya. 3.1. Sistem sebagai sitem alamiah dan sistem buatan manusia. 2. Suatu sistem memiliki beberapa komponen diantaranya : pekerjaan.

Komponen sistem (Componens) Sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama membentuk satu kesatuan. b. Jadi perbedaan tujuan dan sasaran terletak pada ruang lingkupnya. kalau tidak maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Pengolah sistem (Process) Yaitu proses yang mengubah masukan menjadi keluaran. Batasan sistem (Boundary) Merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem lainnya atau sistem dengan lingkungan luarnya. jadi lebih dikenai pada subsistemnya.Ø Tujuan (goal) : meliputi ruang lingkup yang luas. Keluaran ini merupakan masukan bagi bagi sub sistem yang lain. sistem ini mengolah data transaksi menjadi laporan2 yang dibutuhkan oleh pihak manajemen. g. Lingkungan luar sistem (Environtment) Yaitu bentuk apapun yang berada di luar ruang lingkup yang mempengaruhi operasi sistem. Sasaran sistem (Objektive) Suatu sistem harus mempunyai tujuan dan sasaran. e. h. Keluaran sistem (Output) Yaitu hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Dengan batasan ini. Karakteristik atau ciri-ciri sistem adalah : a. . yg dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan signal (signal input) f. Penghubung ini memungkinkan sumber2 daya mengalir dari suatu sub sistem ke sub sistem lain.. Ø Sasaran (objektives) : meliputi ruang lingkup yang sempai. sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Suatu sistem dikatakan berhasil jika sudah mengenai tujuan dan sasaran yang telah direncanakan. c. Contoh : Sistem akuntansi. Masukan sistem (Input) Yaitu energi yang dimasukkan ke dalam sistem. d. Penghubung sistem (Interface) Yaitu sebagai media yang menghubungkan sistem dengan sub sistem.

Oleh karena itu sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandangan : 1. contohnya sistem komputer. yang menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk sub sistem lainnya. karena berdasarkan program2 komputer yang dijalankan. sistem administrasi personalia. Contohnya sistem informasi berbasis komputer berbasis komputer. yaitu satu sistem yang berupa pemikiran tentang hubungan antara manusia dengan Tuhan. Sistem abstrak dan sistem fisik Ø Sistem abstrak yaitu sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. terjadinya siang malam. Sistem terbuka dan sistem tertutup Ø Sistem terbuka yaitu sistem yang berhubuingan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Ø Sistem buatan manusia yaitu sistem yang melibatkan hubungan manusia dengan mesin. sistem penjualan. dsb. contohnya sistem pemutaran bumi. yang disebut denga Human machine Sistem. 2. Contohnya sistem perdagangan. Contohnya sistem pemilu. Contohnya sistem pemprograman dalam komputer. Ø Sistem Fisik yaitu sistem yang ada secara fisik. Ø Sistem probabilistik yaitu sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas. pergantian musim. Sistem alamiah dan sistem buatan manusia Ø Sistem alamiah yaitu sistem yang terjadi melalui proses alam. tidak dibuat oleh manusia.Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yangn berbeda untuk setiap kasus yang terjadi di dalam sistem tersebut. pemerintahan. karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia. Sistem deterministik dan sistem probabilistik Ø Sistem deterministik yaitu sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi. 4. Contohnya sistem teologia. sistem produksi. 3. sistem .

Informasi strategis Informasi ini digunakan untuk mengambil keputusan jangka panjang. tapi saat ini informasi juga merupakan sumberdaya yang tidak kalah pentingnya harus dikelola. Para pembuat keputusan memahami bahwa informasi tidak hanya sekedar produk sampingan bisnis yang sedang berjalan. Contohnya sistem robotic. seperti informasi trend penjualan yang dapat dimanfaatkan untuk menyusun rencana penjualan. rencana perluasan perusahaan dan sebagainya. Konsep Dasar Informasi Didalam organisasi sangat penting dalam mengelola sumberdaya-sumberdaya utama seperti buruh. return penjualan dan laporan kas harian. Relevan Berarti informasi harus memberikan manfaat bagi pemakainya. 2. Informasi Taktis Informasi ini dibutuhkan untuk mengambil keputusan jangka menengah. seperti informasi persediaan stock. Informasi dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian. Informasi Teknis Informasi ini dibutuhkan untuk keperluan operasional sehari-hari.Ø Sistem tertutup yaitu sistem yang tidak berhubungan dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. 2. sistem arloji. namun juga sebagai bahan pengisi bisnis dan menjadi faktor kritis dalam menentukan kesuksesan atau kegagalan suatu usaha. Terdapat 4 test untuk menjelaskan sebuah pesan yang spesifik dalam informasi: 1) 2) 3) 4) Kepada siapa (pembuat keputusan) informasi di tujukan? Untuk keputusan spesifik apa informasi ditujukan? Sejauh mana informasi dapat digunakan untuk mendeteksi dan memecahkan masalah? Sejauh mana (kapan) tingkat pembuatan keputusan? Kualitas informasi (quality of information) sangat dipengaruhi atau ditentukan 6 hal. . yaitu : 1. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa ada campur tangan dari pihak luar.2. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. 3. mencakup informasi eksternal. dan bahan mentah. ATM sistem. yaitu : a.

dan harus jelas mencerminkan maksudnya. c. output. 3.elemen yang lebih kecil yang membentuk sistem informasi berbasis komputer tersebut misalnya bagian input. d. tersebut tidak bersinggungan dengan sistem . Tujuan sistem informasi berbasis komputer adalah hal pokok yang harus ditentukan dan dicapai dengan menggunakan sistem informasi berbasis komputer tersebut. sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan akan berakibat fatal atau kesalahan dalam keputusan dan tindakan. e. proses. Sistem informasi berbasis komputer memiliki komponen berupa subsistem yang merupakan elemen . berisi informasi-informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan.3. 2. Tepat waktu Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat (using). informasi yang using tidak mempunyai nilai yang baik. Ekonomis Apa tingkat sumber daya diperlukan untuk informasi dalam pemecahan masalah? Efisien Apakah tingkat sumber daya apa yang diperlukan untuk setiap unit output informasi? Dapat dipercaya Konsep Dasar Sistem informasi berbasis komputer Definisi Sistem informasi berbasis komputer secara umum merupakan kegiatan atau aktifitas yang melibatkan serangkaian proses. f. Karakter Sistem informasi berbasis komputer 1. sebuah sistem informasi berbasis komputer berhasil apabila dapat mencapai tujuan tersebut.b. Akurat Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. sehingga sistem informasi berbasis komputer informasi berbasis komputer lainnya. 2. Ruang lingkup sistem informasi berbasis komputer yaitu ruang lingkup yang ditentukan dari awal pembuatan yang merupakan garis batas lingkup kerja sistem tersebut. Contoh bagian input adalah salesman memasukkan data penjualan bulan ini.

mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka. utylitas (antivirus. Berikut ini merupakan manfaat dari Sistem informasi berbasis komputer .4. informasi dan sebagainya. Bank menggunakan sistem informasi berbasis komputer untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi. Oleh sebab itu perlu suatu rincian tugas yang jelas. . Berikut ini merupakan komponen dari Sistem informasi berbasis komputer . aplikasi (akuntasi). diantaranya adalah : a. Perusahaan menggunakan sistem informasi berbasis komputer untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia. 2. c. hal ini turut dipertimbangkan pada saat perencanaan sistem informasi berbasis komputer . Data Merupakan komponen dasar informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi. seperti operator. serta bahasa. e. Software Merupakan kumpulan dari perintah / fungsi yang ditulis dengan aturan tertentu untuk memrintahkan komputer melaksanakan tugas tertentu. Manusia Manusia adalah komponen yang terlibat dalam komponen manusia. Lingkungan sistem informasi berbasis komputer yaitu sesuatu yang berada diluar ruang lingkup sistem informasi berbasis komputer yang dapat mempengaruhi sistem informasi berbasis komputer . Organisasi menggunakan sistem informasi berbasis komputer untuk mengolah transaksitransaksi. Software dapat digolongkan menjadi sistem operasi (windows 95 dan NT). buku penuntun operasional (aplikasi) dan teknis. peripheral (printer) dan jaringan. speed disk). d. diantaranya adalah : 1. pemimpin sistem. b. Hardware Terdiri dari computer. Prosedur Dokumentasi prosedur / proses sistem. 3.

Ø Sistem informasi berbasis komputer informasi berbasis komputer tersebut. berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Ø Tujuan sistem informasi berbasis komputer adalah hal pokok yang harus ditentukan dan dicapai dengan menggunakan sistem informasi berbasis komputer tersebut. hal – hal ini akan menunjang kemajuan sistem yang akan dibuat. Ø Konsep dasar menggunaan sistem komponen adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ø Sistem informasi berbasis komputer secara umum merupakan kegiatan atau aktifitas yang melibatkan serangkaian proses.1. Serta memfokuskan pada informasi apa serta seperti apa yang ingin disampaikan. Saran Dalam pembuatan sebuah sistem. dan mengetahui tujuan serta sasaran dari sistem yang kita buat. Kesimpulan Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa : Ø Sistem secara prosedur adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan. tersebut tidak memiliki komponen berupa subsistem yang merupakan elemen . Ø Ruang lingkup sistem informasi berbasis komputer yaitu ruang lingkup yang ditentukan dari awal pembuatan yang merupakan garis batas lingkup kerja sistem tersebut. sehingga sistem informasi berbasis komputer bersinggungan dengan sistem informasi berbasis komputer lainnya. Informasi merupakan proses lebih lanjut dari data yang sudah memiliki nilai tambah.elemen yang lebih kecil yang membentuk sistem . sebuah sistem informasi berbasis komputer berhasil apabila dapat mencapai tujuan tersebut. sudah selayaknya kita mengenal sistem apa yang sedang dibangun. mengenal elemen serta prosedurnya.2.BAB III PENUTUP 3. berisi informasi-informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan. 3.

id/files/2011/03/Pengantar-Sistem-Informasi.2011.ac.ac.docx Diakses tanggal 18 April 2013 Melisa.Tugas Kel Security http://abrori35e. Pengantar Sistem informasi berbasis komputer http://sitimelisa.docx Diakses tanggal 18 April 2013 .ung.com/kq/groups/22999204/906598761/name/Konsep+Dasar+Sistem+Infor masi+Manajemen.DAFTAR PUSTAKA Abrori.ipb.2011.docx Diakses tanggal 18 April 2013 Anonim.mb.blogstudent. Siti.Konsep Dasar Informasi Manajemen http://xa.id/files/2011/07/Tugas-Kel-security.yimg.student.

penulis mengharapkan kritik dan saran demi menyempurnakan makalah ini. Atas segala bantuan dan bimbangan yang telah penulis terima. Reken-rekan seperjuangan. Penulis berharap kiranya makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi penulis sendiri. Tetapi berkat bantuan dari berbagai pihak. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Penulis April 2013 . penulis menyadari bahwa maklah ini masih belum sempurnah dan banyak kekurangannya. Oleh karena itu. Dimana alam penulisan makalah ini. sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER” Makalah ini merupakan salah satu penunjang pembelajaran dalam perkuliahan. dan yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini. akhirnya makalah ini dapat selesai. penulis ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Dosen. Padang sidimpuan.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis ucapkan Kepada Allah SWT yang telah memberi kesempatan.

1.....1...3... 2. 1..2.2. Latar Belakang Tujuan Batasan Masalah i ii 1 1 1 1 2 2 BAB II PEMBAHASAN 2. Kesimpulan Saran DAFTAR PUSTAKA .DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.2..1. 3. 1. 2.3. Konsep Dasar Sistem Konsep Dasar Informasi 5 Konsep Dasar Sistem informasi berbasis komputer .6 8 8 8 9 BAB III PENUTUP 3.

KULIAH : KOMPUTER PRODI : BIMBINGAN KONSELING .SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER D I S U S U N OLEH : NAMA : FITRI JULIANA FITRI HANDAYANI EVI PUSPITA NUR JANNAH NASIHUDDIN ROSMAWATI NASUTION SEMESTER : II (DUA) M.

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN (UMTS) PADANGSIDIMPUAN 2012/2013 .