BAB I

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Kitab allah merupakan wahyu Allah SWT yang di sampaikan kepada para Rasul untuk di ajarkan kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup.Tujuan Allah SWT menurunkan kitab-kitab itu agar di gunakan sebagai pedoman hidup bagi seluruh manusia menuju jalan hidup yang benar dan di redhai-Nya.Jadi iman kepada kitatab-kitab Allah SWT ialah dengan mempercayaidan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT,telah menurunkan kitab-kitabNya kepada rasulyang berisi wahyu untuk di sampaikan dan di ajarkan kepada umat manusia.

B. Tujuan 1. Mendifinisikan pengertian kitab-kitab Allah. 2. Menjelaskan persamaan dan perbedaan Al-Quran dengan kitab-kitab Allah SWT sebelumnya. 3. Menjelaskan perbedaan berimanAl-Quran dengan kitab-kitab Allah sebelumnya. 4. Menjelaskan tentang memaknai Al-quran dan wahyunya sebagai pedoman hidup.

1

Pengertian Kitab-Kitab Allah SWT Al kutub secara bahasa berarti kitab-kitab. Kitab Zabur Kitab zabur adalah kitab yang di turunkan kepada nabi Daut As.di dalamnya terdapat beberapa syariat dan hukum agama yang sesuai dengan tempat dan kondisi masa itu.ancamanancaman Allah SWT dan di dalam taurat ada keterangan yang tegas tentang datangnya Muhammad SAW kunci para nabi dan rasul untuk menggantikan ajaranajaran sebelumnya. Nama-Nama Kitab Allah SWT dan Rasul Yang Menerimanya 1. 2.pengajaran dan hikmah. Kitab Taurat Kitab taurat adalah kitab yang di turunkan kepada nabi Musa As.Hukum agama dan syariat tidak ada di dalamnya.karena nabi Daut As dalam sejarah kenabian.Taurat menerangkan tentang akidah-akidah yang benar.Isinya mengandung beberapa doa.Kitab injil bertujuan menerangkan hukum dan mengajak menusia kembali kepada akidah tauhid 2 .BAB II KITAB-KITAB ALLAH SAW A.zikir.Secara istilah berarti kitab-kitab yang di turunkan oleh Allah SWT Kepada Rasul-rasul-Nya sebagai rahmat dan hidayah bagi seluruh umat manusia agar mencapai kebagiaan di dunia dan diakhirat. 3.pengikut dan menurut hukum taurat yang di turunkan kepada nabi Musa As. Kitab Injil Kitab injil di wahyukan oleh Allah kepada nabi Isa As.janji-janji Allah. B.

bacaannya di beri nilai ibadah .bukanya aku datang hendak merombak menggenapinya.Sedangkan menurut bacaan Al-Qur´an kalamullah sehingga mukjizat yang di turunkan kepada nabidan rasul terakhir(Nabi Muhammad SAW)melalui perantara al-amin (Jibril a.Al-Furkan.Menurut bahasa Al-Qur´an berarti “bacaan”atau “yang di baca.syifa(obat) dan mu´izah (ajaran).hudan (petunjuk).dari fi´il madi qhara´a bentuk masdar ini lantas di maknai dengan arti isi´m mar´ul menjadi maqru´un yakni “yang di baca”atau”bacaan”.Dalam ilmu sarof kata “ALQUR´AN “merupakan bentuk masdar .yaitu elqur´an.Injil pun menerangkan tentang hal kedatangan nabi Muhammad SAW kelak.sehingga langit dan bumi leyap satu nakta atau titik pun sekali-sekali tiada akan leyap pada hukum taurat itu sampai semuanya telah terjadi.nabi Isa sendiri menyatakan: Janganlah kamu sangkakan aku hendak merombak hukum taurat atau kitab nabi-nabi.(monoteisme) dan ijil bertujuan menyadarkan perbaikan agama bani israil yang telah kacau dan menyeleweng.s) di tulis dalam mushaf yang terpelihara dalam dada (Hati) manusia.di sampaikan mutawatir.Bahkan Al-Qur´an merupakan mukjizat besar nabi Muhammad SAW. 4. Nama Lain Al-Quran dan Sifatnya Di antara nama-nama lain dari Al-Qur´an antara lain ialah Al-Kitab.di mulai dengan surah Al-Fatihah dan di akhiri dengan surah An-Nas.AzZikr dan Ak-Tanzil. Kitab Al-Qur´an Al-Qur´an adalah wahyu Allah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW.Menurut At-Tabari alasan dan maksuk penamaan Al-Qur´an dengan beberapa nama adalah sebagai berikut : 3 .Al-Qur´an juga memiliki beberapa sifat seperti bur´han (bukti kebenaran). C.Kitab ini mengikuti kepada taurat Musa.

sesungguhnya kami menurunkannya pada malam yang di berkahi.jin dan manusia.1) 3.S Ad-Dukhan (44) .kamilah yang memberi peringatan.(Q. Al-Furkan Di namakan demikian kerena kitan suci ini menceraikan yang benar dari yang salah .Sungguh.Bisa juga mampu membedakan antara yang baik dan yang batil. 2.(Q.1.Firman Allah SWT yang berbuyi: Artinya: Maha suci allah yang telah menurunkan furkan (Al-Qur´an)kepada hambanya (muhammad) agar dia memberi peringatan kepada seluruh alam. Al-Kitab Alasan memberi nama ini adalah karena kitab suci tersebut di tulis seperti firman Allah : Artinya : Demi kitab (Al-Qur´an) yang jelas.S Al-Furkan(25). Al-Qur´an Maksuk dari pemberian dari nama ini karena memang Al-Qur´an kitab suci yang di baca.1-3) 4 .

Kitab-kitab Allah     Kitab taurat Kitab zabur Kitab injil Kitab Al-Qur´an 3.Bisa juga mampu membedakan antara yang baik dan yang batil  Al-Kitab 5 .BAB IV PENUTUP A. Kesimpulan 1.Bahkan Al-Qur´an merupakan mukjizat besar nabi Muhammad SAW. 2. Nama lain Al-Quran dan sifatnya  Al-Qur´an Maksuk dari pemberian dari nama ini karena memang Al-Qur´an kitab suci yang di baca.  Al-Furkan Di namakan demikian kerena kitan suci ini menceraikan yang benar dari yang salah . Al-Qur´an adalah wahyu Allah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 4.Secara istilah berarti kitab-kitab yang di turunkan oleh Allah SWT Kepada Rasul-rasul-Nya sebagai rahmat dan hidayah bagi seluruh umat manusia agar mencapai kebagiaan di dunia dan diakhirat. Pengertian Kitab-Kitab Allah Al kutub secara bahasa berarti kitab-kitab.

Alasan memberi nama ini adalah karena sebagai kitab suci 5. Saran-saran  Agar pembaca setelah membaca makalah ini dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman hidup.  Handaknya dalam membuat makalah di buat jauh-jauh hari sebelum makalah itu di kumpulkan. 6 .  Hendaknya makalah ini dapat di gunakan sebagai sumbar reperensi untuk pembuatan makalah yang akan datang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful