P. 1
Dwg-Shp

Dwg-Shp

|Views: 11|Likes:
Published by Idham Halid

More info:

Published by: Idham Halid on Apr 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2013

pdf

text

original

Tutorial Cara Merubah Peta Dari Format Arcview Menjadi Format AutoCad ini merupakan bagian dari tutorial

autocad map pilihan. Saya menuliskan tutorial ini, karena pernah ditanyakan oleh teman saya. Dulu (kisah lama) ketika mau mengolah data untuk kepentingan skripsi, data spasial yang dia peroleh berformat ArcView, sementara software yang dia gunakan untuk mengolah data spasial adalah AutoCad Map. Sebenarnya ada banyak cara untuk merubah format data spasial tersebut. Adapun yang akan saya uraikan merupakan salah satu cara saja yang mudah-mudahan bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk menyelesaikan kasus diatas. tehnik yang saya gunakan untuk merubah format data spasial tersebut menggunakan bantuan Software MapInfo Professional. Jadi tehnik ini bisa anda gunakan jika software MapInfo sudah terinstal dalam komputer yang anda gunakan. Lalu seperti apakah cara yang saya maksud tersebut, langsung simak saja tutorial dibawah ini ya: 1. Buka program MapInfo Professional, jika muncul form dialog pilih saja Cancel 2. Klik Tools → Universal Translator → Universal Translator. Apabila berhasil akan muncul form dialog seperti dibawah ini:

3. Pada bagian Source , Format pilih ESRI Shape ; pada bagian File cari dimana kita menyimpan peta tersebut (Peta dalam format Arcview/ *.shp). Pada bagian Destination, Format pilih MapInfo TAB ; pada bagian Directory cari dimana kita akan menyimpan peta hasil proses ini. Pada bagian Log, biarkan saja seperti default nya.

4. Klik OK. Apabila prosesnya berhasil maka akan ada pesan yang berbunyi Translation succesful! 5. Langkah selanjutnya adalah merubah peta hasil translasi tadi (format MapInfo / *.TAB) menjadi format AutoCad / *.CAD. Adapun langkahlangkahnya sama dengan proses translasi yang pertama (untuk lebih jelasnya, ikuti tahap selanjutnya). 6. Pada bagian Source , Format pilih MapInfo TAB ; pada bagian File cari dimana kita menyimpan peta hasil translasi (Peta dalam format MapInfo/ *.tab). Pada bagian Destination, Format pilih AutoCAD DWG/DXF ; pada bagian Directory cari dimana kita akan menyimpan peta hasil proses ini. Adapun File Type pilih saja DWG. Pada bagian Log, biarkan saja seperti default nya. Untuk memberikan gambaran lihat tampilan dibawah ini;

7. Klik OK. Proses translasi berjalan otomatis, apabila berhasil akan muncul pesan Translation succesful! 8. Proses untuk merubah peta dari format Arcview menjadi format AutoCAD selesai. Untuk memastikan hasil perubahan ini, buka saja program AutoCAD. Apabila ingin melihat hasil dari proses yang saya lakukan ketika (sambil) membuat tutorial ini, simak saja gambar dibawah:

Yang perlu menjadi catatan adalah: 1. Sebenarnya ArcView mempunyai fasilitas Export yang bisa digunkan untuk merubah File berformat ArcView menjadi File berformat lain (misalnya Windows bitmap, Windows metafile, dll), akan tetapi pilihan format AutoCad / *.dwg / *.dxf tidak tersedia (ArcView yang saya gunakan versi 3.3, adapun versi lain saya belum pernah mencobanya, jadi belum tahu apakah tersedia pilihan AutoCad / *.dwg / *.dxf atau tidak). 2. AutoCad yang saya gunakan adalah AutoDesk Map 2004. Sebenarnya AutoDesk Map 2004 ini juga mempunyai fasilitas Import (bisa digunakan dengan memilih Menu Map → Tools → Import) yang bisa digunakan untuk merubah Peta dalam format lain (misalnya format ArcView) menjadi format AutoCad. Akan tetapi ketika saya mencobanya, file berformat ArcView 3.3 ini tidak bisa dibuka (versi lain belum pernah mencoba). 3. Ketika menggunakan fasilitas Universal Translator milik MapInfo, Peta dalam format selain MapInfo hanya bisa dirubah menjadi format MapInfo. Baru setelah jadi format MapInfo peta tersebut bisa dirubah menjadi format lain (intinya tidak bisa langsung).

Konversi File MapInfo .TAB ke ESRI Shapefile (SHP)
20 Jun Menjawab pertanyaan Mas Candra pada halaman About Me, konversi file MapInfo ke SHP, dapat dilakukan dengan mudah. Caranya menggunakan tool Universal Translator, dimana tool ini dapat mengkonversi beberapa format dari software GIS yang lain (AutoCAD DWG/DXF, ESRI ArcInfo Export (E00), ESRI Shapefile, Microstation Design, Spatial Data Transfer Standard (SDTS)) ke MapInfo .TAB dan .MIF/.MID, demikian juga sebaliknya yaitu file-file dari format MapInfo .TAB dan .MIF/.MID dapat dikonversi ke format GIS lain. Berikut adalah cara mengkonversi dari file MapInfo .TAB ke .SHP :
 

Tools > Tool Manager > load Universal Translator Tools > Universal Translator > Universal Translator

Setting seperti gambar di bawah ini > OK :

Proses konversi akan berjalan, pada akhir proses akan ada informasi bahwa Translation successful! :

Hasil konversi dapat dilihat pada Explorer, dimana sekarang sudah ada file SHP yang terbentuk :

Sebaliknya, untuk mengkonversi file SHP ke MapInfo .TAB juga dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan mengubah settingan Source dan Destination saja.

Selasa, 22 Februari 2011
cara plotting file AutoCAD (.dwg) ke Shapefile (.shp) pada ArcGIS

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam bidang pengukuran tanah/bidang hasil pengukuran dengan menggunakan alat GPS biasanya terlebih dahulu diolah dan dibuat dengan menggunakan Program/Aplikasi AutoCAD. Sedangkan untuk menampilkan hasil pengukuran tersebut kita sering menggunakan ArcGIS dan database dalam bentuk file shapefile.

Oleh karena itu berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk menuangkan hasil pengukuran untuk di plotting ke dalam database ArcGIS sebagai berikut :

I.

File diproses di AutoCAD dulu, yakni :
    

Buka AutoCAD file yang akan di convert. Pilih layer yang akan dicopy saja, layer yang lain agar dimatikan. Copy Layer tersebut dengan cara di blok dengan perintah "copy with base point". Buka file AutoCAD yang baru, Klik kanan dan pilih "Paste to Original Coordinat". Setelah file yang dipaste telah muncul, pilih save as file dengan memilih type file (*.dxf).

II.

File diproses di ArcGIS, yakni :

1) Buka file yang telah di save as type dxf. 2) Convert file tersebut ke shape file dengan cara : buka Arctool Box pilih Convertion Tools pilih file yang akan di convert To shape feature class to shapefile (multiple). OK

3) Buat Koordinat System pada shape file yang telah dibuat dengan cara : buka Arctool Box

-

pilih Data Management Tools define projection Pilih shapefile yang akan diproyeksi WGS 1984 UTM Zone 50S OK

4) Copy Shapefile diatas yang telah terproyeksi sesuai dengan nama file yang kita inginkan dengan cara : buka Arctool Box pilih Data Management Tools features Copy features Pilih Sspaefile yang akan dicopy OK

5) Set coordinat system data frame dengan GCS_WGS_1984, agar file yang telah diconvert dapat terplot di Database yang menggunakan Coordinat System GCS_WGS_1984.

6) File Siap diplotting

III.

Langkah - langkah tersebut diatas adalah garis besarnya aja, tapi yang sudah biasa dengan ArcGIS dapat dengan mudah menerapkannya.

IV.

Selamat mencoba....

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->