Muhammad Luqman Arifin Yen Malina Vitalis Vicko Dwi Putra

10101324 10101408 11101289

yang meliputi Server. Hub. dan pengkabelannya. efektivitas dan efisiensi juga. faktor-faktor tersebut diantaranya Biaya. hal ini akan mempengaruhi kualitas.Pengertian Topologi Topologi jaringan adalah suatu aturan (Rules) atau cara untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya sehingga membentuk suatu jaringan. Kecepatan. Ukuran. Topologi jaringan juga dapat didefinisikan sebagai gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen jaringan. Dalam pemilihan topologi harus dipertimbangkan pada beberapa faktor. Lingkungan. Workstation. Konektivitas .

Topologi Bus 2.Terdapat 5 jenis topologi jaringan komputer diantaranya : 1. Topologi Star (Bintang) 4. Topologi Mesh (Tak beraturan) . Topologi Ring (Cincin) 3. Topologi Tree (Pohon) 5.

Secara sederhana pada topologi bus.1. dimana ada sebuah kabel coaxial yang dibentang kemudian beberapa komputer dihubungkan pada kabel tersebut. kemudian kedua ujung ditutup dengan “terminator” atau terminating-resistance (biasanya berupa tahanan listrik sekitar 60 ohm). satu kabel media transmisi dibentang dari ujung ke ujung. GAMBAR: Prinsip Topologi Bus . Topologi BUS Topologi bus ini sering juga disebut sebagai topologi backbone.

dan pemindahan data. Secara lebih sederhana lagi topologi cincin merupakan untaian media transmisi dari satu terminal ke terminal lainnya hingga membentuk suatu lingkaran. penerimaan data. GAMBAR: Prinsip Koneksi Topologi Ring . dimana jalur transmisi hanya “satu arah”. Tiga fungsi yang diperlukan dalam topologi cincin : penyelipan data.2. Topologi Ring (Cincin) Topologi ring biasa juga disebut sebagai topologi cincin karena bentuknya seperti cincing yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan di hubungkan pada sebuah cincin. Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concenrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung.

Terminal-terminal lainnya melalukan komunikasi melalui terminal pusat ini. sebuah alat yang disebut concentrator bisa berupa hub atau switch menjadi pusat. Topologi Star (Bintang) Disebut topologi star karena bentuknya seperti bintang. GAMBAR: Prinsip Koneksi Topologi Star . Terminal kontrol pusat bisa berupa sebuah komputer yang difungsikan sebagai pengendali tetapi bisa juga berupa “HUB” atau “MAU” (Multi Accsess Unit). Pada topologi Bintang (Star) sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi yang terjadi. dimana semua komputer dalam jaringan dihubungkan ke concentrator ini.3.

Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan. dan pada setiap cabang terhubung beberapa terminal dalam bentuk bus. atau dicabang lagi hingga menjadi rumit. Topologi pohon dimulai dari suatu titik yang disebut “headend”. Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim. Ada dua kesulitan pada topologi ini. Dari headend beberapa kabel ditarik menjadi cabang. atau kepada siapa transmisi data ditujukan. GAMBAR: Prinsip Koneksi Topologi Tree . Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup. Topologi Tree (Pohon) Topologi pohon adalah pengembangan atau generalisasi topologi bus.4.

GAMBAR: Prinsip Koneksi Topologi Mesh . dan ada kemungkinan boros dalam pemakaian media transmisi. Karena tidak teratur maka kegagalan komunikasi menjadi sulit dideteksi. Topologi ini biasanya timbul akibat tidak adanya perencanaan awal ketika membangun suatu jaringan.5. Topologi Mesh (Tak beraturan) Topologi Mesh adalah topologi yang tidak memiliki aturan dalam koneksi.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .