Pencegahan dan Penanggulangan Demam Berdarah & HIV/ AIDS Assalamualaikum Wr.

Wb Selamat pagi dan salam sejahtera, Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan RahmatNyalah pada hari ini kita bersama-sama dapat bertemu pada acara ini, tema yang saya angkat dalam acara ini adalah Pencegahan dan Penanggulangan Demam Berdarah & HIV/ AIDS. Hadirin dan peserta yang berbahagia, Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular berbahaya yang dapat menyebabkan kematian yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Jumlah kasus DBD maupun luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk.

Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan masyarakat dalam rangka memberantas penyakit ini, diantaranya fogging (pengasapan), abatisasi selektif, Revolving Fund Sistem dan penggerakan PSN di masyarakat. Namun upaya ini belum dapat memutuskan rantai penularan DBD di masyarkat. Oleh karena itu marilah kita bersama – sama berupaya menjaga kondisi lingkungan kita daengan melaksanakan 3M, yaitu menguras tempat – tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan mengubur barang – banran bekas yang dapat menampung air hujan seperti kaleng, ban bekas, plastik dan sebagainya. Khusus masalah HIV/AIDS, menurut perkiraan WHO, sampai sekarang sekitar 35 juta lebih orang telah ter-inveksi HIV/AIDS, 7 juta diantaranya diperkirakan mati. Angka ini bahkan bisa lebih dari yang diperkirakan dengan didasari oleh fenomena gunung es, yakni bahwa apa yang tampak dipermukaan air laut terlihat kecil, padahal kasus sebenarnya yang tersembunyi jauh lebih besar. Sebagaimana telah kita maklumi, AIDS merupakan suatu sindroma atau kumpulan gejala penyakit akibat hilangnya kekebalan tubuh. Akibat hilangnya kekebalan, seseorang tidak akan mampu bertahan terhadap serangan penyakit apa pun juga. Akibatnya, jika seseorang terserang AIDS, maka orang tersebut secara medis tidak dapat disembuhkan lagi, karena hingga kini, secara medis pula, belum ditemukan obat untuk mengatasi virus HIV/AIDS, sehingga masalah ini memang benar-benar masalah serius yang memerlukan penanganan secara global. Masalah HIV/AIDS bukan sekedar masalah kesehatan belaka, tetapi juga masalah sosial yang kompleks, karena berdampak luas dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat pun telah turut berpartisipasi secara aktif untuk mencegah meluasnya berbagai penyakit tersebut seperti DBD dan HIV/AIDS. Namun, kita perlu menyadari, bahwa sebagian besar dari upaya bersama tersebut, lebih banyak menyentuh aspek penanggulangan daripada aspek pencegahan. Kita masih perlu membangun sistem dan menata diri lebih baik, termasuk memperjelas pembagian kewenangan dan tanggung jawab antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan masyarakat, agar upaya pencegahan dapat terbangun secara efektif.

2. dan negara. ekonomi. suami dan anak-anak. bangsa. serta keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. kesabaran. orang terpelajar dan orang awam setiap saat dapat saja terserang bahaya penularannya. Marilah kita tingkatkan kebersihan lingkungan. namun hal ini juga berarti satu langkah positif dalam upaya setiap individu melindungi keluarga. dengan senantiasa meningkatkan koordinasi. 3. isteri. Jalin terus rasa persatuan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan. Kita bermohon pula semoga Allah SWT akan senantiasa mengiringi langkah-langkah kita bersama dalam berjuang mengatasi berbagai masalah pelik yang dihadapi masyarakat. namun kita akan bertekad walau kita tidak mempunyai pilihan lain. Untuk itu perlu kita ingat bersama : 1. orang kaya. Tuhan Yang Maha Esa. Gerakan masyarakat untuk menyelamatkan sumber daya manusia dari ancaman pengaruh obat . dan lain-lain aspek dalam kehidupan kita. berarti gerakan masyarakat untuk menjaga tingkat produktifitas sumber daya manusia yang ada. Bahaya ini akan mengancam siapa saja tanpa terkait dengan status sosial seseorang. dan senantiasa berupaya dengan kerja keras. Betapapun kita menyadari masalah yang kita hadapi ini sangat berat. Sosialisasikan hasil pertemuan ini kepada lingkup masing-masing dalam upaya mencapai target optimal dari tujuan pelaksanaan acara ini. Wb.obatan terlarang dan HIV. Sekian dan terima kasih Wassalamu’alaikum Wr. Kegiatan sosialisasi pada saat inipun merupakan salah satu ikhtiar kita dalam menyelamatkan masa depan bangsa dan negara. Melalui kesempatan ini. . sosial. HIV/AIDS bukan sekedar masalah medis. kecuali menghadapinya dengan kesungguhan hati.Melindungi diri dari ancaman bahaya diatas bukan hanya berarti melindungi diri pribadi. orang miskin. Saya mengajak semua pihak yang berkompeten untuk selalu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman bahaya yang serius ini. Karena itu. Tetapi memiliki kompleksitas permasalahan psikologis. melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat dilakukan secara terus-menerus. Demikianlah Pidato saya hadirin sekalian. Penyebaran pemahaman tentang seluk-beluk penanggulangan DBD dan HIV/AIDS harus dilakukan secara merata ke segenap lapisan masyarakat.

Seperti. Akan tetapi tujuan tersebut sering disalahgunakan. yang kadang (lebih banyak) digunakan untuk kegiatan atau melakukan yang kurang (tidak) positif dan (lebih menjurus kearah negati). Memang tujuan mereka mengunjungi tempat tersebut adalah untuk melepaskan kepeningan atau kelelahan yang terjadi setelah beraktivitas. apabila terjadi pun hasilnya tidak akan maksimal atau tidak sebaik jika kita dalam kondisi sehat. sebaiknya kita makan makanan yang dapat membuat tubuh kita sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan atau makanan makanan dengan gizi seimbang. dan makanan semacam itu sangat digemari oleh semua kalangan dan usia. yang telah melimpahkan Taufik. Mengingat Negara kita merupakan Negara yang memiliki jumlah penduduk yang banyak. akan dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang atau mesyarakat tersebut dengan sendirinya. yaitu kebiasaan Clubbing. Islam dan kesehatan kepada kita sekalian hingga kita dapat bersilahturahmi dalam acara ini tentang Pentingnya Gizi dan Nutrisi Bagi Kita Semua. Maka.Pentingnya Kesehatan Tubuh. Inayah serta nikmat Iman. diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan hidupnya. Anak muda (atau orang dewasa) saat ini sangat senang sekali mengunjungi tempat-tempat Clubbing atau tempat hiburan malam. Makanan Bergizi Makan makananlah yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuh tanpa mengurangi atau menambahkan kandungan yang terdapat didalamnya. Sebiknya makanan ini dihindari karena kurang (tidak) baik untuk kesehatan. Misalnya. Gizi Dan Nutrisi Bagi Anak-Anak Dan Diri Kita Semua Alhamdulillah Wasyukurillah saya panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Gaya Hidup Gaya hidup yang kita jalani saat ini adalah gaya hidup yang mengarah kepada budaya barat. merokok. Mengapa Clubbing dikatakan dapat merusak kesehatan tubuh? Yang disalahkan dari Clubbing adalah kegiatannya. dan tak jarang sebagai tempat transaksinya obat-obatan terlarang maupun transaksi seksual. diantaranya: 1. Terdapat satu hal lagi gaya hidup yang kurang bahkan tidak baik. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga ataupun menghindari penyakit (permasalahan) yang terjadi didalam diri agar badan selalu sehat. Hidayah. minum minuman yang beralkohol. Dengan menjaga kesehatan hidup. apakah mungkin kita dapat bekerja atau beraktivitas dengan keadaan fisik maupun jiwa yang kurang (tidak) sehat? Itu semua tidak akan terjadi. 2. . Contoh dalam makanan adalah Junk Food dan Fast Food.

berikanlah anak-anak kita setidaknya pasokan gizi dan nutrisi yang baik. 4. TBC dan penyakit lainnya. Dengan pemberian gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap maka otak akan (lebih) menjadi baik dan lebih kreatif. Olah Raga Dengan olah raga yang teratur dapat membuat badan kita sehat dan terjauh dari segala macam penyakit yang dapat saja menyerang tubuh kita. misalnya parit yang kotor dan tersumbat. Memang. . sampah-sampah yang berserakan dan barang-barang (bekas) yang dibiarkan tergeletak. agar dapat hidup sehat dan bahagia. gaya hidup yang sehat dan sering berolah raga jika lingkungan sekitar dan kebersihan rumah tidak terjaga? Berguna. tapi kemungkinan sangat kecil sekali (bahkan tidak). dan timbullah berbagai macam penyakit seperti Malaria. Lingkungan Bersih Apa gunanya makanan yang kita makan bergizi. Maka di akhir pembicaraan. Jika lingkungan atau rumah kita jauh dari kata bersih. Selain itu. yaitu masalah perekonomian. Dan dapat mengatur sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Itu akan dengan mudah mengundang bakteri-bakteri penyakit dan nyamuk-nyamuk untuk bersarang.3. Wabillahi Taufik Wal Hidayah.. agar terjaga dari segala macam penyakit. marilah kita jaga kesehatan tubuh dengan pola hidup yang sehat dan menjaga lingkungan. sebelum dan sesudahnya mohon maaf. Sekian pidato yang saya sampaikan. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu……. dalam pemberian gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap merupakan salah satu masalah yang tidak bisa dihindari.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful