ANGIN TOPAN

Pengertian angin topan
adalah pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jamatau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis di antara garis balik utara danselatan, kecuali di daerahdaerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa.Angin topan disebabkan oleh perbedaan tekanan dalam suatu sistem Angin palingkencang yang terjadi di daerah tropis ini umumnya berpusar dengan radius ratusankilometer di sekitar daerah sistem tekanan rendah yang ekstrem dengan kecepatansekitar 20 Km/jam.

Penyebab angin topan
Penyebab Angin topan adalah tingginya suhu dipermukaan laut. Perbedaan suhu yg tajam antara daratan dan lautan, memicu perubahan energi di dalam atmosfer mengakibatkan petir dan badai. Badai tropis ini berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingi suatu pusat, yang sumbernya berada di daerah tropis. Pada saat terjadi angin topan ini, tekanan udara di darat sangat rendah maka angin kencang dengan kecepatan tinggi bergerak dai lautan kedaratan dengan kecepatan mencapai 250 km/jam . Hal ini bisa terjadi di Indonesia maupun negara-negara tropis lain.

Proses Terjadinya Angin Topan
Angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara atau perbedaan suhu udara pada suatu daerah atau wilayah. Hal ini berkaitan dengan besarnya energi panas matahari yang di terima oleh permukaan bumi. Pada suatu wilayah, daerah yang menerima energi panas matahari lebih besar akan mempunyai suhu udara yang lebih panas dan tekanan udara yang cenderung lebih rendah. Perbedaan suhu dan tekanan udara akan terjadi antara daerah yang menerima energi panas

Udara yang naik lama-kelamaan mendingin. Jika suhunya memanas. maka tekanan udara di atas tinggi dan tekanan udara di bawah rendah. Yang paling parah angin topan mampu membuat mobil-mobil bertebangan. Proses naik turunya udara dingin dan hangat ini terjadi berulang-ulang. kira-kira pada 5 º LU. sehingga menghasilkan gumpalan udara yang berputar yang sangat membahayakan. faktor cuaca dan iklim juga berperan dalam bidang perhubungan terutama untuk transportasi. udara akan mengalir naik ke atas. dan tekanan uap yang membawa energi sangat besar dan suhu udara menjadi sangat rendah. Di sana suhu air laut sangat hangat sampai melebihi 27 º C. Gumpalan udara inilah yang disebut angin topan. Karena udara banyak naik. lalu turun.lebih besar dengan daerah lain yang lebih sedikit menerima energi panas. Berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi sebagai akibat pengaruh kecepatan angin # Bidang Perhubungan Kecepatan angin sangat mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan. . sementara udara yang menghangat naik ke atas. Selain kecepatan angin. datang angin topan yang menyebabkan pohon-pohon tumbang serta ombak menghancurkan rumah-rumah. Setiap kali memasuki musim panas. kecepatan angin juga sangta berpengaruh pada transportasi laut. Mengapa angin topan yang mengerikan itu bisa terjadi? Angin topan terjadi di laut di sekitar daerah katulistiwa. yang berakibat akan terjadi aliran udara pada wilayah tersebut. Dampak Angin Topan Tidak bisa dipungkiri bahwa kecepatan angin akan berpengaruh pada banyak hal. Selain mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan.

kecepatan angin juga berpengaruh pada bidang telekomunikasi. baik wisata darat maupun laut. serta udara yang sejuk/panas/kering sangat mempengaruhi pelaksanaan wisata. Sedangkan pada keadaan kecepatan angin kencang. kehadiran serangga penyerbuk menjadi berkurang sehingga akan berpengaruh terhadap keberhasilan penangkaran benih. banyaknya cahaya matahari.# Bidang Telekomunikasi Selain faktor iklim dan cuaca. # Bidang Pariwisata Kecepatan angin. Dengan cuaca dan iklim yang bersahabat serta kecepatan angin yang sedang maka pelaksanaan wisata akan semakin dinikmati # Bidang Pertanian Kecepatan angin yang ideal adalah 19-35 km/jam. cuaca cerah. serangga penyerbuk bisa lebih aktif membantu terjadinya persarian bunga. Akibat yang timbul pada bangunan: 1) 2) 3) 4) 5) Bangunan terangkat Bangunan bergeser dari pondasinya Robohnya bangunan Atap terangkat Bangunan rusak . Pada keadaan kecepatan angin yang tidak kencang. Kecepatan angin yang merupakan akibat dari proses-proses yang terjadi di atmosfer atau lapisan udara bisa mempengaruhi lapisan ionosfer yang mengandung partikel-partikel ionisasi dan bermuatan listrik dimana dengan adanya lapisan ionosfer ini kita bisa mendengarkan siaran radio/menonton televisi.

html http://tkjsmk2kuripan.blogspot.com/2013/01/makalah-tentang-angin-topan.DAFTAR PUSTAKA http://x-blog46.blogspot.html .com/2012/11/pengertianpenyebabdan-proses-terjadinya.