P. 1
Alat Ukur Dan Pengukuran

Alat Ukur Dan Pengukuran

|Views: 11|Likes:
Published by Retno Anjasari
aaa
aaa

More info:

Published by: Retno Anjasari on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $49.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

03/18/2014

$49.99

USD

pdf

text

original

Alat ukur dan pengukuran

Alat: alat atau instrumen yang digunakan dengan tujuan membantu manusia untuk mencapai tujuannya dengan hasil yang akurat dan presisi. Alat akan berfungsi secara maksmal apabila digunakan sesuai dengan kaedahnya. Ukur: menghitung besaran susuatu Pengukuran:manusia,pemakai Proses pengukuran berdasarkan tabel yaitu: Pengukuran harus standar, alat ukur harus presisi, metode harus sistematis, hasil pengukuran harus presisi. Istilah dalam pengukuran : - Presisi merupakan suatu pernyataan yang menyatakan bahwa sebuah alat ukur harus mampu menyatakan dan memperlihatkan hasil pengukuran dan proses pengukuran yang benar benar bisa dipertanggungjawabkan, walaupun pengukuran dilakukan berulang-ulang kali dan dengan orang yang berbeda. - Akurasi, sebuah hasil pengukuran yang dilakukan berulang kali, dibaca dan diamati berulang kali dengan hasil yang sama dan presisi. - Sensitifiti, sebuah alat ukur merupakan alat yang sangatsensitif dan mudah dipengaruhi oleh faktor dari luar seperti faktor medan magnet, suhu, tempat, usia dan lain-lain. Sehingga alat ukur tersebut mudah untuk merespon hal-hal yang demikian. - Resolusi merupakan respon yang diperlihatkan oleh alat ukur terhadap faktor input dan hasil pengukuran atau output. - Error merupakan penyimpangan variabel yang diukur dari harga atau nilai sebenarnya. Jenis-jenis error: - Kesalahan-kesalahan umum - Kesalahan sistematis - Kesalahan acak Kelompok alat ukur berdasarkan prinsip kerjanya:

Alat ukur menurut pengawatannya .Arus bolak balik . Alat ukur ini digunakan dengan cara menghubungkan nya secara seri dengan power supply.Absolut. . yaitu alat ukur untuk mengukur besar kuat arus yang mengalir di dalam suatu rangkaian. ..Arus searah dan bolak balik Alat ukur berdasarkan prinsip kerjanya: Alat ukur sistem kumparan putar Alat ukur sistem besi putar Alat ukur sistem induksi Alat ukur sistem elektro dinamis Alat ukur sistem elektro dinamik Alat ukur menurut sifat penggunaannya .harus dikalibrasikan dengan menggunakan alat ukur absolut.contohnya galvanometer .Cosphimeter.Arus searah . . sehingga tidak dapat digunakan untuk mengukur di tempat lain. Banyak terdapat di labor.Alat ukur panel/papan hubung : yaitu alat ukur yang dipasang pada panel secara permanen atau tempat tempat tertentu. Alat ini dapat bdifungsikan dengan menghubungkan nya secara paralel dengan power supply.Alat ukur portable: yaitu alat ukur yang mudah digunakan dan dapat dibawa kemana saja sesuai kehendak hati dalam pengukuran . Kelompok alat ukur berdasarkan arus yang diukur: . yaitu alat ukur untuk mengetahui besarnya faktor kerja yang merupakan beda fase antara kuat arus dan tegangan. yaitu alat ukur yang digunakan untuk mengukur besar tegangan yang terdapat di dalam suatu rangkaian. alat ukur utama yang dapat mengkalibrasi dirinya sendiri.Voltmeter.Amperemeter.alat ukur yang tidak bisa mengkalibrasi dirinya sendiri.Sekunder.

Kelas alat ukur: .Tipe recorder.. .Alat kerja.5-3 persen . harga yang dibaca adalah harga yang tertulis pada kertas... harga yang dibaca merupakan harga sesaat. kesalahan alat ukur di bawah 0.Alat kasar. . Prinsip kerja kumparan putar.5 persen . pencatatan ini dilakukan secara otomatis selama meter tersebut dialiri oleh arus listrik. Batas ukur pada alat ukur listrik. harga yang dibaca merupakan harga dari penjumlahan yang dicatat pada selang waktu tertentu selama alat tersebut digunakan. ..Tipe digital. Prinsip kerja sistem induksi.Tipe integrator. yaitu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui frekuensi gelombang sinusoidal arus bolak balik yang merupakan jumlah siklus sinusoidal tersebut per detiknya. kesalahan alat ukur 0.Alat cermat/alat presisi .Frekuensimeter. angka yang dibaca adalah harga yang ditunjuk oleh alat ukur yang merupakan harga sesaat hanya pada meter tersebut dialiri arus listrik. ..Tipe jarum petunjuk. Prinsip kerja besi putar. kesalahan alat ukur lebih dari 3 persen Pembacaan alat ukur: .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->