Sebenarnya Apa Sih ERP Itu? Plus Apa Manfaatnya?

ERP alias Enterprise Resources Planning atau Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang terintegrasi dan menyeluruh. Secara arsitektural sistem, ERP dikembangkan berdasarkan modul-modul fungsional yang meliputi seluruh aspek sumber daya di dalam sebuah perusahaan/organisasi. Secara historis, ERP berasal dari metamorfosis dari MRP (Manufacturing Resources Planning) yang diarahkan untuk kelompok usaha manufaktur. Seiring dengan perkembangan teknologi, manajerial dan bisnis maka MRP pun berubah menjadi ERP. Istilah ERP sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Gartner Group. Lantas manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari penerapan sistem ERP? Atau modul-modul standar apa saja yang biasa terdapat dalam sistem ERP? Secara teknis sebenarnya ERP berfungsi memadukan berbagai sistem informasi yang tersebar di masing-masing departemen (unit fungsional) di sebuah lembaga. Dengan adanya sistem yang terpadu tersebut maka masing-masing unit fungsional dalam lembaga tersebut dapat saling berbagi data dan informasi yang pada akhirnya meningkatkan sinergi antar elemen di perusahaan yang menerapkannya. Perlu diingat bahwa ERP bukanlah aplikasi perangkat lunak komputer yang berfungsi menangani data secara elektronik dan memprosesnya secara terperinci saja. ERP memiliki keunggulan dalam menyajikan informasi analitik kepada para pemegang keputusan melalui modul OLAP (online analytical processing). Sehingga jika dilihat dari sisi fungsional sistem, ERP dibagi atas modul OLAP dan OLTP (online transaction processing). Modul OLTP adalah lapis (layer) yang berfungsi menangani proses pemasukan (input), ubah (update) dan hapus (delete) dari setiap data ke dalam rekam (record) tabel yang saling terkait dalam suatu basis data. Misalkan saat memasukkan data penjualan maka sistem OLTP akan melakukan verifikasi ke tabel pegawai untuk memastikan otoritasnya, penelusuran apakah pelanggan tersebut adalah langganan yang sudah terdaftar sehingga berhak atas potongan harga, memeriksa apakah ada program harga khusus dari sistem informasi akunting hingga akhirnya data tersebut direkam dalam tabel penjualan.

penjualan dan distribusi logistik yang digunakan oleh perusahaan. perekrutan hingga perencanaan kebutuhan tenaga kerja dapat dikelola oleh modul sumber daya manusia.Sedangkan modul-modul standar yang biasanya terintegrasi di dalam suatu sistem ERP setidaknya minimal terdiri atas: 1. Dari sisi integrasi sistem. Logistik Modul logistik secara fungsional digunakan untuk memproses pengadaan. o Fixed Asset Management Dalam menjalankan operasionalnya setiap lembaga memiliki beban biaya yang dikeluarkan untuk investasi aktiva tetap. penarikan hingga depresiasi nilai aktiva. penjualan/penghapusan. Pekerjaan-pekerjaan rutin bisnis yang terkait sumber daya manusia seperti pembayaran gaji. penjadualan dan pemrosesan gaji. pemeliharaan. modul akuntansi finansial memadukan modul-modul fungsional lainnya yang terdapat di dalam sistem ERP. cost center. Sumber Daya Manusia Sumber daya manusia adalah asset terbesar perusahaan yang memerlukan pengelolaan yang baik dan terukur dari mulai perekrutan. bonus/kompensasi. manajemen proyek. Business Process Support . ongkos tugas luar kantor. Laporan yang disajikan tersebut dapat diarahkan untuk eksternal maupun internal. manajemen tugas. Sedangkan jenis-jenis laporan yang disajikan minimal harus memenuhi standar laporan keuangan yang biasa dibuat secara manual. 3. 2. o Kontrol Modul kontrol ini berfungsi untuk mengelola data-data yang terkait dengan antara lain akuntansi laba biaya. Keuangan o Akuntansi Finansial Secara fungsional modul akuntansi finansial berfungsi untuk mengumpulkan dan mengelola seluruh data finansial hingga mampu menyajikan laporan dari hasil relasi data dari beberapa departemen. Dalam modul ini mendukung pekerjaan pengadaan. Contohnya antara lain adalah modul POS (point of sale) saat memproses transaksi penjualan secara otomatis mengintegrasikan data tersebut dengan modul akuntansi finansial. sewa dan gedung. dsb. 4.

Penerapan SCM yang baik dengan memanfaatkan Internet adalah solusi yang sangat efektif dalam penghematan biaya perusahaan. Kepala gudang perusahaan A tersebut kemudian login ke dalam situs web e-commerce perusahaan B. Kedua hal tersebut digunakan sebagai kendali atas setiap unit fungsi yang ada di dalam perusahaan. Dukungan E-Commerce Transaksi elektronik yang terintegrasi melalui media Internet adalah tren masa kini yang mendorong terjadinya proses bisnis komersial yang efektif. 6. perusahaan C serta perusahaan D untuk memesan material yang diperlukan tersebut. Dengan dukungan e-commerce yang baik maka produsen dapat langsung berhadapan dengan pengguna akhirnya yang berakibat pada pemotongan biaya yang cukup signifikan. Hal tersebut tentunya dapat memotong anggaran yang cukup besar karena akan selalu memperoleh harga yang bersaing dengan jumlah dan mutu terbaik. 5. Misalkan kepala gudang perusahaan A ingin mengadakan material produksi yang diproduksi oleh perusahaan B. Proses perencanaan hingga optimalisasi penyimpanan dan penggunaan logistik sangat membantu dalam memperbaiki prediksi permintaan serta efisiensi bagi perusahaan. Kepala gudang perusahaan A dapat memperoleh ketersediaan produk dan harga secara langsung dari masing-masing produsen tersebut. Rantai Pasokan (SCM = supply chain management) SCM sebenarnya adalah modul yang menjadi fokus yang mutakhir dalam pengembangan sistem ERP.Setiap perusahaan selalu terkait dengan masalah manajemen arus kerja dan solusi industri. . perusahaan C dan perusahaan D.

1. 3. supervisor.Memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul untuk diproses menjadi informasi yang berguna .Memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat dan pada saat yang tepat .Orang-orang dan organisasiorganisasi dalam lingkungan perusahaan. 4. Jawab : . 5. Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber daya fisik. Apa saja 3 tingkat manajemen. membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantinya dengan informasi yang mutakhir dan akurat.Area bisnis : tempat berbagai sumber daya dipisahkan menurut Pekerjaan . Jawab : . pemimpin proyek (menyelesaikan rencana-rencana). Apa saja 3 golongan pemakai komputer. Jawab : .Manajer . 2. Jawab : 1) Tingkat perencanaan strategis : direktur dan para wakil direktur (merencanakan) 2) Tingkat pengendalian manajemen : manajer tingkat menengah mencakup manajer wilayah. Apakah perbedaan antara area bisnis dengan fungsi manajemen.Sumber daya diperoleh dan disusun .Memaksimalkan penggunaan sumber daya .Akhirnya. Daftarkan langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola informasi.Mengganti sumber daya pada saat kritis sebelum sumber daya menjadi tidak efisien.Non manajer . direktur produk dan kepala divisi (mengubah rencana menjadi tindakan dan memastikan tujuan tercapai) 3) Tingkat pengendalian operasional : kepala departemen. Jawab : .

Fungsi manajemen : semua manajer apapun tingkatan / area bisnisnya melakukan fungsi-fungsi manajemen. . 8. 9.Keputusan. Jawab : . Apakah itu. BAB II 1. 6.yang dilakukan. .Pengambilan keputusan : tindakan memilih dari berbagai alternatif tindakan. 7.Aktivitas antar pribadi .tujuan . Jawab : .Informasi .mekanisme pengendalian . Apa saja 3 kelompok peran manajerial yang Mintzberg nyatakan. 10. Apa saja 5 subsistem CBIS ? Jawab : 1) sistem informasi akuntansi 2) sistem informasi manajemen 3) sistem pendukung keputusan 4) kantor maya 5) sistem pakar. Jawab : 1) Keahlian komunikasi 2) Keahlian pemecahan masalah.Pemecahan masalah : semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu masalah . Apa sajakah 8 elemen lingkungan. Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya. Buku ini menyebutkan 2 keahlian dasar yang harus dimiliki seorang manajer. Jelaskan perbedaan antara pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Jawab : Sumber daya 2. Daftarkan elemen-elemen yang terdapat dalam suatu sistem lingkaran tertutup Jawab : . Jawab : 1) Pemasok 2) Pelanggan 3) Serikat buruh 4) Masyarakat keuangan 5) Pemegang saham / pemilik 6) Pesaing 7) Pemerintah 8) Masyarakat global.umpan balik.

3.hilangnya pengendalian. Apakah istilah intelijen kompetitif dan intelijen bisnis memiliki arti yang sama?Jelaskan. 10. Jawab : .sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya . Apakah sistem nilai itu.Perangkat keras komputer . Jawab : Nilai produksi dan jasa perusahaan dikurang biaya-biayanya.Spesialis informasi . .penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien . Apakah resiko-resiko EUC ? Jawab : . Jawab : Pengintegrasian aktivitas nilai utama dan pendukung oleh beberapa kaitan. 6.hilangnya keamanan .Aktivitas nilai utamanya : manufaktur dan penjualan.hilangnya integritas data .Pemakai . 9. : Hubungannya dengan keunggulan kompetitif 4.Informasi 8.sistem yang buruk sasarannya . 7. Apakah rantai nilai itu. Apa saja aktivitas nilai utama Porter? Apa saja aktivitas nilai pendukungnya? Jawab : .menyeimbangkan kemampuan dan tantangan . Daftarkan 7 jenis sumber daya informasi. Jawab : Jaringan penggunaan informasi untuk menciptakan keunggulan Kompetitif.Database . Jawab : Tidak karna intelijen kompetitif mengumpulkan informasi hanya tentang pesaing perusahaan sedangkan intelijen bisnis mencakup informasi disemua elemen lingkungan. dan apa hubungannya dengan keunggulan kompetitif.Perangkat lunak komputer .Fasilitas . Apakah marjin itu.mengurangi kesenjangan komunikasi. .Aktivitas nilai pendukungnya : 5. Apa sajakah 4 kelompok pemakai akhir ? Jawab : 1) pemakai akhir tingkat menu 2) pemakai akhir tingkat perintah 3) pemakai akhir tingkat program 4) personil pendukung fungsional. BAB III 1. Apakah manfaat utama EUC ? Jawab : .

Apakah internet sama dengan world wide web ? Jawab : Beda. 3. Apa nama yang digunakan untuk perusahaan yang memotivasi? Jawab : sponsor IOS.Data sekunder : data yang dikumpulkan oleh orang lain namun disediakan untuk perusahaan. 10. 4. Jenis pemasaran apa yang paling baik untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari internet ? Jawab : web. karena internet adalah jaringan komunikasi global yang menghubungkan jutaan komputer. Jawab : . Apa nama yang digunakan untuk menjelaskan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam IOS? Jawab : mitra dagang / mitra bisnis. Bedakan antara data primer dan data sekunder. Apakah browser ? Jawab : suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan kita mengambil hypermedia dengan mengetik parameter pencarian / mengklik suatu grafik. 5. 9. . Apa yang membedakan pemakai EDI tingkat 3 dengan pemakai tingkat 1 dan tingkat 2 ? Jawab : pemakai EDI tingkat 3 tidak hanya menstransmisikan set transaksi tapi juga aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.2. grafik dan audio maupun memungkinkan kaitan ke dokumen-dokumen lain di web.Data primer : data yang dikumpulkan oleh perusahaan . Apa yang perlu anda ketahui agar dapat menggunakan FTP untuk mengambil suatu file dari internet ? Jawab : URL dari situs web tersebut. Apa yang disediakan oleh penjual VAN ? Jawab : sirkuit dan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit tersebut bagi EDI. 6. 8. 8. 7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah pengisian kembali oleh penjual ? Jawab : Penjual / pemasok dapat memulai proses pengisian kembali dengan memantau secara elektronik tingkat persediaan perusahaan. Sedangkan WWW adalah kumpulan komputer yang bertindak sebagai server internet yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan orang melihat teks.

3. sirkuit telekomunikasi hanya dapat mengirim data dengan kecepatan rendah. 10.Kemampuan mencapai dan mempertahankan keragaman produk perusahaan serta cara produksi dan distribusinya. Jawab : Menggunakan secara baik teknologi informasi. Jawab : . 2. Strategi bisnis global yang mana yang membutuhkan suatu tim pengembangan multinasional Jawab : Strategi multinasional. 8.Fleksibilitas dalam memberi respon terhadap pesaing diberbagai negara dan pasar . masalah perangkat lunak.Peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan . Apa sumber ketidakpastian bagi MNC. Jawab : Penggerak bisnis global memberi kontribusi dan sebagai dasar bagi rencana strategi sumber daya informasi.Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar diseluruh dunia . jika ada antara penggerak bisnis global dan rencana strategis sumber daya informasi MNC.Pengurangan keseluruhan biaya operasi . Strategi bisnis global yang mana yang paling menarik bagi eksekutif yang menyukai pengendalian terpusat? Jawab : Strategi global Dan yang mana yang paling tidak menarik? Jawab : Strategi multinasional. Mana yang lebih penting dalam mencapai standardisasi diseluruh MNC ? Jawab : data dan proses. Bagaimana para eksekutif MNC memberi respon pada ketidakpastian.BAB IV 1. Kemampuan apa saja yang membedakan suatu MNC (Multinational Corporation). 6.Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit diberbagai negara . dengan kualitas transmisi yang buruk. BAB V . Jawab : Pengaruh-pengaruh lingkungan. 7. Apakah hubungan. Bagaimana pemerintah nasional dari anak-anak perusahaan menciptakan masalah teknologi bagi MNC ? Jawab : tidak tersedianya sumber energi yang cukup. 9.Kemampuan memberikan respon disuatu negara / wilayah dari suatu negara terhadap perubahan dinegara / wilayah lain .

tak kasat mata. transformasi. komitmen kepada masyarakat. yang mana yang Anda piker paling seragam dari satu negara ke negara lain? Jawab : moral Yang mana yang paling kurang seragam ? Jawab : etika. yaitu dalam bentuk corporate credo programprogram etika dan kode etik khusus perusahaan. Apa 5 faktor yang mempengaruhi perilaku seorang CIO ? Jawab : 1) hukum . Jawab : kemampuan memprogram komputer untuk melakukan apapun Yang kita inginkan. Dalam hal moral. 8. 4. 5. Definisikan factor transformasi. 7. Jawab : fakta bahwa komputer dapat mengubah secara drastic cara kita Melakukan sesuatu. seperti dinyatakan oleh James Moor jawab : 1) analisis mengenai sifat dan dampak sosial teknologi komputer 2) formulasi dan justifikasi kebutuhan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis. Definisikan kelenturan logika.1. 10. komitmen dari karyawan ke security pacific. Komitmen security pacific yang mana saja yang bersifat internal ? jawab : komitmen kepada karyawan. 6. dll. 3. 2. Siapa yang bertanggung jawab atas etika komputer dalam perusahaan? Jawab : manajer CIO dan para manajer puncak lain. 9. Pembatasan hukum apa yang telah diterapkan bagi penggunaan komputer oleh pemerintah ? jawab : 1) memberikan hak bagi warga negara dan berbagai organisasi untuk memasuki data yang disimpan pemerintah federal dengan beberapa pengecualian 2) pembatasan pemerintah federal dalam memeriksa catatan-catatan bank 3) pembatasan pemerintah federal dalam mencocokkan file-file komputer untuk menguji keabsahan program-program pemerintah / mengidentifikasi penghutang 4) UU pidana federal dan negara bagian dalam mencegah dan menuntut kejahatan komputer 5) UU tentang upaya mendapatkan akses tanpa otorisasi ke komputer yang dilindungi. Apakah 3 bentuk dari factor tak berwujud ? Jawab : kelenturan logika. Bagaimana manajemen puncak menciptakan budaya etika jawab : menggunakan metode 3 lapis. etika dan hukum. Apakah 2 kegiatan utama etika komputer. komitmen dari karyawan kepada karyawan Yang mana yang eksternal ? Jawab : komitmen kepada pelanggan.

Apa sajakah 4 arus sumber daya fisik. 3. Jawab : 1) fisik : penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi 2) naratif : menggambarkan entitasnya secara lisan / tulisan 3) grafik : menggambarkan entitasnya dengan sejumlah garis. Apa perbedaan antara sistem lingkaran terbuka dan sistem lingkaran tertutup Jawab : . Elemen model sistem umum apa yang akan memberikan keadaan yang menggambarkan keadaan saat ini ? Jawab : informasi. 2. Sebutkan 4 jenis dasar model. Elemen model sistem umum apa yang akan memberikan keadaan yang diharapkan ? Jawab : standar. 4. BAB VI 1. Jawab : 1) relevansi : informasi memiliki relevansi jika berkaitan langsung Dengan masalah yang ada 2) akurasi : idealnya semua informasi harus akurat.sistem lingkaran terbuka : suatu sistem tanpa lingkaran umpan balik / mekanisme pengendalian . . Sebutkan 4 dimensi informasi yang harus dipertimbangkan manajer. 6. tapi peningkatan ketelitian sistem menambah biaya 3) ketepatan waktu : informasi harus tersedia untuk pemecahan masalah sebelum situasi krisis menjadi tidak terkendali 4) kelengkapan : manajer harus mampu memperoleh informasi yang menyajikan gambaran lengkap dari suatu permasalahan / penyelesaian. simbol / bentuk 4) matematika : segala formula matematika.2) 3) 4) 5) etika kode etik professional tekanan sosial tekanan pribadi.sistem lingkaran tertutup : suatu sistem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian. 7. Jawab : 1) material : diterima dari pemasok bahan mentah dan komponen rakitan 2) personil : berasal dari lingkungan 3) mesin : diperoleh dari pemasok 4) uang : diperoleh dari pemilik yang menyediakan modal investasi. 5. Mengapa standar disediakan bagi pengolah informasi ? Jawab : karena manajer menggunakan standar untuk mengendalikan sistem fisik dengan membandingkan kinerja actual berdasarkan laporan pengolah informasi.

Apakah perbedaan antara SLC dan SDLC? Jawab : . Apakah perbedaan antara studi kelayakan dan penelitian sistem ? jawab : . Siapa / apa yang akan memecahkan masalah tidak terstruktur Jawab : manajer.memberikan dasar untuk pengendalian. Siapa yang berada dalam posisi terbaik untuk mengenali pemicu masalah ? Jawab : manajer / seseorang dalam unit manajer. 3.menentukan lingkup dari proyek . 6. Siapa / apa yang memecahkan masalah terstruktur ? Jawab : komputer. Fungsi apa yang dilaksanakan komite pengarah SIM? Jawab : 1) menetapkan kebijakan 2) menjadi pengendali keuangan 3) menyelesaikan pertenyangan. Analisis. . Mengapa manajer membuat rencana? Jawab : karena perencanaan akan menghasilkan keuntungan-keuntungan Sbb : . 10.mengenali berbagai area permasalahan potensial .8. 2. 4.SDLC : tahap-tahap yang terdiri dari perencanaan. Dari mana asal kendala-kendala sistem ? jawab : 1) lingkungan 2) manajemen perusahaan.SLC : penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem / subsistem informasi berbasis komputer . Apakah 3 tahap usaha dalam menerapkan pendekatan sistem Jawab : 1) usaha persiapan 2) usaha definisi 3) usaha solusi. rancangan dan penerapan.mengatur urutan tugas . 9. 5. Siapa yang biasanya mengenali masalah ? jawab : manajer. BAB VII 1.studi kelayakan : suatu tinjauan sekilas pada factor-faktor utama yang akan mempengaruhi kemampuan sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan .penelitian sistem : memberi dasar yang terinci untuk rancangan sistem baru mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana sistem itu melaksanakannya.

3. Sebutkan 4 jenis cutover ? Jawab : 1) percontohan (pilot) 2) serentak (immediate) 3) bertahap (phased) 4) pararel (parallel). 3) CD 5. oleh para pemakai komputer mikro ? Jawab : 1997. Cyrix.7.dapat ditulisi&#8221. Kapan CD mulai &#8220. 9. DVD. 2. . Tahap SLC yang mana yang menyertakan pengumuman kepada karyawan? Jawab : tahap penerapan Tujuannya : menginformasikan pegawai mengenai keputusan untuk menerapkan sistem baru dan meminta kerja sama pegawai. Apa 6 dimensi kelayakan? Jawab : 1) teknis 2) pengembangan ekonomis 3) pengembangan non ekonomis 4) hukum dan etika 5) operasional 6) jadwal. Sebutkan beberapa produsen microprocessor. Jaz dan Zip. 4. Jawab : 1) floppy disk 4) Jaz disk 2) Zip disk 5) DVD. Bagaimana megahertz mengukur kecepatan suatu prosesor ? Jawab : dengan jumlah siklus yang terjadi per detik. 10. BAB VIII 1. 6. Jawab : American Micro Devices (AMD). Aplikasi apa yang mampu dimuat oleh DVD yang berkapasitas penyimpanan besar ? Jawab : 20 GB. dll. Urutkan dari terkecil hingga terbesar media penyimpanan berikut ini berdasarkan kemampuannya menyimpan data : CD. Kapan komputer pertama digunakan oleh pemerintah untuk perhitungan sensus ? Jawab : awal tahun 1960-an. Siapa yang melaksanakan penelaahan setelah penerapan ? Jawab : seseorang dari jasa informasi / seorang auditor internal. 8. floppy disk.

Ada beberapa alasan untuk memasukkan data secara elektronik (melalui komputer) daripada memasukkan data secara manual ? Jawab : .7. BAB IX 1. dan induk organisasi semuanya dapat berbagi struktur data yang sama dengan menggunakan interface standar tanpa perlu memiliki perangkat keras komputer yang sama / penjual perangkat lunak yang sama. Perangkat lunak komputer jenis apa yang paling sering dijadikan contoh perangkat lunak generasi ke-4 ? Jawab : 4GL. mitra bisnis. Apakah independensi data ? Jawab : kemampuan untuk membuat perubahan dalam struktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data. 5.langkah-langkah dalam pendekatan berorientasi proses : . siapa saja mahasiswa yang memiliki buku yang ditulis oleh Brutus ? Jawab : Wei dan Martin. Dengan menggunakan tabel 9. artinya data yang sama disimpan dalam beberapa file.data yang dimasukkan secara elektronik lebih cepat . 8. Apakah inkonsistensi data ? Jawab : kondisi dimana nilai-nilai tidak cocok. Mengapa structured query language penting ? Jawab : karena manfaatnya bagi organisasi sangat besar. Apakah pengulangan data ? Jawab : duplikasi data. Apakah perbedaan antara pendekatan berorientasi proses untuk menilai kebutuhan data dan pendekatan model perusahaan ? Jawab : . 4. 2.7 sebagai acuan. anak perusahaan.biaya yang lebih murah.akurasi proses pemasukan data . 9. Para penjual dan pelanggan.6 dan 9. 6. Apakah yang dimaksud dengan database ? Jawab : kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi dan sistem manajemen . 3. 7. Mengapa perangkat lunak pesanan lebih mahal daripada perangkat lunak aplikasi jadi ? Jawab : karena jika perusahaan ingin menggunakan perangkat lunak pesanan maka perusahaan tersebut harus menugaskan programmer sendiri / suatu kelompok konsultan programmer. sementara gaji dari programmer menurut hukum moore terus meningkat.

Apa yang dimaksud pembersihan data ? Jawab : pembuangan data yang tidak tepat dan tidak konsisten yang dapat mengubah data itu kekondisi kualitas yang lebih tinggi daripada yang umumnya terdapat dalam database komersial. Apa saja tugas utama yang dilaksanakan oleh pengelola database ? Jawab : . 9.mengambil data dan informasi secara cepat . 8. . Apakah manfaat sistem manajemen database ? Jawab : .penerapan database .mencapai independensi data .meningkatkan keamanan.keamanan database. .langkah-langkah dalam pendekatan model perusahaan : 1) buat model data perusahaan 2) kembangkan database.mengintegrasikan data dari beberapa file .operasi database .perencanaan database .1) tentukan masalah 2) kenali keputusan yang diperlukan 3) deskripsikan kebutuhan informasi 4) tentukan pemrosesan yang diperlukan 5) tentukan kebutuhan data. 10.mengurangi pengulangan data .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful