P. 1
biaya

biaya

|Views: 6|Likes:
Published by Yustamar Ramatsuy

More info:

Published by: Yustamar Ramatsuy on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2014

pdf

text

original

BIAYA PRODUKSI, PENERIMAAN, DAN LABA RUGI

Oleh : Putri Rahmi Mardius Pelatihan-osn.com

BIAYA PRODUKSI
Segala biaya yang dikeluarkan untuk menyediakan barang yang siapa dikonsumsi oleh konsumen. Sering disebut dengan total Cost (TC) TC = FC + VC FC = Fixed Cost VC = Variabel Cost

FC (FIXED COST)
Biaya yang tidak bergantung pada jumlah produk yang diproduksi, baik produksi sedang naik ataupun turun. Contoh : TC = 50 + 64 Q
C = cost

TFC

Q = Jumlah Barang

VC (VARIABEL COST)

Jumlah biaya produksi yang berubah menurut tinggi rendahnya jumlah output yang akan dihasilkan. Semakin besar jumlah output atau barang yang akan dihasilkan, maka semakin besar pula biaya variabel yang akan dikeluarkan.

Contoh :
TC = 50 + 64 Q

AC, AVC, AFC

AC = TC / Q merupakan biaya produksi dari setiap unit output yang dihasilkan. Jadi AC adalah TC/ jumlah produksinya (Q)

AVC
AFC

= TVC / Q
= TFC/Q

C = TC maka AC = ATC FC = TFC dan VC = TVC

MARGINAL COST

Kenaikan dari biaya produksi total (TC) akibat tambahan 1 unit output Hubungan MC dan AC = - MC berpotongan dengan AC saat AC berada di titik minimum - MC mengalami kenaikan saat ac sedang turun.

MC DAN AC

C

MC

AC

Q

PROFIT

Profit diperoleh dari pengurangan seluruh OMZET kita atau penerimaan total dari kegiatan ekonomi dengan Total BIAYA yang kita keluarkan untuk kegiatan ekonomi tersebut  Profit = TR – TC  TR = Total Revenue  TC = Total Cost

TR = TOTAL REVENUE
TR = P.Q  TC = FC + VC  Jadi  Profit = (P.Q) – (FC + VC)  Sehingga bila kita ingin memaksimalkan profit, maka kita bisa meningkatkan OUTPUT (Q) atau meminimumkan biaya (VC)

MR (MARGINAL REVENUE)  Kenaikan dari total penerimaan (TR) yang disebabkan
oleh penjualan tambahan satu unit output. Secara matematis dirumuskan sebagai berikut :  MR = TR/ Q keterangan : TR =Perubahan (kenaikan total penerimaan) Q = perubahan (pemabahan) jumlah barang yang dijual.

LABA RUGI (PROFIT DAN LOSS)
Dengan membandingkan total penerimaan dan total biaya, terdapat tiga kemungkinan yang akan terjadi, yaitu :  - Apabila TR > TC maka akan diperoleh laba.  Apabila TR = TC , maka akan diperoleh BEP  Apabila TR < TC, maka akan diperoleh loss (rugi)

LABA MAKSIMUM

Pada pasar persaingan sempurna
P
AC

mc A
P =AR = MR D B Q Q max

d c

LABA MAKSIMUM

Pada pasar persaingan tidak sempurna
p M C

P max

A C

c Q M R AR

RUGI
Kerugian dialami produsen apabila penerimaan total (TR) lebih kecil dari biaya total (TC) atau TR < TC dan penerimaan total (TR) masih cukup untuk menutup biaya variabel seperti bahan baku, perlengkapan, dan lainnya disebut rugiminimum. tetapi apabila penerimaan total (TR) tidak cukup untuk menutup biaya variabel disebut rugi maksimum.

RUGI

Pada pasar persaingan sempurna
MC B A C

D P

A

AR = MR

Q Q

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->