SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING     Topik Permasalahan Bidang Bimbingan Jenis Layanan Fungsi Layanan  Mengembangkan sikap

empati terhadap orang lain  Pribadi  BimbinganSosial Layanan Informasi,  Pemahaman  Pencegahan  Pengembangan  Pengentasan  Siswamampumemahami orang lain.  Meningkatkan sikap emapti yang tinggi terhadap sesama  Mengatasi konflik dengan cara berepati Siswa kelas VII A Bimbingan kelompok, konseling kelompok  Simulasi  Ceramah, diskusi. 1) 2) 3) 4)  Guru pembimbingmenciptakansuasanainteraksi yang kondusif Guru pembimbingbersamasiswa (konseli)mengembangkankomitmen agar proses bimbingandapatterselenggaradenganbaik Guru pembimbingmenjelaskansecarasingkattentangtujuan yang ingindicapaidalamkegiatanbimbinganpadasaatini Guru pembimbingmemberikankesempatankepadakonseliuntukbertanyaapabilaada yang belumjelas Guru pembimbing mencairkan suasana dan memantapkan kesiapan siswa (konseli) dan guru pembimbing Siswa (konseli) mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan bimbingan Guru pembimbing memberi isyarat bahwa akan segera mulai dalam kegiatan inti.

: : :

 

Tujuan Layanan

:

: Sasaran Layanan Metode/Teknik/Uraian Kegiatan :  Metode :  Teknik   Uraian Kegiatan Tahap Awal (5 menit)

:

Tahap Transisi (5 Menit)

:

1) 2) 3)

Tahap Kegiatan (25 Menit)

:

1)

Eksperientasi (10 Menit)

Guru pembimbingmeminta salah satusiswa (sukarelawan) untuk menceritakan tentang pengalamanya berempati terhadap seorang teman 1) Guru pembimbing meminta siswa yang lain untukmembandingkan pengalaman siswa yang menjadi sukarelawan dengan pengalamannya sendiri. 2) Siswa dan guru pembimbing mendiskusikan pentingnya bersikap empati terhadap orang lain 3) Siswadan guru pembimbing mendiskusikan cara-cara menumbuhkan siakap empati kepada orang lain. 4) Guru pembimbing menampilkan cart yang berisi caracarameningkatkanminatmembacabukukeagamaan.

2)

Identifikasi (5 menit)

:

Guru pembimbing berdiskusi dengan siswa tentang apa yang dilaksanakan pada kegiatan sebelumnya (mengidentifikasi apa yang telah dilaksanakan dan yangakandilaksanakan). 1) Apa yang kalian pikirkanpadasaatmelakukankegiatandiskusi? 2) Apa yang akan kalian lakukansetelahmemperolehlayananpadahariini?

…………Abdulah Din. M. S..Pd…………… .3) Analisis (5 menit) : Guru Pembimbing menganalisis tentang kegiatan yg telah dilaksanakan.Pd…………………………. yakni: 1) Apapentingnyamemahamidiridanoran lain? 2) Langkahapa yang akanditempuh agar memilikikemampuanberbicara di depanumum?  Refleksi  Evaluasi  MeningkatkanKemampuanBerbicara di depanUmum  LCD Ruang Kelas 1 x Pertemuan (45 menit) Guru Bimbingan dan Konseling  Guru Bahasa Indonesia  Walikelas  Orang Tua         Penilaiansegera (Laiseg) : Keterlibatankonseli didalamkegiatan PenilaianJangkaPanjang (Laijapang) :Aktivitassiswadalamberbicara depanumum. Tri Hamdani. 1) Apakahhasildarikegiatanlayananpadahariinidapatmembuat kalian pahamtentangpentingnyammemahamidiridan orang lain? 2) Apakahkegiatanlayananpadahariinidapatmeningkatkankemampuanberbicara di depanumum? 3) Apamaknapengalamandarikegiatanpadahariini? 4) Generalisasi (5 menit) :          Tahap Akhir (10 Menit) Materi Layanan Media Layanan Tempat Penyelengaaraan Waktu Penyelenggaraan Penyelenggara Layanan Pihak-Pihak yang dilibatkan  : : : : : : : Guru Pembimbing dan siswa (konseli) menyimpulkan hasil kegiatan yang telah diikuti dan membuat kesimpulan tentang langkah yang akan diambil oleh siswa. Angket Observasi Jurnal Kegiatan Instrumen angket Pedoman observasi Pedoman jurnal kegitan  Bimbingan kelompok  Konseling kelompok  Konseling individual Gorontalo. 9 Januari 2013 Guru BimbingandanKonseling Rencana Penilaian Waktu Penilaian : di Teknik Penilaian :  Alat Penilaian :  Tindak Lanjut : Mengetahui KepalaSekolah Dr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful