SEJARAH TIK

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu saling membutuhkan untuk bertahan hidup. Dengan keadaan seperti itu, manusia menciptakan sistem dan alat untuk saling berhubungan, mulai dari melukis kisah di dinding gua, isyarat menggunakan asap atau bunyi-bunyian, penulisan huruf, pengiriman surat, hingga muncul telepon dan internet pada saat ini. Sistem dan alat tersebut kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sejarah perkembangan TIK dimulai dari masa prasejarah kemudian masa sejarah hingga masa modern. Berikut penjelasan sejarah perkembangan TIK dari masa ke masa : • Masa Prasejarah (Sebelum 3000 SM) Pada masa ini, bentuk komunikasi yaitu melukis kisah pada dinding-dinding gua. Zaman ini disebut zaman batu karena masih terdapat bebatuan sehingga manusia tinggal dalam gua-gua, bukan rumah-rumah yang ditinggali manusia saat ini. Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi. Kemudian diciptakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang. Pada masa ini pemanfaatan alam sangat dibutuhkan untuk menciptakan alat komunikasi. Teknologi informasi belum menjadi teknologi massal seperti yang kita kenal sekarang dan hanya digunakan pada saat-saat khusus. • Masa Sejarah (3000 SM s.d 1400SM) Pada masa sejarah perkembangan TIK berkembang sangat pesat. Pada masa ini ditemukan abjad fonetik dan kertas sebagai media penulisan hingga cara pencetakan buku. Penemuan-penemuan yang terjadi pada masa sejarah (3000 SM s.d 1400SM) lebih jelas adalah sebagai berikut : Ditemukan tulisan untuk pertama kalinya oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktograf.(3000 SM) Orang-orang Yunani mengenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan memakai abjad fonetik, yaitu huruf yang diciptakan berdasarkan bunyi ucapan.(1774 SM) Orang-orang di dataran Cina mulai menuliskan sejarah mereka secara teratur di atas kepingan-kepingan tulan binatang.(1400S M) Ensiklopedia petama di dunia diterbitkan oleh orang-orang Suriah.(1270 SM)

-

yaitu dari papirus yang menyerupai kertas. Cara ini dinamakan heliograf. tape recorder (1934 M).(305 M) Pi Sheng dari China menciptakan alat cetak yang hurufnya dapat dipindah-pindahkan dengan memakai lempengan tanah liat bakar.(900 SM) Penggunaan merpati pos dipopulerkan oleh orang-orang Yunani.(1049 M) • Masa Modern (1400 SM s. Teknologi informasi dan komunikasi sampai saat ini terus berkembang pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan.(37 SM) Diciptakannya buku-buku yang memiliki bentuk mirip dengan buku zaman sekarang. disket (1971 M).(500 SM) Tsai Lun dari Cina menemukan kertas. walkman (1979 M) dan penemuanpenemuan lain yang lebih canggih dan modern. Kemajuan-kemajuan tersebut sangat membantu dan mempermudah kehidupan manusia hingga saat ini. . Maka dari itu. terciptanya kamera foto (1560 M).d sekarang) Pada masa ini terjadi kemajuan yang berarti pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. mikrofon (1821 M). gulungan film (1888 M). mesin ketik (1714 M). piringan hitam (1887 M).(530 SM) Media tulis petama di dunia yang mudah dibawa ke mana-mana diciptakan di Mesir. jangan sampai alat-alat tersebut disalahgunakan sehingga kehilangan esensi penciptaan yang sesungguhnya. (100 SM) Alat cetak pertama diciptakan di Cina yang terdiri atas lempengan kayu berukir yang kemudian dipakai untuk menerakan isinya ke atas kertas.(776 SM) Perpustakaan pertama di dunia didirikan di Yunani.(105 SM) Orang-orang Romawi meresmikan sistem pelayanan pos mereka. Contoh kemajuan-kemajuan tersebut yaitu mulai beredarnya koran(1450 M).(14 M) Kaisar Tiberius dari Roma adalah orang oertama yang tercatat menggunakan cermin sebagai alat pengiriman kode atau pesan. pengembangan mesin cetak (1455 M). mesin fotokopi (1876 M).- Sistem pelayanan pos (jasa pengiriman) dan kantor pos pertama di dunia diciptakan oleh orang-orang Cina. pesawat televisi (1923 M). Kehidupan manusia semakin dimanjakan dengan alat-alat canggih dan modern.

Sumber : file://localhost/F:/SEJARAH%20PERKEMBANGAN%20TEKNOLGI %20INFORMASI%20DAN%20KOMUNIKASI%20(TIK)%20«%20..%20%20F%20R%20E %20L%20I%20N%20O.htm .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful