P. 1
Macam-macam hewan, siklus hidup, dan manfaat bagi manusia

Macam-macam hewan, siklus hidup, dan manfaat bagi manusia

|Views: 5,910|Likes:
Published by ikawawi
Macam-macam hewan, siklus hidup, dan manfaat bagi manusia. buku Ika wawi Sdn.Ambulu 01.
Macam-macam hewan, siklus hidup, dan manfaat bagi manusia. buku Ika wawi Sdn.Ambulu 01.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: ikawawi on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2015

pdf

text

original

Perkembangbiakan Hewan

Berkembang biak adalah suatu kemampuan makhluk hidup untuk memperbanyak jenisnya, atau menghasilkan keturunan. Tujuan berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya sehingga terhindar dari kepunahan. Hewan mengalami kepunahan karena pemanfaatan bagian tubuh hewan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pemanfaatan bagian tubuh hewan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Perkembangbiakan hewan dapat di bedakan menjadi dua macam yaitu secara Vegetatif dan Generatif. Perkembangbiakan Vegetatif terjadi tanpa peleburan Sel Kelamin Jantan dan Betina. Perkembangbiakan Vegetatif biasanya terjadi pada hewan tingkat rendah atau tidak bertulang belakang . Cara perkembangbiakan hewan ada beberapa cara, di antaranya dengan cara melahirkan (vivipar), bertelur (ovipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar), serta ada yang berkembangbiak dengan cara membelah diri (fragmentasi).

Perkembangbiakan secara Kawin (Generatif)

Perkembangbiakan pada hewan secara kawin diawali dengan pembuahan. Pembuahan terjadi jika sel kelamin betina (sel telur) dan sel kelamin jantan(spermatozoid) berbaur (bersatu). Hasil pembuahan ini disebut zigot. Zigot adalah proses perkembangbiakan sebelum janin atau calon janin/embrio pada rahim wanita. Zigot tumbuh menjadi embrio (janin). Embrio inilah kelak menjadi keturunan baru. Berdasarkan tempat terjadinya pembuahan, hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Hewan bertelur yang pembuahannya terjadi di dalam tubuh hewan betina (Fertilisasi Internal). Pembuahan di dalam tubuh terutama terjadi pada kelompok reptilia (hewan melata), unggas, dan mamalia (hewan menyusui). Contohnya: ayam dan burung. 2. Hewan bertelur yang pembuahannya terjadi di luar tubuh betina (Fertilisasi Eksternal). Pembuahan di luar tubuh terjadi karena penggabungan sel telur dan sperma terjadi di luar tubuh induknya. Contohnya: katak dan ikan.

Perkembangbiakan secara kawin pada hewan dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :

Hewan yang Berkembang Biak dengan Bertelur (Ovipar)

Pada hewan bertelur, pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya. Embrio itu dibungkus dan dilindungi oleh cangkang. Embrio di dalam telur ini dilengkapi dengan kuning telur (yolk). Kuning telur digunakan sebagai cadangan makanan untuk perkembangan embrio. Jika embrio telah tumbuh sempurna, telur akan menetas dan keluarlah individu baru. Hewan yang berkembang biak secara bertelur disebut ovipar. Ayam dan burung merupakan contoh hewan bertelur. Contoh hewan reptil (Reptil binatang adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya) yang bertelur adalah penyu. Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1. 2. 3. 4. Tidak mempunyai daun telinga Tidak mengalami masa mengandung Tidak memiliki kelenjar susu Mengerami telurnya

Hewan yang Berkembangbiak dengan Melahirkan (Vivipar)

Hewan yang melahirkan juga menghasilkan telur. Akan tetapi, telur tidak dikeluarkan dari tubuh. Telur tetap berada di dalam rahim hewan betina. Telur tersebut juga tidak terbungkus oleh cangkang atau kulit yang keras. Setelah telur itu dibuahi, telur akan tumbuh menjadi calon bayi dan tumbuh menjadi bayi yang sempurna. Selama itu pula hewan betina mengalami masa kehamilan. Setelah mencapai umur tertentu dalam kandungan, maka anak hewan dilahirkan. Anak hewan yang baru lahir diberi makan oleh induknya dengan cara menyusui. Hewan yang berkembang biak secara melahirkan disebut vivipar. Contoh hewan vivipar sapi, kucing, kambing, dan singa

Hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 1. 2. 3. 4.  Memiliki daun telinga Memiliki kelenjar susu Mengalami masa mengandung Memiliki rambut/ bulu yang halus Hewan yang Berkembang Biak dengan Bertelur-Melahirkan (Ovovivipar)

Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur-melahirkan disebut dengan ovovivipar. Pembuahannya terjadi di dalam tubuh hewan betina. Setelah terjadi pembuahan, di dalam tubuh hewan betina akan terbentuk telur. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur tersebut. Proses ini di namakan kehamilan. Setelah embrio tumbuh dengan sempurna di dalam telur, induk mengeluarkannya sebagai keturunan baru. Kadang-kadang, anak yang dikeluarkan masih terbungkus dalam cangkang telur .Contoh hewan ovovivipar adalah paus, ikan pari, dan beberapa jenis ular.

Perkembangbiakan Vegetatif

a. Membelah Diri (fragmentasi)

Hewan yang bersel tunggal berkembang biak dengan cara membelah diri, tidak dengan cara kawin. Contohnya, amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Pembelahan pertama kali tejadi pada inti sel, kemudian bagian tubuh lain ikut membelah. Pembelahan ini menghasilkan dua sel yang kembar. Tiap sel hasil pembelahan menjadi individu baru yang dapat tumbuh dan berkembang biak. Selain amoeba, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara pemisahan bagian tubuh, contohnya bintang laut. Bila bintang laut dibelah menjadi dua bagian, maka tiap bagian tubuhnya itu dapat tumbuh menjadi individu baru. Cara perkembangbiakan dengan pemisahan bagian tubuh ini dinamakan fragmentasi. b. Tunas.

Perkembangbiakan dengan cara pembentukan tunas antara lain terjadi pada Hydra. Hydra merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Hydra hidup pada air tawar. Pada tubuh Hydra dewasa akan muncul tonjolan. Tonjolan tersebut akan terus tumbuh dan membesar. Kemudian, akan terbentuk mulut dan lengan (tentakel). Tunas yang belum dewasa ini mendapatkan makanan dari tubuh induknya. Ketika setelah cukup besar, tunas itu akan terlepas dari tubuh induknya. Tunas yang terlepas akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.

Daur hidup Aurelia sp daur hidup Obelia sp

Trenggiling meskipun belum terbukti secara ilmiah sisik trenggiling di percaya dapat menyembuhkan kanker, dan dagingnya juga dinilai bermanfaat bagi kesehatan. Landak Hati landak jika dibakar berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit asma dan diabetes. daging dan ekornya baik untuk meningkatkan vitalitas pria. Landak semut

Trenggiling hidup di hutan hujan tropis dataran rendah. Bentuk tubuhnya memanjang, dengan lidah yang dapat dijulurkan hingga sepertiga panjang tubuhnya untuk mencari semut di sarangnya t renggiling berkembang biak dengan melahirkan. Hanya ada satu anak yang dilahirkan seekor trenggiling betina.

landak atau Erinaceidae, cukup beragam, di dalamnya termasuk 19 spesies individu mamalia pemakan serangga kecil. Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan pulau Madura. Landak hidup dan membuat sarang di dalam tanah.. Landak berembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan. Pada masa kawin,

Landak semut adalah jenis landak yang memiliki lidah yang panjang (mencapai 60 cm) dan lengket. Makanan landak semut berupa serangga serangga kecil dan semut yang ada di dalam tanah. Landak semut berkembangbiak dengan cara avivipar (beranak)

Tapir Asia merupakan jenis yang terbesar dari keempat jenis tapir dan satu-satunya yang berasal dari Asia. Nama ilmiahnya indicus merujuk pada Hindia Timur, yaitu habitat alami jenis ini Di Sumatra. Masa hamil tapir Asia sekitar 400 hari, dimana setelahnya seekor anak lahir dengan berat 6,8 kg (15 pon). Tapir Asia merupakan yang terbesar saat lahir dibanding jenis-jenis tapir lainnya dan tumbuh lebih cepat dari jenis tapir lain. ia mencari makan berupa umbi dan daun-daunan dari lebih dari 115 jenis tumbuhan Burung maleo hanya ditemukan di hutan tropis Burung Maleo dataran rendah pulau Sulawesi khususnya daerah Burung ini terancam Sulawesi Tengah, yakni di daerah Kabupaten Sigi (Desa Pakuli dan sekitarnya) dan Kabupaten Banggai. punah akibat pemburuan liar untuk Pakan burung ini terdiri dari aneka biji-bijian, buah, semut, kumbang serta berbagai jenis hewan kecil. di ambil telur dan Berkembang biang dengan cara bertelur. Yang unik dagingnya. dari maleo adalah, saat baru menetas anak burung maleo sudah bisa terbang. Tapir Asia (Tapirusindicus)

Orang utan (Pongo Pygmaeus)

Di indonesia, wilayah penyebarannya adalah dataran rendah juga hutan hujan tropis di pulau Kalimantan.. Buah-buahan adalah makanan utama dan juga kesukaannya. Berkembang biak dengan cara beranak.

Badak Bercula Satu (Rhinoceras Sundaicus)

Adalah salah satu hewan langka khas indonesia. Walau sekarang sudah tidak banyak, hanya sekitar 50 ekor saja dapat ditemukan di hutan ujung kulon. Merupakan hewan herbivora pemakan daun-daunan. Berkembang biak dengan cara beranak.

Badak bercula Dua (Dicerorhinus Sumatrensis) Cula badak di percaya menyembuhkan reumatik dan meningkatkan vitalitas pria. Musang Congkok (Prionodon Linsang)

Hampir mirip dengan badak bercula satu, hanya cula dibagian depan yang berjumlah dua. Hanya ditemukan di wilayah Sumatera.

Dengan berat mencapai 5 kg dan mempunyai panjang sekitar 71 cm hewan ini cukup gesit untuk memanjat pepohonan. Di temukan di wilayah pegunungan Aceh dan Sumatera Barat. Mamalia kecil dan beberapa jenis serangga adalah makanan kesukaannya. Berkembang biak dengan cara beranak.

Singapuar (Tarsius Bancanus)

Dijuluki sebagai primata terkecil di dunia. Mempunyai berat tubuh antara 80 – 140 gram dan panjang cuma 12 – 15 cm cukup layak bila disebut primata terkecil. Walaupun mempunyai sepasang mata yang besar yang ukurannya melebihi volume otaknya tapi hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Mirip dengan burung hantu. Kepulauan Riau, kepulauan kalimantan dan sumatera bagian selatan juga tenggara adalah habitat aslinya. Berkembang biak dengan cara melahirkan.

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) kulit, kumis, cakar, hingga taringnya diburu untuk berbagai macam kerajinan hingga pengobatan tradisional. Gajah Gading gajah banyak di buru untuk berbagai macam kerajinan tangan.

Memprihatinkan karena jumlah semua harimau sumatera hanya tinggal sekitar 500 ekor. Penebangan hutan yang serampangan dan perburuan liar dituding sebagai penyebab langkanya harimau ini. Hanya terdapat di hutan sumatera. Hewan pemakan daging dan berkembang biak dengan cara beranak.

Babirusa (babyrousa babyrussa)

Gajah adalah binatang menyusui (mammalia) dan merupakan hewan darat terbesar di dunia. Terdapat 2 spesies gajah di duniayaitu: Gajah asia atau Gajah India (Elephas maximus,dan Gajah afrika (Loxodonta aricana). Berkembang biak dengan cara melahirkan. Periode kehamilan gajah adalah 22 bulan, Gajah termasuk dalam kategori hewan herbivora.terdiri atas 50% rumput, ditambah dengan dedaunan, ranting, akar, dan sedikit buah, benih dan bunga. Karena gajah hanya mencerna 40% dari yang dimakannya Buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, jamur dan dedaunan merupakan makanan yang biasa disantap sehari-hari. Mempunyai taring yang mencuat keluar sebagai tameng mata dari duri dan rotan ketika mereka mencari makan. Habitatnya meliputi pulau sulawesi, kepulauan maluku dan sekitarnya. Berkembang biak dengan cara melahirkan.

Burung Elang Jawa Mempunyai bentuk yang gagah, sayang populasinya (Spizaetus Bartelsi) hanya tinggal 250 ekor saja. Tersebar hampir merata di sekitar hutan di pulau jawa seperti di gunung slamet, gunung salak, gunung anjasmoro, gunung kawi, taman nasional baluran, taman nasional alas purwo taman nasional gunung halimun, taman nasional gede pangrango dan taman nasional muara betiri. Berkembang biak dengan cara bertelur. Lebah lebah menghasilkan madu yang bermanfaat bagi manusia. Untuk penyembuh luka, anti biotik, membunuh kuman, antioksidan, kecantikan kulit, dan sumber energi. Perilaku dari lebah sangat ditentukan oleh perilaku dari lebah betina. Dalam suatu kelompok (disebut "koloni") terdapat tiga "kasta", yaitu: lebah ratu, lebah betina, lebah jantan. Tugas utama ratu lebah adalah bertelur selama hidupya, perkawinan ratu lebah ini hanya sekali seumur hidup, perkawinan dilakukan dengan cara terbang tinggi diangkasa. Tugas lebah pekerja berjenis kelamin betina tugasnya mengumpulkan serbuk sari dan nektar. Lebah jantan bertugas mengawini lebah ratu muda yang masih perawan jika akan membentuk koloni baru dan akan mati setelah kawin

Cacing hati (Fasciola hepatica)

merupakan anggota dari Trematoda (Platyhelminthes) Cacing ini tidak mempunyai anus dan alat ekskresinya berupa sel api. Cacing ini bersifat hemaprodit, berkembang biak dengan cara pembuahan sendiri atau silang, jumlah telur yang dihasilkan sekitar 500.000 butir. Hati seekor domba dapat mengandung 200 ekor cacing atau lebih.

cacing tanah dapat dideskripsikan menjadi lima bagian yang terdiri atas bagian depan (anterior), bagian tengah, bagian belakang (posterior), bagian punggung (dorsal), dan bagian bawah atau perut (ventral). Makanan cacing tanah umumnya bahan organik berupa daun-daunan dan binatang2 kecil. bereproduksi secara seksual. Umumnya bersifat hermafrodit, tetapi cacing ini tidak melakukan pembuahan sendiri, tapi secara silang dengan menempelkan tubuhnya dengan ujung kepala berlawanan. Alat kelamin jantan mengeluarkan sperma dan diterima oleh klitelium cacing pasangannya. Dan akan mengeluarkan mukosa dan membentuk kokon. Ular adalah reptil yang paling sukses berkembang di dunia. Di gunung, hutan, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, lingkungan pemukiman, sampai ke lautan. Ular memangsa berbagai jenis hewan lebih kecil hingga yang lebih besar dari tubuhnya. Kebanyakan jenis ular berkembang biak dengan bertelur. Sebagian ular, seperti ular kadut belang, ular pucuk dan ular bangkai laut ‘melahirkan’ anak. Sebetulnya tidak melahirkan seperti halnya mamalia, telurnya berkembang dan menetas di dalam tubuh induknya (ovovivipar), Buaya memangsa ikan, burung, mamalia, dan kadangkadang juga buaya lain yang lebih kecil bahkan bangkai buaya dewasa. Reptil ini merupakan pemangsa penyergap; ia menunggu mangsanya hewan darat atau ikan mendekat. Di musim bertelur buaya amat buas menjaga sarang dan telur-telurnya. Induk buaya betina umumnya menyimpan telur-telurnya dengan dibenamkan di bawah gundukan tanah atau pasir bercampur dengan serasah dedaunan. Induk tersebut kemudian menungguinya dari jarak sekitar 2 meter. Kura2 hidup di berbagai tempat Sebagian hidup Kura-kura Daging kura-kura sepenuhnya akuatik, baik di air tawar maupun di lautan. dapan Kura-kura ada yang bersifat pemakan tumbuhan menyembuhkan (herbivora), pemakan daging (karnivora) atau campuran disentri dan berak (omnivora). Kura-kura berbiak dengan bertelur (ovipar). darah. Dan di Jenis kelamin anak kura-kura yang bakal lahir salah percaya juga dapat satunya ditentukan oleh suhu pasir tempat telur-telur itu meningkatkan tersimpan. suhu di atas rata-rata biasanya akan vitalitas. menghasilkan hewan betina. Dan sebaliknya, Cacing tanah Dapat menyembuhkan thypus, penurun kolesterol, segala penyakit perut, asma, TBC, influensa, mningkatkan nafsu makan dandaya tahan tubuh. Ular digunakan sebagai obat dari virus yang menyerang tubuh manusia, seperti malaria, demam berdarah dan rabies. Dan meningkatkan vitalitas. Buaya

Hiu Sirip hiu di gunakan untuk mengatasi nyeri, radang sendi dan mencegah osteoarthritis jika di konsumsi secara rutin.

Paus ika paus di buru untuk di ambil minyaknya sebagai bahan obat reumatik dan osteo osteoarthritis.

Ikan hiu terdiri dari berbagai spesies. Beda spesies, bentuk telurnya juga beda. telur ikan hiu ada yang berbentuk spiral dan ada pula yang berbentuk kantong. Selain itu, spesies yang berbeda berkembang biak dengan cara yang berbeda juga. Ada hiu yang menyimpan telurnya di dalam rahim. Setelah matang, telur itu pecah, dan lahirlah si bayi hiu, Ada hiu yang bertelur di luar tubuhnya, namun ada pula yang benar-benar meahirkan seperti manusia. Ikan hiu memakan ikan2 kecil. ikan paus yang amat besar itu ternyata pemakan makhluk yang sangat kecil, yang disebut plankton., dengan cara menyaring air dalam mulutnya yang berfungsi seperti saringan. Cara berkembang biak dengan melahirkan (Vivipar)

Lumba-lumba
dikenal sebagai mamalia sahabat manusia. Ada yang memanfaatkan Lumba-lumba hidung botol untuk pengobatan terapi penyakit troke, autis, kanker, bahkan hingga down syndrom.

Lumba-lumba berkembang biak dengan cara melahirkan. Lumba-lumba juga merupakan hewan yang menyusui. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba lumba adalah kerebat paus dan pesut. Mereka makan hampir setiap hewan yang ada di laut, mulai dari cumi-cumi, berbagai jenis ikan, seperti ikan Mackerel, Cod dan Herring, juga ikanikan kecil hingga plankton.

Tupai daging tupai diyakini menyembuhkan berbagai penyakit, seperti sakit gula, ginjal, dan kanker. Daging bajing mempunyai efek menetralisir gula darah. Komodo anyak penelitian dilakukan untuk mencari molekul antibakteri dengan harapan dapat digunakan untuk pengobatan manusia.

Tupai adalah segolongan mamalia kecil yang mirip dan kerap dikelirukan dengan bajing. Secara ilmiah, tupai tidak sama dan jauh kekerabatannya dengan keluarga bajing. Tupai banyak memangsa serangga, dan dahulu dimasukkan ke dalam bangsa Insectivora (pemakan serangga) bersama-sama dengan cerurut. Sedangkan bajing dan bajing terbang termasuk bangsa Rodentia (hewan pengerat) bersama-sama dengan tikus. Tupai berkembang biak dengan cara melahirkan. Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora. Komodo adalah hewan karnivora. Walaupun mereka kebanyakan makan daging bangkai. Musim kawin terjadi antara bulan Mei dan Agustus, dan telur komodo diletakkan pada bulan September. Air liur komodo mengandung bakteri dan bisa berkekuatan menengah namun mematikan.

Bunglon

Kelalawar Daging kelelawar yang mengandung kitotefin ternyata berguna untuk mengobati sakit pada penderita asma. Air liur kelalawar dapat menyebabkan rabies. Semut semut ampuh untuk mengobati penyakit Kanker, Kolesterol, Maag, dan Asam Urat. Dan membasmi hama seperti ulat dan serangga lain yang menyerang tanaman petani. Anoa Selain di ambil dagingnya tanduk anoa juga dapat di olah menjadi obat gosok penyembuh luka dan luka. Salah satunya adalah minyak soko. Jerapah

Bunglon memangsa berbagai macam serangga yang dijumpainya: kupu-kupu, ngengat, capung, lalat dan lain-lain. Bunglon surai bertelur di tanah yang gembur, berpasir atau berserasah. Seperti umumnya anggota suku Agamidae, induk bunglon menggali tanah dengan mempergunakan moncongnya. Kulit telurnya berwarna putih, lentur agak liat serupa perkamen. Bunglon bisa mengubah-ubah warna kulitnya, Biasanya berubah dari warna-warna cerah (hijau, kuning, atau abu-abu terang) menjadi warna yang lebih gelap, kecoklatan atau kehitaman. Kelalawar berkembang biak dengan cara beranak, melahirkan, dan menyusui. Untuk terbang dengan arah yang benar, kelalawar menggunakan sistem sonar.kelalawar mengeluarkan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik). , kelelawar seperti ini dapat mengonsumsi 600 ekor serangga--predator alami bagi vektor seperti nyamuk dan hama pertanian.

semut dimulai dari telur, pupa, dan menjadi semut dewasa. Jika telur dibuahi (progeni) maka akan menjadi perempuan (diploid), jika tidak, maka akan berjenis kelamin laki-laki (haploid). Semut berkembang dengan metamorfosis lengkap dengan tahap-tahap larva melewati tahap pupa sebelum muncul sebagai orang dewasa. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Anoa adalah hewan khas Sulawesi. Ada dua spesies anoa yaitu: Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis). Keduanya tinggal dalam hutan yang tidak dijamah manusia. Anoa berkembang biak dengan cara melahirkan. Anak anoa akan dilahirkan sekali setahun. Kedua spesies tersebut dapat ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Sejak tahun 1960-an berada dalam status terancam punah. adalah mamalia berkuku genap endemik Afrika dan merupakan spesies hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan. Berkembang biak dengan cara melahirkan. Makanan utama jerapah pucuk-pucuk daun dan rumput.

Kutu kepala

-

Kutu kepala adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup dibahagian kepala. Kutu betina mampu bertelur enam biji sehari. Telur ini selalunya melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur ini akan menetas selepas lebih kurang 8 hari. Kutu kepala merebak dengan cepat melalui sentuhan terus dengan rambut yang bermasalah. Ia juga melompat ke kepala melalui berus atau sikat rambut, topi, bantal dan tuala. Walaupun kebanyakan jenisnya adalah binatang pemangsa (predator), namun sesungguhnya makanan kadal sangat bervariasi. Mulai dari buah-buahan dan bahan nabati lain, serangga, amfibia, reptil yang lain, mamalia kecil, bangkai, dll. Kebanyakan kadal bertelur (ovipar), meskipun ada pula yang melahirkan anak (vivipar). Juga, umumnya kadal dapat menumbuhkan kembali ekor atau bahkan tungkai yang terputus. Nyamuk mengalami empat tahap dalam siklus hidup: telur, larva, pupa, dan dewasa. Pada nyamuk betina, bagian mulutnya membentuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia (atau dalam sebagian kasus burung atau juga reptilia dan amfibi untuk menghisap darah. Nyamuk jantan berbeda dengan nyamuk betina, dengan bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah.

Kadal hewan di percaya dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal, gangguan pada organ ginjal dan paru-paru penderita asma, batuk, dan tuberkulosis (TBC). Nyamuk nyamuk sangat merugikan bagi manusia. Menyebarkan wabah penyakit seperti : malaria, filarial, kaki gajah, demam kuning dan demam berdarah. Kupu-kupu Kupu-kupu sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerbukan pada tanaman.

Kalajengking Manfaat kalajengking sangat banyak untuk pengobatan. Di antaranya melancarkan darah. Pembersih tumor, anti kanker, dll.

kupu-kupu melalui tahap-tahap hidup sebagai telur, ulat, kepompong, dan akhirnya bermetamorfosa menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah. Kupu-kupu dan ngengat dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bungabunga berkembang menjadi buah Kalajengking adalah sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda) yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida. Kalajengking berkembang biak dengan Cara beranak seperti ini dikenal dengan nama ovovivipar, yaitu telur berkembang di dalam tubuh hewan betina, janinnya memanfaatkan makanan dari induk, dan saatnya melahirkan tiba, bayinya akan keluar.

Platypus (Ornithorhynchus anatinu)

Kuskus

Platipus memakan cacing, larva serangga, dan yabbie. Platipus menelurkan telur yang mirip dengan telur reptil, dan sedikit lebih bundar daripada telur burung. Organ reproduksi platipus mirip dengan burung (aves). Walaupun Platipus bertelur tapi ia tergolong ke dalam kelas Mammalia karena ia menyusui anaknya. Platipus juga sering dikenal dengan nama duck-billed Platypus atau Platypus berparuh bebek disebabkan bentuk paruhnya yang menyerupai bebek. yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Kuskus merupakan salah satu mamalia berkantung yang ada di Indonesia. Seperti kanguru, kuskus betina melahirkan anaknya kemudian merawat dan membawa anaknya dalam kantung yang terdapat di perutnya. Kuskus merupakan binatang herbivora dengan makanan utama dedaunan dan buah-buahan. Kuskus berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar).

Ubur-ubur Kandungan mocin pada ubur-ubur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ubur-ubur juga di dunakan untuk pembuatan obat, kosmetik, dan pupuk alam Bekicot Lendir bekicot dapat menyembuhkan luka, patah tulang dan juga bisa untuk perawatan kulit.

Ubur-ubur adalah sejenis binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Tubuhnya berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Tidak seperti binatang laut lainnya, ubur-ubur berkembang biak dengan cara membelah diri. Ubur-ubur di manfaatkan manusia untuk bahan obat-obatan dan pupuk alam.

Berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan, Bekicot tidak memiliki parasit di dalam tubuhnya, sedangkan Keong mas, keong sawah, dan tutut yang hidup di air sawah atau kali biasanya ada cacingnya yang berbahaya bagi manusia. Makanan utama bekicot adalah daun-daunan. Dan berkembang biak dengan cara bertelur.

Ulat sutra enzim serrapeptase yang dihasilkan ulat sutra efektif meredakan nyeri dan pembengkakan. Kepompongnya untuk bahan pembuatan benang sutra.

Ulat sutra sama halnya dengan ulat lainya, berkembang biak dengan cara metamorfosa. Dari telur, kepompong hingga menjadi kupu-kupu. Makanan utamanya adalah daun-daunan. Ulat sutra banyak di budidayakan untuk menghasilkan sutra bahan utama pembuatan benang sutra dan dibuat bahan tekstil.

Rusa Tanduk rusa di manfaatkan untuk kerajinan dan pajangan. Juga di gunakan untuk mengobati sakit pada persendian.

Kerang kerang hijautelah digunakan untuk mengobati sendi sejak 100 tahun lalu.

Undur-undur. Berkhasiat menurunkan kadar gula diabetes.

adalah hewan mamalia pemamah biak (ruminan) yang termasuk familia Cervidae. Dan berkembang biak dengan cara melahirkan. Rusa banyak diburu manusia untuk di ambil daging, kulit, dan tanduk rusa jantan. Sehingga hewan ini termasuk hewan yang di lindungi. Bagian terluar tanduk rusa juga baik untuk memelihara sendi dan mengurangi nyeri di bagian tersebut. Kandungan kalsiumnya yang tinggi dapat mengurangi radang dan membuat jaringan tulang rawan lebih elastis sehingga sendi. Kerang adalah hewan air yang termasuk hewan bertubuh lunak (moluska). Makanan kerang adalah plankton, dengan cara menyaring. Kerang sendiri merupakan mangsa bagi cumi-cumi dan hiu. Kerang memiliki gonad, kelenjar genital yang memproduksi sperma atau sel telur tergantung pada jenis kelamin kerang. Fertilisasi telur terjadi secara eksternal,sperma dan sel telur akan bertemu di dalam air. Telur yang terbuahi berkembang menjadi larva yang disebut trochophore, yang nantinya akan berenang mengikuti arus dan menempel di suatu tempat sebelum mulai membentuk cangkang. diberikan pada hewan ini karena kebiasaan larvanya berjalan mundur saat menggali sarang jebakan di tanah. Reproduksi terjadi tidak lama setelah undurundur baru saja keluar dari kepompongnya. perkawinan dimulai ketika sepasang undur-undur jantan dan betina hinggap di pohon. undur-undur betina bisa mengeluarkan telur hingga 20 butir sekali bertelur. ia memakan hampir segala jenis Arthropoda kecil, terutama semut. Kecoak berkembang biak dengan bertelur (ovipar). kecoa adalah makhluk omnivora seperti manusia. mereka memakan sesuatu yg telah mati atau benda2 tidak bergerak yg kebanyakan adalah bahan2 organik. makanan favoritnya adalah buah dan sayuran yg telah membusuk.

Kecoa Otak kecoa mengandung antibiotik yang kuat yang dapat melenyapkan E.coli dan MRSA infeksi.

Tarantula menyembuhkan penyakit distrofi otot atau pelemahan otot secara spesifik dan terganggunya berfungsinya otot,

Taran tula berkembang biak dengan cara tarantula jantan akan menyimpan spermanya dengan cara menggosokkan perutnya pada permukaan jaring yang dibuatnya. Lalu tarantula jantan akan mengambil spermanya dengan pedipalp-nya. tarantula jantan akan memancing taratunla betina dan meletakkan pedipalp-nya ke dalam kantung di dalam perut tarantula betina. Setelah itu, tarantula betina akan mengeluarkan kantung telur yang bisa berisi hingga 2000 laba2 kecil.

Terdapat pelbagai jenis lintah air tawar, air laut dan daratan. kebanyakan lintah tidak menghisap darah. lintah memiliki klitelum. Seperti cacing tanah. lintah juga hermaprodit (berkelamin ganda). Lintah obat Eropa, Hirudo medicinalis, telah sejak lama dimanfaatkan untuk pengeluaran darah (plebotomi) secara medis. Semua spesies lintah adalah karnivora. Beberapa merupakan predator, mendapat makanan dari berbagai jenis invertebrata seperti cacing, siput, atau larva serangga. Belatung atau bernga/berenga adalah larva dari lalat. ditemukan pada barang-barang yang membusuk seperti bangkai, buah, atau sayur-mayur yang rusak. Beberapa jenis belatung, seperti belatung lalat buah, bersifat merugikan. Beberapa jenis belatung yang ditemukan dalam mayat dapat berguna bagi ilmuwan forensik. Dari tahapan perkembangan, belatung ini dapat digunakan untuk menandakan lamanya waktu sejak kematian, dan juga tempat organisme bersangkutan mati Sapi atau lembu adalah hewan ternak anggota suku Sapi kolagen atau jaringan Bovidae dan anaksuku Bovinae. Makanan utama sapi penghubung antara adalah rumput dan beberapa daun-daunan. Sapi kulit dan daging, di berkembang biak dengan cara melahirkan. Sapi manfaatkan sebagai sangat bermanfaat bagi manusia, dari daging, kulit, bahan pembuatan susu, kolagen, hingga koran sapi dapat di manfaatkan obat, dalam bentuk sebagai biogas. suplemen hingga produk perawatan kulit. Duyung atau dugong (Dugong dugon) adalah sejenis Ikan duyung Minyak duyung mamalia laut yang merupakan salah satu anggota diyakini dapat Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup mengobati penyakit selain manatee.Duyung bukanlah ikan karena sendi dan TBC. menyusui anaknya dan masih merupakan kerabat Taring duyung juga evolusi dari gajah. Duyung sangat bergantung kepada digunakan sebagai rumput laut sebagai sumber makanan. Hewan ini pipa rokok. berkembang biak dengan cara melahirkan. Duyung juga terancam punah akibat badai, parasit, serta hewan pemangsa seperti ikan hiu, paus pembunuh dan buaya. Hewan ini kebanyakan aktif di saat senja dan malam Tokek tokek di percaya hari. Tokek tinggal di lubang pepohonan di hutan atau dapat di rekahan batuan atau gua; namun sebagian jenisnya menyembuhkan juga beradaptasi dengan lingkungan manusia dan gatal-gatal, dan bersifat komensal. Tokek memburu aneka serangga konon dapat dan invertebrata lain sebagai makanannya, Tokek menyembuhkan HIV betina biasanya mengeluarkan sepasang telur, yang dan pengidap AIDS. disimpan berlekatan di sudut lubang atau dinding. Tempat menyimpan telur ini biasa digunakan berulang kali oleh tokek yang sama. Lintah hewan ini dapat enyembuhkan berbagai macam penyakit yaitu gagal jantung, kebocoran jantung, jantung koroner pembengkakan jantung dan migrain. Belatung belatung dari larva lalat hijau dapat dimanfaatkan untuk praktik pengobatan luka infeksi yang disebut Maggot Debridement Therapy (MDT).

Belalang belalang kayu sebagai salah satu alternatif sumber protein hewani.

Jangkrik jangkrik memiliki kandungan hormon progesterone 105,49 ppm, testoteron 31,78 ppm dan hormon estrogen 259,535 ppm. sumber energi 4,87 kalori per gram Capung

Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek. Belalang memakan daun, bunga, kulit kayu, batang, buah, dan benih. Belalang adalah hama bagi petani. Belalang berkembang biak dengan cara bertelur. Berdasarkan penelitian kandungan protein dalam tepung Belalang Kayu (Melanoplus cinereus) ternyata lebih besar dibanding dengan kandungan protein yang dimiliki udang windu. Cengkerik atau jangkrik (Gryllidae) adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, antena berfungsi sebagai indra penciuman. jangkrik menjalani metamorfosis tidak sempurna. Perjalanan hidupnya sejak menetas berupa anak jangkrik (nimfa) sampai tumbuh dewasa mengalami pergantian kulit sebanyak 7-8 kali. Jangkrik akan mati setelah meninggalkan telur didalam tanah yang jumlahnya cukup banyak sebgai pengganti generasi berikutnya. Ada 3 tahapan dalam siklus hidup capung, yaitu telur, nimfa, dan capung dewasa. Sebagian besar siklus hidup capung dihabiskan dalam bentuk nimfa (serangga muda yang mempunyai sifat dan bentuk sama dengan dewasanya)yang hidup di dalam air. betina meletakan telurnya ke air. Nimfa capung hidup sebagai hewan karnivora yang ganas. Nimfa capung yang berukuran besar bahkan dapat memburu dan memangsa berudu dan anak ikan. Ikan pari manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Manta dapat ditemukan di lautan tropis di seluruh dunia - kurang lebih antara 35o lintang utara hingga 35o lintang selatan. Manta dikenal sebagai salah satu ikan besar yang memakan plankton. Pari manta adalah ovovivipar di mana telur menetas saat masih berada di dalam tubuh induknya. Seekor manta betina bisa membawa 2 bayi manta sekaligus dalam tubuhnya. Babi adalah sejenis hewan ungulata yang bermoncong panjang dan berhidung lemper dan merupakan hewan yang aslinya berasal dari Eurasia. Termasuk dalam golongan mamalia. Berkembang biak dengan cara melahirkan. Babi adalah omnivora, yang berarti mereka mengonsumsi baik daging maupun tumbuh-tumbuhan.

Ikan pari manta

Babi banyak produk yang di hasilkan dari hewan ini seperti : kuas cat, gelatin, lilin, sabun, crayon, dan berbagai macam obat-obatan.

Lalat

Lalat adalah jenis serangga yang berasal dari subordo Cyclorrapha ordo Diptera. alat sering hidup di antara manusia dan sebagian jenis dapat menyebabkan penyakit yang serius. Lalat disebut penyebar penyakit yang sangat serius karena setiap lalat hinggap di suatu tempat, kurang lebih 125.000 kuman yang jatuh ke tempat tersebut. Lalat Betina meletakkan telurtelurnya dekat dengan sumber makanan (seperti pada buah yang hampir matang), Kebanyakan kaki seribu herbivora, memakan sari tanaman mati atau bahan organik, tetapi beberapa memiliki sepasang rahang haus darah. mereka kadang-kadang dapat memangsa kelabang, cacing tanah dan arthropoda kecil lainnya dan serangga. Betina menerima dan menyimpan deposito ke poripori, yang meliputi vulva nya. Betina bisa meletakkan antara 10 dan 300 telur dalam satu sesi, dengan menggunakan sperma sebagai pupuk. Diletakkan di dalam tanah atau sarang kotoran kering, telur dapat menetas dalam hitungan minggu. Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, kuda berkembang biak dengan cara melahirkan. Makanan utamnya adalah rumput.

Kaki seribu Ada beberapa daerah tertentu yang menggunakan hewan ini sebagai obat tradisional.

Kuda Selain di ambil dagingnya kuda juga di perah susunya yang mengandung protein, karbohidrat, laktosa, lemak, kalsium dan mineral seperti kalium dan magnesium. Burung walet Sarang burung walet mengandung glycoprotei alami baik untuk tubuh seperti memperlambat proses penuaan.juga sebagai beberapa produk kosmetik Belut Daging belut mengandung leusin, arginin zat besi, kaya vitamin, fossor, lemak. Namun juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Burung ini mirip dengan burung layang-layang, dimana kedua jenis burung memiliki gaya hidup yang sama, yakni menangkap serangga pada saat terbang. burung walet memiliki kaki yang sangat pendek, dan sangat jarang berdiri di tanah, melainkan lebih suka menggantung di permukaan yang tegak lurus. Sama dengan halnya burung pada umumnya, burung walet juga berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar)

Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae.belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut adalah pemangsa biasanya hewan-hewan kecil di rawa atau sungai, seperti ikan, katak, serangga, serta krustasea kecil. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik (atau hanya sedikit), dapat bernapas dari udara, bukaan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Berkembang biak dengan cara bertelur

Kodok dan katak kulit kodok kaya akan zat kimia berkhasiat membunuh, virus, bakteri, jamur. 100 antibiotik melawan bakteri Staphylococcus aureus yang resisten Methicillin. Bulu babi Bulu babi berkahsiat mereduksi kolesterol jahat dalam darah, menurunkan tekanan darah, memperbaiki sistem metabolisme, menambah vitalitas, dll. Dan bergizi untuk di konsumsi. Anjing laut

Kodok dan katak mengawali hidupnya sebagai telur yang diletakkan induknya di air, di sarang busa, atau di tempat-tempat basah lainnya. Beberapa jenis kodok pegunungan menyimpan telurnya di antara lumutlumut yang basah di pepohonan. Telur-telur kodok dan katak menetas menjadi berudu atau kecebong. Pembuahan pada kodok dilakukan di luar tubuh. Kodok memangsa berbagai jenis serangga. Sebaliknya, kodok juga dimangsa oleh pelbagai jenis makhluk yang lain: ular, kadal,bangau dan elang, garangan, linsang, dan juga dikonsumsi manusia. bulu babi (Echinoidea) merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan. Pada umumnya bulu babi berkelamin terpisah, dimana jantan dan betina merupakan individu-individu tersendiri (gonochorik/dioecious). Pembuahan bulu babi terjadi secara eksternal, dimana sel telur dan sel sperma di lepas ke dalam air laut.

Anjing laut adalah mamalia besar dari ordo karnivora yang hidup di daerah sejuk. anjing laut merupakan hewan karnivora yang memakan ikan, cumi dan hewan laut lainnya. Testis pada jantan dan kelenjar susu pada betina terletak di bawah kulit. Anjing laut berkembang biak dengan cara melahirkan.

Kelinci Daging kelinci dapat dijadikan diet bagi penderita penyakit jantung, obesitas, dan kolesterol.

elinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti "anak kelinci". daging kelinci rendah lemak kaya protein. a menyenangi makanan seperti rumput, sayuran, buah-buahan dan juga bebeijian. siklus reproduksinya dalam setahun bisa 5 kali melahirkan.

Kelomang

Kelomang atau umang-umang adalah krustasea dekapod dari superfamili Paguroidea.Sebagian besar dari 1100 spesies memiliki perut asimetris yang bersembunyi dalam cangkang siput laut yang telah kosong yang dibawa-bawa oleh olehnya. Kelomang berkembang biak dengan cara bertelur, Setelah telur dibuahi, ia akan membawa mereka dalam suatu massa yang melekat pada perut nya, di dalam sarang. Hal ini membuat telur baik lembab dan aman dari predator.

Rayap

Rayap adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. rayap tidak memiliki sayap. Namun demikian, beberapa rayap dapat mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau anai-anai. Ratu rayap dapat bertelur hingga mencapai ribuan dalam sehari. Kepiting terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayahwilayah tropis. Kulitnya tersusun dari zat kitin dan zat kapur yang berfungsi sebagai eksoskeleton. betina memiliki kemampuan untuk menyimpan sperma sang jantan hingga beberapa bulan lamanya. Telur yang akan dibuahi selanjutnya dimasukkan pada tempat (bagian tubuh) penyimpanan sperma. Setelah telur dibuahi telur-telur ini akan ditempatkan pada bagian bawah perut (abdomen). Pada semua spesies beruang, jantan lebih besar daripada betina. Beruang hidup di habitat yang bervariasi, dari lingkungan tropik hingga Artik, dari hutan ke lingkungan bersalju. Umumnya mereka omnivora, walaupun beberapa memiliki makanan yang khusus, seperti beruang kutub. Mereka memakan lumur, akar, kacang dan beri. Mereka juga kadang-kadang pergi ke sungai untuk menangkap ikan. Beruang berkembang biak dengan cara melahirkan. Tapir Asia (Tapirus indicus) adalah salah satu jenis tapir. Tapir Asia merupakan jenis yang terbesar dari keempat jenis tapir dan satu-satunya yang berasal dari Asia. Masa hamil tapir Asia sekitar 400 hari, dimana setelahnya seekor anak lahir dengan berat 6,8 kg (15 pon). Binatang ini herbivore, ia mencari makan berupa umbi empuk dan daun-daunan dari lebih dari 115 jenis tumbuhan (ada kira-kira 30 yang terutama disukainya), Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), Gurita sangat cerdas dan kemungkinan merupakan hewan paling cerdas di antara semua hewan invertebrata. gurita betina bisa bertelur hingga sekitar 200.000 butir. Gurita betina menggantung kumpulan telur berbentuk kapsul yang membentuk untaian di langitlangit sarang. gurita jantan hanya bisa hidup beberapa bulan setelah kawin dan gurita betina mati mati tidak lama setelah bertelur.

Kepiting Daging Kepiting mengandung protein, vitamin B12, omega3, mineral selenium, copper, dan zinc yang baik untuk tubuh manusia.

Beruang

Tapir

Gurita

Zebra

Panda

Zebra adalah binatang dari famili kuda yang tubuhnya berbelang-belang hitam dan putih. Habitat hewan ini tersebar di Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Zebra adalah hewan herbivora (pemakan tumbuhan). Makanan utamanya adalah rumput. Zebra betina siap kawin saat berumur tiga tahun. Sedangkan zebra jantan siap kawin setelah berumur lima tahun. Seekor betina dapat melahirkan seekor anak setiap 12 bulan sekali. Bayi zebra dapat berdiri dan berjalan kurang dari satu jam sejak dilahirkan. Panda, adalah seekor mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, Ursidae, yang hewan asli Tiongkok tengah. Panda Besar tinggal di wilayah pegunungan, seperti Sichuan dan Tibet. Hewan ini Bisa disebut Karnivora, Omnivora, Herbivor, karena diketahui mereka juga makan telur, dan juga serangga selain bambu. Namun makanan utamanya bambu. Dan berkembang biak dengan cara melahirkan.

Anaconda adalah salah satu ular raksasa terbesar di dunia, dari jenis Eunectus Boas Nonvenomous. Ada empat spesies anaconda yaitu: anaconda hijau (Eunectes murinus), anaconda kuning (Eunectes notaeus), anaconda Bolivia (Eunectes beniensis), dan anaconda bintik hitam (Eunectes deschauenseei). Yang terbesar adalah anaconda hijau, panjangnya hingga mencapai 30-40 meter. Anaconda adalah karnivora, pemakan daging. Anaconda bereproduksi secara ovovivivar (bertelur beranak). Hal yang paling unik dari kuda laut adalah si jantan, Kuda laut Kuda Laut bisa yang melahirkan anak-anaknya. Kuda laut betina menyembuhkan akan meletakkan telur-telurnya langsung ke dalam penyakit kulit, kantung kuda laut jantan. Dan kuda laut jantan peradangan, gangguan membuahi telur saat dijatuhkan. Jika sudah pencernaan,pernafasan, waktunya, ‘melahirkan’ sang jantan akan memompa sistem peredaran ekornya sampai bayi kuda laut keluar. Mereka darah,penyakit saraf, memiliki sifat monogami, artinya mereka hanya satu gangguan fungsi otak, kali kawin selama hidupnya. hati dan ginal. Kanguru atau kangguru adalah hewan khas kanguru Australia, tergolong hewan Mamalia. Kata kanguru berasal dari bahasa Aborigin yang disebut dengan Gangguru, hewan yang memiliki kantung(Marsupialia). berkembang biak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman baru, dengan cara melahirkan. anak kanguru yang masih kecil juga meminum ASI yang bisa diperolehnya dari dalam kantung tersebut. Anaconda

Bekantan

penyu telur penyu dapat menyembuhkan sariawan, namun daging dan telurnya mengandung bakteri, parasit, biotoksin yang sangat berbahaya. Burung Bangkai

Bekantan adalah sejenis monyet berhidung panjang dan besar (pada jantan) dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis. Selain buah-buahan dan bijibijian, bekantan memakan aneka daun-daunan, Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai di pulau Borneo (Kalimantan, Sabah, Serawak dan Brunai). Bekantan berkembang biak dengan cara melahirkan. Bekantan juga dapat berenang dengan baik. merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan. Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali harus naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru. Penyu mengalami siklus bertelur yang beragam, dari 2 - 8 tahun sekali. Penyu adalah hewan pemakan tumbuhan yang sesekali memangsa beberapa hewan kecil. Burung Hering atau Burung Bangkai atau Burung Nazar adalah burung pemakan bangkai dan binatang yang telah mati, Hering dapat ditemui di semua benua kecuali Antartika dan Oseania. Lambung burung hering sangatlah asam dan korosif sehingga bakteri yang terdapat dalam bangkai makanan (Botulinum, Kolera, Antraks, dan sebagainya) tidak akan selamat melewati lambung tersebut sehingga aman bagi pencernaan mereka. Mereka berkembang biak dengan cara Ovipar. Flying squirrel(tupai terbang)/sugar glider\. Ia adalah satu-satunya jenis tupai yang bisa melayang di udara. Keistimewaan ini didukung perangkat “glider” berupa lapisan kulit di sisi kiri dan kanannya yang menghubungkan kaki depan dan belakangnya. Tupai terbang membuat sarang di lubang-lubang di pohon berbatang besar, biasanya pohon mati. Makanan tupai terbang di alam liar antara lain: buah-buahan, kacang-kacangan, jamur, telur burung, dan serangga. Berkembang biak dengan cara melahirkan. Merak adalah tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan (pheasant), Phasianidae. Burung jantannya memiliki bulu ekor yang indah yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina. Burung merak berkembang biak dengan cara ovipar (bertelur) Burung merak termasuk hewan omnivora, makanannya adalah rumput-rumputan, biji-bijian, dan serangga.

Tupai terbang

Burung merak

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->