Contoh RPP Matematika SD Kelas IV Semester I tentang FPB dan KPK

Posted by Hilman Nd at 1:51 PM Email This BlogThis! Share to Twitter Share to Facebook

Contoh RPP Matematika SD Kelas IV Semester I tentang FPB dan KPK Oleh Contoh RPP Matematika

RPP berdasarkan pada sumber belajar ”UBIN”

RENCANA PEMBELAJARAN Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : Matematika : IV/1 : 2 x 40 menit

1. Standar Kompetensi Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah. 2. Kompetensi Dasar 2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan 2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan 2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) 3. Indikator 1. Memahami konsep faktor dan kelipatan dari suatu bilangan. 2. Memahami konsep KPK dan FPB dari suatu bilangan. 2. Materi Pokok Operasi hitung bilangan 3. Alat/bahan Tanda (bisa berupa kertas bertuliskan nama kelompok atau tali rafia dengan 4 wrna berbeda

4. Langkah-langkah Pembelajaran No Kegiatan Metode Teori Waktu

* Diskusi Kelas . * Catatlah ubin keberapa yang memiliki tanda dari semua kelompok dan yang paling jauh dengan ubin start. * Catat apakah langkahmu bisa sampai tepat pada ubin finish * Beri tanda pada ubin keberapa saja kamu bisa tepat melangkah menuju ubin finish * Lihat dan catatlah pada ubin keberapa saja terdapat tanda dari semua kelompok.Siswa melaporkan hasil pekerjaannya di depan kelas . siswa kedua melangkah tiap 2 ubin. yaitu : Kelompok A harus berjalan tiap 1 ubin Kelompok B berjalan tiap 2 ubin Kelompok C berjalan tiap 3 ubin Kelompok D berjalan tiap 4 ubin * Catatlah pada ubin keberapa saja kalian berhenti dan beri tanda pada ubinnya. B. C dan D Klasikal 5 menit 2 Kegiatan inti Aktivitas 1 Siswa diberi perintah yang dituliskan pada kertas manila dan ditempelkan di papan tulis. yaitu : Ubin finish untuk kelompok A adalah ubin ke – 6 Ubin finish untuk kelompok A adalah ubin ke – 12 Ubin finish untuk kelompok A adalah ubin ke – 18 Ubin finish untuk kelompok A adalah ubin ke – 24 * Melangkahlah menuju tepat pada ubin finish dengan ketentuan siswa pertama melangkah tiap 1 ubin. * Catatlah ubin keberapa yang memiliki tanda dari semua kelompok dan yang paling dekat dengan ubin start.Belajar kelompok . Aktivitas 2 Siswa diberi perintah yang dituliskan pada kertas manila dan ditempelkan di papan tulis. siswa ketiga melangkah 3 ubin. dst.Guru bersama-sama siswa membahas hasil diskusi kelas . * Lihat dan catatlah pada ubin keberapa saja terdapat tanda dari semua kelompok.1 Kegiatan awal * Penjelasan tentang tujuan pembelajaran * Siswa membentuk 4 kelompok yaitu kelompok A.

Mendorong siswa menghubungkan yang dipelajarai dengan kehidupan sehari-hari.Diskusi Kelas . (Dienes). .Mengkaitkan bahan pelajaran dengan situasi dunia nyata (John Dewey) . pengalaman sesungguhnya dan penerapannya (John Dewey) 20 menit .Dengan permainan siswa menjadi lebih tertarik dan tidak bosan terhadap bahan pelajaran yang diberikan..

20 menit 20 menit 3 Kegiatan akhir * Refleksi (Kesan dan respon siswa terhadap pembelajaran yang baru dialami serta tanggapan guru terhadap respon dan kesan siswa) * Siswa mengerjakan Kuis -Mengerjakan kuis .Refleksi 15 menit .

Sumber Belajar * Gasto.5.Bentuk: Unjuk Kerja Jenis : Dinamika Kelompok Instrumen : Pengamatan Sikap 7. Terampil Berhitung Matematika SD kelas IV. 2004. Dadang. Carilah 2 bilangan yang FPBnya adalah 1! . Jakarta : Erlangga 6.Bentuk: Tertulis Jenis : Isian Singkat Instrumen : Kuis . Penilaian . Tulislah faktor dari bilangan 36! 3. 2004. Carilah KPK dari bilangan 5 dan 6! 4. Carilah 2 bilangan yang KPKnya adalah dua kali dari FPBnya! 6. Carilah FPB dari bilangan 24 dan 36! 5. Lampiran Contoh soal untuk kuis 1. Gemar Belajar Matematika untuk SD kelas IV. Semarang : Aneka Ilmu * Tim Bina Karya Guru. Tulislah 5 bilangan pertama dari kelipatan bilangan 7! 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.