P. 1
BAB I pengantar bisnis

BAB I pengantar bisnis

|Views: 46|Likes:
Published by Santa Ulina Sitorus
BAB 1 JILID 1 PENGANTAR BISNIS GRIFFIN
BAB 1 JILID 1 PENGANTAR BISNIS GRIFFIN

More info:

Published by: Santa Ulina Sitorus on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2013

pdf

text

original

BISNIS

Edisi Kedelapan

Oleh: Ricky W. Griffin Ronald J. Ebert

PENDAHULUAN

Setelah mempelajari bab ini, anda akan mampu:

1.

Menjelaskan berbagai jenis sistem ekonomi berdasarkan cara sistem tersebut mengendalikan faktor-faktor produksi

melalui pasar input dan output.

Memperlihatkan dampak permintaan dan penawaran pada distribusi sumber daya .Setelah mempelajari bab ini. 3. anda akan mampu: 2. Mengidentifikasikan unsur-unsur perusahaan swasta dan menjelaskan bermacam-macam tingkat persaingan dalam sistem ekonomi .

Definisi sifat bisnis dan identifikasi tujuan-tujuan utamanya (1) Bisnis adalah sebuah organisasi yang memproduksi atau menjual barang atau jasa untuk mendapatkan laba. .

.Definisi sifat bisnis dan identifikasi tujuan-tujuan utamanya (2) Prospek memperoleh laba : selisih antara pendapatan dan pengeluaran bisnis yang mendorong orang untuk membuka dan memperluas bisnis.

.Definisi sifat bisnis dan identifikasi tujuan-tujuan utamanya (3) Laba mengimbali pemilik untuk mengambil resiko yang tercakup dalam menginvestasikan uang dan waktu mereka.

.Definisi sifat bisnis dan identifikasi tujuan-tujuan utamanya (4) Bisnis memproduksi sebagian besar barang dan jasa yang dikonsumsi orang dan mempekerjakan banyak orang.

menciptakan adanya sistem pabrik yang membuat bahan dan pekerja yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dalam jumlah besar dan mesinmesin baru yang dibutuhkan untuk produksi massal berkumpul dalam satu tempat. . yaitu: Revolusi industri yang timbul pada pertengahan abad ke-18.Penelusuran riwayat bisnis dan perubahan pandangan mengenai akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat (1) Bentuk bisnis Amerika telah beberapa kali berevolusi selama beberapa abad ini.

Penelusuran riwayat bisnis dan perubahan pandangan mengenai akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat (2) Abad ke-19 menjadi solusi peningkatan wirausahawan dalam skala besar. dan bisnis Amerika Serikat menganut filosofi laissezfaire. .

.Penelusuran riwayat bisnis dan perubahan pandangan mengenai akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat (3) Laisses-faire adalah prinsip yang menyatakan bahwa pemerintah hendaknya tidak mencampuri perekonomian melainkan harus membiarkan bisnis berlaku tanpa adanya regulasi.

Penelusuran riwayat bisnis dan perubahan pandangan mengenai akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat (4) Hasil dari perkembangan perusahaan dan peningkatan sistem produksi tersebut harus dibayar dengan hilangnya kebebasan pekerja. .

maka terjadilah perubahan era yang dinamai era produksi. Era produksi menjadi solusi bangkitnya serikat buruh dan dimulainya regulasi oleh pemerintah.Penelusuran riwayat bisnis dan perubahan pandangan mengenai akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat (5) Seiring hilangnya kebebasan pekerja. .

Penelusuran riwayat bisnis dan perubahan pandangan mengenai akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat (6) Pada tahun 1950-an dan 1960-an. . produsen barang dan jasa mulai mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan dan kemudian menyediakannya. timbul lagi era baru yang disebut era pemasaran Di era ini.

Yang menyebabkan adanya perbaikan dalam sistem komunikasi dan transportasi. produksi. distribusi.Penelusuran riwayat bisnis dan perubahan pandangan mengenai akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat (7) Pada tahun 1980-an. muncul fenomena ekonomi global. dan pemasaran produk dan jasa secara bersama-sama. Perbaikan tersebut menular kepada metode internasional yang lebih efisien dalam pembiayaan. .

Era tersebut dinamai era informasi. .Penelusuran riwayat bisnis dan perubahan pandangan mengenai akuntabilitas bisnis di Amerika Serikat (8) Dengan adanya perbaikan tersebut. khususnya di bidang jasa. maka muncul satu era yang dipicu oleh internet. Perkembangan dalam era ini memberikan dorongan dalam perdagangan di semua sektor ekonomi.

baik perorangan maupun organisasi .Jenis sistem ekonomi global berdasarkan cara pengendalian faktor-faktor produksi melalui pasar input dan output (1) Sistem ekonomi adalah sistem suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya ke warga negaranya.

Modal. Sumber daya fisik. Wirausahawan.Jenis sistem ekonomi global berdasarkan cara pengendalian faktorfaktor produksi melalui pasar input dan output (2) Sistem ekonomi berbeda dalam cara mereka mengatur 5 faktor produksi. yaitu: Sumber daya manusia. dan Sumber daya informasi Berbagai jenis sistem ekonomi juga berbeda sesuai cara pengambilan keputusan menyangkut produksi dan alokasi .

.5 Faktor Produksi (1) Sumber daya manusia Kemampuan fisik dan mental orang-orang sewaktu mereka berkontribusi pada produksi di dalam perekonomian Modal Dana yang dibutuhkan untuk menciptakan dan menjalankan perusahaan/ bisnis.

5 Faktor Produksi (2) Wirausahawan Individu yang melihat peluang dan mau menanggung resiko yang timbul dari penciptaan dan pengoperasian usaha bisnis baru Sumber daya fisik Hal-hal berwujud yang digunakan oleh organisasi dalam melaksanakan bisnis mereka Sumber daya informasi Data atau informasi lain yang digunakan oleh bisnis .

Perekonomian Terpimpin Perekonomian yang mengandalkan pemerintah terpusat untuk mengendalikan semua atau sebagian besar faktor produksi dan untuk membuat semua atau sebagian besar keputusan produksi dan alokasi Yang termasuk di dalamnya adalah: Komunisme Sosialisme .

Perekonomian Pasar (1) Perekonomian di mana individu-individu mengendalikan keputusan produksi dari alokasi melalui penawaran dan permintaan Yang termasuk di dalamnya adalah: Pasar Input dan Pasar Output Kapitalisme .

. Pasar Output: Perusahaan menawarkan barang dan jasa untuk menanggapi permintaan pihak rumah tangga.Perekonomian Pasar (2) Pasar Input: Perusahaan membeli sumber daya dari rumah tangga yang berfungsi sebagai pemasok.

Perekonomian Pasar (3) Basis dari politik pasar adalah kapitalisme. Kapitalisme mendorong kepemilikan swasta atas faktor-faktor produksi dan mendorong kewirausahaan dengan menawarkan laba sebagai insentif. .

Perekonomian Pasar Campuran (1) Sistem ekonomi yang menampilkan sifat-sifat perkonomian terpimpin maupun perekonomian pasar Yang termasuk di dalamnya adalah: Privatisasi Sosialisme .

Perekonomian Pasar Campuran (2) Privatisasi Proses perubahan perusahaan pemerintah menjadi milik swasta Sosialisme Sistem ekonomi terpimpin di mana pemerintah hanya memiliki dan menjalankan sumber produksi terpilih .

Permintaan & Penawaran Permintaan Keinginan dan kemampuan pembeli untuk membeli produk atau jasa tertentu Penawaran Keinginan dan kemampuan produsen untuk menawarkan produk atau jasa tertentu untuk dijual .

Hukum Permintaan & Penawaran Hukum Permintaan Pembeli akan membeli (melakukan permintaan) lebih banyak kalau harga produk itu turun dan membeli lebih sedikit kalau harganya naik Hukum Penawaran Para produsen akan menawarkan (melakukan penawaran) lebih banyak untuk dijual jika harga produk naik dan menawarkan lebih sedikit jika harganya turun .

Kurva penawaran menunjukkan berapa banyak jumlah produk akan disediakan (ditawarkan untuk dijual) pada harga yang berbeda-beda .Mekanisme penawaran dan permintaan (1) Kurva permintaan menunjukkan berapa banyak produk akan diminta (dibeli) pada harga yang berbeda-beda.

titik perpotongannya adalah harga pasar atau harga ekuilibrium Harga pasar adalah harga di mana kuantitas barang yang diminta dan kuantitas barang yang ditawarkan sama .Mekanisme penawaran dan permintaan (2) Bila kedua kurva dibagankan ke grafik yang sama.

terdapat hal yang dinamakan: Surplus: situasi di mana jumlah yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta.Mekanisme penawaran dan permintaan (3) Dalam mekanisme penawaran dan permintaan. dan Defisit: situasi dimana jumlah yang diminta melebihi jumlah yang ditawarkan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->